Magang (PART II)

Okey akhirnya punya mood lagi buat lanjutin tulisan tentang magang. Kali ini saya akan cerita tentang ngapain aja sih selama magang di TRANS TV bulan Juni - Agustus 2014 lalu?

Seperti di cerita saya sebelumnya, di awal magang saya di tugaskan bantu-bantu di bagian asisten produksi alias Production Assistant alias PA. Nah setelah hampir 2 minggu bertugas jadi PA Reportase Sore, akhirnya saya ikut liputan tandm dengan reporter dan campers. Waktu itu liputan pertama saya adalah sidak Menteri Perekonomian ke pasar Kramat Jati dan penelusuran rumah Jon si anak yang pergi dari rumahnya di Ciracas ke Tanjung Priok buat mencari ibu kandungnya. Pas liputan penelusuran rumah si Jon ini ada kejadian unik, disini wartawan yang ngeliput kejadian ini kebingungan gara-gara keterangan yang berbeda-beda baik dari si Jon, ibu tiri si Jon, orang yang jemput si Jon di komnas anak, dan orang-orang lain yang ngasi keterangan di dalam kasus ini. Hahaha mungkin ada konspirasi di balik ini semua wkwkwk? Tapi akhirnya si Jon waktu itu disamperin kok sama ibu tirinya yang udah baik-baik ngurus dia dari kecil sampai udah SD sekarang.

Hampir 4 minggu saya ikut tandem liputan. Topik dan tempatnya pun macam-macam, dari yang (sebenarnya ga) penting sampai yang penting banget. Bayangin aja, saya pernah disuruh wawancara dokter buat nanyain masalah kesehatan seperti yang dialami Olga Syahputra sekarang. Hmm... saya sempat mikir, sekarang saya lagi magang di Reportase atau di Insert! nih wkwkwk..

Tapi disamping liputan tentang Olga, saya waktu itu hadir ke jumpa pers-nya Presiden SBY di Istana Negara. Hahaha, jujur ini pertama kalinya saya masuk ke Istana Negara, ikut liputan di ruang persnya liat-liat ke dalam Istana, dan yang paling penting adalah liat dari dekat Pak SBY. Pas tau bakal liputan ke Presiden saya ngabarin ke Mama, dan Mama sangat antusias sampe nyuruh saya salaman sama Pak Beye. Hiks...sayangnya ga bisa Ma...saat itu situasi lagi genting. Bayangin aja Pak Presiden lagi mau konpers soal pesawat MH17 yang jatuh dan situasi Gaza, eh tau-tau ada anak magang minta salaman. Mungkin di lain kesempatan bisa ketemu lagi ya Pak :')
Karena belum punya kartu pers Istana, jadi pake tag visitor dulu lah yaa

Go Go Om Beye!
Dari Istana sampai ke perkampungan padat penduduk pernah saya jalani saat liputan tandem. Kali ini sama Aryadita Utama alias Bang Dito dan campersnya Bang Irfan. Kami pergi liputan di kampung deret Petogogan Jakarta Selatan. Saat itu, Kampung Deret katanya kesulitan listrik dan air, padahal kampung ini rencananya jadi kampung percontohan. Hmmm..gimanakah kabarnya sekarang kampung deret Petogogan? Mudah-mudahan rumah warga yang belum mendapat listrik sudah dialiri listrik dan air PAM yang tidak layak konsumsi sudah diperbaiki juga. Semoga..

Ohya, pas liputan disini saya juga ditantang buat PTC atau Piece to Camera. Setelah sebelumnya diskusi sama Bang Dito tentang konsep PTC yang mau saya bikin, setelah oke, waktunya take! Hmmm..mungkin hampir sepuluh kali take ya waktu itu. Memang waktu itu sempat belibet sendiri, harus di cut karena ada gerobak yang mau lewat, atau ibu-ibu abis mandi yang masih pake handuk tiba-tiba in frame dan ga berhenti-berhenti ngeliatin saya latihan PTC dari balik pintu rumahnya..hahaha setidaknya itu ibu-ibu bantu ngasi semangat juga ke saya dengan bilang "ayo mbaa..semangat." HAHAHA



Pengalaman liputan yang paling berkesan lainnya adalah pas pemilu Presiden 9 Juli lalu. Hari itu saya tandem hunting spot, kalau dapat proyeksi seperti ini biasanya tim liputan hanya berkeliling mencari berita, atau menunggu perintah dari koordinator liputan kira-kira ada kejadian apa yang bisa diliput. 

Hari itu tim liputan saya ditugaskan meliput pesta rakyat yang diadakan relawan Jokowi-JK di Bundaran HI. Mereka menyambut kemenangan Jokowi-JK dari hasil quick qount dengan berkumpul bersama-sama disana. Mungkin ini pertama kalinya saya hadir di acara pesta rakyat relawan pasangan calon presiden. Ribuan orang berpakaian kotak-kotak merah khas relawan Jokowi-JK berkumpul di Bundaran HI. Mereka berorasi, mengarak kursi raksasa, dan bernyanyi-nyanyi gembira merayakan kemenangan calon yang mereka usung. Ohya, karena hari itu masih bulan puasa, pas waktu buka puasa tiba, pertama kalinya juga saya buka puasa dipinggir jalan dengan menu lontong plus aqua gelas dari relawannya Jokowi-JK :')



Suasana pesta rakyat relawan Jokowi - JK

Sebenarnya masih banyak lagi pengalaman seru selama liputan. Tapi bakal panjang banget kalau dijabarin satu-satu disini hihihi. Jadi sekarang kita beralih ke pengalaman jadi PA Reportase Malam dan Reportase Pagi.

Kalau jadi PA malam jam kerjanya mulai dari jam 6 sore sampai tapping atau Reportase Malam kelar siaran, hmmm..kira-kira jam setengah 1 dini hari lah. Kerjaannya sih ga jauh beda sama pas jadi PA Reportase Sore. Tapi kalo jadi PA Malam, ada tambahan tugas, yaitu nganterin request mobil antaran ke carpool. Yap, karena pulangnya udah malam banget, bahkan udah termasuk dini hari, jadi dari Trans TV nyediain mobil antaran, yang siap mengantar sampai depan rumah dengan selamat.

Nah dari mobil antaran ini yang mungkin banyak ceritanya. Dari seminggu bertugas jadi PA Malam, mungkin hampir semua sopir mobil antaran yang nganterin saya ngomerl-ngomel. Emang sih kalo ke rumah saya tuh PR banget, alias jauhnya ga ketulungan, dan terpencil banget. Dari Tendean yang banyak gedung-gedung tingginya, sampe ke Citayam yang banyak tanah kosong dan hutan bambunya. Ditambah lagi jalanan sempit menuju komplek yang pasti bikin sopirnya capek banget nyetir sambil liat kanan-kiri takut nyenggol rumah atau mobil orang yang lagi parkir.
Belum lagi kisah-kisah horor yang sering terjadi diantara para sopir antaran atau jemputan. Hii...untungya selama ikut mobil antaran ga ada kejadian yang aneh-aneh. eh..tapi ga tau juga sih kalo si sopirnya gimana, semoga ngga deh :')

Kalau jadi PA Reportase Pagi, lain lagi ceritanya. Tugasnya hampir sama, tapi lagi-lagi ada tambahan yaitu nelpon presenter yang akan siaran. Bayangin aja gimana nelpon orang jam 3 pagi buat nyuruh dia buruan sampe kantor, Emang itu udah tugasnya dia sih, tapi tetep aja bingung harus apa. Macam-macam respon dari presenter kalo ditelpon pagi buta kayak gitu. Ada yang jawab sambil ngantuk-ngantuk, ada juga yang udah ceria dan bilang "iyaa, aku udah di jalan kok.." Senangnya...
Tapi waktu itu ada juga kejadian lucu, Saya nelpon Mas Budi Adiputro karena hari itu jadwalnya mas Budi buat siaran. Saya nelpon kira-kira jam 3 kurang, dan tanpa basa-basi langsung bilang "Mas Budi dimana? Pagi ini siaran ya... Di ujung telpon mas Budi kedengaran masih ngantuk-ngantu dan bilang "Jam segini nanya dimana, masih di rumah lah..." dengan nada sedikit kesel karena masih ngantuk. Hehehe maapin ya mas Budi saya kecepetan nelponnya. Tapi daripada ketiduran kan mending dikasi morning call lebih cepet wkwkwk ;P

Mungkin begitulah kisaah singkat pengalaman selama magang di TRANS TV. Semua orang-orangnya asik, mau berbagi ilmu, dan bisa sedekat itu padahal pertemuan kita singkat :')
Makasih banyak buat korlip, Bang Eha, Mas Ndit, Mas Teboy, Mas Andree,buat reporter dan campers, Bang Ario, Mas Andre Perbawa, Bang Irsal, Bang Brutus, Bang Dito, Bang Irfan, Kak Salman, Kak Trinita, Kak Wita, Kak Cici, Kak Thanes, Mas Toro, Mas Cahyo, Uni Selly, Kak Reza, Kak Kelly, Kak Dennise, Kak Juju, pokoknya semuanya deh. Love you all :*








No comments

Powered by Blogger.