Wise Prison Life Korean Drama Review


Drama komedi tentang sisi lain kehidupan di penjara. Drama ini enggak bertabur oppa atau ahjussi tampan, tapi tetep bikin betah nonton. Thanks to pacarnya mba Sooyoung SNSD yang cucok meong. Aih perasaan pas dulu muncul berita Sooyoung dating, si Jung Kyung Ho ini enggak seganteng di Prison Playbook deh 😅


Unch banget pacarnya mba Sooyoung

Okey, Wise Prison Life atau Prison Playbook jadi drama korea pertama yang gue selesaikan tahun 2018 ini. Pas drama ini baru meluncur akhir November 2017 kemarin, sama sekali enggak tertarik buat nonton. Kirain drama ini bakal mirip-mirip drama Defendant, dengan latar cerita di penjara dan alur yang bikin sakit kepala gegara penjahat yang jahatnya laknat luar biasa. 


Setelah baca review dan berita soal ratingnya yang selalu tinggi, akhirnya mulai nonton pas drama ini udah memasuki episode 12 dan yess drama ini alurnya gampang diikutin trus lawakan tiap episodenya sukses menghibur dikala hati sedang gundah (lho jadi curhat).



Inti dari drama ini adalah soal Kim Je Hyeok, atlet baseball terkenal yang masuk penjara karena ga sengaja membunuh orang. Kasus enggak sengaja gini biasanya yang bikin alur cerita di drama bertema legal jadi ribet dan bikin sakit kepala. Tapi rupanya Je Hyeok sepasrah itu alias lempeng aja buat jalanin hukumannya, yang awalnya dibilang bakal bebas tapi ternyata jadi hukuman penjara 1 tahun.

Konflik lain di drama ini juga agak kurang greget karena yaa itu lagi, Je Hyuk yang idupnya lempeng...
Diceritakan pas awal masuk penjara Je Hyuk tangannya yang cedera akibat diserang sama narapidana lain, kemudian Je Hyuk enggak bisa lempar bola lagi dan putus asa sama karirnya sebagai atlet baseball. Yah tipikal cerita drama sih, tapi toh akhirnya Je Hyuk semangat latihan lagi.

Trus muncul lagi masalah Je Hyuk yang kena Steve Blass syndrome yang bikin dia enggak bisa lempar bola dengan cepat. Trus dalam beberapa episode Je Hyuk bisa lempar bola dengan bagus lagi karena Steve Blass syndromenya membaik karena tak lagi galau karena Krystal. Yah intinya masalahnya Je Hyuk di penjara cuma karena galau sama Ji Ho (Krystal) pacar yang udah diputusin, mau balikan lagi tapi yagitu, pokoknya complicated lah. Complicated tapi kurang nendang penceritaannya di drama, jadi penonton tak berhati menye-menye macam saya ga terenyuh.............yeu emang dasar lu-nya aja berarti wkwk. 



Biarpun alur cerita utamanya sejujurnya enggak begitu menarik, tapi kisah-kisah sampingan dari narapidana lain yang hidup bersama Je Hyeok di penjara, cukup menarik buat diikutin. Namanya penjara, ada macem-macem penjahat dengan kasusnya masing-masing. Tapi ya namanya juga drama koriya ye, judulnya Wise Prison Life pula, ya yang ditonjolin tentu sisi "wise" dari narapidana ini.

Ada kepala gangster yang ternyata baik, tentara emesh, anggota geng yang sadis tapi ternyata bloon, dll. Sisi lain karakter juga ada di salah satu sipir di penjara, Letnan Paeng atau Paeng Bujang. Tokoh ini diperanin sama Jung Woong In yang pernah main di drama I Can Hear Your Voice.

Di I Can Hear Your Voice dia jadi penjahat sadis yang laknat tapi di Wise Prison Life dia jadi sipir lawak yang baik hati. Sering sumpah serapah tapi sebenarnya perhatian banget ke narapidana, unch lah.




Dari semua napi cellmate Je Hyeok ada 3 orang yang jadi favorit gue di drama ini. Pertama si bapak-bapak cadel yang dipanggil Kaist. Cara ngomong cadelnya aja udah bikin lucu, ditambah kekonyolan dia ngadepin napi lain yang aneh-aneh. Terutama Hanyang, atau Looney si druggies yang sakau mulu tiap hari.



Kaist




Hanyang si sakau

Hanyang ini juga bikin tiap episodenya selalu lawak karena ada aja tingkahnya ngegangguin cellmate lain. Durasi panjang per episodenya jadi ga ngebosenin kalau udah ada adegan lawak dari combo Hanyang-Kaist dan Hanyang-Captain Jung Woo, si tentara tampan yang kejebak kasus sampai masuk penjara.


Captain Jung Woo 💕

Enggak cuma 3 pemain tadi yang bikin Wise Prison Life penuh cerita kocak, pemeran lainnya pun ada aja tingkahnya yang bikin penonton ngakak misalnya si pengantar makanan yang suka teriak-teriak itu. 

Apalagi ada ciri khas khusus dari sutradara Shin Won Ho, yang juga bikin Reply series, di tiap scene lawak ada suara siulan tanda keheningan (?) Hahaha bingung gue jelasinnya. Kalau di Reply series tiap scene lawak ada suara kambingnya, kalau di sini ada suara siulan...kalo yang udah nonton Reply series pasti ngerti lha yhaa 😂


Si pengantar makanan, tukang teriak
Soal Reply series, di Wise Prison Life ada beberapa pemeran Reply series yang juga ikutan di drama ini. Ada Choi Mu Sung yang dulu jadi bapaknya Park Bo Gum alias Kim Taek di Reply 1988, ada Sung Dong Il jadi bapaknya semua lead Reply Series, ada juga Choi Sung Won yang dulu jadi adeknya Deok Seon di Reply 1988.


Yaa situ ceritanya bapake park bo geum

Overall drama ini cocok buat hiburan karena adegan-adegan lucunya. Ceritanya ringan tapi somehow terlalu ringan sampe enggak bikin penasaran sama sekali. Berhasil ngabisin 16 episode pun murni karena pengen liat adegan lucunya. Recommended buat Anda Anda yang butuh tertawa~

Endingnya kurang nendang tapi kayaknya karena memang alur ceritanya pun enggak nendang, jadi ga ada sesuatu yang bikin penonton bertanya-tanya. Karena dari awal penonton udah tau, oh ini drama abisnya pas Je Hyeok menyelesaikan masa hukumannya, dia balik lagi main baseball...trus yaudah selesai.

Ada yang agak mengecewakan juga sih, gue berharapnya di akhir episode napi-napi yang pernah satu sel sama Je Hyeok muncul lagi atau paling ngga diceritain mereka sekarang ngapain aja. Tapi ternyata enggak! Udah kangen Kang Seung Yeon Winner alias Jean Valjean padahal :(

Mungkin endingnya dibikin agak ngegantung karena sempat ada berita kalau sutradaranya tertarik buat bikin season 2, bakal jadi kah?

So next, kita nonton drama korea apa lagi ni


No comments

Powered by Blogger.