BTS IDOL MV Review

Tentang kehidupan idol yang merayakan kesuksesannya ditengah nyinyiran orang lain. BTS IDOL MV bawa konsep hura-hura yang nyeleneh, tapi dengan banyak pesan tersirat.





Konsep yang agak mengejutkan dari BTS yang makin hits dimana-mana. Setelah nangis guling-guling di Epiphany, BTS rilis title track Love Yourself: Answer yang rame, penuh warna dan jejogetan, berjudul IDOL. Pas track list dirilis, ARMY nebak kalau title track di album seri terakhir Love Yourself ini bakalan yang berjudul I'm Fine, tapi ternyata tebakan meleset! 

Malah IDOL yang jadi title track dengan teaser suasana tradisional korea. Lalu ujug-ujug muncul berita kalo IDOL ada versi featuring Nicki Minaj....hm baiklah agak random sebenernya karena baru digembar gembor belakangan.



Sebenarnya buat saya sendiri, IDOL ini agak di luar ekspektasi dan sedikit mengecewakan. Kalau di liat dari teaser dan berita pas teaser baru rilis, dibilangnya IDOL ini bakal angkat suasana tradisional korea. Cinta kampung halaman desa ku tercinta gitu lah pokoknya. 

Udah mikir, wah keren banget ga sih? lo lagi hits-hitsnya di dunia barat sana dengan lagu EDM ngehip-hop hacep, tetiba comeback dengan lagu ala tradisional korea, pake hanbok, dan di MVnya ala-ala film oriental gitu.

Eh pas udah deket hari H official MV rilis, muncul artikel kalau IDOL juga pake sentuhan musik Afrika dengan sentuhan EDM yang kayak sudah mutlak kudu wajib harus banget dipake biar laku buat orang bule. Pada akhirnya rasa tradisional Korea yang tadinya gencar banget diomongin jadi kurang berasa dan IDOL pun jadi rasa SAMINA MINA O-E-E WAKA WAKA E-EE nya tante Shakira. Ini IDOL kalo rilis pas World Cup cucok jadi theme song deh!


siap-siap perahu&globe di meja bisa jadi clue comeback berikutnya hmm

MV IDOL dibuka dengan adegan matahari terbit ala Lion King. Mungkin siluet jerapah di scene ini juga sengaja ditambahin biar Afrikanya makin berasa dan bikin yang nonton keinget sama...




Oke, dari awal aja MV IDOL udah ngajakin lawak. Masuk ke scene-scene berikutnya makin riweuh lagi. Bajunya, efek CGnya, jogetnya, dan tentunya mas dan dedek Bangtannya, seru!

Kalo diperhatiin, beberapa scene di MV IDOL ngegambarin scene-scene yang ikonik dari MV yang dulu-dulu. Meja makan yang mirip scene di MV Blood Sweat and Tears, CG pesawat mirip MV Daydream dan Airplanenya j-Hope, scene duduk di kursi yang mirip MV Just One Day, bahkan adegan joget massal ramean di menit-menit terakhir mirip-mirip konsepnya sama MV Not Today.

Bahkan sampe ada yang bikin kompilasi kemiripannya sama MV lama BTS. Cuma sayang credit asli siapa yg bikin udah ga tau siapa karena udah banyak banget yang repost...credit to owner lah yaa.



Wew, pantes aja MV ini kerasa ga asing banget. Pertamanya sih karena tone warna di MV yang super kontras dan warna-warni yang bikin dejavu sama MV DNA. Tapi ternyata dari properti sampe gerakan dance, beberapa ada yang ngulang MV lama. Mungkin ini karena IDOL jadi penutup seri Love Yourself jadi semua yang udah pernah BTS lakuin, dirangkum di MV ini.



Scene demi scene di MV ini keliatan playful banget, seru-seruan ngerayain sesuatu tapi semacam ada pesan tersirat dari BTS buat haters atau antis. Yaa biasa lah tiap grup pasti ada aja hatersnya, bahkan fansnya sendiri pun kadang jadi demanding, pengen ini itu, akhirnya komen ini itu. Yaa kayak saya, fans yang banyak mau AHAHAH!

Di salah satu scene ada j-hope yang nari sama dancing baloon kuning yang biasa ada di acara festival atau kalo di Margonda Depok sih, di taro di depan toko bangunan atau toko hp biar orang-orang pada liat dan mampir ke toko. Kayaknya sih ini menyiratkan kalo BTS yang makin hits akhirnya "dimanfaatkan" beberapa oknum buat narik massa. 

Ya sorry to say, awalnya sih agak risih dan merasa army kok lebay banget dikit-dikit bilang mereka dimanfaatin buat narik massa buat suatu campaign. Hmm contohnya kayak polling-polling gitu lah. Kalo ada blablabla lawan BTS, whoah pasti deh langsung rame pollingnya. Tapi belakangan liat, eh iya juga ya. Ketenaran ini emang kayaknya beberapa kali "ditunggangin" sama beberapa oknum brand sampe artis lain biar namanya ikut hits. Ehem kayak yang ngetwit hey jungkook itu. Mas Puth sebenernya jadi mau collab ga sih...

Ya kira-kira kayak si balon kuning tadi, yang nari-nari biar narik minat orang buat liat "tokonya". Egilak ngarang gue pinter banget wkwk..



Lalu scene filter di muka RM ini. Semacam nyelenehnya si Monnie yang pernah dikritik lewat live chat pas vlive supaya dia jangan pake-pake face filter. 

Tuhkan kayak yang saya bilang tadi, bukan cuma haters atau antis, bahkan fans sendiri kadang suka ngatur karena merasa mas monnie adalah miliknya. Yaa gimana yaa, kadang fans punya imajinasi sosok ideal idolnya tuh kayak gimana dan akhirnya pengen si idol nurut aja sama maunya dia. Nah lewat scene inilah BTS ngasi tau kalo dia juga manusia biasa yang ga pengen diatur-atur gitu lhoo...

Yaa tapi namanya juga idol, pasti pada akhirnya bakal "diperhatiin" terus sama fansnya. Hmm ga usah jauhlah. Kayak saya yang keselnya minta ampun liat Kim Seokjin tetiba blonde, padahal rambut gelap Kim Seokjin gantengnya luar biasa sampe bikin saya kecebur bangtun. Tapi yasudlah suka-suka mz Seokjin saja. Blonde Jin is sexy tho. Pertahankan kealay-an mu mas!


Blonde Jin uwu
Ngomongin soal style rambut dan pakaian. Abis Fake Love yang misterius dengan rambut item di semua member (dan bikin mereka semua jadi makin mirip-mirip), IDOL muncul dengan rambut member yang warna-warni. Bahkan Taehyung pake dua warna, blonde dan pink. Semacam Nicki Minaj....
Mungkin inilah pertanda kalo mereka kolaborasi sama Nicki..



Di teaser hanbok jadi outfit yang ditonjolin banget. Tapi nyatanya di full MV, hanbok cuma muncul di akhir-akhir. Sementara outfit yang paling jadi ciri khas adalah setelan jas bunga-bunga, motif chevron, polkadot, warna ngejreng blangtengtong... Untung mereka ga nyanyi I have a pen, I have an apple UGH Pen Pinepple Applepen~

Ohya, ada satu outfit yang keren sih. Baju cokelat-cokelat di scene nari sekampung yang entah kenapa berasa Bollywood banget. Pake baju cokelat, jadi berasa inspektur Vijay..


JAY HO!
Soal mirip bollywood ini, pas MV belum rilis udah banyak berita bersliweran di Naver yang bilang IDOL bakal diiringin banyak back dancer. Yang lain ngebayanginnya bakal kolosal kayak Not Today. Sementara saya bayanginnya, whoa mesti jadi filem india nih! Nyanyi ramean, narinya ngajak warga sekampung....dan bener aja, ada Army India yang bikin editannya disambungin sama lagu Bollywood dan cocok banget. Hiks...now B from BTS is stand for Bollywood I think.



Di scene ini Kim Seokjin dengan bandana adalah yang terbhaique~


Uhuhuhu si koplak kesayangan

Selain bau-bau India. Budaya Afrika dan (tentunya) Korea dicampur aduk di MV IDOL. Suasana safari khas Afrika muncul di scene-scene awal dan tone lagu-lagu Afrika yang bikin lagu ini berasa lagu waka-waka, kemudian ketemu sama teriakan khas pertunjukan tradisional Korea yang berbunyi ur-soo! 

Gerakan dance di MV IDOL juga beberapa ada yang mengadaptasi dari tarian bernama Nongak atau tarian tradisional para petani.



Ada juga scene yang mirip traditional fan dance khas Korea, Buchaechum.




Kelinci bulan yang di budaya Korea dikenal sebagai kelinci yang numbuk bahan buat bikin kue beras atau tteok..



Rumah tradisional Korea..



Rumah ini bikin inget sama set MV DNA. Alhamdulillah, terima kasih tim bedah rumah sekarang rumah BTS ada atapnya 👍


Sebelum renov

Sesudah renov


Enggak ketinggalan. Si ondel-ondel(?) bentuk singa mirip barongsai yang joget-joget di beberapa scene juga mirip bukcheong lion dance atau tari topeng singa khas korea. Si barongsai korea ini bikin MV IDOL makin seru sih, coba pas konser mereka nampilin si singa ini juga. Wuih dijamin banyak yang nyawer.



Ini dia si barongsainya Korea. Gemay ya mukanya..

Terakhir adegan macan loncat yang katanya simbol favorit yang sering muncul di mitologi korea, seni tradisional korea, dsb.



Lucunya soal macan ini entah kebetulan atau enggak, Seokjin pernah ngepost ngawur di fancafe dan nanya kalo macan sama hiu berantem, siapa yang menang ya? Karena dua-duanya raja di masing-masing tempat hidupnya.



Eeeh tau-tau di MV ini muncul macan dan hiu...
Si koplak pun balik ngepost lagi di fancafe bilang, PD-nim baca postingan gue di fancafe ya?

Lawak bener sih itu orang ckck..


MV IDOL juga nampilin beberapa gambar yang dibikin oleh member. Sampe sekarang masih nerka-nerka maksud gambar mereka apa sih? Sejauh ini ada gambar dinosaurusnya Jungkook, naganya Jimin, gambar Shookynya Suga, dan gambar paus atau Kore-nya Jin. 






Yang menarik, gambar-gambar tadi di taro di frame yang penuh sama tangan-tangan dan kamera CCTV. Coba dizoom deh frame ungu itu...




Tangan dan CCTV yang sama dengan konsep photobook album Love Yourself: Answer versi S kan. Btw kapan album saya nyampe nih, kali ini PC siapakah yang nongol? 😏

Apakah si gambar-gambar di frame tadi adalah hint-hint buat konsep selanjutnya? Atau cuma yaaah iseng aja member disuruh gambar random pas lagi syuting. Mari kita tunggu bangtan bomb atau BTS Episode behind the scene MV IDOL.

That pink panther plushie 😅

CG yang katanya keliatan murahan tapi yaa gimana ya, agak cemen sih emang. Why Big Hit, why?

Pokoknya MV IDOL ini unik dan menyenangkan buat ditonton. Biarpun dari segi lagu agak mengecewakan buat saya yang udah ngebayangin bakal "beda" karena dibilang bakal bawa-bawa budaya Korea. Nyatanya budaya Koreanya agak nanggung dari sisi lagu. Tapi dari MV lumayan sih, banyak unsur tradisionalnya yang keliatan. 

Intinya, budaya Korea baru kerasa kalo udah nonton MVnya dulu, baru tau oh ini ada sentuhan Koreanya lho.Ya tapi kalo yang ga ngeh mah juga ga bakal tau itu budaya Korea. Dibilangnya paling budaya Jepang atau Cina.... 

Kalo dengerin doang tanpa liat MVnya sih, yaah ini lagu jejingkrakan waka waka e-ee, ada hip hopnya, baru pas bagian beat dropnya Jimin kerasa dikit aura oriental Koreanya. Berarti pelajarannya, jangan percaya mentah-mentah sama teaser MV yang dirilis. Toh ternyata lagunya "beda" dengan yang di teaser..

Biar begitu, IDOL ini tetep bawa ciri khas lagunya BTS yang bawa isu soal mencintai diri, sesuai sama seri albumnya, Love Yourself. Di MV IDOL ini mereka semacam gambarin sikap mereka sebagai grup yang lagi hits, entah di sebut IDOL atau Artist, banyak yang ngomongin, kritik dan sebagainya. Tapi mereka tetap pengen jadi diri mereka, ga mau diatur sama orang lain dan jadi pesan juga buat yang dengerinagunya biar loving themselves, hmmm..

"You can't stop me loving myself." 🎶


Karena bawa warga sekampung kurang rame, akhirnya CGnya diramein

Btw menurut saya justru lagu I'm Fine yang vibesnya lebih berasa tradisional Korea. Ntar kalo rajin mu review lagu di Love Yourself Answer juga lah. Karena 7 lagu barunya, punya lirik yang kece-kece!

Kita tutup review super panjang, sedikit melantur ini dengan ekspresi terkejoet dari Kim Taehyung.

Makasi sudah mampir 💕

AWW aku terkejoet


1 comment:

  1. Aku baru nemu blog yg koplak bat tapi informatif kayak gini deh 😂
    But i really like your blog kaa 😘

    ReplyDelete

Powered by Blogger.