[Album Review] BTS Love Yourself: Answer, Penutup yang Manis



Love Yourself: Answer dari BTS jadi penutup dari seri Love Yourself. Banyak yang mengira kalau serial atau tema Love Yourself ini dimulai tahun 2017 lalu, saat Love Yourself: Her rilis. Ternyata lewat twitnya akun @BTS_twt mereka bilang kalau serial ini udah dimulai sejak 2016 lalu atau dari zaman Run dan I Need U. 

Sesuai judulnya, Answer, album ini digadang-gadang bakal memberi jawaban dari semua kebingungan-kebingungan akibat plot cerita yang ga runut, yang ditampilan sepanjang seri Love Yourself. Tapi setelah albumnya rilis? yaa "Love Yourself" itulah jawabannya. Semua kacau balau yang terjadi di Bangtan Universe, jawaban atau penyelesaian masalahnya adalah dengan Love Yourself atau kalau dibalikin ke diri sendiri jadi Love Myself. Ini disebutin di intro atau comeback trailer Love Yourself: Answer, Epiphany. Udah baca review MV Epiphany? boleh lah mampir juga abis baca review album ini. *shameless promotion*

Love Yourself: Answer terdiri dari dua CD dengan total 25 track campuran beberapa lagu yang udah pernah rilis di Her dan Tear dan 7 lagu baru. Diantara lagu yang udah pernah rilis itu, ada juga lagu-lagu versi full dan versi remix, contohnya Serendipity versi full dan Fake Love Rocking Vibe Remix yang sebelumnya cuma rilis di versi digital. 

Nah biar enggak kepanjangan nulisnya, kali ini saya review 7 lagu baru plus Euphoria aja kali ya. Ohya, enggak kayak album repackage dari grup lain pada umumnya yang masukin semua lagu di album sebelumnya, Love Yourself Answer cuma masukin lagu-lagu yang punya tema yang sejalan dengan seri Love Yourself.

1. Euphoria



Dari Love Yourself: Tear rilis, Euphoria versi full udah dinanti-nanti. Tapi ternyata lagu yang katanya masuk ke seri Love Yourself: Wonder ini justru rilis di album Answer. Agak ngebingungin sih kenapa LY:Wonder enggak rilis sebagai single atau apalah. Tapi akhirnya rasa penasaran sama lagu yang dinyanyiin Jungkook ini akhirnya terjawab di LY: Answer. Suda lelah akutu setiap mau dengerin Euphoria harus buka Youtube, liat fan edited version yang bikin Euphoria dari versi MVnya jadi kayak full version. 

Pas baru pertama dengerin, Euphoria emang bener-bener ngasi Euphoria ke pendengarnya. Suara Jungkook yang lembut, tempo lagu yang enggak terlalu cepat tapi enggak juga lambat, dan kejutan di bagian akhir lagu yang belum muncul pas Euphoria Wonder Theme MV rilis. Bener-bener bikin merinding sih high note-nya si maknae ini. My one of favorite tracks from this album!

Score: 9/10

2. Trivia 起: Just Dance



Berhubung LY:Answer rilis tepat sebelum konser tur BTS dimulai, sudah wajib kudu harus mesti BTS punya lagu solo buat masing-masing member. Di LY:Her dan Tear, Jimin dan V udah punya intro. Jungkook pun punya Euphoria. Sedangkan Jin udah digadang-gadang bakal nyanyi intro di LY:Answer (finally Jintro hikss uri Seokjinie :")
Lalu apa kabar rapline? Jawabannya...yess rapline juga rilis lagu solo yang masing-masing mewakili tema di Love Yourself. Trus tiap judul solo rapline ada kata Trivia, mungkin ini jadi tanda kalo lagu dari rapline ini jadi detil akhir yang nambahin alur cerita yang udah ada. 

Kayak Trivia 起: Just Dance dari j-hope ini yang jadi trivia di seri Wonder. Semacam jadi bumbu ceritanya Euphoria lah yaa. Soal lagunya, Just Dance ini agak bikin nagih sih, soalnya ada bagian ouwa-a-a~ dengan suara khasnya j-hope yang cempreng-cempreng gemes (?) Tipikal lagu Daydream di mixtape Hope World yang temponya slow tapi tetep asik buat joget.

Score: 7/10



3. Trivia 承 : Love



Berikutnya ada RM Trivia 承 : Love yang jadi "pemanis" buat seri LY:Her. Hmm ga tau kenapa ya, RM ini kalo bikinin lagu buat orang lain tuh asik dan enak-enak banget. Yaaa hampir semua lagu BTS ada sentuhan RM di dalamnya dan itu biasanya cocok-cocok aja sama kuping saya. Tapi giliran lagu solonya RM sendiri, malah ga pernah cucok buat saya. Duh maapin lho, tapi saya emang anaknya nda yang hip hop hip hop amat hiks. 

Trivia 承 : Love ini warna lagunya hip hop banget, meski banyak lirik yang diulang-ulang dan lirik yang berulang itu biasanya jadi addicting alias bikin nagih. Tapi tampaknya enggak berhasil buat kuping saya. Maafkeun saya mas Namjoon. Tapi seperti biasa, arti lirik lagu-lagu buatan RM selalu mantap betul alias MANTUL! Enggak paham lagi sama pinternya orang ini, kok bisa kepikiran bikin lirik kayak gitu.

Score: 6/10


4. Trivia 轉: Seesaw




Nah kalo solo track dan uri Min Suga ini yang agak bikin kaget. Awalnya sih tipikal lagi hip hop dengan suara Yoongi yang kayak abis mabu-mabu gitu. Tapi pas masuk chorus, WAIT? MIN YOONGI NYANYI? wahahahah! Setelah kemarin di Outro: Tear dia nyanyi juga meski pake auto tune, akhirnya Suga unjuk kebolehan lagi. Vocal line hati-hati ya, ntar posisinya diambil alih. Hmm atau mungkin bisa tukeran V ke rapline, Suga ke vocal line....hahahhaa you wish Mil!

Pas liat (fancam) performance See Saw di LY Tour, makin kaget lagi karena Min Yoongi ngdance juga dong. Wah bener-bener tiap member selalu ngasi kejutan tiap perform. Ohya di See Saw ini kita juga bisa denger suaranya Adora, si produser cewek yang udah beberapa kali produksi lagu-lagu BTS sekaligus jadi backing vocal. Aduh mbak Adora suaramu asik banget. So far, See Saw ini jadi favorit lagu solo dari rapline. Good job Min Suga! Kapan rilis mixtape lagi? HEU HEU~

Score: 8/10

5. Epiphany



Nah ini nih yang bikin anak orang deg-degan setengah mati pas nungguin MV intro rilis. OK mungkin saya lebay banget pas itu, tapi baru kali itu sih nungguin MV rilis doang udah kayak nungguin pengumuman SNMPTN, semua gegara Kim Seokjin. 

Sebelum full versionnya rilis, lagu Epiphany udah jadi lagu yang diputer seharian, lagi-lagi terpaksa harus dengerin dari versi fanedit dari youtube yang kemudian diconvert jadi mp4. Yawla sedi amat demi bisa dengerin I'M THE ONE I SHOULD LOBE IN THIII~~S WORLD~

...dan pas LY:Answer rilis, yang pertama kali didengerin bukanlah IDOL si title track. Epiphany langsung jadi tracklist pertama yang diputer dan...whoah Kim Seokjin memang luar biasa. Genre slow rock emang kayaknya lagi jadi mainannya Big Hit banget dan pas banget Jin punya tipikal suara yang cocok buat genre ini. 

Dibanding pas Awake dulu yang lebih pure ballad, Epiphany lebih pas karena bisa nampilin high note nya Kim Seokjin yang akhir-akhir ini sedang mantap-mantapnya. Agak khawatir sih di tour kali ini kalo di nyanyi pake high note setinggi itu terus, lama-lama gabisa ditampilin di beberapa performance. Kayak high note di Crystal Snow yang sempet ga nongol di performance fanmeeting Jepang waktu itu kan. Plis lah aku pengin liat live Epiphany sekaliiii aja juga gapapa :(

Soal lirik lagu, Epiphany ini merangkum alur cerita yang disajiin selama Love Yourself series, soal mencintai diri sendiri. 

Score: 9.5/10 (mentang-mentang bias, ngasi nilainya tinggi hahaha! tapi beneran lagunya enak kok)

6. I'm Fine



Ribut-ribut soal lagu I'm Fine ini bermula dari tulisan anagram antara I'm Fine dan Save Me yang udah muncul berkali-kali di MV, terakhir di MV Fake Love anagram ini pun muncul lagi. Tadinya banyak fans yang ngira I'm Fine adalah title tack dari LY:Answer. Tapi ternyata meleset!

Opening I'm Fine pake sedikit sample dari Save Me, performancenya pun dibikin back to back alias nyambung sama Save Me di beberapa music show. Whoah bakal keren banget sih kalo I'm Fine ada MV nya dan konsepnya lanjutin adegan terakhir di MV Save Me. Big Hit, please....

Beat lagu I'm Fine hampir sama dengan Save Me yang slow tapi pas masuk klimaks beatnya langsung cepat. Tapi di I'm Fine ini temponya lebih cepat lagi dan kalo menurut istilah saya, I'm Fine lagu yang pas buat lari-lari manja keliling komplek atau treadmill. Uhuy!

Kalo diperhatiin vibe lagu I'm Fine ini agak berasa orientalnya deh dibanding IDOL yang digembar-gembor bawa musik tradisional Korea, tapi malah lebih berasa suasana musik Afrikanya. Hmm..tapi yaa I'm Fine ini agak kurang rame sih kalo buat title track dibanding IDOL yang lebih berasa festivalnya.

Score: 8/10

7. IDOL

Si title track! Seperti yang saya bilang di Review MV IDOL, lagu ini agak keluar dari ekspektasi pas berita soal lagu ini berseliweran pas IDOL mau rilis. Musik tradisional Korea yang katanya dimasukin ke lagu ini agaknya kurang berasa. Kalah sama ramenya suasana musik Afrika yang juga masu di IDOL. Tapi setidaknya di MV IDOL suasana Koreanya lumayan berasa.

Lagu yang seru, cocok banget buat theme song piala dunia. IDOL dipilih buat jadi title track bikin seri Love Yourself ini ga melulu menye-menye tapi juga memberi semangat buat pendengarnya. Apalagi BTS Love Yourself Tour juga mau mulai, pastinya mereka butuh lagu opening yang rame lengkap dengan back dancer yang banyak, pokoknya buat bangkitin suasana pembuka konser. Agak aneh dan beda sama yang lain sih, biasanya lagu baru dari sebuah grup baru ditampilin pas di tengah konser, tapi BTS justru hampir selalu nampilin lagu terbarunya sebagai opening. Kayak Not Today waktu Wings Tour mulai dan sekarang IDOL sebagai pembuka Love Yourself Tour.

IDOL featuring Nicki Minaj juga rilis tapi hanya di versi digital. Yaa pengumumannya emang agak mepet dengan jadwal rilis dan sedikit random karena ujug-ujug featuring Nicki Minaj. Enggak banyak yang berubah antara versi asli dan versi featuring. Nicki Minaj cuma nambahin part rappnya dia dan itu ga banyak-banyak amat. 

Biarpun lagu festival banget, tapi namanya juga bangtan, liriknya tetap punya makna yang masih nyangkut dengan tema, yaitu Love Yourself. Kata bro Jimin...

You can't stop me loving myself!

Score: 8/10

8. Answer: Love Myself



Dari pertama kali dengerin Answer: Love Myself udah kebayang kalo lagu ini bakal jadi ending yang keren banget di konser Love Yourself Tour. Bener aja, lagu ini jadi lagu terakhir di konser dan arti liriknya ngena banget buat jadi penutup yang manis buat keseluruhan album baik LY: Answer, Love Yourself series, maupun buat konser Love Yourself Tour. Lagunya makin kece lagi karena banyak falseto falseto hacep dari vocal line, yaaa apalagi falsetonya Seokjin....ehehe..ehehee...


You’ve shown me I have reasons I should love myself!

Jangan lupa juga sama lirik part Taehyung ini. My fav!


어제의 나 오늘의 나 내일의 나 I’m learning how to love myself

Yang artinya, "Diriku yang kemarin, diriku hari ini, diriku besok, Aku belajar untuk mencintai diriku"

UNCH BANGET GA SIH!

Score 9/10 

Biarpun LY:Answer dibilang jadi penutup Love Yourself series dan ngasi jawaban (answer) ke semua pertanyaan yang muncul sepanjang era Love Yourself, tapi tetep ga yakin sih kalo cerita berakhir gitu aja. Bahkan RM sendiri bilang di salah satu ment nya pas LY Tour in LA kalau Answer ga sepenuhnya ngasi jawaban yang ditungguin sama fans. Yaaaah pastilah ga bakal kelar gitu aja, karena pastinya ntar bakal ada seri baru lagi yang mungkin masih ada sangkut pautnya sama Love Yourself series ini. Mungkin tahun depan, pas LY Tour mendekati final concert. Hope so...

Jadi, yang mana track favorit kalian dari Love Yourself: Answer?

3 comments:

  1. Mantap loh penjelasannya udh bikin ati lrga sih tapi tetep aja ad yg ganjel ganjel gitu, tetep suport semangat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, makasih udah mampir yaa. Tetep semnagat juga 😊

      Delete

Powered by Blogger.