[Korean Drama Review] 100 Days My Prince

Tentang pangeran yang amnesia dan hidup menjadi rakyat jelata bersama cinta pertamanya. Drama latar kerajaan yang sebenarnya standar aja dengan bumbu adegan lucu menggemaskan, plus kerennya akting Do Kyungsoo.



Kayaknya cuma Do Kyungsoo atau D.O EXO yang bikin saya mau nonton drama berlatar kerajaan. Biasanya selalu males nonton drama-drama kerajaan kayak gini karena ceritanya yang menurut saya lebih rumit dibanding drama berlatar modern.

Konflik-konflik perebutan kekuasaan dan pemainnya yang jadi keliatan sama semua jadi salah dua alasan males nonton drama kayak gini. Soalnya rata-rata pemeran cowok di drama kerajaan gini pasti kumisan, rambutnya panjang, atau pake topi tinggi yang entah apa namanya itu kan...trus jadi bingung ini siapa, itu siapa, belum lagi drama kerajaan pasti ada adegan perangnya. 

Panah-panahan, bunuh-bunuhan pake pedang, pokoknya yang berdarah-darah...nda kuat akutu.... Tapi buat 100 Days My Prince, "keengganan" tadi disingkirkan karena penasaran sama pemain dan cerita drama ini. Trus yang jelas, karena ada Kyungsoonya huhuuu kangennya liat ekso 😅



Uniknya dunia drama korea, pemainnya belum deal tapi biasanya udah berseliweran berita kalo si A lagi nego buat main drama X. Nah, 100 Days My Prince ini udah saya tungguin sejak pertama kali diberitain kalau D.O bakal dapat peran utama dan beradu akting sama Nam Jihyun. Ditungguin karena pertama, udah lama banget engga fangirling apapun berbau EXO. 

Maklum waktu itu baru "comeback" ke dunia fangirling yang fana ini dan bener-bener ketinggalan berita tentang ekso-eksoan. Penasaran juga gimana aktingnya D.O karena terakhir kali liat aktingnya dia di It's Okay That's Love yang cukup membekas dan sampe sekarang masih simpen file dramanya. My favorite drama ever :")



Kedua, Nam Jihyun. Pertama kali liat akting Nam Jihyun di drama Angel Eyes. Waktu itu dia jadi pemeran tokoh utama perempuan versi masih remajanya. Bener-bener terpesona sama mbak Jihyun ini waktu di Angel Eyes.

Cantik banget, aktingnya pas, dan paling ngefans sama suaranya sih. Adem gitu dengernya. Tapi di 100 Days My Prince ini ga tau kenapa kayaknya ada yang beda dengan suaranya Nam Jihyun. Ga seadem dulu kayaknya. Tapi tetep cantik banget sihhh dan aktingnya bagus! Sukak liatnya.



Episode awal drama ini lumayan membosankan. Kayak drama Korea pada umumnya yang nyeritain kejadian saat tokoh utama masih kecil yang bakal jadi inti keseluruhan cerita drama. Menurut saya cerita masa kecilnya cukup standar sih. Tentang pangeran kecil yang terpesona sama gadis bangsawan lain.

Tapi karena perebutan tahta, ayah dari gadis bangsawan ini secara enggak langsung dibunuh oleh ayah sang pangeran kecil melalui orang suruhannya. Tapi si gadis bangsawan enggak tau kalau yang bunuh ayahnya itu adalah ayah dari temannya ini. 

Singkat cerita si gadis bangsawan yang harusnya dibantai bersama sang ayah, berhasil kabur bareng kakaknya. Sementara si pangeran kecil terus-terusan kebayang cinta pertamanya ini, ga pernah akur sama putri alias istrinya yang dia nikahin karena dijodohin. Ohya, biasalah biar ada bumbu dramatisnya...si Yi Yul (Kyungsoo) nyimpen pita rambut si gadis bangsawan dan bikin dia inget terus sama gadis ini.

Standar banget sebenernya. Si gadis yang kabur sekarang tinggal di pedesaan, jadi orang biasa dan ganti nama menjadi Hong Shim (Nam Jihyun). Sementara si pangeran yang bernama Yi Yul, masih di istana dan bertahun-tahun merasa tersiksa sama tekanan dan tuntutan tahta, serta perasaan dia sama gadis yang melarikan diri dari ancaman pembantaian dari ayah si pangeran sendiri.


Si Menteri laknat di drama ini

Lagi-lagi standar drama kerajaan, pastinya ada aja oknum bawahan raja yang kepengin berkuasa. Nah si oknum atau lebih tepatnya menteri ini bikin rencana untuk nyerang pangeran. Dalam penyerangan, pangeran Yi Yul berhasil selamat sementara orang-orang kerajaan menganggap dia sudah tewas dan menguburkan mayat yang salah (yang tentunya bagian dari kelicikan si menteri tadi juga).

Yi Yul kemudian dibawa pulang oleh petani miskin yang enggak lain enggak bukan adalah ayah angkatnya Hongshim.


Babeh angkatnya Hongshim yang koplak yang sayang banget sama Wondeuk alias Yi Yul alias Kyungsoo 

Episode awal-awal pasti udah ketebak dong. Oh pasti bakal CLBK sih ini si Yi Yul dan Hongshim. Cuma tinggal mikirin gimana caranya mereka saling tau kalo mereka adalah teman masa kecil. Apalagi Yi Yul mengalami amnesia (khasnya segala sinetron drama, kirain udah ga zaman sinetron pake amnesia-amnesiaan) jadi dia ga ingat siapa dirinya, bahkan dia ga tau kalo dia pangeran yang sedang diburu oleh oknum jahat di kerajaannya.


Terpaksa Nikah



Enggak cukup cuma ketepatan Yi Yul ditemuin sama ayah angkatnya Hongshim. Yiyul juga akhirnya terpaksa menikah dengan Hongshim karena titah kerajaan untuk semua lajang di desa agar menikah supaya kekeringan yang lagi melanda seluruh negeri segera berakhir.
Titah ini sebenarnya dibuat Yi Yul sendiri sebelum penyerangan terjadi.

Yaa namanya jugak sinetron, Yi Yul yang diganti namanya jadi Won Deuk "dijebak" sama ayah angkat Hongshim untuk menikahi Hongshim, satu-satunya lajang perempuan yang tersisa di desa itu. Hongshim sendiri yg tadinya kekeuh buat ga mau nikah sama siapapun akhirnya terpaksa nikah karena menghindari nasib jadi selir bangsawan tua bangka, Mr.Park.

Nah kehidupan pasangan terpaksa nikah Hongshim dan Wondeuk ini pun dimulai. Banyak scene-scene konyol antara mereka berdua di antaranya karena sikap aneh Won Deuk yang berasa orang kaya. Sejak nikah, tiap hari ada aja tingkah Wondeuk yang nyusahin Hongshim dan puncaknya adalah pas Wondeuk dijebak minjem duit dari renternir buat renovasi rumah Hongshim yang reot jadi bagusan dikit, demi ngikutin selera Wondeuk yang masih berasa orang kaya padahal lagi amnesia.

Episode demi episode dilewati dengan cerita kehidupan Wondeuk selama amnesia dan jadi rakyat biasa. Kebingungannya dia sama identitas dirinya dan kerepotannya menghadapi pekerjaan-pekerjaan kasar yang mau ga mau dia lakuin buat bayar utang buat renovasi rumah tadi. Lumayan menghibur sih daripada terus-terusan scene serius soal taktik perebutan kekuasaan di dalam kerajaan.


Putri So Hye yang sebenernya ga jahat tapi jadi kayak jahat gegara bapaknya yang laknat

Selama Wondeuk alias pangeran tinggal di desa, konflik-konflik kerajaan masih jalan terus. Si menteri laknat terus-terusan menjalankan taktiknya buat bisa berkuasa salah satunya dengan jadiin anaknya, putri So Hye, buat jadi ratu. Nah si So Hye ini adalah istrinya si Wondeuk pas dia masih jadi pangeran. Biasalah kalo cerita kerajaan, si pangeran ceritanya nikah karena dijodohin dan sebenernya si pangeran ga suka sama putri So Hye ini. Begitu juga sebaliknya. Tapi biar drama nya makin seru, harus ada konflik di pasangan ini dong. Nah sebelum si pangeran keluar istana dan berakhir diserang sama pasukan menteri laknat, So Hye ngasi tau kalo dia hamidun alias hamil. Padahal pangerannya kaga pernah skidipapap sawadikap sama dia :")




Tapi bukan ngaku-ngaku hamil trus pake sumpelan di perut ala sinetron sini ya. So Hye beneran hamil tapi emang bukan anaknya pangeran. Tapi karena mengandung keturunan pangeran adalah sesuatu yang penting biar dapat kekuasaan, makanya si menteri laknat yg juga ayahnya So Hye, mendukung putrinya buat bohong ke pangeran dan raja soal siapa ayah dari janin yang dikandungnya....halaaah standar drama lokal banget yak sebenernya. Tapi beneran deh, cerita drama ini masih tetep seru buat diikutin kok. Apalagi banyak oppa tampan bertebaran penyegaran mata heuheuheu centil~

Soal oppa tampan, D.O pasti jadi nomor satu di drama ini. Tapi yah, buat saya D.O ini imejnya masih bocah banget. Apalagi postur badannya yang kicik dan mukanya yang imut, bikin susah buat bayangin dia ini jadi pangeran di drama ini. Tetep aja kebayangnya ini bocah anak sekolahan. Maapin aku kyungsoo uhuhuhu




Paling ngga, baju jubah pangeran bikin dia keliatan lebih dewasa sih. Tapi tetep aja kalo liat mukanya, haduuu gemes inimah masih do kyungsoo yang meranin anak sekolahan pake seragam lari-lari dan naik sepeda di drama It's Okay That's Love ❤

Karena D.O terlalu imut, saya malah kepincut sama bawahannya yang satu ini nih. Je yoon yang diperanin sama aktor baru, Kim Sun Ho. Si Je Yoon ini juga jadi salah satu koentji Wondeuk bisa inget identitasnya lagi. Trus Je Yoon juga yang nambah bumbu-bumbu gemes di drama ini karena Je Yoon juga suka sama Hong Shim. Ah tapi sayangnya di akhir drama engga diceritain akhirnya nasib cinta Je Yoon begimana. Kesian lah pokonya (ups spoiler dikit)





Wondeuk cemburu uwu uwu~

Biarpun dari tadi selalu alur cerita standar yang saya bahas, sebenernya ada satu bagian di drama ini yang agak beda dibanding drama latar kerajaan lainnya. Enggak lain ga bukan adalah sang raja atau ayahnya Wondeuk. 



Beneran deh gregetan banget sama raja satu itu. Gampang banget disetir sama menteri laknatnya, ngga bisa ngapa-ngapain bahkan buat ambil keputusan mesti nanya melulu sama menteri-menteri yang sebenarnya udah sekongkol sama si laknat. Ya Allah bener-bener ini raja semacam enggak berguna ya HAHAHAHA. 



Tapi ya namanya juga drama ini peran utamanya si D.O kan, nah jadi biar porsi pangerannya jadi lebih banyak jadi dibikinlah peran raja yang lemah kayak gini. 

Bahkan di akhir episode si Rajanya ngomong sendiri kalo dia lemah. Hadu gimana atuh pak kenapa baru di episode terakhir ngomongnya. Kemaren-maren ngapain aja hiks, kesian anaknya udah 100 hari tinggal di desa, bapake dikibulin bawahannya mulu.



Selain anomali raja super lemah tadi, ada beberapa plot twist-plot twist kecil yang bikin banyaknya hal standar di drama ini jadi terlihat lebih menarik dan dramanya jadi ga ngebosenin. 

Makanya ga heran drama ini dapet rating tinggi terus dari awal tayang sampai episode terakhir. Cerita yang agak standar bikin orang agakn nyantai buat nontonnya, kemudian bumbu-bumbu adegan gemes antara Hongshim dan Wondeuk selama tinggal bareng juga bikin betah nontonnya sekaligus bikin potek juga. Hadu Do Kyungsoo sudah kisseu-kisseu ya sekarang...oke baiklah Kyungsoo bukan bocah lagi :")

Soal alur cerita, drama ini gampang diikutin. Tapi sayangnya saya ngerasa alurnya agak bertele-tele di episode-episode terakhir. Ya emang sih drama korea itu biasanya puncaknya ada di sekitar episode 14. Episode 15 itu udah antiklimaks, dan episode 16 udah episode seneng-seneng yang sunah hukumnya buat ditonton alias ga ditonton juga gapapa karena toh cuma gitu doang.

Nah kalo di drama 100 Days My Prince ini, konflik dan penyesaiannya semacam dipanjangin sampai mentok di episode 16. Bagus sih, tapi pas durasi awal episode 16 itu malah gregetan sendiri karena merasa: yaelah yaudah sih kelarin aja....gitu kira-kira netijen ini mengumpat pas nontonnya. Tapi tetep bagus sih endingnya biarpun ada beberapa hal yang kurang memuaskan, salah satunya terkait nasib cintanya Je Yoon..hadu mznya sedih amat :(

Kalau sok-sokan kasi rating, 100 Days My Prince dapet poin 8/10 deh 

No comments

Powered by Blogger.