2020, hmmm..


Seperti biasa, tiap awal tahun saya nulis kilas balik apa aja yang saya lalui di tahun sebelumnya. Biasanya semangat banget mau nulis apa aja kejadian tahun lalu yang mesti ditulis di blog supaya bisa jadi kenang-kenangan dan bisa dibaca kapan-kapan pas udah tua. Tapi buat 2020, bingung mau nulis apa.

Postingan Kilas Balik 2019 saya tutup dengan gif. momen didadahin Kyuhyun pas konser Super Junior SS8. Yakin banget 2020 bakal dateng ke segala macem konser karena di awal tahun aja udah langsung dibuka dengan konser ahjussi kesayangan dan dinotis sama bias pula. Eeee ternyata, itu jadi konser live in-person pertama sekaligus yang terakhir buat saya di 2020.

Gak lama setelah SS8 bulan Januari, berita soal Corona di Wuhan dan negara lain mulai rame. Yaa tau sendiri lah Indonesia baru hebringnya di bulan Maret. Lalu pertengahan Maret kantor saya memberlakukan Work From Home alias WFH. 

Banyak orang, bahkan teman-teman dekat yang ngerasa WFH jadi beban banget. Tapi jujurly buat saya WFH kerasa biasa aja. Mungkin karena faktor kerjaan saya yang lebih nyaman dikerjain remote, dibanding harus duduk di kantor. Ngerasa nyaman selama WFH juga berkat orang-orang di tempat kerja yang puji syukur alhamdulilah kelakuannya santuy-santuy no drama, jadi biar jarak jauh, semua kerjaan insyaallah aman terkendali. 

Sepanjang 2020 paling misuh-misuh persoalan ajaib dari klien aja sih yang bikin pening hahahahha namanya juga anak ahensi yekan. Tapi misuhan soal klien kayaknya cukup dibacotin di Twitter private aja, karena hanya untuk kalangan tertentu wkwkwkwk.

Karena WFH, rutinitas semua berubah. Gak ada lagi pagi-pagi ke stasiun, umpel-umpelan di kereta, bingung mau makan siang apa di kantor, pulang nunggu tarif grab murah, pokoknya semuanya berubah. Pas awal ngejalanin, asik sih karena jadi punya banyak waktu. Biasanya sebagai anak commuter, tentu saya tua di jalan. Sekarang sebelum kerja, bisa santai dulu main sama kucing, main game, nonton oppa...

Yaa..tapi karena "banyak waktu", di beberapa kesempatan jadi "gak kenal waktu" sih. Pagi buta kena morning call dari klien, sampe malem-malem masih zoom meeting dan kena telepon ditanyain revisian,  uhuy banget lah pokoknya.

Menjaga Kewarasan

"Nyaman WFH" tapi bukan berarti saya waras-waras aja selama 2020...Awalnya doang damai sentosa karena WFH ini semacam doa ngasal yang terkabul. Di suatu hari di 2019 saat lagi stress-stressnya kerja sempat kepikir: gimana ya kalo kerja dari rumah aja. JEDER~ beneran kejadian dong. 

Di awal WFH enjoy banget ngejalaninnya, semua aman terkendali. Lalu masuk ke pertengahan, kebosanan mulai datang. Biasanya kalo stress di kerjaan bisa janjian karaoke sama temen atau paling dinner berbalut keluh kesah plus julidin orang. Tapi gara-gara pandemi, mau ke luar rumah serem, ketemu orang serem, apalagi ke tempat rame. Pergi-pergi cuma seperlunya aja, hiburan tiap bulan adalah belanja bulanan ke Superindo, i lop yu Superindo~

Buat pelarian biar gak stress akhirnya nyoba segala macem resep tiktok yang direpost di thread Twitter (?). Abis fase masak-masak, beralih ke fase tanam-menanam. Saya beli beberapa pot sukulen/kaktus mini dan beberapa temen juga ada yang ngasih hadiah taneman karena tau saya seneng miara taneman. Alhasil pojokan rumah udah mulai jadi hutan. 

Tapi dari semua kegiatan menjaga kewarasan, yang paling ampuh dan terbukti sejak lama tentulah berkutat di dunia fangirling yang fana ini. Emang si Emil beneran kagak tobat-tobat lah.

Meski rencana ke Korea lagi di 2020 trus ngejar konser BTS batal dan entah kapan terlaksananya, sepanjang 2020 dunia fangirlingan saya makin berwarna. Tentunya ini thanks to BTS yang tiap ada kesempatan selalu misuh karena gak bisa konser dan akhirnya ngerilis segala macem konten dan merchandise.

Soal konser BTS, lagi-lagi ini kayak doa ngasal yang terkabul sih. Pas konser Map of The Soul diumumin, tiap hari saya misuh karena Indonesia dan negara Asia Tenggara gak kebagian jatah konser. Pokoknya hari-hari penuh ketoksikan ngomel-ngomel BigHit sayangnya sama Amerika doang!!! Oh gituu..apa-apa buat Amerika mulu!! Ini gue ngestan artis Amerika atau artis Korea sih, masa konsernya di negara Barat mulu?? 

Wah...pokoknya sekesal itu. Kemudian pandemi melanda dan semua jadwal konser batal padahal warga US yang jadwal konsernya banyak itu udah pada beli tiket, hueheheheheheh aku sedih karena konsernya batal, tapi senang karena jadi punya waktu lebih banyak buat nabung. Kali-kali ada rezeki buat nurutin kemauan BigHit, nonton konser BTS ya ke Amerika, LOL. Nonton di Korea lah minimal. AAAAMIIIIIIIN! Karena saya udah sepesimis itu BTS mau atau bisa konser di Indonesia hahahah

Gak bisa konser in-person, 2020 jadi dipenuhi konser online. Bang Bang Con, Beyond Live Suju, Beyond Live KRY, Beyond Live Anniversary Suju, dan Map of The Soul ON: E BTS. Yhaaa..dipikir-pikir kesampean juga sih nonton macem-macem konser, tapi onlen~

Selain fangirlingan, di 2020 saya juga jadi rutin nonton drama korea. Karena biarpun saya anaknya koreaan banget, tapi saya termasuk jarang nonton drama. Selama 2020 entah berapa judul drama on going dan marathon yang saya kelarin. Mulai dari Crash Landing On You, trus drama pelakor dan laki dajjal World of Married, sampe misuh-misuh medukung Han Jipyeong di Start-Up, semua dijabanin. Belum lagi nonton drama-drama yang rilis sebelum 2020 tapi hits pada masanya, kayak Misaeng, Tunnel, dll. Tadinya pengen bikin list dan review pendek semua drama yang dikelarin tahun lalu, tapi kemudian bingung sendiri karena anaknya cepet lupa dan ntar keder mau nulis apa di reviewnya hahahah. 

Trus saya juga memulai usaha kecil-kecilan bareng temen sesama fangirl. Berawal dari obrolan ngasal pas nyobain aplikasi Lysn, eh tetiba jadi tuh olshop produk oppa-oppaan, SEOULCRAVE ID.

Ini jadi salah satu wadah saya menjaga kewarasan juga sih, karena passion saya buat unboxing dan packing barang jadi tersalurkan. Plus jadi belajar dikit-dikit soal merchandise peroppaan yang begitu banyak, kelakuan fansite yang macem-macem, sistem pengiriman barang dari luar negeri, sistem bayarnya, sampe jasa-jasa seputar belanja barang peroppaan yang sebelumnya gak pernah terpikirkan. 

SEOULCRAVE ID juga dibikin karena semenjak ngepost tentang pengalaman belanja ARMY Kit, saya jadi hampir tiap hari dapet pertanyaan di komen blog maupun DM di Instagram. 

Banyak yang bingung soal sistem belanjanya, gak punya alat bayarnya, atau yang bingung soal pajak dan sebagainya. Jadi lewat SEOULCRAVE ID saya bisa sekalian bantuin beliin barang yang kalian pengen dan dapet temen jajan bareng. 

Karena sesungguhnya sebagian besar barang jualan SEOULCRAVE ID adalah barang yang pengen saya beli tapi berhubung ongkirnya mahal jadi buka Group Order supaya ongkirnya lebih murah hehehe. Yuk yuk yang belum follow akunnya difollow yaa~ Twitternya @seoulcraveID, Instagramnya @seoulcrave.id hehee..

Gak usah takut trusted atau nggaknya, karena saya sendiri anaknya panikan kalau belanja online dan pengen tau status barang udah di mana. Jadi semua update terkini tentang barang pesanan pasti dicek dan diupdate tiap waktu, karena itu tadi...saya anaknya panikan dan penuh was-was kalo belanja wkwk.

Kira-kira begitulah rekapan kegiatan sepanjang 2020 kemarin. Tentunya sangat bersyukur sepanjang tahun saya, keluarga, dan teman-teman masih dikasih rezeki sehat. Sekarang udah 2021, biasanya awal tahun penuh dengan segala macem rencana dan harapan. Tapi tahun ini kayaknya hmmmmmm..... Bener-bener blur gak kebayang 2021 bakal kayak apa dan perkembangan pandeminya jadi gimana. Semuanya serba gak pasti. Jadi di tahun baru ini menjalani apa yang udah ada aja, tanpa ada rencana yang menggebu-gebu kayak tahun sebelumnya. 





No comments

Powered by Blogger.