[REVIEW] All of Us Are Dead, dikejar-kejar Zombi di Netflix


Tentang sekumpulan anak SMA yang terjebak di sekolahnya saat wabah zombi terjadi.

Semua berasal dari seorang guru biologi yang bikin sebuah eksperimen supaya anaknya yang dibully di sekolah bisa ngelawan. Tapi seperti kebanyakan cerita film zombi lainnya, eksperimen tersebut enggak bisa terkendali dan akhirnya jadi wabah yang nyebar ke penjuru kota Hyosan.

Anak si pak guru biologi jadi zombi, trus tikus percobaan si pak guru ngegigit 1 murid, lalu muridnya menggila di UKS dan terjadilah gigit menggigit hingga akhirnya zombinya jadi banyak. 

Enggak cuma di SMA Hyosan. Gegara si 1 murid yang kegigit tikus ini dibawa ke rumah sakit, akhirnya orang-orang di rumah sakit pun ada yang kegigit dan kemudian gigit menggigit lagi sampe virus zombinya nyebar ke warga Hyosan.

Lalu terjadilah wabah zombi dan anak-anak di SMA Hyosan menderita karena jadi pusat wabah dan enggak bisa minta bantuan ke luar. Selain karena akses internet dan telepon diputus pemerintah supaya menghalau hoax, anak-anak ini juga enggak pegang hp karena sebelum wabah zombi, hp mereka dikumpulin sama ibu gurunya. Greget banget gak tuh, kejebak di sekolah penuh zombi, gak ada akses minta bantuan, cuma bisa ngarepin ada yang datang nyelamatin mereka.

Sebelum lanjut nulis, kayaknya mesti kasih spoiler alert dulu karena bakal nyebutin beberapa plot cerita yang mungkin bakal bikin pengalaman nonton jadi gak seru..



Serial yang diadaptasi dari webtoon ini berputar di kisah Onjo, Cheongsan, Namra, Suhyeok dan teman-temannya yang berusaha menyelamatkan diri dari teman-teman mereka yang berubah jadi zombi. 

Onjo dan Cheongsan diceritakan sebagai teman sekelas yang udah kenal sejak kecil dan tetanggaan. Sementara Namra adalah si ketua kelas pintar, tajir, tapi gak punya teman karena sifatnya yang dingin ke anak-anak sekelasnya. Lalu Suhyeok, diperankan Park Solomon yang bikin semua orang membuncah terpana karena kegantengannya....hahah salah fokus.


Selain kegantengan Lomon, couple Suhyeok Namra juga bikin penonton uwu

Suhyeok ceritanya dulunya anak bandel, makanya jago berantem dan jadi andalan ketika mesti berantem sama zombi. Tapi sebelum wabah zombi melanda, Suhyeok udah tobat dan akhirnya bergabung sama Onjo, Cheongsan dan anak-anak baik lainnya buat menyelamatkan diri bareng-bareng. Sementara Gwinam, mantan temennya Suhyeok yang anak geng bandel digigit jadi zombi dan jadi immortal alias gak mati-mati. 

Yhaaa, Suhyeok nyesel kali, anjir ngapain gue tobat, capek bener berantemin zombi satu-satu sepanjang hari. Enak jadi si Gwinam udah jatoh dari gedung, eh bisa idup lagi. Begitu kira-kira kalo Suhyeok mikirnya sengklek dikit 😂


Gwinam si zombi yang gak bisa mati

All of Us Are Dead ada 12 episode dengan 2 episode pertama yang menurut saya terlalu bertele-tele dan ngebosenin. Yah mungkin episode awal ini adalah perkenalan supaya penonton tau masing-masing tokoh yang bakal membawa jalan cerita di All of Us Are Dead ini. 

Tapi episode awal yang kebanyakan cerita ini rasanya kurang dapet kalo buat ceritain tiap tokoh secara mendalam. Gimana hubungan masing-masing tokoh belum kerasa banget di penonton. Biarpun tokoh utama cuma 4, tapi ada beberapa tokoh lain yang bakal sering muncul di episode-episode selama usaha penyelamatan diri dari zombi. Jadi mungkin 2 episode tadi agak susah merangkum semuanya namun bakal makin ngebosenin juga kalo dipanjangin sampe episode berikutnya.

Kurang mendalamnya penjelasan tentang hubungan antartokoh ini akhirnya bikin beberapa scene ketika ada salah satu teman mesti ditinggal karena udah kegigit zombi, jadi kurang menyedihkan buat sebagian penonton. Ini saya baca-baca dari komenan netizen maha benar di Twitter sih hahaha. 

Tapi ada benernya juga, mungkin kalo kita udah "kenal deket" banget sama tokohnya lalu ketika salah satu temannya berubah jadi zombi, bakal jadi scene yang menyedihkan banget sih karena mesti ditinggal bahkan mesti dihajar sampe mati atau bakal diserang balik dan digigit jadi zombi.

Tapi saya sendiri tetep nangis sih di beberapa part pas adegan merelakan orang yang digigit zombi ini. Mungkin karena saya emang gampang nangis alias cengeng juga sih. Paling nangis waktu Bang Yoondam..

Woojin

Woojin lagi


Lho kok ada Bang Yoondam Racket Boys di sini... Tadinya saya enggak ngeh kalo Woojin ini diperanin sama Son Sangyeon, aktor yang sama yang meranin Bang Yoondam si jagoan badminton yang punya IG bbangminton di Racket Boys. 

Woojin waktu SMP namanya BangYoondam

Cuma ngerasa, kok mirip si Bang Yoondam sih, ah tapi gak mungkin dia karena pemeran Bang Yoondam kan lagi wamil. Oooh ternyata All of Us Are Dead udah kelar syuting pas sebelum Son Sangyeon berangkat wamil.

Saat orang-orang terLomon-Lomon karena kerennya Suhyeok, saya lebih terWoojin-Woojin padahal dia enggak begitu banyak screentimenya. Bukan yang jago berantem dan yang ngasih taktik buat kabur dari zombi juga. Pokoknya dia hanya hadir mengisi ketampanan.

Kasian Bang Yoondam lulus SMP masuk SMA namanya jadi Woojin eh sekolahnya diserang zombi

Screentime Woojin terbilang sedikit di All of Us Are Dead, sampe agak susah nyari screen capture yang bagus buat dimasukin ke blog ini. Tapi Woojin tetap ada di hatiku hiks.

Selain momen sedih-sedihan ninggalin orang tersayang yang digigit zombi, ada juga momen yang bikin gondok di beberapa episode di All of Us Are Dead. Baiklah saatnya kita menjulid dan ngata-ngatain..

Buruan kabur jubaedaaah!!

Pertama, momen Onjo nge-freeze saat pertama kali zombi menyerang pas makan siang. Lah ngapa lu diem aja jubaedaaaaaah???

Kata orang-orang sih wajar, namanya pertama kali liat ada zombi pasti ada yang reaksinya diam membeku. Yaaa tapi ini si jubaedah lama bener membekunya?? HUAH kesel saya 😂

Gara-gara adegan ini, beberapa orang bilang Onjo gak guna alias jadi beban aja sepanjang cerita All of Us Are Dead. Tapi buat saya Onjo enggak jadi beban sih. Dia cukup membantu dalam usaha kabur dari serangan zombi dengan berbagai ilmu penyelamatan diri yang dia pelajari dari ayahnya yang kerja sebagai petugas panggilan darurat 119.

Buat saya yang jadi beban sesungguhnya adalah mbak-mbak rompi pink ini..


Hyoryung ini paling sering jatoh kalo pas lari-larian dikejar zombi. Bukannya langsung berdiri tapi dia pasti nunggu diberdiriin temennya. Ya namanya juga beban yak..

Trus dia juga kayaknya enggak pernah ngasih ide atau taktik buat sembunyi atau lari dari zombi. Pokoknya ikut aje kemana Onjo Cheongsan dkk pergi. Tapi mungkin ini taktik yang bagus juga, jangan jadi pembangkang atau sotoy ngasih ide. Pokoknya ikut aja sama ide yang pinter-pinter, alhasil si mbak ini selamat sampai tujuan hmm...

Kalo mbak Hyoryung beban tapi omongannya enggak ngeselin, kalo yang dua ini udahlah beban, ngomongnya pun ngeselin. Allahuakbar, mari kita sambut Jimin dan Nayeon..

Jimin

Nayeon

Jimin yang jadi super emosional pas tau orangtuanya udah jadi zombi, kemudian di episode menjelang akhir series, karakter busuknya makin jelas ketauan karena ninggalin Hyoryung waktu Hyoryung jatoh pas lari dikejar zombi. Ya saya paham sih mbak, capek banget bediriin Hyoryung yang jatoh melulu, tapi ya temennya enggak ditinggal jugaaak!

Lalu Nayeon, si anak orang kaya yang songong dan egois. Gampang panik lalu ngerusuhin orang sampe orang-orang repot gara-gara dia. Padahal tiap orang juga repot ngadepin zombi. 

Daripada kesel ngejabarin hal-hal nyebelin dari Jimin dan Nayeon All of Us Are Dead, mending kita liat Jimin dan Nayeon yang uwu~

Jimin uwu


yaampun kembaran aku 😝

Lalu soal tokoh-tokoh lainnya, mereka baik-baik aja sih. Cuma agak disayangkan 2 tokoh utama, Onjo dan Cheongsan yang kalah pamor dibanding second lead, Namra dan Suhyeok. Aneh juga sih di jalan ceritanya Namra dan Suhyeok terlihat lebih keren dan tokoh utama-able banget (?)

Entahlah kalo di webtoonnya apakah jalan ceritanya sama dan bikin porsi Onjo dan Cheongsan emang gak sebegitu kerennya dibanding Namra dan Suhyeok?


Satu hal yang bikin cukup takjub sama serial ini adalah kisahnya yang enggak cuma soal lari-larian dikejar zombi. Bisa-bisaan aja nih penulisnya bikin cerita invasi zombi penuh darah tapi tetap ada sesuatu yang bisa kita renungkan bersama-sama #halah

Serial All of Us Are Dead mengangkat kisah korban bully di sekolah yang enggak bisa melawan. Bukan cuma karena enggak ada teman yang belain tapi juga karena guru-guru yang menganggap remeh kejadian bully. Sebagian besar guru menganggap kejadian bully di sekolah bisa selesai dengan pelaku minta maaf, gak ada sanksi tegas buat pembully, dan gak ada pendampingan buat si korban. Bahkan kejadian bully ditutup-tutupi demi pencitraan sekolah. Akhirnya bully terus berlanjut dan bikin korban bully makin trauma hingga berniat bunuh diri.



Tapiii setelah serangan zombi, dua korban bully di All of Us Are Dead malah jadi karakter antagonis. Enggak kayak kisah tentang bully lainnya yang biasanya nunjukin kalo korban bully akhirnya jadi pahlawan atau setidaknya bantu yang baik. Ini mereka malah jadi ngeselin lho..

Yang cowok, malah semacam balas dendam dan membiarkan Onjo dkk gak naik helikopter penyelamat bareng dia. Yang cewek jadi zombi gak mati-mati kayak Gwinam dan balas dendam ke orang-orang yang dulu nyusahin dia. 

Tapi anehnya ni cewek bukannya berantem sama Gwinam, si pembully-nya, malah repot mecah-mecahin handphone orang-orang biar rekaman video bugilnya gak kesebar. Padahal gak ngaruh juga karena video itu tetap bakal keupload otomatis dan bisa diliat orang, itupun kalo masih ada orang karena sebagian besar kan udah jadi zombi dan yang masih waras pun udah gak punya hp. Aigoo si mbak ini pada akhirnya jadi nyusahin karena Onjo dkk kan butuh hp buat cari bantuan.

Serial ini juga mengangkat sudut pandang anak sekolah di mata masyarakat umum. Anak sekolah, khususnya anak SMA udah bukan lagi dianggap anak kecil tapi bukan juga orang dewasa sehingga masyarakat dalam hal ini regu penyelamat dari pemerintahan/militer, sama sekali enggak mendahulukan keselamatan anak-anak di sekolah dan bikin mereka mesti nyelamatin diri sendiri. Setelah sekian lama dan ada yang nanyain, baru deh inget: oh iya di barak pengungsian enggak ada anak sekolah. Yee minta digaplok, penonton udah capek berasa ikut lari-larian dikejar zombi di sekolah. Ini si bapak-bapak pemerentah baru inget belom jemput anak sekolah.

Ohya soal prioritas penyelamatan ini juga dikisahkan gimana dalam situasi gawat para politikus atau orang-orang yang berkuasa dan punya privilege ribut-ribut minta diselamatkan lebih dulu. Ada juga penggambaran politikus yang aji mumpung membangun image pahlawan padahal dirinya enggak ngapa-ngapain alias enggak menyelamatkan siapapun. 

Sisi cerita yang menarik buat diangkat karena kayaknya di kehidupan nyata pasti ada aja kejadian kayak di All of Us Are Dead. Tapi di sisi lain, namanya juga film, ada beberapa part yang mengganjal dan bikin plot ceritanya agak gak masuk akal. Tapi ya namanya juga film yekan?


Pertama, si anak-anak yang lari-larian ngumpet an kabur dari zombi di sekolah ini gak makan-makan tapi tetep sanggup berantem sama zombi dan lari-larian lagi. Ada yang bilang karena serangan zombi dimulai saat jam makan siang, jadi mereka punya cukup tenaga buat perang lawan zombi. Ada juga yang bilang ini salah satu plot hole yang terjadi karena adaptasi serialnya enggak sepenuhnya ngikutin jalan cerita di webtoon. 

Saya belum baca webtoonnya sih tapi kata orang-orang, di webtoon diceritakan kalau mereka sempat nyari makanan dari kotak bekal yang tertinggal di kelas-kelas. Sementara di serial cuma diceritakan mereka sempat minum air hujan pas berhasil mencapai atap sekolah dan sempat makan cokelat basi di gudang olahraga. Yatapi cokelat basi cuma sebatang, dibagi ramean, dan ada yang gak kebagian pula karena dimakan habis sama temen sebelahnya, antara sedih dan mau ngakak..

aduh si Daesu ini bikin ngakak, jagoan nyanyi dan jagoan juga pas lawan zombi

Keanehan berikutnya adalah momen Onjo ketemu bapaknya. Yaila bisa-bisanya pas banget jreng jreeeng bapaknya yang buka pintu wkwkwkwk yaudahlah, namanya juga film...

Lalu momen Jimin yang digigit zombi setelah ninggalin Hyoryung dan momen mas-mas pemanah, kakak kelas Cheongsan dkk yang kepisah dari rombongan dan akhirnya digigit zombi juga.

Dua tokoh ini hilang gitu aja, gak ada yang nangisin bahkan gak ada yang nanyain setelah mereka menghilang dari rombongan. Kalo si Jimin bodo amatlah, kepalang kesel sama karakternya. Tapi si mas-mas pemanah, agak disayangkan kok gak ada momen mereka sedih-sedihan kehilangan mas-mas pemanah 😢

2 pak polisi yang scenenya paling saya tunggu

Kalo soal 2 pak polisi ini bukan keanehan sepenuhnya ada di mereka sih. Tapi munculnya 2 tokoh ini menurut saya aneh karena gak sesuai sama ekspektasi saya hahaha *lah bodo amat siapa elu mil*

Tadinya karena diceritakan kalau mereka ini polisi, saya kira mereka yang bakal ke sekolah dan bantu anak-anak SMA Hyosan yang belum jadi zombi untuk keluar area sekolah dan pergi ke tempat yang aman. Tapi ternyata mereka malah sibuk menyelamatkan diri dan ketemu beberapa orang yang akhirnya mereka boyong buat ikut diselamatkan. 

Tapi 2 orang ini jadi bikin serial All of Us Are Dead jadi gak tegang terus sih, momen-momen kocak biasanya hadir dari 2 polisi ini. Jadi mungkin sutradaranya nambahin tokoh sampingan ini buat ngasih sedikit unsur kocak karena udah gak mungkin bikin yang kocak-kocak di circlenya Onjo Cheongsan dkk yang lagi dikejar zombi. Kedua polisi ini juga yang berjasa bawa laptop pak guru biologi yang bikin virus zombi, buat cari jawaban gimana cara mengatasi wabah zombi ini.

Nah, tapiii di akhir juga ada yang mengganjal dari kisah 2 polisi menyelamatkan orang ini. Mereka menyelamatkan bayi tapi di akhir cerita gak dikasih liat itu bayi dikemanain akhirnya? Saya enggak ngeh atau emang enggak diceritain ya? 

Mungkin cerita tentang si bayi bakal muncul di season 2 ya. Karena katanya bisa jadi ada season 2 tapi masih rumor-rumor doang sih..



Secara keseluruhan All of Us Are Dead seru buat ditonton. Memang mesti sabar di episode-episode awal karena ceritanya rada ngebosenin, tapi bakal seru pas zombi udah muncul dan mulai ada adegan kejar-kejaran. 

Buat sebagian orang mungkin rada menjijikan karena serial ini penuh darah bahkan ada beberapa adegan zombi makan organ tubuh yang diliatin banget. Cukup bikin shock dan enek 😭

Trik Onjo dkk buat ngumpet dan kabur dari zombi cukup menarik buat ditonton. Kecuali trik yang mereka keluar dari gudang penyimpanan alat olahraga sih, malah bikin pergerakan makin lama.....hhh gregetan banget liatnya. Tapi aman, kan ada bapaknya Onjo yang tetiba muncul secara ajaib di pintu dan ruangan yang tepat. Ya namanya juga film...

Buat endingnya cukup menjawab masalah utama tapi gak semelegakan itu. Karena masih ada yang menggantung meskipun tokoh utama berhasil sampai di barak pengungsian. Tentang gimana cerita Namra yang ternyata balik ke sekolah, nasib anak bayi yang diselamatkan polisi, dan Cheongsan si male lead yang agaknya sayang banget kalo ceritanya abis begitu aja. Mungkin sengaja dibikin gantung biar ada celah buat bikin jalan cerita season selanjutnya?

Tapi kalaupun ada season berikutnya, kayaknya ceritanya bakal enggak seseru yang pertama karena menghidupkan tokoh yang udah mati di season 1 biasanya bikin jalan cerita mulai ngadi-ngadi alias ngalor ngidul gak seseru season 1. Yaa kita tunggu aja lah ya




No comments

Powered by Blogger.