[MV Review] BTS JIN The Astronaut, Safe Flight Our Astronaut!


Bukan lagu ballad, tapi bikin sedih. Itulah deskripsi saya buat ngegambarin lagu The Astronaut dari Seokjin. 

Bahkan mau nulis review ini aja berkali-kali buka tutup page draft, nulis dikit, trus ditinggal. Kayak gak semangat mau nge-reviewnya...

MV The Astronaut berkisah tentang astronot yang terdampar di bumi kemudian dia berteman sama seorang gadis kecil. 

Setelah beberapa lama tinggal di rumah gadis kecil itu, si astronot ini melihat cahaya di luar jendela tanda pesawat luar angkasanya aktif lagi dan siap bawa dia pulang ke planetnya.

Tapi akhirnya dia enggak jadi pulang karena dia merasa udah punya rumah baru di bumi bareng si gadis kecil.

Cerita yang simpel, ringkas, tapi buat ARMY jadi mengharukan banget karena penuh perumpamaan hubungan Seokjin dengan ARMY dari baru debut sampai sekarang mau pamitan wamil.

Seokjin yang sebelumnya orang biasa, seorang anak kuliahan yang tau-tau dicasting dan jadi trainee lalu debut jadi idol. Kemudian dia ketemu ARMY yang sekarang dia anggap sebagai "rumah".

Nah di MV The Astronaut, si astronot yang tadinya ngawang-ngawang di luar angkasa, enggak tau arah, tiba-tiba terdampar di bumi dan ketemu si anak perempuan. Lalu setelah sekian lama sama si anak perempuan ternyata merasa betah. Dia merasa kalau rumahnya itu adalah di bumi, bareng si anak perempuan.

When I’m with you

There is no one else

I get heaven to myself

When I’m with you

There is no one else

I feel this way I’ve never felt



Banyak detil-detil scene di MV The Astronaut yang mengharukan. Misalnya scene Seokjin lagi ngisi TTS. Di penghujung MV, dia nulis:

FAMILY

Menyiratkan saking berharganya ARMY buat Seokjin, dia udah anggap ARMY seperti keluarganya sendiri..

Selain TTS ini, ada banyak detil-detil lain di MV The Astronaut yang sama-sama bikin nyess. Misalnya tato di leher Seokjin yang ternyata tulisan braille ⠁⠗⠍⠽ yang artinya ARMY dan pas scene ini muncul bertepatan dengan lirik ..and I love you.

Nangis banget gak tuh....


Ada banyak scene di MV ini yang menyiratkan hubungan Seokjin dan ARMY yang super uwu. Kayak scene anak kecil belajar naik sepeda, scene mereka main-main air pancuran, dan foto-foto pake polaroid. Scene-scene tadi nunjukin gimana keseharian si astronot selama berteman dengan anak perempuan di bumi. Kenangan menyenangkan yang bikin si astronot merasa ada di rumah.

Menurut saya ini menyiratkan gimana Seokjin sama ARMY pas bareng-bareng dan memori lainnya dari pertama Seokjin kenal ARMY sampai sekarang saatnya say goodbye.




Di MV si astronot ceritanya pergi menuju pesawat luar angkasanya. Setelah
 Seokjin pergi, dia berubah pikiran dan akhirnya dia balik lagi.

Menariknya, di momen dia berubah pikiran itu di situ juga pertama kalinya Seokjin senyum! Ngegambarin gimana bahagianya dia balik lagi ke "rumah".

Scene si astronot balik lagi ke rumah si anak itu juga menyiratkan keadaan Seokjin sekarang yang pamit wamil. Sekarang dia pergi buat sementara dan nanti bakal pulang lagi..



Di scene paling akhir kita bisa dengar suara kring-kring dari sepeda si anak perempuan. Setelah dengar suara sepeda itu, Seokjin langsung excited mau nemuin si anak itu. 

Ini kayak menyiratkan gimana suara ARMY, teriakan ARMY di konser, fanchant..bikin Seokjin excited buat nemuin ARMY lagi, saat dia pulang nanti.

HUWEE jujur, ngetik soal part ini sambil nangis....

Efek lagi PMS juga kali ya, jadi lebih emosional hikss..

Entahlah post ini bakal saya hapus atau direvisi sebagian karena bisa jadi beberapa waktu kemudian pas saya baca ulang blog ini bakal malu sendiri karena kayak lebay banget gak sih?

tapi beneran sedih :(((

Di awal postingan ini saya bilang agak gak semangat buat review MV ini.

Bukan karena MV-nya jelek atau gak sesuai ekspektasi saya. Tapi gimana ya. Sedih banget gitu mau nulisnya.

Tapi di sisi lain mikir, MV ini bagus banget! Harus banget direview, sekalian buat catatan kenang-kenangan pribadi buat ngingetin dulu ada momen ini lho. 

Trus di hati kecil juga ada rasa: yaampun lebay banget sih kayak gak pernah ditinggal wamil aja hahahaha! Perasaan dulu pas Kyuhyun wamil rasanya B aja alias biasa aja.

Sampe nge-scroll twit lama, nyari momen-momen pas Kyuhyun wamil dulu saya ngetwit apa ya? Buat nginget gimana cara bisa biasa aja. Ternyata nihil, gak ngetwit sama sekali dan baru inget pas waktu itu lagi hiatus 2 tahun dari perkpop-an karena lagi hectic-hecticnya jadi anak baru di kantor. Mungkin jadi gak begitu sedih karena memang lagi gak se-"terikat" itu sama dunia fangirling. Eh yang sekarang lagi sayang-sayangnya, lagi semangat nyiapin budget buat nyamperin nonton konser, pokoknya lagi fangirling mode ON! ehh tau-tau grupnya hiatus dan bias kesayangan berangkat wamil.

Awalnya kecewa, agak marah, tapi bingung mau marahin siapa karena bukan salah mereka juga. Sebel banget kenapa gak pas awal pandemi mereka cabut wamil aja, toh gak bisa konser juga. Tapi mereka malah tetep jalan bikin album ini itu. 

Ehh tapi trus mikir, gak bisa gitu juga karena era 2019 dan sepanjang peak pandemi kemarin karier mereka makin bersinar karena mulai menaklukkan pasar musik amerika. Masuk chart no.1 di Billboard, trus nominasi dan tampil Grammy..kalo mereka cabut wamil di 2019 mungkin gak akan kejadian tuh.

Lalu kesel lagi, kenapa sihh mereka konsernya ke negara yang jauh-jauh terus?? Kan saya jadi susah nyamperinnya. Ke Amerika mulu hnggg...

Tapi trus mikir..ya mau gimana, namanya juga lagi ngejar karier di sana dan konser-konser saat pandemi mereda diadain di area US karena emang di sana doang yang peraturannya longgar. Mungkin juga koordinasi soal panggung sampe event kayak Borahaegas lebih memungkinkan dibanding negara atau daerah lainnya. Pluss...nasib tabungan saya yang belum cukup buat menyamper ke tanah Paman Sam. Kalo ada duit sih ya gampang aja sebenernya, toh banyak warga +62 yang cuss ke sana hahaha!

Sebel juga sama pemerintahnya yang ngulur-ngulur waktu soal aturan bebas wamil. Paham sih bakal susah banget bikin peraturan yang setara buat idol lain yang juga berprestasi. Hmm kalo bahas ini bakal jadi ribet banget perdebatannya. Jadi..gak bisa marah juga ke pemerentahnya, lagian GUE SIAPA? mau ngomelin pemerentah negara orang hahaha

Di sisi lain ada juga sebel sama treatment (?) agensi soal jalur karier BTS. Dari awal BTS kontennya selalu terasa "eksklusif", mereka jarang hadir ke acara variety di TV, kalaupun punya acara variety, mereka rilisnya eksklusif di kanal Youtube sendiri, Vlive, atau sekarang Weverse. 

Ini yang bikin member "gak bisa dilihat" dimana-mana kalo bukan di konten BTS. Trus soal konsep mereka yang selalu apa-apa bertujuh. Manggung bertujuh, interview bertujuh, tapi saya rasa lama-lama ada "efek negatifnya" juga.

Dari sisi fans paham 7 or nothing emang bikin fandomnya kuat. Tapi di sisi lain bikin terpecah juga. Seneng liat fandomnya begitu sayang ke semua member, rata tanpa terkecuali. Yaah ada sih yang solo stan, tapi yang membeli 7 or nothing kayaknya lebih banyak.

Tapi di sisi lain, karena 7 atau enggak samasekali ini bikin ada momen-momen toksik yang mana fans "nolak" kalau ada satu member yang punya solo project. Langsung saling nyerang dan menganggap biasnya si paling mistreated. 

Nah, fenomena ini sebenernya bikin susah agensi juga. Salah sendiri fansnya dari dulu gak dibiasain liat BTS berkegiatan di luar kandang. Gak dibiasain liat salah satu member berkegiatan sendiri, berkarier sendiri di luar kandang. Ketika momennya mereka harus wamil dan buat sementara gak bisa lanjut karier bertujuh, akhirnya di sisi fans rasanya sedih banget karena pada gak biasa liat mereka gak bertujuh.

Belum lagi di sisi western fans dan western media yang bisa dibilang belum paham konsep "hiatus" dan solo karir di kpop. Maka enggak heran waktu pertama kali BTS umumin hiatus di video festa waktu itu, langsung rame! Mereka pikir BTS bubar jalan. Banyak fans yang ngira nasibnya bakal kayak One Direction. Padahal di idol kpop, momen suatu grup hiatus lalu membernya bersolo karier, sembari satu persatu pergi wamil adalah hal yang biasa. Jujur, respons yang agak lebay dari beberapa oknum baik media maupun fans bikin momen hiatus as group dan perwamilan ini jadi makin drama...

Huh dari ngereview MV The Astronaut jadi melebar melampiaskan uneg-uneg ya hahaha.. maafkan.

Baiklah, mari kita balik ke soal MV. Seneng banget liat MV-nya karena produksinya super niat. Dari segi lokasi shooting, setting properti, sampe editing berserta CG effectnya, semuanya keren banget.

lukisan bocah yang ternyata digambar anaknya LUMPENS, sutradara MV ini dan MV BTS lainnya

CG yang super mevvah ala-ala film sci-fi

Setting interior kamar super cakep!

Ohya, tak lupa buat mengucapkan terima kasih kepada om-om Coldplay yang udah hadiahin lagu ini buat Seokjin. Adlibs-adlibs khas Chris Martin di lagu ini bikin lagunya makin nyess. MV yang mengharukan ini pun jadi punya momen lucu karena cameo dari Martin hyung jadi newscaster pake wig..


tadinya ngirain Chris Martin yang jadi astornot ini

Thank you, and see you..

Di salah satu interview Seokjin bilang lagu The Astronaut ini adalah kisahnya dan ARMY sekaligus rasa terima kasih dia buat ARMY yang udah bantu dia menemukan mimpinya. Dia yang tadinya orang biasa, yang belum punya mimpi yang jelas, jadi seorang Jin BTS yang berkarya dan bisa meraih banyak prestasi.

Sebagai fans-nya saya juga mau bilang banyak-banyak terima kasih buat Seokjin yang udah bekerja keras mulai dari sebelum debut, debut jadi idol, ketemu ARMY, dan berkarya sama 6 adek-adeknya. Terima kasih udah bikin saya dan banyak orang lainnya jadi happy dengan berbagai konten dan lagu-lagu karyanya. Mulai dari yang mengharukan, ngajarin self love, hingga yang lawak-lawak. Pokoknya makasih banyakk!!

Tak ku sangka tiba juga saatnya dia jadi gunawan. Gundul menawan...

Hari ini, 13 Desember 2022, Kim Seokjin pamit sementara buat jalanin tugas negaranya.

Semoga Seokjin sehat selalu, lancar menjalankan tugasnya, selalu dikelikingi orang-orang baik, dan pada waktunya nanti bakal kembali pulang dengan sehat dan siap berkarya lagi.

Safe flight our astronaut!


No comments

Powered by Blogger.