[Review & Theory] BTS Fake Love MV

Tentang kebahagiaan palsu yang berujung jadi kesedihan dan penyesalan. MV dari title track dari Love Yourself: Tear, Fake Love ini jadi lanjutan cerita yang penuh kegelapan dan misteri dari Hwayang Yeonhwa series. 




Comeback paling rame sejauh tahun ini berlangsung. Timeline twitter udah rusuh bahkan sebelum tanggal comeback dirilis. Buat gue yang baru aja jadi “alay” BTS, comeback ini bener-bener luar binasa. Mulai dari rumor comeback #BTSGlitchParty karena munculnya glitch di beberapa video lama BTS di Youtube, tombol subscribe yang ilang, sampai kaitannya sama video-video opening performance di music show dan music awards.

Singkat cerita, nongollah MV Love Yourself: Wonder theme Euphoria dari antah berantah (yang penuh teori kampret juga tentunya, tapi tetep aja gue pikirin itu teorinya ckck). Di review soal teori Euphoria, banyak banget alur cerita yang menurut gue janggal. Ngarepnya bakal langsung terjawab di MV title track Love Yourself: Tear. Tapi yaa namanya juga Big Hit, MV Fake Love justru bikin alur cerita Hwayang Yeonhwa series makin ribet, tapi seru sih ya buat kacung kipop macam gue :”)



Dari MV comeback trailer Singularity, udah keliatan kalo LY:Tear bakal dark concept. Teaser-teaser Fake Love juga nunjukin kalo ekspresi si mas dan dedek bangtan kayaknya semua tersiksaaa banget, padahal cuma nukerin barang-barang di loket yang dijaga pahlawan manusia bertopeng. Adegan nuker-nuker barang ini katanya jadi simbol kalo mas dan dedek di Bangtan Universe ini lagi menukar kenangan buruk jadi sesuatu yang membawa kenangan baik. Ternyata eh ternyata ini masih nyambung sama Love Yourself Highlight Reel yang rilis tahun lalu.




Duh apalah saya tahun lalu masi mencaci BTS yang masih entah siapa kok tau-tau mejeng di Billboard, ahahaha terus as always..karma does exist, gue sekarang lagi bikin postingan super panjang tentang segala teori MVnya BTS. Ampuun~

Selain benda-benda yang ditukar masing-masing member ke manusia bertopeng, beberapa scene d MV Fake Love juga berkaitan sama MV yang dulu-dulu. Di salah satu scene di Fake Love, V terlihat bingung karena handphone yang dia pegang tetiba hilang jadi pasir bersamaan sama momen huru-hara ruangannya Seokjin meledak dan huru-hara di MV Fake Love lainnya. Handphone ini bikin inget scene V di Hwayang Yeonhwa prologue pas dia nelpon Namjoon minta ketemuan :"


Pas scene ini muncul, tak kirain hp LG ngikut sponsor di mari ahaha
Set Namjoon di MV Fake Love yang terbuat dari container-container bekas juga bikin keinget sama MV I Need U dan Run. Trus handle atau pegangan yang biasa ada di bus itu juga ngulang dari Highlight Reel..


Scene Highlight Reel, Fake Love, dan I Need U/Run

Jimin di MV Fake Love kali ini enggak berada di rumah sakit seperti pas di MV Euphoria ataupun Serendipity. Tapi dia ada di depan wastafel di ruang bercermin besar mirip studio dance yang di Highlight Reel. Trus ada yang merhatiin juga gak kalau di dinding ruangan itu ada lukisan hutan pinus yang mirip kayak foto yang ditukar Jimin pas di teaser Love Yourself: Tear....ya amplop apa lagi nih maksudnya kenapa semuanya ngulang begini ckck.



J-hope alias Hoseok lagi-lagi ngulang scene di Highlight Reel tentang kenangan ditinggalin ibunya di depan merry go round pas masih kecil, tumpukan Snickers itu juga pengulangan dari scene Highlight Reel yang mana ibunya Hoseok ninggalin dia sama satu biji Snickers. Yailah bu kesian amat anaknya dibekelin Snickers sebiji doang, mending beli Beng-beng bu, lebih mure dapet banyakan. Tapi di MV Fake Love, Snickers sebiji tadi beranak pinak jadi banyak. Bukannya seneng jadi juragan Snickers, tapi Hoseok malah tepar di atas gunungan Snickers....Semua karena kenangan bersama Snickers yang teramat perih, duh. 



Nah kalo soal alur cerita. Di MV Fake Love, our worldwide handsome, Kim Seokjin, masih jadi peran utama. Sukses bikin hati makin dugeun-dugeun karena masnya tetiba muncul dengan style messy hair. No more kepala jamur ya masnyaa uwuwuwu! Seokjin yang di review Euphoria gue “curigai” sebagai time traveler yang mengubah alur cerita dan mengatur semua kejadian supaya teman-temannya enggak mengalami kejadian buruknya masing-masing, di Fake Love keliatannya nyesel karena mengubah alur cerita. Di kisah time traveler itu kan biasanya kalo ada sesuatu yang berubah di masa lalu, pasti bakal ngefek ke masa depan. Nah sepertinya di MV Fake Love, efek itu terjadi. 


Our handsome curtain guy. uwuwuw!


that blast!!


Makanya scene-scene di MV Fake Love penuh sama adegan-adegan kehancuran, mulai dari ruangan yang meledak, lantai runtuh, air bah, dll. Adegan-adegan ini sih yang bikin MV Fake Love berkelas banget! ✨


Run Jungkook Run!

Jimin si pengendali air

Suga si pengendali api...loh ini BTS atau Avatar Aang?

Sebagai tukang review MV yang selalu ngedumel kalo MV cuma syuting di studio dan adegannya begitu doang, kali ini BTS buktiin kalo MV di studio pun bisa sekeren itu. Ga banyak pake CG, bahkan di adegan lantai runtuh pas Jungkook lari-lari pun di shoot beneran lantainya runtuh. Gils kayak pelem-pelem Hollywood gitu. Ya wajar sih, malu lah Big Hit udah menang bilbod kalo MVnya begitu doangan. Eh di MV ini ada CG juga sih, ganteng CG nya...CG-V alias Kim Taehyung, ahaha plislah napa u tetiba nongol pake mullet hair sih tehyung tehyung, untung tetap tampan...


Di Fake Love ini Seokjin juga keliatannya nyesel karena udah mengubah alur cerita. Bunga Smeraldo di dalam lentera yang dilindungi Seokjin pas scene ruangan meledak yang dramatis itu sepertinya jadi simbol sesuatu yang disembunyiin Jin dari kaki tangannya, Jungkook. Nyontek dari teori Smeraldo yang bertebaran di google,
Smeraldo katanya berarti "the truth that i couldn't tell", jadi bunga ini adalah simbol dari rahasia yang mesti ditutupi dari orang lain.

Nah tapi kayaknya kita masih harus nebak-nebak apa yang sebenarnya dirahasiakan Seokjin. Tapi kalo gue sih nebaknya, rahasia kalau dia time traveler yang kembali ke masa lampau buat ngubah masa depan. Jungkook yang tadinya ngebantu Seokjin buat mengubah kejadian masa lalu itu mungkin baru sadar kalo ternyata apa yang dia lakuin akan sia-sia, karena di Tear era ini semuanya malah jadi berantakan.

Bunga Smeraldo di dalam lentera pun kemudian hilang, berubah jadi pasir.





Jungkook pun ngintip ke masing-masing ruangan teman-temannya dan kejadian mengerikan di masa lalu kembali terulang. Jungkook pun udah enggak berada dibawah kendali Seokjin lagi dan lari-lari menyelamatkan dirinya dari sesuatu yang mengerikan,yakni takdir buat dikurung jadi tawanan supaya keadaan dunia membaik. Teori Omelas balik lagi gengs...Kalau ada yang belom tau soal Omelas ini, bisa laah dibaca-baca di tempat lain ehehehe ga membantu ehehe!

Ngintip Jimin dari atas

Ngintip Suga dari bawah...baek baek bintitan


Lepasnya kendali Seokjin pun bikin Jungkook mesti berjuang sendiri buat balikin keadaan. Caranya? Dengan nuker sesuatu ke pahlawan manusia bertopeng yang ada di teaser MV. Katanya sih di sini Jungkook ngasi dirinya sendiri buat ditukar alias menyerahkan diri buat dikurung jadi tawanan..

Tapi...di teaser, si manusia bertopeng yang identitasnya masih misterius ini, ngasih Jungkook kunci. 

Mungkin itulah kunci kehidupan alias alur cerita Hwayang Yeonhwa yang akan datang. Jadi intinya, sekarang Jungkook adalah kuncen! Baiklah mbah Jungkook, kita tunggu kelanjutan kisahnya di MV lainnya....


Ohya soal identitas si manusia bertopeng ini, beberapa ARMY nebak kalo ini adalah V. Karena di Singularity, V pakai topeng yang mirip dan V katanya berperan sebagai controller alias yang ngatur semua kejadian di Bangtan Universe. Lalu Seokjin? Yaa diatur sama V juga, lewat in-ear yang dia tukar waktu di video teaser....

Tapi agaknya gue kurang sreg sih sama teori ini. Karena toh di teaser V ikutan nukar sesuatu di loket si manusia bertopeng dan dia dapet tas berslayer punya cewek yang sama dia di Highlight Reel hmmm..


scene dari Highlight Reel yang nunjukin tas berslayer itu


Taehyung menurut gue hanyala manusia biasa yang selalu salah #taehyungcelalucalah...

Rasa bersalah karena dia ngebunuh ayahnya di era awal Hwayang Yeonhwa series masih terus terbayang-bayang. Di Love Yourself: Her Highlight Reel dia udah terlihat happy dan balik ke kebiasaan alaynya yang nyorat-nyoret tembok pake pilox. Untung dia ga nulis "Taehyung was here". Dia nulis I'm Fine yang ternyata adalah anagram. 


Coretan Im fine di halte bus

Naah si tulisan anagram ini muncul lagi di Fake Love, kali ini tulisannya jadi Save Me.




Tampaknya mas Taehyung ini juga minta diselamatkan sama entah Seokjin atau Jungkook, supaya bisa kembali bahagia celama-lamanya~

Sebenarnya banyak banget detil-detil yang bisa diulik dari MV Fake Love ini. Terkait Highlight Reel, kayaknya sih semua yang kejadian di Highlight Reel cuma kenangan bahagia sekejap yang kemudian hilang karena alur cerita yang berusaha diperbaiki Seokjin ternyata enggak bisa sepenuhnya berjalan lancar. Pada akhirnya, nasib tragis tetep terjadi kan di endingnya Highight Reel...


Mari mengingat betapa kecenya Seokjin pas di Highlight Reel~
Nah kalo dikaitin sama teaser yang nyebut-nyebut soal Magic Shop, tempat menukar rasa takut menjadi sesuatu yang positif, agaknya Fake Love ini pengen cerita tentang member  yang masih berusaha menemukan kebahagiaan. Tapi karena tetiba adegan barter barang di teaser ga muncul di MV sama sekali, gue merasa teaser hanyalah sebagai bridging alias jembatan antara Love Yourself:Tear era sama Love Yourself:Her Highlight Reel. 

Biar orang ngeh gitu loh, oh ini masih nyambung sama cerita yang dulu. Tapi entahlah kalo tetiba Big Hit ngerilis Highlight Reel lanjutan seputar adegan barter membarter di loket manusia topeng ini.. Magic Shop konon katanya diambil dari buku Into The Magc Shop yang jadi inspirasi BTS buat comeback kali ini. Di album pun ada lagu berjudul Magic Shop yang ditulis sama Jungkook, buat fans. Unch banget kan ya. Ohya, kalo rajin, sepertinya gue bakal ngereview albumnya juga. ASLI LAGUNYA ENAK-ENAK BANGET!


literally fans kipop pas streaming MV pake semua device yang dia punya pas idol kambek
Daripada kepala makin ngebul mikirin teori, gimana kalo kita bahas kecenya adegan-adegan di MV Fake Love ini. Asli deh pas gembar-gembor MV udah mau rilis, gue si fans skeptis banyak mau ini sempat mikir kalau ntar MV Fake Love bakal B aja. Ga ada sesuatu yag dahsyat, karena liat teaser ke-2 yang ngeliatin kalau MV shoot cuma di studio. Tapi Big Hit berkata, oooh tentu tidaak~

Jam 4 sore waktu Kebon Jeruk, gue udah anteng depan laptop dan hp, streaming MV ini. Beberapa detik pertama..hmmm baikla opening bumper nan gengges dari Big Hit masih aja nangkring..

Masuklah suara serak-serak bindeng Tehyung kemudian scene siluet dance ombak (?) yang kece itu. Whoah, oke openingnya aja udah mantap~

Berlanjut ke bagian "I'm so sick of this FAKE LOVE~" dan pyaaaar! ruangannya Seokjin meleduk....wanjir ini MV KECE PARAH SIH. Dalem hati teriak begitu, tapi enggak bisa dikeluarin oleh mulut karena posisi masih di kantor dan orang-orang lagi pada deadline. Sebagai fangirl yang jaim, gue harus stay cool di depan masyarakat.


Slay it Jin oppa~!!

Makin seneng lagi karena di MV ini, Seokjin dapet banyak screen time, dance, dan bagian nyanyi. Pantesan pas di V Live comeback show, V udah bilang kalo Seokjin jadi 주인공(Juingong) alias peran penting di MV ini. Puas banget sih liat dancenya yang makin kece dan messy hair style-nya...uwuwuwuw!

Selain Seokjin, jangan lupakan J-Hope dan Jimin dengan highlight rambutnya yang kece. Jimin highlight rambut orens-orens persija bikin dia makin mirip calico cat alias kucing belang tiga. Sementara Hoseok, highlight rambutnya ungu! Astaga bikin gue makin pengen ngecat rambut ungu kaaan, tapi ya gimana yaa :")


Pas bagian ini favorit banget sih gerakannya, ga tau kenapa haha

That violet highlight. Luv!


Trus soal kostum. Dulu banget di Overdose EXO MV review gue pernah mencaci stylist EXO karena ngasi baju kok rombeng amat. Kali ini BTS pun pake baju rerombengan begitu. Agak kesal sih, tapi ternyata pas juga sih sama konsep MV nya. Trus yaaa baju rombeng compang-camping tapi harganya mahal gilak. Coba kalian cek akun twitter @GetOnSwag yang selalu ngerilis merek dan perkiraan harga baju-baju yang dipakai member BTS, bahkan kadang baju yang dipake manager mereka. Seriusan baju-baju rombeng itu sesungguhnya udah mirip keset, tapi karena yang make cakep mah enggak ngaruh, alhamdulillah, tetap tampan!


Karena baju rombeng nan mahal tetep keliatan kece, stylist enggak jadi dicaci di review ini (lah bodo amat). Tapi ada satu hal yang kayaknya bikin gue gregetan banget, soal angle shoot scene RM yang lagi liat bayangannya di cermin. Entah itu salah angle atau emang make-up dan stylingnya RM yang super aneh, bikin RM enggak keliatan kayak RM. Pucet banget dan serem. I'm sorry Namjoon, dirimu padahal tampan juga lho (efek tiap hari nungguin update-an Kim Daily di twitter :')


Why U so pucat Namjoon-ah?

Yaah mau aneh kayak gimana pun, MV Fake Love ini tetep aja bikin gue betah nontonnya berkali-kali. Lagunya oke, dancenya kece, MVnya mantap, paket lengkap! Enggak bermaksud buat overhype tapi MV ini layak banget diacungi jempol karena super niat bikinnya, bujet pasti mihil, dan yang terpenting ada story alias ceritanya! Yah meski ceritanya disuru nebak-nebak sendiri. Kata RM di salah satu wawancara sama acara TV Amerika, penonton harus udah nonton MV yang sebelum-sebelumnya dulu buat tau jalan cerita di MV Fake Love. Halah! gue udah nonton semuanya berkali-kali, tetep aje bingung masnya~ Biar bingung, tetep setia kok mikirin teorinya sampe pusing sendiri, ahaha! Once again, dasar kacung kipop! 


Another favorite scene



9 comments:

  1. Mantaaaab sangat kak!!! Suka banget sama review teorinya 💕
    Ak boleh nambahin dikit kak, tp ini cuma karanganku doang sih kak , mungkin nggak nyambung juga 😂
    +1 Part JHope nyegah seseorang (Jungkook) masuk pintu. Itu kaya menjelaskan bahwa JHope tak ingin ada yang mengubah kenangannya lagi. *sumpah ini super ngawur.
    +2 Entah kenapa aku ngerasa disini liriknya nyalahin Jin semua, karna Jin udah muter balik waktu yang hanya memperindahnya sesaat. Dan Jin mengakuinya disalah satu part nya habis Jimin tanya "I don't know 3× why... ~" Jin jawab "I just know 3× why,
    " 'Cause this is fake love " 😂
    Pas banget perpart yang di reff nya. Tuduhan sama tuntutan dari V Jungkook Jimin buat Jin dan pengakuan serta penyesalan dari Jin *pengawuran sangaaattt! Mianhae 🙏
    +3 Udah cukup gitu aja, karna ku tau semua pengawuran 🙈

    Tapi pokonya makasih banget kak buat review teorinya. 💕💕💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya kalo dikaitin sama lirik lagu, teorinya jadi makin complicated lagi! Thanks udah mampir ke blog aku :)

      Delete
  2. Keren sekali kak👍😁
    Makasih ka buat review'y...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga udah mampir ke sini :)

      Delete
  3. Kern banget kaya😁👍👍👍

    ReplyDelete
  4. Kok aku malah inger ikat rambut yg ditukar ama RM itu pernah juga muncul di highlight reel waktu RM ada di bus itu kan dia ngasi iket rambut itu buat cewe dan aku masih ngga tau itu hubungannya apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, ikat rambut itu muncul di highlight reel! Kayaknya sih adegan RM nuker potongan cermin trus dikasih iket rambut itu jadi simbol kalo dia menukar kesedihan yang ada di dalam dirinya (bayangan di dalam cermin atau self reflection) jadi kenangan manis sama cewek pas highlight reel dulu.....haha gitu kali ya. Btw makasih udah mampir :)

      Delete
  5. Keren kak reviewnya. Makasih ya kak udah mau berbagi ke dalam bentuk blog 😄😄😄

    ReplyDelete
  6. makasih kak review nya, ini lagu yang kusuka banget,bighit emang keren kalo bikin teori yang super duper bikin otak muter-muter.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.