[Review] Pengalaman Belanja Army Kit BTS di Weply


Enam tahunan jadi bagian dari perfandoman kpop, kayaknya baru BTS yang bikin saya kepingin ikut masuk ke dalam official membership. Setelah tahun lalu agak nyesek mencari-cari link download-an ilegal army kit di twitter dan sekalinya nemu pun ga lengkap semua member. Tahun ini akhirnya khilaf daftar official membership. 

Big Hit juga pinter banget jualannya. Daftar official membership dipermudah jadi bisa lewat Weply, aplikasi khusus semacam online shop yang jual merchandise artis Big Hit dan Source Music. Sistem membership juga jadi lebih dipermudah lewat hadirnya weverse, aplikasi semacam sosmed buat interaksi antara fans dan idol.


Karena setahu saya sistem membership idol kpop termasuk Army membership dulunya agak susah buat fans internasional. Karena mesti melalui website Daum yang mana isinya hangeul semua. Trus ada leveling system buat masuk ke dalam room-room chat/konten di fancafe, yang mana kita mesti jawab pertanyaan-pertanyaan seputar si artis buat naik level. Pertanyaannya sih mungkin gampang, tapi nanyanya pake hangeul, jawabnya mesti pake hangeul juga...yha keder... dan di weverse, hal seperti itu udah ngga berlaku lagi. Bahkan aplikasi bisa dipakai secara gratis, bedanya sama yang bayar daftar membership adalah di konten eksklusifnya.

Impulsifnya Emilia

Kalau ga salah 6th term membership dibuka sekitar akhir Juli 2019, waktu itu belum niat mau beli karena mikirnya yha buat apa ya dan sistemnya juga pasti ribet. Trus setelah tau fancafe mulai tahun ini pindah ke weverse dan semua konten eksklusif membership bakal rilis di weverse, hati mulai goyah dan kepingin daftar official membership. Dari awal agustus bolak-balik liat weply, galau jadi beli atau ngga. Yha gitu deh saya kalau belanja pasti galaunya lamaaa bener, tapi pas fix beli, kayak setengah sadar gitu pas bayarnya ใ…‹ใ…‹ใ…‹ใ…‹

Akhirnya 14 Agustus di sore hari yang hectic dengan urusan kerjaan perinfluenceran, tangan ini tiba-tiba balik buka weply lagi. Pencet-pencet-pencet, input data, pencet paypal, voila.....membership kebayar....antara senang kemudian beberapa detik kemudian ANJIR LU ABIS BELI APAAN MIL!!



Banyak banget yang bingung cara pembayaran buat international fans di weply. Satu-satunya cara pembayaran yang bisa dipakai sejauh ini sih cuma paypal, karena pilihan kartu debit ataupun kartu kreditpun cuma bisa untuk kartu yang dikeluarkan oleh bank di Korea. Ini juga berlaku buat mata uang yang dipakai buat berbelanja. Tadinya saya set harga dengan mata uang won, tapi saat mau pembayaran malah ditolak dan cuma bisa pakai dollar. Huhuh sedih padahal lumayan beda harganya kalau pakai won, secara dollar mahal bener qaa hiks.



Ohya saya pakai paypal yang disambungin dengan kartu debit Jenius! Emang bener-bener deh selama pake Jenius nabung jadi enak, keluarnya juga lebih enak lagi....dulu-dulu mana ngerti nih belanja-belanja pake paypal begini wkwk.

Daftar paypal caranya juga simpel, tinggal daftar pakai alamat email, isi data yang diperlukan, kemudian isi nomor kartu debit Jenius yang akan nyambung dengan akun paypal dan voila! baek-baek jadi keranjingan belanja ini itu di website luar hadeu..

Membership Benefit
Balik ke soal beli membership. Setelah orderan berhasil, kita akan langsung dapat notif di email dan ketika buka aplikasi weverse, kanal membership only juga langsung kebuka. Jangan lupa, pastiin kalian login dengan email yang sama ketika belanja di weply dan login di weverse. Pastiin juga kalian isi data yang benar ketika pesan/daftar membership, salah satu yang paling penting adalah soal nama kalian.


Page membership only di weverse tempat segala konten eksklusif bakal dirilis

Karena Army Kit dilengkapi dengan kartu membership dengan nama kita yang tercetak di atasnya. Nama yang tercetak inilah yang nantinya penting buat data identitas kalau suatu saat kalian ikutan raffle buat nonton TV show di korea dan buat raffle tiket untuk nonton konser/fanmeeting. Jangan sampe kejadian kayak 5th muster kemarin yang katanya banyak army diusir, ga boleh masuk karena nama yang ada di tiket beda dengan ID mereka pas mau masuk venue konser, sakit hati sihh :(


ID card ARMY membership



Mungkin ada beberapa yang masih bingung juga apa bedanya Army membership, Army Kit, Army Zip, penjelasannya adalah Army membership adalah keanggotaan official buat fans BTS yang mana kalian dapet keuntungan bisa akses konten eksklusif dan dikasih kesempatan buat ikut raffle/undian buat nonton pre-recording music bank dll di Korea ketika BTS comeback, kesempatan raffle juga berlaku buat pembelian tiket konser yang mana member yang menang raffle bisa beli tiket duluan buat section bagus tanpa mesti ngewar.

Kemudian Army Kit dan Army zip sebenernya sama aja, yakni sekotak harta karun berisi macem-macem merchandise spesial buat Army yang gabung official membership. Isinya biasanya ada poster, photobook, notebook, dan perintilan lain yang gemes-gemes.

Army Kit tahun ini temanya cinema, makanya kotak Army Kit pun berbentuk clapper board dengan perintilan yang juga mirip tiket bioskop, roll film, dsb.



Jujurly pas order Army kit ini di bulan Agustus, engga tau bakal kayak gimana bentuk Army kit tahun ini. Detail desain dan isi baru dirilis sekitar bulan September. Kayak beli kucing dalem karung, tapi ya namanya juga bucin yha, seneng-seneng aja mau desainnya kayak gimana pun. 


Penantian panjang

Daftar membership berarti udah siap sabar sama penantian Army Kit nyampe ke rumah. Saya pesan Army kit di pertengahan Agustus dan Army Kit sampai dengan selamat di Indonesia pas November.

Big Hit emang katanya udah biasa, ngirim Army Kit selalu lama dan ngaret. Padahal waktu info 6th Army membership baru dibuka, dijanjiin kalau Army Kit akan mulai dikirim di bulan Oktober. Tapi akhirnya ngaret sampe November. Masuk pertengahan November, status pemesanan di weply mulai diupdate yang tadinya On process jadi Shipping Soon. Whoaa...setelah berbulan-bulan, ganti status jadi Shipping Soon doang padahal, tapi senengnya luar biasa. Hampir tiap hari bolak-balik ngecekin update di weply tapi masih juga belum berubah.

18 November timeline twitter rame dengan twitan K-Army yang dapet notif kalau orderan Army Kitnya udah shipped. Ya namanya juga barang dikirim dari Korea ya, mereka-mereka warga Seoul dan sekitarnya dapet notif barang shipped pagi, siangnya udah pada unboxing...lha saya shock kenapa cepet amat kkkk

Sementara I-Army kayak saya masih aja mantengin weply yang masih  gitu-gitu aja statusnya. Shipping soon....



dan akhirnya...lagi-lagi dikala hectic kantor tiba-tiba hp geter, muncul pop-up dari weply kalau Army Kit shipped dan tracking number EMS udah muncul! FINALLY kotak bucinku is on the waaay!



Sebagai international Army jangan harap keajaiban notif shipped diterima pagi, kemudian bisa unboxing pas siang, lu kira ini Army Kit dikirim pake gosend... Butuh waktu sekitar 7 hari kerja sejak notif "shipped" muncul di weply sampai barang tiba di rumah.

Tiap hari bolak balik weply nge-tracking barang udah sampe mana. Pas pertama kali muncul notif "shipped", status barang udah berangkat dari Incheon menuju Soetta. Whoaa makin berbunga-bunga bayangin kotak udah otw naik pesawat. Eits..tapi bukan pengiriman dari Korea ke Indonesianya yang lama. Yang bikin lama justru proses ketika barang landing di Soetta, masuk pemeriksaan, proses cukai, kantor pos, hingga sampe ke rumah yang cukup lama.

Tracking barang bisa dilakukan di aplikasi weply maupun di website Kantor Pos Indonesia bagian EMS: https://ems.posindonesia.co.id/


Tampilan tracking di weply

Pengalaman saya, tracking di weply jauh lebih update dibanding di situs EMS Pos Indonesia. Tapi belakangan ketika barang udah kelar proses custom/percukaian, tracking di situs EMS Pos Indonesia justru lebih update karena kelihatan kalau barang kita udah sampai di kantor pos cabang terdekat dari rumah. Jadi saran saya buat kalian yang kepo barang udah sampai mana, sebaiknya track di weply maupun di situs EMS Pos Indonesia.

tracking di situs EMS Pos Indonesia setelah proses custom selesai langsung update posisi paket udah di kantor pos dekat rumah, yeay!

Soal pajak, barang dengan harga di bawah US$75 enggak kena pajak ya. Penerima hanya diminta bayar Bea Pelalubean atau biaya bungkus ulang paket sebesar Rp20.000, Bea ini dibayar ke pak Pos yang antar paketnya ke rumah. Kenapa paket dibungkus ulang? Karena saat proses custom/pengecekan nilai pajak, paket dibongkar buat ngecek isinya apa dan nilainya berapa. Yhaa...silakan lah pak pos dan pak tukang ngecek pajak, lihatlah keindahan box Army Kit saya ehehehe



Setelah penantian panjang, 26 November akhirnya Army Kit mendarat dengan cantik di rumah. Ga cantik-cantik amat sih karena box weply-nya agak penyok. Alhamdulillah box bentuk clapper board dan isi di dalamnya masih aman sentosa.




halaman awal aja udah bikin terkejoet!


*NOTE: Per 1 Januari 2020 kabarnya pemerintah mengenakan pajak masuk untuk barang belanjaan di atas $3, jadi pembelian ARMY KIT tahun ini bakal kena pajak..

*NOTE 2: Weply sekarang sudah berubah nama menjadi weverse shop. Cara penggunaannya tetap sama seperti Weply, cuma tampilannya aja yang jadi lebih fresh

*NOTE 3: Pembayaran ternyata juga bisa lewat mata uang won pakai kartu kredit/debit berlogo visa/mastercard keluaran Indonesia ๐Ÿ‘Œ

*NOTE 4: Karena pandemi covid-19 yang berpengaruh ke layanan pengiriman barang internasional, weverse shop sedang stop pengiriman ke beberapa negara termasuk Indonesia.

UPDATE 30 JULI 2020
Pendaftaran ARMY Membership 7th term dibuka tanggal 14 Agustus 2020. Tulisan tentang membership 7th term bisa dibaca di link ini yaa.

110 comments:

  1. Halo Emilia, salam kenal. Untuk menghubungkan akun Paypal dengan Debit Jenius butuh waktu berapa hari ya? Saya baru membuat akun Paypal dan coba menghubungkan dengan debit Jenius, tapi tiap coba deposit ke Paypal cash-nya tidak bisa. Dan saya juga sudah coba dengan m-card untuk link ke credit, belum bisa juga. Lalu setelah memilih akun Paypal, data yang diisi dari kartu debit atau kredit ya? Maaf saya masih newbie untuk urusan beginian. Mohon pencerahannya. Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal! Waktu itu aku cuma 1 hari sudah terhubung deh. Unutk menghubungkan jenius ke paypal aku pakai pilihan: "hubungkan kartu kredit", isi nomor kartu, pilih Visa sbg jeni skartu kemudian alamat sesuai dgn yang didaftarkan ketika bikin jenius. Setelah itu aku ngga pakai deposit ke paypal cash untuk belanja di weply, karena weply otomatis menarik uang dari akun jenius.

      Semoga membantu yaa

      Delete
  2. Harus debit jenius ya? Kalau selain itu gimana ceritanya my?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu aku untuk saat ini yang bisa disambungkan ke paypal adalah semua jenis kartu kredit. Kalau kartu debit, hanya bisa debit jenius :)

      Delete
    2. Kak kok Saya mau pesen,gk bisa bisa,kendalanya di shipping address nya, pdhl aku masukin nya sesuai Kya alamat Saya,tpi kok gk bsa, tulisannya cannot ship to address below, pdhl alamat y sesuai gmna nih kak

      Delete
    3. Weverse shop lagi ga bisa kirim ke indonesia dan beberapa negara lain karena corona sis.

      Delete
    4. Pake BNI bisa kak pake ebanking, nanti pakenya BNI debit online/VCN

      Delete
    5. kak terus kalau mau beli album gimana?? sedangkan katanya nggak bisa kirim ke indo???

      Delete
    6. Pake alamat korea. Kalau mau beli album bisa gabung Group Order aku yaa IGnya: @seoulcrave.id ๐Ÿ’œ

      Delete
  3. Halo Emilia salam kenal, agak sedih dan menyesal sih baru mau beli army kit sekarang :(
    Untuk pembayarannya pajaknya berapa ya totalnya? Dan kita harus bayar kemana? Cara bayarnya gimana? Thank youuu :)

    ReplyDelete
  4. Halo salam kenal Emilia, agak sedih dan menyesal karena baru mau beli army kit sekarang :(
    Untuk pajaknya berapa ya yang harus dibayar? Cara bayarnya gimana? Thank youuu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal juga! Kalau ketentuan pajaknya berapa dan gimana bayarnya, aku juga belum tahu pasti karena belum pernah belanja lagi nih setelah pemberlakuan aturan pajak yang baru hehe. Kalau dari info yang aku tahu sih pajaknya sekitar 17,5% dari nilai barang yang dibeli. Semoga membantu yaah

      Delete
    2. Aku mau order tapi masukin alamatnya kenapa salah terus yaa ka

      Delete
    3. Salahnya kayak gimana? Masukin alamatnya sama seperti kayak kita masukin alamat pas belanja di e-commerce lokal kok

      Delete
    4. Iyaa aku juga kenapa mesti ada keterangan kalau tidak bisa shipping ke negaramu jdi alamatnya selalu gak bisa masuk.. Itu kenapa ya?

      Delete
    5. Iyaa aku juga kenapa mesti ada keterangan kalau tidak bisa shipping ke negaramu jdi alamatnya selalu gak bisa masuk.. Itu kenapa ya?

      Delete
    6. Iya ak juga dapt keterang gtu, jdi harus gimana kak?

      Delete
    7. Hi semuanya...FYI karena corona, weverse shop lagi stop pengiriman ke banyak negara termasuk Indonesia. Jadi buat sekarang kita lg ga bisa nih belanja di weverse shop buat kirim langsung ke indo.


      Jadi aku saranin kalau mau beli merch saat ini bisa via jastip atau olshop aja. Karena mereka punya kenalan/kerja sama dgn warehouse di korea buat numpang alamat pengiriman dan warehouse tsb yg akan kirim ke indo ^^

      Delete
    8. Hai kak.. langsung penasaran + semangat saat ada tulisan "warehouse d korea".. apakah kk tau warehouse d sana yg bisa utk kita pake sbg jasa re-shipping..

      Delete
  5. Hallo kak, aku mau tanya nih, waktu pembelian di weply datanya bner tapi di weverse kog namanya salah ya kak , itu bisa dibenerin gak ya dan caranya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama yang salah di aplikasi weversenya atau di ID card membership yang ada di kanal member only? Kalau di ID card setahu aku udh ga bisa diganti.

      Kalau nama akun weverse yang salah, bisa diganti kok. Caranya buka apps weverse trus ke kanal "My".
      Di pojok kanan atas ada logi gambar sekrup gitu, klik trus pilih "Name" dan tinggal ganti di situ deh.

      Semoga membantu ๐Ÿ˜Š

      Delete
  6. Hi kak salam kenal! Ka kira kira kapan yah ada pendaftarannya lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi salam kenal juga! Untuk membership term 7, perkiraan di akhir agustus/awal September karena membership term 6 aku expired di akhir agustus 2020 ini ๐Ÿ˜Š

      Delete
    2. Hi kak sama kenal, jadi membershipnya ada expired nya ya ? Ga bisa di pake bertahun2 ? Klo ga ada konser kayak skrng gini blm nyobain raffle dong ya berarti ? Jdi setiap thn klo mau membership harus beli army kit lagi ?

      Delete
    3. Hi kak sama kenal, jadi membershipnya ada expired nya ya ? Ga bisa di pake bertahun2 ? Klo ga ada konser kayak skrng gini blm nyobain raffle dong ya berarti ? Jdi setiap thn klo mau membership harus beli army kit lagi ?

      Delete
    4. Hi kak, jadi membershipnya ada expirednya ya ? Itu waktunya cuma setahun jadi ga bisa dipake bertahun2 ya ? Klo mau membership harus beli army kit tiap tahun dong ? Trs klo lgi ga ada konser gini blm nyobain raffle berarti ya ?

      Delete
    5. Baca di pengumuman weverse untuk thn 2020 ini membership lama bisa renewal selama belum lebih dari 30 hari setelah tgl expired...
      Dan membership ama army kit nya dijual terpisah, artinya bisa bayar biaya member aja tapi gak harus beli army kit nya...

      Delete
    6. Kalo baca di pengumuman weverse, untuk thn 2020 ini membership lama bisa renewal lagi asal belum lebih dari 30 hari setelah tgl expired. Dan pembelian membership dan army kit terpisah, jadi kalo mau jadi member aja cukup bayar biaya membership. Kalo punya uang lebih baru beli army kit nya selama periode membershipnya blm berakhir.

      Delete
  7. Hallo Emilia, salam kenal
    Ada yg mau aku tanyain nih sebelum status ganti jadi shipping soon itu sebelum nya kyk gimana ya tampilan nya?

    ReplyDelete
  8. Hallo Emilia, Salam kenal
    Aku ada pertanyaan nih kak, untuk soal tampilan sebelum status berubah menajdi shipping soon itu tampilan nya seperti apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu sejak berhasil check out, statusnya langsung shipping soon sampe cukup lama. Pesanan baru bergerak pas weply jasih notif pesanan shipped agau sudah dikirim dan status berubah dari shipping soon/in progress jadi in transit

      Delete
  9. Aku pun pengin beli tapi ga tau cara belinya...๐Ÿ˜ญklo dipencet"takut salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mesti teliti las masukin nama, alamat, dan data untuk pembayarannya ya

      Delete
  10. Hai kak aku tanya weply yang terbaru sekarang kok gak bisa shipped ke indo ya? Setelah update gak ada alamat indonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Iya sekarang weply/weverse shop lagi menutup sementara pengiriman ke beberapa negara, termasuk Indonesia, terkait dengan virus Corona. Jadi sementara ga bisa belanja direct dari weply kirim ke indonesia :(

      Delete
  11. Hallo Kak, mau numpang tanya, kalau Ada pajak Yang harus dibayar buat barang yg dikirim Dari Korea, barangnya akan dikirim ke rumah atau Kita harus pick up Dari POS office nya ya? Terima kasih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, setahuku harus diambil di pos office ya. Tapi aku juga belum pernah sih belanja lagi sih setelah pemberlakuan pajak ini

      Delete
  12. halo kak, mau tanya dong. jumlah total kakak belanja lgsg di weply/weverse shop totalnya jadi berapa kak? kira kira lebih mending beli sendiri atau lewat jasa titip gitu kak? btw makasih kak infonya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, waktu itu total sama shipping jadi sekitar $47. Masih lebih murah dibanding jastip. Tapi kalau skrg karena ada pemberlakuan pajak buat barang di atas $3, kayaknya lebih mending jastip

      Delete
  13. Haloo kak. Mau tanya doong. Kalo di akun weverse shop ku ada tulisan "weverse shope cash" itu apa ya. Soal nya ada isi nya di akun ku. Lumayan. Dan itu sbnr nya bisa di pakai buat beli barang di weverese itu gak sih. Dan cara gunain nya tau gak. Aku masih bingung. Btw, makasihh. Jawab yaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bisa buat potongan harga kalau kamu belanja di weverse shop. Cara gunainnya kurang lebih kayak koin shopee deh, pas kamu mau check out, klik pilihan tukarkan weverse cash. Nanti otomatis harganya akan terpotong sesuai weverse cash yang kamu punya.

      Akupun pas beli army kit ini manfaatin weverse cash yg aku punya hasil ngumpulin dari pembelian album sebelumnya hehe

      Semoga udh jelas yaa

      Delete
  14. Haloo kak. Mau tanya doong. Kalo di akun weverse shop ku ada tulisan "weverse shope cash" itu apa ya. Soal nya ada isi nya di akun ku. Lumayan. Dan itu sbnr nya bisa di pakai buat beli barang di weverese itu gak sih. Dan cara gunain nya tau gak. Aku masih bingung. Btw, makasihh. Jawab yaa ^^

    ReplyDelete
  15. Kak mau tanya nih, pas bikin rekening jenius itu cuma bilang mau buka rekening aja kan ka? Kali aja pas mau aktivasi ke paypal takut gagal,

    ReplyDelete
  16. Ntar data yang di isi apa aja kak?

    ReplyDelete
  17. Kak cara bikin akun jenius yang bisa ditautkan di Paypal gimana caranya? Terus cara isi saldo di jenius gimana caranya kak maaf kak banyak nanya masih baru soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin rekeningnnya tinggal download aplikasi jeniusnya aja trus ikutin petunjuk yg ada di sana. Kalo isi saldo, tinggal transfer aja ke rekening jenius kamu. Lengkapnya tanya ke sales jenius aja yah hehehe

      Delete
  18. Kak mau nanya, kalo beli bring the soul docu series, bon voyage 4, terus bentar lagi kan ada break the silence the series. Nah itu harus membership dan harus terdaftar armykit/armyzip? Atau gimana ya? Aku masih belom paham ๐Ÿฅบ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak harus punya membership kok. Siapa aja bisa beli konten series tsb

      Delete
  19. hallo, kak.. saya baru" aja ni nitipin temen saya buat beli army kit. Apakah masih bisa dapat arky kit itu atau yang membership selanjutnya. Ini buru" beli sih karna pengen beli merch yang harus pakai membership. Kira" army kit nanti temenku masuk yang 6th apa 7th ??

    ReplyDelete
  20. Hai kak, mau tanya. Jadi temenku baru daftar membership kemaren" karna mau beli merch mots tour. Kira" membership punya temenku masuk army kit 6th apa 7th ? Karna sampai sekarang statusnya masih in progress. Dan bagaimana cara komplein ke weverse shop untuk hal ini ?

    Apakah membership temenku bakal masuk untuk 7th nanti atau ngga. Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih 6th term karena 7th term kan belom dibuka

      Delete
  21. Kak boleh nanya Ga,itu kalau membership army udh ditangan,trs pas ada konser di Korea gtu,itu diundi lgi Ya,trs yg ga beruntung di raffle katanya ada cara ke 2,kayak mana tu Kak?jawab ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sistem rafflenya beberapa kali. Tapi berhubung tour tahun ini postponed dan blm sempet nyobain/ngulik lebih dalam sistem rafflenya, jadi ku juga ga tau persis gimana sistem undiannya. Sorry yah ๐Ÿ˜…

      Delete
  22. Ka itu klo kartu kredit jenius bikinnya di bank apa? Aku ga pernh pke bgtuian soalnya cuma adanya atm aja .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bank BTPN dan ini kartu debit ya bukan kartu kredit ๐Ÿ˜Š

      Delete
  23. Halo emilia. Aku mau tanya. Aku kan gak daftar membership yaahh, tapi tetep bisa blanja di weverse gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep bisa dong. Tapi memang ada beberapa merchandise yang cuma bisa dibeli pemegang membership

      Delete
  24. Hai kak! Klo mau tanya-tanya lebih detail bisa hubungi kakak dmn ya? Soalnya masih banyak yg mau aku tanyain. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh ke DM IG aja yaa. Linknya klik aja di logo IG di kanan atas blog ini ๐Ÿ˜Š

      Delete
  25. Kak, bikin tutorial dong pas isi data diri buat belanja d weverse shop sama pas bayar pake paypal.. aku pengen belanja tp takut salah ..

    ReplyDelete
  26. Kak, kalo alamat kakak kek gmna? Aku udh beli membership udh seminggu. Cman aku masih bingung soal addressnya๐Ÿ˜ญ takut nnti salah krim itu membershipku.

    ReplyDelete
  27. Kak kalo aturan penulisan nama di membership itu gimana?
    Kan aku namanya tiga kata, Baiq Ratna Santika. Apa penulisannya tetep urut gitu, apa dibalik jadi Santika Baiq Ratna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, yang penting sesuaiin aja pas isi kolom first name ya isi nama depan kamu. Ga usah dibalik-balik

      Delete
  28. Hallo kak salam kenal. Aku ngga punya akun paypal dan ngga ada kartu debit/kredit trus caranya bayar gimana ya kak? Apakah harus memiliki akun paypal? Apakah tidak bisa dibayar di teller/bank mandiri/bri/bni/bca dan sebagaiannya? Mohon informasinya kak terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Ga bisa sis, buat pembayaran ke luar negeri mesti pakai kartu kredit, kartu debit khusus (misalnya Jenius), atau paypal :)

      Delete
    2. Susah kak cara bikin akun paypalnya :(, BRI bisa ngga kak nyantumin ke akun paypal?

      Delete
  29. Kaka jastip membership 740rbu :'( sebandingkah harganya sama kita yg daftar sendiri?
    Kalau daftar sendiri kyknya harganya lebih murah tapi untuk pembayaran tax nya gimana yah kak? Otomatis kah saat pembyaran yg 30 dollar atau pisah gtu proses bayar tax nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu aku ga sampe 740rb hehe. Tapi ga tau ya kalau sekarang udah kena tax jadinya berapa. Bayar taxnya terpisah, pas barangnya udah nyampe di Indonesia. kan pajaknya buat pemerintah Indonesia bukan buat bighit hehe

      Delete
  30. Kak aku mau tanya semoga dijawab. Fungsi dari shop cash itu apa ya kak setelas aku scan qode dari album bts dan disuruh survey. Setelah survey dapat uang 00.20$ di shop cash itu mkst nya apa ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bisa buat potongan/diskon kalau kamu belanja di weverse shop. Kurang lebih kayak koin shopee gitu lah

      Delete
  31. Halo kak, aku mau nanya soal pajak. Kalau skrg aku beli album dari weverse dan udh dtg di kantor beacukai, apa lgsng dikenakan tarif pajak 17.5%? Atau ada hitungan lain? Terima kasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal pajak ada perhitungannya masing-masing, kalau barang kamu udah nyampe di kantor bea cukai, ntar bea cukai infoin berapa pajak kamu via sms. Kalau pengen ngira-ngira kena pajak berapa, bisa cek di aplikasi Mobile Bea Cukai aja. Bisa didonlot di playstore.

      Delete
  32. Hallo kak, kan katanya kalo army internasional buat namanya harus sesuai paspor berarti untuk nama di akun Weverse nya juga harus nama asli kita ya kak? Sesuai KTP??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama yang dimasukin pas isi data daftar membership harus sesuai paspor ya. Atau kalo belum punya paspor, sesuaiin sama yang ada di KTP/Akte kelahiran aja.

      Kalau nama ID weverse, atau nama akun yang biasa kita pake buat kirim-kirim postingan di weverse sih terserah mau ditulis apa aja

      Delete
  33. Hallo kak, saya mau tanya untuk alamat pengiriman benarkah kita harus punya alamat korea? Atau bisa langsung dikirim dr bighit ke indonesia. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat sekarang, mesti pakai alamat korea atau negara lain yang ga bermasalah pengirimannya karena covid. Tapi waktu itu pas sebelum pandemi, weverse shop bisa kirim langsung ke Indonesia kok

      Delete
  34. Haloo kak, ak cari ig nya ga Nemu kak link diatas juga ga ada kak. Boleh tau nama ig nya apa?

    ReplyDelete
  35. Haloo ka... mau nanya nih... katanya ada perpanjang membership-nya ya...
    Kalau boleh tau itu memperpanjangnnya bayar atau enggak?terus kalau misalnya bayar,itu biayanya berapa ya ka?...
    Terimakasih ka๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Mesti bayar dong, namanya juga bighit hahaha. Bayarnya berapa, tergantung bighit matok harganya berapa karena merchandise yang ada di army kit tiap tahun kan beda-beda

      Delete
  36. Hai Kak, mau tanya kalau statut pengiriman army kit nya sudah complete tapi barang belum diterima itu bagaimana ya? Saya baru pertama beli army kit pada bulan April 2020 dan dalam masa covid-19 di Indonesia jadi masih bingung dengan status pengiriman ini. Mau tracking pun tidak bisa. Terimakasih kak

    ReplyDelete
  37. Kak kalau mau beli di online shop lain itu takut kalo unofficial nggak sih? Kalau unofficial gabisa dipake fanmeet ya?

    ReplyDelete
  38. Hallo Ka, tanya donk.. kalau aku tetep beli membership nya sekarang apa bakal sama aja? Atau mending tunggu/ di hold dulu sampe nanti ada update di tanggal 14 agustus?

    ReplyDelete
  39. Pliss aku masih bingung. Maap sebelumnya karna aku army baru jadi belum paham yg kek gini2. Manfaat army membership tu buat kita apa si??
    Terus kan katanya cuman 1 taun sekali, kalo misalkan udah abis harus di upgrade?

    ReplyDelete
  40. Hi! It's such a great and helpful article! Salam kenal dari sesama ARMY bucin BTS hahaha
    Saya juga beli Army Kit dari Weply taun lalu. Dan sekarang lagi bingung cari info gimana enaknya beli membership + kit tahun ini, berhubung Weverse Shop masih belum buka opsi pengiriman ke Indonesia selama pandemi hiks :(

    Ada rekomendasi kah untuk jasa warehouse Korea + forwarding yang trusted & affordable?
    Really appreciate it :)

    ReplyDelete
  41. Kakk tolong dijawabb, sekarang apa sudah bisa ya order nya lewat weverse shop nya, apa sudah bisa kirim ke Indonesia?

    ReplyDelete
  42. hallo kak mau tanya,,, namaku kan cuma satu kata *yanti* . untuk nama belakang diisi apa ya..? apakah yanti yanti gitu,,, takut salah soalnya

    ReplyDelete
  43. hi kak! salam kenal:) aku mau nanya, kalau kita gapunya paspor apa tidak bisa jd membership?

    ReplyDelete
  44. Kak emilia, boleh tau apakah di paket ada tulisan harga? Saya mau kasih kado dan kalau ada harga di paket kan ga enak. Mohon infonya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga pasti tertera di luar paket, karena diperlukan buat proses di bea cukai waktu paket sampai di Indonesia

      Delete
  45. kak emg kl kita beli army kitnya kita harus punya paspor ya biar gak ada kyk calo tp kl gak punya paspor gimana kak, harus beli kah?

    ReplyDelete
  46. kakemg kalau kita mau beli army kit harus punya paspor ya biar gak ada calo gt. Jd kl gak punya paspor kita harus bikin atau gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa baca di post aku yang ini yaa https://www.journalime.com/2020/08/review-belanja-army-membership-dan-kit.html?m=1

      Delete
  47. Hi kak mau tanya, kalo pny membership, satu membership cm bole utk 1 tiket konser? Utk benefit ntn konser nya bisa pre sale? Krn kan g mungkin nonton sendiri๐Ÿ˜…. Makasih byk kak๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi! Setahuku pas Love Yourself maksimal bisa buat beli 2 tiket

      Delete
  48. Hi Emilia salam kenal, aku mau nanya, aku beli 6th membership bulan juni kemarin tapi sampai sekarang notifnya masih complete di weverse shop, itu knp ya? Dan aku hrs gimana? Bingung abisnya udh 3 bulan blm ada perubahan��

    ReplyDelete
  49. Hi Emilia salam kenal, aku mau tanya, aku order 6th membership waktu bulan juni tapi sampai sekarang statusnya masih complete. Itu knp ya? Aku harus gimana? Soalnya bingung udh 3 bulan ga ada perubahan๐Ÿ˜ญ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah... sama kayak aku.. akupun begitu dari agustus smpai skrg ga ada perubahan status. Tapi pas awal di check out pembelian indonesia bisa shipping, nah pas beli album atau merch yg ga bisa shipping. Mohon pencerahannya ๐Ÿ˜ญ

      Delete
    2. halo, untuk armykit periode sebelumnya setahuku emang banyak yang belum dikirim. Di FAQ weverse shop bighit umumin kalau mereka masih proses pengiriman army kit yang belum terkirim. Jadi tunggu aja.

      Status complete bukan berarti pesenannya udah selesai, karena akupun habis beli army kit 7th term yang baru (periode 2020-2021) statusnya complete padahal armykitnya belum proses pengiriman. Nanti kalau pesanannya udah benar-benar selesai, statusnya Delivered.

      Semoga membantu yaa jawabanku

      Delete
  50. hallo kak Emilia.. kalau ga punya paypal bisa ko kak langsung cekout pakai debit dengan won, kalau aku pake jenius, mata uang won, pas cekout pilih debit, nanti diarahin langsung untuk pembayaran debit, pilih yang VISA terus diisi nanti dapet code diinput langsung otomatis tarik uang dari debit nya kak..

    cuma sejauh ini baru bisa pakai Jenius sama BNI selain itu belum bisa hehe

    share aja barangkali ada yang belum tahu tapi ga pakai paypal :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seriusan bs pake BNI? Kl gt ak gausa dftr paypal sm jenius๐Ÿ˜‚

      Delete
  51. halo ka, salam kenal. mau tanya2 soal wevershop + paypal. aku kan mau check out wevershop untuk pembelian tiket mots: one pakai paypall, nah kebetulan di paypall aku connect nya ke kartu kredit. kira2 setelah berhasil check out, ada minta biaya adm nya engga yaa dari paypal nya?

    ReplyDelete
  52. Halo salam kenal, aku mau coba beli langsung dr weverse tp bingung ngisi alamatnya. Klo boleh tau, kmau ngisi alamatnya kaya apa ya? Apa pake bahasa inggris juga? Atau kaya nulis alamat biasa yg misal "jl. Blabla, no. ##, rt##, rw##, kelurahan xxx, kecamatan xxz"

    ReplyDelete
  53. Halo kak mau tanya, untuk note nomor 3 tutorialnya gimana kak?

    ReplyDelete
  54. Hi kak! Kalau untuk bulan november apa masih di stop ya untuk pengiriman weverse dari korea ke indo? Terimakasih��

    ReplyDelete

Powered by Blogger.