Finally, Ketemu Seokjin..


Emilia tahun 2018 mana percaya kalau dibilangin tahun 2024 dia bakal liat Seokjin langsung di Korea dan gratis karena menang raffle....

Penantian panjang akhirnya selesai. Bukan..bukan cuma penantian Seokjin selesai wamil, tapi juga penantian saya bisa "ketemu" liat langsung bias yang satu ini akhirnya selesai juga. Hampir di tiap postingan tentang BTS pasti nulis, Seokjin ayo kita ketemuan! Seokjin kapan kita ketemuan? Mau ketemu Seokjin etc etc.

Mulai dari ngetik nada bercanda sampai desperate karena kok gak kesampean-kesampean. Kok susah banget buat "ketemu" orang yang satu ini. Ada ajaaa halangannya. Yang Indonesia gak masuk tour lah, yang tau-tau pandemi lah, pokoknya ada aja suatu hal yang bikin gak bisa dateng ke event BTS yang ada Seokjinnya.

Jujur sparks-nya mulai menghilang pas akhir tahun lalu, muncul semangat dikit di awal tahun, abis itu mulai hilang lagi sparks-nya mendekati tanggal dia kelar wamil karena kok kayak ga ada hilalnya bakal ada event apa gitu yang bisa disamperin..

Padahal dari tahun lalu udah nandain di kalender hp..



12 Juni: Welcome Back Seokjin
13 Juni: Purple heart, lalu tulisan Festa with Seokjin

Semacam manifesting pas bikin notes ini di kalender tapi mendekati Juni, tulisan Festa with Seokjin saya hapus. Karena mengurungkan niat buat nyamper ke Korea alias kehilangan harapan bakal ada event yang ada Seokjinnya pas tanggal 13 Juni itu.

Di bulan Mei udah bolak-balik liatin tiket pesawat ke Korea. Kebetulan Gita, bestie kekoreaan emang lagi di Korea. Sempat diajakin juga buat ke sana tapi ragu karena maunya ke Korea ketemu Seokjin beneran!! Gak mau cuma liat ads welcome back!! Wkwkwk kekeuh banget. Padahal dalem hati galau berat, bolak-balik ngecekin harga tiket, bolak-balik liatin rekening, bolak-balik berkontemplasi apakah cus berangkat aja biarpun ga ada event apa-apa, tapi tetep masih ragu.

Tapi mendekati bulan Juni, mellow sendiri karena kayaknya mengurungkan niat buat ngerayain Festa ke Korea. Entah berapa kali cap cip cup, trus meyakinkan diri sendiri ah gausahlah Festa ke Korea kalo gak ketemu Seokjin langsung hingga akhirnya di akhir Mei, ngehapus tulisan Festa with Seokjin dari kalender itu..yah sedih..

Lalu 1 Juni, lagi ngeblog soal terDay6-Day6 sampe jam 11 malam, buka timeline ternyata lagi heboh ada twit event Festa untuk tanggal 13 Juni. Trus tetiba lewat twit yang bilang Seokjin bakal peluk 1000 orang di event in person!!


HAH??? bingung...apaan kok tetiba ada Seokjin? Mau peluk orang di event in person?? lho lho apaan ini??

Bener-bener kalang kabut ngescroll timeline sampai ketemu twit announcement soal event in-person Seokjin greeting.

De Javu ke momen tahun lalu, jam 3 pagi kebangun dan panik liat timeline karena baru tau Agust D mau konser di Indonesia wkwkwk.

Bolak-balik baca announcementnya untuk mencerna semua informasi di situ. Ok, buat ikutan raffle eventnya, mesti beli album BTS apa aja yang rilis dari era Proof sampe yang terbaru. Abis itu diraffle, 1000 orang bisa ikut event Hug, 3000 orang bisa ikut nonton performance.

Wah bener-bener kalang kabut. Bingung mesti ngapain. Biarpun udah menantikan event ini, tapi tetep banyak pertimbangan yang mesti dipikirin kan.

Pertama, awalnya gak pede dengan raffle-raffle gini. Selama ini denger kalo pemenang raffle selalu dia dia lagi. Para rich fangirl dan owner GO gede. Tentu langsung jiper duluan. Tapi hati kecil tetep penasaran. Bener-bener malam itu langsung ga nyenyak mau tidur, memikirkan apa yang harus dilakukan besok pagi karena order album buat ikut rafflenya start besok pagi.

Paginya....

Ok, pertama kita mesti beli membership dulu. Pas banget membership udah habis masa berlakunya bulan Maret lalu dan malas untuk perpanjang lagi karena mikir gak bakal kepake dalam waktu dekat.

Habis CO membership.....

Baiklah, kita pesan saja albumnya. Pesan 3 biji...

WKWKWKWK pede banget ya Allah.

Emilia dengan pesanan albumnya yang 3 biji itu melawan para rich ARMY, owner-owner GO indo dan influencer untuk dapetin 1 spot dari 4000 spot yang ada.

Temen-temen yang tau saya ikut lucky draw pada bilang oh kesempatannya gede itu, banyak spotnya. Tapi saya masih gak yakin, karena yang ikutan lucky draw pasti gak sedikit dan dari seluruh dunia gak sih rela buat terbang ke korea demi event ginian.

Sempat jiper lagi pas di timeline bersliweran akun-akun yang open order non profit bahkan subsidi demi banyakin entries untuk ikut raffle. Cuma bisa berdoa, kalo rezeki gak kemana dan kalo memang udah waktunya ketemu bakal ketemu juga entah itu dari raffle ini atau nanti di event lainnya. 


Eh tetiba, bighit ngeluarin pengumuman lagi. Rules lucky draw ini tetiba diganti.

Sebelumnya memang banyak k-ARMY yang protes soal rulesnya yang nyuruh fans untuk beli album tapi bukan spesifik albumnya Seokjin. Sepertinya Seokjinnya sendiri juga request supaya rulesnya gak terlalu memberatkan fans hingga akhirnya rules diganti jadi siapapun yang pernah beli album di weverse dari era Proof sampai sekarang, minimal 1 album, udah bisa ikut apply.

Wah luar biasa memang...

Entries saya setidaknya bertambah karena dulu-dulu beberapa kali pesan album di weverse. Thanks to para customer seoulcrave id juga tentunya huhuhu

Tapi biarpun begitu, pesenan saya pastinya masih jauh kalah banyak dibandingkan para rich ARMY dan owner GO lainnya. Apalagi setelah pengumuman raffle ini, mereka banyak yang pesen album bejibun lagi. Sementara saya cuma 3...

Gak muluk-muluk berharap menang sesi 1 yang event Hug. Karena tahu diri. Tapi hati kecil tetep ngarep dikit sih hahaha tapi banyakan pasrahnya,. Kalau memang sudah rezeki, gak akan kemana. Menang sesi 2 pun gak papa, gak papa banget malah.

Hasil raffle diumumin tanggal 8 Juni, 10 AM KST atau pukul 8 pagi WIB. Sejak tanggal 2 Juni sampai sebelum pengumuman raffle bener-bener berserah diri. Kayak udah pasrah, tapi ngarep banget juga. Sampai di titik bertanya-tanya ke diri sendiri, beneran pengen banget kah atau fomo aja? Karena tadi yang saya bilang, jujur sparks perbitiesan sempat hilang di awal tahun ini. Karena udah capek, capek banget nunggu pengen nonton mereka langsung tapi gak ketemu-ketemu. 

Sabtu pagi menjelang pengumuman raffle, lewat lah twit akun Jiniya ini..



Seketika nangis, keinget sekitaran bulan Maret tetiba menggebu-gebu pengen bikin persiapan menyambut KSJ1. Biasanya males ikutan group-group streaming, cuma streaming sendirian aja. Eh tetiba masuk ke group streaming. 

Rutin Stationhead tiap sore, ngumpulin segala macem yang perlu dikumpulin buat vote-vote dsb. Pokoknya tetiba menjadi si paling streaming dan voting karena pengen banget KSJ1 sukses besar nantinya.

Sempat hilang lagi sparksnya karena tetiba capek, berasa overwhelmed tapi tetep lanjut stationhead etc. Makanya pas baca kalimat ...you all who have shown unwavering love & unceasing support for jin in everyway possible, you are the only one who deserve to win...

menangis...

Pukul 8.00 WIB...

Deg-degan parah pas mau buka hp liat hasil raffle. Udah kayak mau liat pengumuman masuk PTN dulu rasanya.

Sambil rebahan di kasur, supaya jantung ini tenang sedikit. Tadinya mau buka pengumumannya pas udah ngelewatin jam 8. Tapi tetep gak tenang, jam 8 teng langsung buka weverse, cek bagian my event, loading...loading...loading...dan...


Langsung nahan teriak karena malu sama orang rumah wkwk 
Nangis tipis, tapi kebayang itu muka udah jelek banget pasti karena nahan teriak dan nahan nangis. Kira-kira muka udah kayak begini:


Kaget, gak percaya, seneng, dan deg-degan.

Langsung ngehubungin Gita ngabarin bakal nyamper ke Seoul dan cuss buka aplikasi tiket sambil tangan masih gemeteran.

Ada gila-gilanya sih beli tiket H-3 berangkat untuk trip ke negara orang yang jauh. Cuma gara-gara Seokjin doang deh bisa begini.

Alhamdulillah tahun lalu udah bikin visa multiple, jadi bisa langsung cus berangkat tanpa pusing mikirin daftar visa.

Jujur memang udah dari lama bikin plan untuk pergi dadakan kayak gini. Saking kepengennya nonton BTS dan melihat pattern (?) mereka yang sebelum pandemi kayaknya sulit banget buat diharapkan dateng ke Indonesia bikin terpikir kayaknya emang harus disamperin ke korea. 

Trus ticketing konser/event di Korea biasanya pake raffle dan kayaknya sayang kalo beli tiket pesawat dari jauh hari eh pada akhirnya amit-amit kemungkinan terburuk gak dapet tiket konsernya. Jadi pilihannya adalah harus siap visa dan dana buat beli tiket dadakan kalo menang raffle. 

Akhirnya si RJ ketemu bapaknya di Korea


Ternyata plan atau lebih tepatnya skenario di otak itu ternyata bener alias kesampean...
Bener-bener besyukur alhamdulillah rezeki bisa dapat tiket nonton ini dan rezeki bisa berangkat ke Korea. Sampai sekarang masih ngawang, gak percaya, udah ketemu Seokjin di Korea, hasil menang raffle, dan pergi dadakan ke Korea dalam persiapan sesingkat itu...

Persiapannya sebenernya gak singkat sih yak karena emang dari lama udah kepikir plan atau skenario di otak buat trip dadakan begini. ya Allah makasih, Alhamdulillah 😭

12 Juni 2024, landing di Korea. Tadinya gak ada rencana mau pergi kemana-mana karena masih capek abis long flight. Tapi pada akhirnya keliling kemana-mana sampe kaki nyut-nyutan. Mulai dari ke event welcoming Seokjin bikinan fanbase, ngiterin Yongsan liat project ads, sampai ke cafe event dan giant RJ.






Finally D-day!

Keluar stasiun langsung disambut banner ini.
It's getting reaaal!! I'm seeing Seokjin!!


Beli baju batik ungu ini dua hari sebelum pengumuman raffle.
Antara kepedean dan manifesting biar baju ini kepake di Korea, dan kesampean hikss


..dan karena pake baju batik, pas di Jamsil beberapa kali ketemu ARMY dari Indonesia jadi gampang ditandain wkwk. Berangkat sendirian, tapi banyak teman ngobrol. Trus pas antre merchandise, sempat ada kejadian seru bareng-bareng ARMY dari macem-macem negara.

Waktu nyampe venue, antrean merchandise udah panjang banget. Bahkan kabarnya ada yang udah antre dari jam 3 pagi. Apalah saya baru nyampe jam 11 siang KST. Antrean udah mengular panjaaaang. Tapi tetep kekeuh mau antre ambil merch karena kapan lagi, mumpung udah di venue!

Antre sejam...masih anteng...
Satu setengah jam...mulai gusar...

Antrean juga mulai gak jelas. Beruntung pas antre deketan sama ARMY yang gercep. Entahlah namanya siapa karena gak sempat kenalan nama, cuma kenalan dari mana asal negaranya doang. Pokoknya saat itu ada yang dari Canada, Singapore, Philipines, dan Korea. Semuanya baru kenal di antrean itu dan kami tetiba jadi kompak jagain barisan karena tetiba ada oknum ARMY Jepang dan Korea yang bandel nyelak barisan.

Wah beneran kaget sih, selama ini J-ARMY dipuji karena tertib dan teratur. Eh di sini malah ketemu oknum yang ugal-ugalan bin barbar. Udah bude-bude bukannya tobat, malah nyempil motong barisan orang yang udah antre berjam-jam.

Setelah dua jam akhirnya merch di tangan!

Bertahun-tahun lalu nulis di blog ini tentang ARMY Membership, cara daftar, dan manfaatnya. Tapi saya sendiri kasarnya belum pernah pake ARMY membership ini untuk event offline. Waktu AGUST D jakarta aja itungannya membership gak kepake karena kalah war waktu presale.

Buat ambil merchandise gratisan dari event Festa, kalian bakal diminta nunjukin kartu ARMY Membership yang aktif dan paspor. Kartu membershipnya sebenarnya boleh nunjukin dari apps aja. Tapi biar afdol saya bawa kartu fisiknya. Biar bener-bener ngerasain, ini lhooo benefit ARMY membership yang selama ini saya tulis di blog, yang saya jelasin ke temen-temen ARMY yang DM nanya-nanya. Huhu ada rasa terharu dikit, akhirnya ngerasain ini semua. Maafkan ku mellow banget pokoknya pas Festa ini..

Ini merchnyaa!

Setelah antre, banyak ARMY yang ngerubung buat langsung trading PC In The Seom buat dapetin PC member yang disukain. Tapi saya mah pasrah aja, terima aja sama yang udah didapet. karena kepala udah agak pening juga sih dua jam antre di bawah panas terik pas musim panas.

Ini dia geng ARMY di antrean anti huru-hara oknum bude-bude J-ARMY yang nyelak.
Ngobrolnya udah acak adut dengan segala bahasa mulai dari Korea, Mandarin, Latin, English sampe Indonesia. Tapi kami berhasil antre tanpa diselak hahaha

Kelar antre merch seharusnya bisa keliling ke macem-macem booth yang tersedia. Tapi saya harus simpan tenaga karena acara puncak alias event ketemu Seokjin masih beberapa jam lagi. 

Dari email yang dikirim Bighit, pemenang raffle sesi 2 udah bisa antre tukar wristband dari jam 4 sore. Sambil nunggu sore, akhirnya ngebolang di sekitaran venue buat cari makan. Wah warbiyasa sih. Gak kayak event di ICE, Tendoor, atau BCIS, di sini susah banget cari makan!! Apalagi mau cari yang halal yak, hiksss..

Udah ngulik naver map cari makanan yang bisa dimakan. Tapi semuanya terlalu jauh. Jadinya bertahan hingga malam dengan makan makanan yang ada di minimarket. Bismillah ajalah kuat makan nasi kepal dan banana uyu alias susu pisang.

Kelar makan, cuss ke antrean penukaran wristband dan siap-siap ketemu Seokjin!!

time table event

antreannya super panjaang biarpun udah dibagi jadi beberapa batch antrean


Untuk tukar wristband ini, lagi-lagi kita diminta nunjukin Membership yang masih aktif dan paspor. Naaah untuk buktiin kalian pemenang raffle yang sah, panitianya bener-bener cek data kalian sudah sesuai atau enggak dengan apa yang tertera di weverse.

Mereka bener-bener buka aplikasi weverse kalian on the spot. Mereka gak terima aplikasinya udah dibuka duluan, apalagi cuma screenshoot. Biarpun sinyal agak ngadet, beneran ditungguin sampai aplikasinya kebuka. 

Mereka buka bagian My Event untuk cek pengumuman pemenang. Trus mereka buka kartu membership yang ada di aplikasi. Trus mereka cek paspor, sesuaiin nama yang ada di membership dan nama yang ada di paspor. Dan mereka cek muka kita. Yang pake kacamata aja disuruh buka kacamatanya biar bener-bener sah orang yang sama, yang terima wristband dan masuk ke venue acara. Pokoknya bener-bener ketat. 

Saya rasa sistem kayak gini beneran bikin tiket raffle ginian gak bisa dipindah tangankan. Entahlah kalo ada oknum yang bisa, tapi saya sendiri ngeliatnya ini bener-bener ketat dan gak ada celah yang bisa dimainin.

Bahkan wristband pun langsung dipakein sama panitianya. Dipakeinnya beneran kenceng di tangan supaya gak bisa dilepas dan dipindah ke orang lain. Wristband juga dicek lagi waktu masuk ke venue event, mereka pastiin lagi wristband masih utuh, gak ada sobekan atau bekas dicopot. Bener-bener strict!

..wristband udah di tangan dan saat nuker wristband ini penonton dikasih nomor bangku. Biarpun dapat section di lantai 3 yang jauh dari stage tapi bener-bener gak mau ngeluh. Ini udah rezeki banget bisa menang raffle dan bisa nonton Seokjin langsung. Dalem hati pokoknya mau nangis muluuu.

Finally, I'm IN!!!


Cuma bisa bengong liat stagenya cantik banget. Sebelumnya udah liat spoiler dari ARMY yang menang event sesi 1, event pelukan sama Seokjin itu. Tapi pas liat langsung, bener-bener bengong. Gak expect dekornya bakal cantik banget. Trus kedengeran suara sound effect kayak di luar angkasa gitu. Pokoknya berasa lagi di luar angkasa atau berasa lagi di planetarium lah. Luar biasa sih keren banget!

Saya nunggu sekitar sejam di dalam venue sampai waktunya on air. Mendekati jam on air, seisi venue manggil KIM SEOKJIN! KIM SEOKJIN! KIM SEOKJIN!

ARMY bomb juga tetiba sync, lampunya jadi warna-warni kayak lagi di konser. Yaa ini itungannya semacam konser juga sih ya haha tapi beneran gak expect bakal semegah ini acaranya.

..lalu VCR dimulai....


AKHIRNYA LIAT KIM SEOKJIN!!!


Kirain dia bakal muncul dari tengah panggung. Tapi ternyata dia muncul dari backstage sambil naik sepeda. Jujur langsung nangis, beneran nangis berlinang air mata banyak banget sesenggukan. Tangan udah gemeter pegang hp tapi nahanin karena pengen punya fancam biarpun ala kadarnya shaky dan burem dikit karena beneran udah gak fokus ngefancam.

Nangis bukan cuma karena akhirnya liat Seokjin, tapi tetiba keflashback momen-momen penantian selama ini. Keinget kemarin-marin tiap mau ngeluh capek kerja, capek berhemat ngirit-ngirit, pasti semangat lagi karena keinget pengen nabung buat dateng ke event BTS, buat ketemu Seokjin! Pokoknya jadi semangat buat ngejalanin hari-hari pulang pergi kerja ☺️

Bener-bener kerja keras. Selain ngantor, ambil beberapa project lepas, sampai weekend pun masih kerja. Karena perlu uang yang gak sedikit buat bisa nonton dan nyamperin ke Korea. Akhirnya misuh-misuh terbayarkan, penantian sudah selesai.

13 Juni 2024, finally liat Seokjin secara langsung di Korea!

Pas udah muncul di panggung, masih gak percaya itu Seokjin.

Lalu dia greetings Bang! Tan! Anyyeonghaseyo Jin-imnida
Trus teriak AAARMYYYYYY
oh ok, beneran...beneran itu Jin, beneran itu Seokjin, beneran itu Kim Seokjin...


Selesai acara, pulangnya dikasih bucket bunga cantik banget. Terharuuu

Dikasih jam weker juga.
Pokoknya pulang-pulang berlimpah freebies 


Sampai detik ini, sampai saat nulis blog ini, masih gak percaya udah liat Seokjin langsung di Korea.. Bahkan pas jalan-jalan di Korea juga kadang suka ngawang gitu, eh ini lagi di mana ya? eh beneran lagi di Korea ini? eh beneran nih ketemu Seokjin?

Efek pergi dadakan juga kali ya. Jadi agak linglung karena beberapa jam lalu masih mpet-mpetan di KRL Manggarai pas pulang kerja eh tiba-tiba lagi di Seoul dan ketemu bias yang udah ditunggu-tunggu.

Alhamdulillah udah kesampean salah satu wishlist besar. Rasanya plong dan rasanya kayak udah tercukupi semua-semuanya. Alhamdulillah. 

Semoga kalian yang baca blog ini dan punya keinginan buat pergi ke Korea, nonton atau dateng event idolnya, semoga segera terwujud, semoga ada rezekinya, dan semoga segera merasakan kebahagiaan itu. Aaaminnn...

No comments

Powered by Blogger.