Kondangan..Kondangan Everywhere

Stuck ngerjain tugas, dan tadi baru kondangan akhirnya gue kepikiran buat nulis tentang kondangan..

Kalo kata  nyokap gue biasanya kalo bulan haji banyak orang yang nikahan, dan cukup terbukti karena dalam 2 minggu ini gue udah dateng ke 2 acara nikahan. Trus msh ada beberapa undangan nikahan lain yang belum dihadirin. Di jalan juga kalo diperhatiin ada banyak janur kuning melengkung *halah

Kalo gue sendiri dari kecil seneng banget kalo dateng ke acara nikahan orang alias kondangan! Pertama karena bisa makan sepuasnya, ada makanan-makanan enak yang jarang-jarang bisa dimakan kalo ga acara-acara spesial kayak kumpul keluarga atau ya kondangan itu tadi, alasan lainnya ya biasanya ketemu sodara-sodara yang jarang ketemu, dapet souvenir yang lucu (minimal dapet kipas atau gunting kuku-lah yaa hahaha) atau ngeliat prosesi adat nikahan (kalo yang ini jarang ada sih).

Makanan yang menurut gue paling khas banget dari kondangan adalah zuppa soup! Kalo sekarang sih udah banyak yang jual zuppa soup, tapi tetep aja menurut gue zuppa soup itu makanan kondangan! Jadi kurang afdol makannya kalo ga sambil berdiri, trus kalo udah abis mangkok atau piringnya ditaro di bawah bangku. Hahaha itulah kebiasaan gue dan gue yakin hampir semua orang melakukan hal yang sama ketika mereka makan pas kondangan.

Hal lain yang khas kondangan adalah tingkah polah ibu-ibu ketika acara udah mau selesai. Nyabut-nyabutin bunga dekorasi dari yang ada di pintu masuk, di dalem ruangan, sampe yang dipelamiman. Bahkan saking hebohnya gue pernah liat ada yang bawa sama pot-potnya -__-
Dulu sih gue suka ikutan ngambilin bunga, soalnya biasanya bunganya bagus biarpun ga wangi. Tapi sekarang gue mikir, itu bunga buat apaan juga gue bawa. Nyampe rumah itu bunga udah layu dan akhirnya dibuang.

Masih di tingkah polah ibu-ibu saat undangan. Minta souvenir lebih buat anaknya! Hahahaha kalo ini sih nyokap gue sendiri sering melakukan ini. Biasanya si penerima tamu mau ga mau ngasi souvenirnya karena kekuatan merayu ibu-ibu yang bilang "Mba souvenirnya lagi dong, anak saya ada dua, ntar berantem". Padahal si penerima tamu udah diwanti-wanti sama yang punya acara atau Wedding Organizer supaya ngasi souvenir 1 orang 1. Tapi sekarang WO udah punya strategi biar ga ada lagi ibu-ibu yang minta souvenir lebih. Sistem kupon! Jadi tiap orang yang abis ngisi buku tamu dikasi 1 kupon, buat ditukerin souvenir pas pulangnya. Tapi kayaknya si ibu-ibu juga ga kalah strategi, dia nyuruh suami atau anaknya ngisi buku tamu juga (tapi di meja yang berbeda)  biar dapet 2 kupon ._.

Ya begitulah segelintir kisah kondangan...ada beberapa 'fenomena' lain yang sering gue liat pas kondangan. Mungkin bakal gue bikin di tulisan berikutnya hahaha..    

No comments

Powered by Blogger.