Magang (PART I)

Lama tak posting di blog..
Selain karena lagi ga ada topik seru soal KPOP, film, hobi dll yang menarik buat ditulis, dari bulan Juni lalu saya lagi sibuk-sibuknya sama urusan kuliah dan magang. Hahaha akhirnya ada kesibukan juga si Emil yang biasanya gabut ini.

Magang di TRANS TV

Setelah deg-degan karena tempat magang telat banget diundinya, akhirnya Alhamdulillah dapat magang di TRANS TV. Bersyukur banget bisa magang di TV, karena emang dari awal merasa ada passion di broadcast khususnya TV. Dan TRANS TV? Haha jujur stasiun TV ini udah jadi impian sejak SMP dulu. Alasannya agak konyol sih, inget banget dulu pernah ngobrol sama Nindy soal crew TRANS TV yang keren dan ganteng-ganteng dengan seragam hitamnya yang fenomenal itu hahaha. Tapi di samping itu, setelah kuliah dan mulai tau gimana sih corak redaksi tv di Indonesia, mungkin TRANS TV salah satu yang unik dan cukup menantang hehe.

Tanggal 15 Juni 2014...
Tetiba handphone bunyi, ada panggilan masuk dari semacam nomor telepon rumah. Hmm..siapa yang hari gini nelpon dari telepon rumah. Tadinya agak ragu buat ngangkat, tapi akhirnya diangkat juga karena takutnya penting. Ternyata benar, itu mas Anton orang HRD TRANS TV, dan itu bukan telepon rumah mil, itu telepon kantor -,-
Dia ngabarin kalau tanggal 16 Juni anak magang dari UI disuruh ke news division di lt.3 buat briefing dan bikin ID CARD. 
HUAH ga tau kenapa pas sebelum magang rasanya deg-degan parah, mungkin karena ini pertama kalinya ngerasain kerja praktek.
Ohya, dibalik kenapa mas Anton nelpon saya, bukan anak magang dari UI yang lain..tidak lain dan tidak bukan adalah karena setahun yang lalu saya udah pernah daftar magang di TRANS TV. Tapi ga ada kabar alias ga diterima...hiks
Tapi mungkin emang jodoh kali ya, akhirnya magang juga di TRANS TV, berkat tangan yang lagi 'bagus' pas ngambil undian magang waktu itu hahaha. Jodoh kerjaan udah keliatan, jodoh yg atu lagi mana nih.........ahaha :')

16 Juni 2014
D-day! Hari pertama datang ke TRANS TV buat briefing. 
Sempat nunggu supeeer lama di dekat meja satpam lantai 3. Setelah nunggu akhirnya ketemu juga sama Mas Santa Curanggana (Kadep Buletin), Bang Erwin Hadi (Korlip), Bang Pe'i (EP) dan kalo ga salah ada satu orang lagi tapi lupa itu siapa..atau emang cuma 3 orang ya? :/
Hahaha lucu juga sih dan merasa beruntung, soalnya inget banget dulu Papa sering nonton berita Cakrawala di ANTV dan presenternya adalah si mas Santa Curanggana ini. Trus sekarang bisa ketemu langsung sama orangnya bahkan ikut rapat redaksi bareng hihihi. Cuma sayang, mas Santa belakangan ini lagi sibuk banget ngurusin CNN Indonesia, jadi ga pernah sempet buat coba ngobrol atau nanya-nanya soal news sama beliau. Mugkin ada kesempatan lain yah :')

Kembalii ke hari pertama briefing, hari itu kami berenam, Saya, Chang, Sekar, Jordi, Haikal, dan Tita dikumpulin di ruang meeting dan dikasi tau rules selama magang dan blablablabla...
Setelah itu kami berenam diajak ke newsroomnya dan kenalan sama orang-orang yang ada disana. Inget-inget lupa pas itu ada siapa aja, terlebih saya orangnya agak susah ngafal nama orang. Bahkan sepersekian detik setelah salaman dengan orang yang baru kenal, saya udah langsung lupa namanya siapa. Parah -,-
Hari itu kami juga dibagi-bagi tugas sama Bang Eha. Sempat dikasi tes kecil gitu sih, kalo Chang disuruh bikin storyboard tentang pertemuan di ruang meeting tadi sampe jalan-jalan di newsroom, kalo Saya sendiri disuruh bikin naskah VO tentang orang-orang yang baru dikenalin tadi....OHMY...udah orangnya susah ngafal nama, tau-tau disuruh bikin naskah tentang itu. Alhasil naskah saya dibilang macem narasi tugas kuliah wkwkwwwk. Maapin Bang :') Tapi Bang Eha baik banget pas itu, dia ketawa aja trus dia bilang saya cuma mau ngetes aja kok keberanian kamu kayak gimana, haha..biarpun saya agak kurang ngerti maksudnya :')
Ohya, akhirnya untuk minggu pertama saya ditempatin di Production Assistant alias PA Reportase Sore bareng sama Tita dan sang PA OS yang ngajarin semua-semuanya yaitu Kak Dennise :)

Kurang lebih 2 minggu ditempatin jadi PA Reportase Sore. Tugasnya ngurusin rundown, CG, Prompter, bantuin Mas Frans sang Produser dan Mas Ikhwan buat riset dan bikin naskah dari Reuters, dan tugas sampingan lain kayak ngecharge tab buat presenter. Hahahaha kalo di TV keliatannya itu tablet super mulus, tapi pada kenyataannya...tablet itu udah gores sana-sini, ada lakbannya, chargernya suka ilang-ilangan, dan banyak games bocah (mungkin karena sering dipake buat main sama anaknya orang-orang news yang kalo hari Sabtu suka bawa anak hihihi gemes).

Di minggu-minggu awal udah belajar banyak tentang gimana alur berita itu masuk mulai dari naskah reporter yang diemail, diedit produser, tarik gambar atau capture dari kaset, editor ngedit video, setelah paket jadi update durasi di rundown, kalo under atau over editor ngedit lagi sampe bener-bener fix, hingga akhirnya waktunya on air. Alur yang panjang dan ribet tapi tentunya harus gercep alias gerak cepat! Awalnya pusing sendiri karena bingung ini produser lagi ngomong sama siapa, karena tiba-tiba dia suka bilang "Naskah ya" atau "Berita segmen 2 item 3 di drop aja" trus tau-tau kak Dennise nyaut dan langsung gercep ngelakuin perintah produser. Hahaha tapi akhirnya di minggu kedua udah mulai lancar dan bisa agak gercep dikit.

Setelah on air, waktunya rapat evaluasi! Di hari pertama anak magang cuma duduk manis setelah memperkenalkan diri di depan para produser, asprod, dan reporter + campers yang ikut rapat. Tapi beberapa hari kemudian, anak magang juga diharuskan ngasi ide buat liputan, semacam pas pitching di kelas sama Mba Asty lah, tapi Alhamdulillah tensinya ga setinggi pas dikelas wkwkwkwk.

Masih banyak cerita soal magang di TRANS TV, karena cerita tadi cuma bagian kecil dari minggu pertama jadi PA Rep Sore. Keseruan dan pengalaman lain masih banyaaak banget terlebih setelah mulai ngerasain tandem liputan bareng reporter dan campers. Belum lagi pas ngerasain jadi PA Reportase Malam dan PA Reportase Pagi yang harus 'ngalong' karena kerjanya malam pulangnya pagi.
Kalo lagi rajin mungkin akan buat posting part berikutnya hehehe...







No comments

Powered by Blogger.