Because This Is My First Life Korean Drama Review


Belakangan ini makin banyak drama korea yang ceritanya sederhana tapi cukup membekas di hati. Setelah seri Age of Youth, gue jatuh cinta sama drama Because of This Is My First Life.

Awalnya sih sama sekali enggak tau ada drama ini. Berkat cuitan temen di Twitter dan beberapa update-an ig story orang-orang, akhirnya penasaran sama drama 16 episode ini. 

Apalagi pemeran utama wanitanya salah satu favorit gue di dunia perdrama koreaan, si Oh Ha Ni alias Jung So Min! Peran polos, lugu, dan dodol dia di Playful Kiss emang gemesin banget. Tapi beda di drama Because This Is My First Life ini.



So Min memerankan tokoh Ji Ho, asisten penulis skrip drama yang punya sifat mandiri, agak polos, tapi cukup to the point kalo ada suatu hal yang ga sesuai sama pemikirannya dia. Gue suka karakter Ji Ho ini karena menggambarkan banget perempuan zaman sekarang, terutama yang lagi meniti karir dari bawah, bukan berasal dari keluarga yang berkecukupan tapi berani mengejar cita-citanya. 

Bahkan diceritakan kalau ternyata cita-cita Ji Ho untuk jadi penulis, awalnya enggak disetujui orang tua, terutama ayahnya. Tapi Ji Ho tetap nekat masuk ke jurusan kuliah yang dia pengenin dan jadi penulis naskah drama meski mulai karirnya dari bawah banget. Kerja berbulan-bulan sampai ga pulang ke rumah, penghasilan ga seberapa tapi tetap usaha demi tetap hidup. Hmm related bangetlah sama kehidupan nyata.

Tapi, cerita drama ini bukan soal perjuangan Ji Ho si anak miskin buat hidup dan mencintai pangerannya yang kaya raya, macam drama korea yang dulu dulu. Masih soal tuntutan ekonomi sih. Jadi semua berawal ketika Ji Ho ketemu sama Se Hee (Lee Min Ki)...



Jujurly yang bikin ragu mau nonton drama ini adalah tokoh utama cowoknya yang kurang cucok dibanding oppa oppa atau ahjussi rasa oppa lainnya di drama korea. Tapi lama kelamaan Se Hee ini gemesin lho...

Sifatnya yang apa-apa dikaitin sama logika, pemikiran yang panjang, datar, dan pokoknya dhidupnya lempeng bangetlah. Saking lempengnya dia udah invest dengan beli apartemen dengan cicilan yang selesai berpuluh tahun lagi. 

Gara-gara ini nih, Se Hee harus nyewain salah satu kamar di apartemennya buat dapat uang dan bantu bayar cicilan. Penyewa pertama diceritakan enggak cocok sama Se Hee, akhirnya teman Se Hee nyariin penyewa lainnya dan akhirnya Ji Ho lah yang sewa kamar itu karena dia ga punya tempat tinggal akibat terpaksa keluar dari rumah keluarganya.



Awalnya sih jelas Se Hee enggak tau kalo Ji Ho itu perempuan karena mereka sama sekali enggak ketemu langsung pas kesepakatan sewa menyewa. Sekitar semingguan tinggal di sana, akhirnya ketauanlah kalau yang nyewa adalah Ji Ho!

Di awal nonton pasti bakal nebak-nebak, ah ini mah ujungnya mereka pasti suka satu sama lain dan yaudah kelar. Apalagi sewa menyewa kamar ini kemudian diikat dengan kawin kontrak, demi ga bikin kerusuhan di dua keluarga kalau tau anaknya tinggal bareng.

Tapi menikah justru malah bikin rumit hubungan keduanya. Di sini juga bumbu-bumbu komedi yang kocak terselip, terutama pas Se Hee dan Ji Ho berkenalan dengan keluarga calon pasangan kawin kontraknya. Tonton sendiri kekoplakan Se Hee ngadepin bapaknya Ji Ho yang galaknya luar biasa.

Momen menikah ini juga membawa suasana haru di drama. Penasaran? tonton sendiri dramanya..ahaha Pokoknya bikin air mata meleleh pas nonton!



Drama korea belum lengkap kalau ga ada cerita sampingan yang di luar alur tapi bikin keseluruhan drama makin berwarna. Di drama ini ada 3 pasangan yang diceritakan. Setelah Ji Ho dan Se Hee, ada pasangan heboh Ho Rang dan Won Seok, dan pasangan mature Soo Ji dan Sang Goo.

Ho Rang dan Won Seok menggambarkan sosok pasangan yang udah pacaran 7 tahun. Si cewek punya prinsip hidup yang "normal", yang mana dia udah membayangkan setelah lulus kuliah, dia kerja, nikah, kemudian punya keluarga dan urus anak. Tapi ternyata keinginannya itu sulit banget buat diwujudin, padahal menurutnya udah saatnya buat Won Seok ngelamar dan ajak dia nikah. Tapi sayangnya Won Seok belum PD buat lamar Ho Rang karena dia belum punya cukup uang buat hidupin dia dan Ho Rang nanti.

Awalnya kesel banget sih liat tokoh Ho Rang ini. Ngebet banget kawin yaelah, kasian bener itu pacarnya dikodein mulu padahal Won Seok masih ga yakin mau nikah cepet-cepet karena belum siap uangnya. Apalagi si Ho Rang ini di awal drama ditunjukin kalo dia tipikal cewek yang pengen pernikahan mevvah dengan segala perintilannya. Huh untungnya belakangan tokoh  Ho Rang ini jadi keliatan manis juga sikapnya, jadi tetap cucoklah sama Won Seok 💙



Pasangan berikutnya jauh lebih mature soal sikap yakni Soo Ji dan Sang Goo. Soo Ji, tipikal wanita karir yang masa bodo amat sama dunia percintaan bahkan ga ada pikiran sama sekali soal punya pasangan dan nantinya menikah. Pikirannya fokus di jenjang karir, penghasilan yang oke, dan bahagiain sang ibu. 

Tokoh Soo Ji ini luvly banget deh. Dia salah satu sahabat Ji Ho (bersama Ho Rang), yang tiap kali ada masalah pasti ngasi solusi dengan cara ngomelin. Bukan ngomelin yang nyebelin tapi ngomel demi menuju jalan yang terbaik...halah

Well, dari tadi tokoh cowok cowoknya kalo diperhatiin belum ada yang kinclong bersih bersinar. Yap emang di drama ini sama sekali enggak nonjolin tampang. Alur cerita yang relatable sama kehidupan nyata dan akting yang oke dari pemainnya, ternyata udah cukup bikin Because This Is My First Life dicintai penonton setia drama korea.

Tapi jangan sedih, di tengah cerita muncul sosok gemesin juga kok. Bok Nam!

Teman Ji Ho di tempat kerja part timenya ini sempat bikin cemburu Se Hee dan sedikit nunjukin kalau Se Hee ini hatinya ga lempeng-lempeng amat kok, dia mulai sayang sama Ji Ho! Ihiyyy...

Oke ini dia si Bok Nam yang gemesin itu...






Mentang-mentang gemesin, upload fotonya jadi banyak wkwkwk.

Setidaknya tokoh Bok Nam ini cukup mewarnai dan menyegarkan drama Because This Is My First Life ini lah. Muncul di beberapa episode doang tapi ternyata Bok Nam ini lah orang pertama yang ngeh kalo pernikahan Ji Ho dan Se Hee cuma rekayasa dan...ya itu tadi, jadi "ujian" pertama buat Se Hee dan Ji Ho yang masing-masing udah mulai suka satu sama lain tapi belom ngakuin...

Buat yang belum nonton, seriously drama ini recommended! Alur ceritanya sederhana tapi tetap seru buat diikuti karena beberapa hal yang relatable sama keseharian. 

Minusnya sih buat gue cukup banyak scene dengan obrolan yang panjang antara Ji Ho dan Se Hee dengan nada yang datar. Scene semacam ini beberapa kali bikin gue bosen dan ga sabaran buat ganti ke scene lainnya yang lebih dinamis. Emang sih diobrolan ini terselip kata-kata yang manis, kadang menohok hati, dan bikin drama ini makin keren. Tapi nada bicara Ji Ho yang datar dan ekspresi Se Hee yang lebih datar lagi malah kadang bikin bosen...hmmm mungkin karena gue tipikal penonton yang ga suka drama banyak dialog datar aja kali ya haha, maafkan. 

Hmm..abis drama ini, nonton drama apa lagi ya?



Photo credit to tvN Drama twitter account @CJnDrama


2 comments:

Powered by Blogger.