KARD, KPop Rasa Latin

KARD

Dulu pernah mikir kenapa grup K-pop selalu dibedain gendernya. Ada girl group yang isinya perempuan semua, ada boy group yang isinya laki semua. Kemudian bertahun-tahun suka K-pop akhirnya saya menemukan grup yang unik. Disebutnya sih co-ed grup, isinya 2 cewek dan 2 cowok. Yupp mereka KARD!

Pertama kali kenal KARD pas streaming Asia Artist Award 2017. Lagi deg-degan takut sinyal wifi (kantor) tetiba down (wkwk ketauan deh suka curi-curi ngefangirling pas kerja 😜) sementara performance oppa oppa kesayangan belom nongol (SJ-EXO). Tetiba muncul 4 orang berbaju merah, tampil dengan lagu agak ngedangdut, Hola Hola~

Awalnya saya kira mereka berempat ini cuma penampilan kolaborasi. Karena aneh aja kok ada grup campur cewek cowok gini. Eh ternyata oh ternyata mereka emang satu grup, yang baru aja debut dari labelnya KARA, SS501, dkk...DSP Media.



J Seph. Agak mirip Park Seo Joon ga sih?
Maknae gemes tapi sangar, Ji Woo
Big Matthew a.k.a BM. Suka banget suaranya ya ampuuun
Somin, main vocal muka sangar tapi suara cucok bangett


Selain komposisi member yang unik, genre lagu mereka juga cukup unik. Agak ngelatin dan dangdut sikit, jadi asoy lah buat jejogetan..
Setelah dengar lagu Hola Hola dan berasa cucok di telinga, akhirnya makin penasaran dan cari lagu KARD lainnya di youtube.



Nemu lah MV Rumor dari KARD yang ga kalah uniknya. MV Rumor ini dishot secara portrait, bukan landscape kayak MV atau film pada umumnya! Awalnya ga ngeh kalo MV ini dishoot portrait. Pas di-fullscreen, eh loh kok jadinya portrait...


Screenshot KARD Rumor MV



Ternyata KARD disponsori sama LG buat bikin MV ini. Katanya sih beberapa MV mereka pun dishoot pakai beberapa handphone LG terbaru, salah satunya LG G6. Wuidiih kece bener. Ga kebayang shootingnya kayak gimana? ...dan set MVnya gelap-gelap gitu loh, tapi hasilnya ga buluk sama sekali. Paling resolusinya aja sih yang agak kicik. Buat MV Rumor ini paling besar cuma 480p.

Enggak cuma cara shoot yang unik, KARD juga banyak ngeluarin MV. Buat satu lagu aja kadang ada beberapa versi, misalnya versi koreo, versi hidden KARD, dll.


Rumor Hidden Version MV ft Z.Sun

Jujurly masih agak bingung sama konsep Hidden KARD ini. Dari yang saya tangkep sih hidden KARD adalah bentuk kolaborasi KARD sama artist lain entah itu dancer atau penyanyi. Misalnya di MV Rumor, mereka kolaborasi sama Z.Sun. Ada juga hidden KARD version buat lagu Oh Na Na, bareng Hur Young Ji, mantan KARA project.

Trus ada lagi istilah Wild KARD. Hmmm..kirain ini nama fanclubnya KARD. Ternyata bukan, Wild Kard ini nama konser tur dunianya KARD. Wait...baru debut udah konser dunia?

Yepp, saya pun enggak paham gimana bisa mereka baru debut tapi udah konser di banyak negara. Bukan cuma itu, lagu mereka udah lumayan banyak, tapi KARD baru resmi debut tahun 2017 ini. Lah itu lagu ceritanya buat apaan dong kalo bukan debut. Yailah ribet amat.


Wild Kard tour in San Fransisco

Konser mereka pun bukan dimulai dari Jepang atau Asia Tenggara dulu kayak grup lain dari agensi gede macam SJ, EXO dll. Mereka tau-tau udah nampil di San Fransisco, Brazil, Peru, Argentina, dll. Whoaa...SJ aja pas Super Show ke-5 baru sampe tanah Amerika Selatan.

Tapi kayaknya karena konsep lagu mereka yang nyerempet lagu latin tadi sih. Jadi telinga orang Amerika Selatan mungkin jadi lebih gampang nerimanya dan hey, it's Kpop! When oppa and eonni dance Kpop but in Latin rythm...uhuy asoy laah~


Don't Recall hidden version MV with english lyric

Biar makin internesyenel, KARD juga ngeluarin versi bahasa Inggris dari lagu Don't Recall. MV nya pun ada. Dibalut dengan packaging Don't Recall MV Hidden KARD version...Haduu makin bingung lagi sama maksudnya konsep hidden KARD ini.

Terlepas dari kebingungan sendiri sama konsep dan banyaknya MV yang KARD produksi. Lagu-lagu KARD ini kayaknya hampir semuanya asik buat didengerin. Emang sih agak mirip satu sama lain karena benang merah sentuhan musik latin tadi. Tapi seriously, buat yang belum pernah dengerin coba cek-cek dikitlah lagu KARD.

Beberapa lagu favorit saya dari KARD ada Rumor, Hola-hola, Don't Recall, dan salah satu lagu dari album terbaru mereka Push and Pull. Ohya, ada Into You juga yang ritmenya enggak terlalu latin tapi lebih mirip J-pop. Agak berasa opening anime apaaa gitu.


Hola hola coreography version MV
Soal dance, ga usah ditanya lagi. Genre Kpop Latin juga bikin dance performance KARD lebih meliuk-liuk (?) sexy tapi ga menjijikan. Udah capek kayaknya liat girlgroup yang selalu jual konsep gemes kyeopta atau boygroup yang sok sangar tapi hati tetep kyeopta 😅

Karena membernya cewek cowok, pastinya hampir setiap performance diisi selipan duet dance. Yang bikin kerennya lagi, semua member punya kemampuan dance yang sama dan pastinya kece semuaaah. Bahkan si BM yang badannya paling raksasa pun tetep keliatan cucok buat ngedance meliuk-liuk ala musik latin.


Trust Me MV

Kalau baca-baca dari berita Kpop sih, KARD ini enggak sehits itu di Korea sana. Sebagai grup rookie pun mereka masih kalah saing sama grup rookie lainnya. Tapi kalo buat popularitas di negara lain, mereka bisa dibilang udah cukup oke. Buktinya KARD udah mau mulai tur konser mereka lagi tahun depan. Kali ini mereka mampir ke negara-negara Asia Tenggara. Tapi sayang mereka enggak/belum mampir ke Indonesia. Hey, mampir sini boleh laaah 😆




Anw, thanks for reading!
@kpopinstablog


No comments

Powered by Blogger.