Rekomendasi Drama Korea Genre Kriminal

Dulu kalau ditanya genre drama korea favorit, pasti saya jawabnya "yang ceritanya menye-menye dan lucu!" Tapi belakangan pas mulai (makin) keranjingan nonton drama korea, saya menemukan genre lain yang juga menarik. Yup, drama korea bercerita kriminal ternyata seseru itu! Bikin penasaran sekaligus bikin mikir kemudian pusing sendiri, soalnya banyak plot twist yang ga terduga. Biar gitu, sinematografi dan akting pemain yang keren tetep bikin saya betah nonton sampai episode terakhir.  Kegantengan para oppa atau ahjussi rasa oppa juga bikin betah nonton drama korea genre kriminal ini sih hahah. Nah ini nih beberapa drama korea bertema kriminal yang udah saya tonton dan recommended!

1. Defendant






Bisa dibilang Defendant ini adalah drama korea genre kriminal yang sukses bikin saya kesel, terharu, sedih, dan sepenasaran itu buat nonton episode selanjutnya. Well, ini bukan drama korea genre kriminal pertama yang saya tonton sih. Kayaknya drama I Hear Your Voice-nya Lee Jong Suk jadi drama genre kriminal yang pertama kali saya ikutin dan tonton sampai habis. Tapi sensasi pas nonton I Hear Your Voice kayaknya ga seheboh pas nonton Defendant ini.


Tadinya malah ga ada minat sama sekali buat nonton Defendant. Cuma gara-gara liat cast list trus ada Kwon Yuri SNSD, hmmm penasaran lah saya gimana sih aktingnya Yuri SNSD? Kirain cuma cucok pas dancing di panggung aja. Yaa biarpun di drama ini dia ga begitu menonjol perannya. Tapi Yuri sukses bikin kuterjerumus nonton drama ini sampai habis 😅


Soal alur cerita, Defendant bercerita soal Park Jung Woo (Ji Sung) jaksa yang punya karir bagus tapi tiba-tiba mendapati dirinya ada di dalam sel tahanan. Dia dituduh membunuh anak dan istrinya dan dituntut hukuman mati. Jung Woo awalnya menderita amnesia temporer tapi belakangan dia sadar kalau dia enggak salah dan berusaha cari bukti supaya dia bisa bebas. 


Selama usaha pencarian bukti itu, Jung Woo berkali-kali berusaha buat kabur dari penjara. Ada aja caranya buat keluar dari komplek penjara yang dijaga ketat, tapi selalu aja ketauan. Soalnya kepala sipir penjara udah jadi kaki tangan Cha Min Ho (Uhm Ki Joon), si pelaku pembunuhan yang sebenarnya. 


Selama nonton drama ini pokoknya saya selalu kebawa emosi karena akting kerennya om Jisung. Setiap dia teriak CHA MIN HOOO! Rasanya pengen ikutan teriak juga karena seriously penjahat di drama ini setricky itu dan se-berkuasa itu karena banyak orang yang bantu si Cha Min Ho ini soalnya dia horang kayaa. Selain emosi marah, drama ini juga bikin terharu karena semangat Jung Woo buat menunjukkan dirinya ga salah adalah demi bisa ketemu lagi sama anaknya, Ha Yeon. Awalnya Jung Woo mengira anaknya udah tewas juga. Tapi belakangan dia tau kalau Ha Yeon masih ada..ups spoiler...hehehe


2. Falsify



Baca sinopsis dan tau drama Falsify ini berkaitan sama dunia jurnalis, langsung bikin saya tertarik buat nonton. Yaa biar agak relatable dikit lah sama hidup, padahal mah nyambungnya cuma dikit doang sama kehidupan sehari-hari di redaksi. Secuil remah-remah bahkan!


Fokus cerita drama Falsify adalah fabrikasi berita yang bikin kasus kriminal besar tertutupi. Berita palsu yang awalnya dibuat oleh Chul Ho, kakaknya Han Moo Young (Nam Goong Min) ternyata bergulir terus hingga bikin kakaknya itu sengaja dibunuh. Awalnya Moo Young enggak tau menau soal berita palsu yang dibuat kakaknya itu, tapi karena dia ga terima kematian kakaknya itu akhirnya dia menelusuri sendiri kasus pembunuhan itu.

Moo Young kemudian jadi jurnalis undercover (bukan dari mainstream media atau media besar) yang mengungkap banyak skandal di Korea. Sementara itu ada Seok Min (Yoo Jun Sang), pimpinan redaksi Splash Team. Tim laporan investigasi yang karirnya cemerlang karena banyak mengungkap kasus besar.

Belakangan kasus kematian Chul Ho, mulai mengemuka lagi dan Splash Team ini dulunya adalah tempat kakak Han Moo Young kerja. Singkatnya, splash team merasa aneh karena tidak ada penyelidikan lebih dalam soal kematian kakak Moo Young, jadi mereka berusaha menelusuri penyebab kematian Chul Ho.

Selama penelusuran ini satu demi satu artikel lama soal kasus-kasus besar kembali diselidiki dan ternyata banyak fakta yang dipalsukan. Splash team pun dapat banyak halangan buat menyelidiki kasus karena tim mereka dibubarkan dan dituding membuat berita yang salah.

Begitu juga Moo Young dan tim jurnalis undercovernya. Mereka sering ga dipercaya karena dianggap jurnalis abal-abal yang cuma ingin bikin berita bombastis.

Trik para jurnalis buat dapat info, nemuin narasumber terpecaya, informasi rahasia, cara publikasiin ke masyarakat, sampai masalah hubungan antara redaksi dan management media ada di Falsify. Pokoknya drama ini cocok banget buat kalian yang tertarik sama dunia jurnalisme atau lagi kuliah jurnalisme. Semacam kuliah Etika Jurnalisme tapi dengan bumbu-bumbu ahjussi rasa oppa~

3. Voice 



Nonton drama Voice lumayan telat dari waktu on goingnya. Tetiba tertarik buat nonton karena baca salah satu berita kalau drama Voice ini bakal ada season 2nya. Wah, berarti season 1nya bagus dong sampai mau dibikin sekuelnya.

Ditambah, pas liat poster menemukan muka yang familiar. Rambut agak emo dengan mata sipit yang (agak) serem, tak lain tak bukan....Yesung Super Junior...

Wuah baru tau kalo Yesung bisa akting juga. Selama ini taunya dia sering isi ost drama dengan suaranya yang serak becek luvly itu~

Nonton beberapa episode....okey drama ini sukses jadi list drama korea genre kriminal berikutnya yang jadi favorit. Berkisah tentang Kang Gwon Joo/Kang center (Lee Hana) yang punya kelebihan bisa mendengar suara yang sangat pelan bahkan yang enggak bisa di dengar manusia normal.

Kemudian ada Jin Hyuk (Jang Hyuk) detektif "gila" yang jago banget mengungkap kasus kriminal. Dia sampai dijuluki michin gae atau anjing gila karena tingkah kegilaannya (emosi dsb) pas menyelidiki kasus. Tapi kegilaannya ini sempat hilang karena suatu hari istri Jin Hyuk tewas dibunuh orang tak dikenal.

Kebetulan saat itu Gwon Joo menerima telepon darurat dari istri Jin Hyuk. Saat ditelpon Gwon Joo sempat mendapatkan info lokasi dan ciri pembunuh tsb berkat kemampuan spesialnya tadi. Secara kebetulan ayah Gwon Joo yang juga seorang polisi, sedang patroli di dekat lokasi istri Jin Hyuk tadi dan berencana menyergap pelaku. Tapi sayang, karena pelaku yang terlalu kuat, ayah Gwon Joo ikut dibunuh.

Alur cerita Voice kemudian berkembang jadi usaha Jin Hyuk untuk mengungkap pembunuh istrinya. Sementara Gwon Joo diceritakan sekolah di AS dan kembali sebagai voice profiler. Gwon Joo kemudian jadi kepala pusat bantuan darurat 112 di kepolisian. Awalnya Jin Hyuk benci Gwon Joo karena dia mengira Gwon Joo ngasi kesaksian palsu saat sidang pembunuhan istrinya. Yaah biasa...standar cerita drama korea, awalnya Jin Hyuk ga percaya kemampuan spesial Gwon Joo. Tapi belakangan mereka bekerja sama mencari pembunuh istri Jin Hyuk yang ternyata juga membunuh ayah Gwon Joo.

Beda dengan drama korea genre kriminal lain yang udah saya tonton. Voice ini benar-benar mengerikan soalnya penjahat di drama ini mengidap kelainan psikologis alias psycho. Cara dia membunuh benar-benar digambarkan secara mengerikan, sadis dan penuh darah, tapi pas scene lainnya si pembunuh tampak biasa aja bahkan cenderung tampan memesona...yahilah.

Buat yang ga kuat liat darah atau adegan pembunuhan dengan benda tumpul, sebaiknya jangan nonton deh. Drama ini super ngeri. Kecuali mau liat keren sekaligus koplaknya Yesung jadi petugas call center polisi yaa. Akting Yesung patut diacungi jempol, keren!

4. Black



Nah kalau drama ini latarnya hampir sama dengan Goblin. Ada malaikat maut alias Jeoseung Saja dan cewek yang bisa lihat malaikat maut tadi. Tapi alurnya bener-bener beda kok. Ceritanya tentang Kang Ha Ram (Go Ara) yang dari kecil bisa liat bayangan hitam di tubuh orang yang akan mati. Bayangan hitam itu ternyata adalah malaikat maut yang akan jemput orang tersebut ke alam baka. HaRam selalu pakai kaca mata hitam untuk menghindari melihat bayangan hitam tersebut. Tapi belakangan dia mulai berani dan bertekad buat menyelamatkan nyawa orang. Semua karena Moo Gang (Song Seung Heon), detektif baru yang agak payah yang awalnya hanya pura-pura percaya kemampuan Ha Ram.


Sementara di alam baka diceritakan ada malaikat maut bernama 444 (baca:sasasa alias empat dalam bahasa korea) yang terkenal paling hebat dan enggak punya rasa kasihan. 444 yang terancam kena hukuman akibat melepas partner malaikat mautnya ke dunia nyata, ia pun terpaksa kembali ke dunia nyata dan merasuki tubuh Han Moo Gang (Song Seung Heon).

Moo Gang sendiri diceritakan mati tertembak seseorang karena terlibat aksi sandera. Tapi cerita drama Black enggak sesederhana soal pencarian 444 yang masuk ke tubuh Moo Gang untuk mencari malaikat maut partnernya yang hilang itu. Cerita melebar ke soal cerita masa lalu Moo Gang, misi Moo Gang masuk ke kepolisian dan jadi dektektif, masa lalu kekasih Moo Gang (Yoon Soo Wan), dan keterkaitan Ha Ram di dalamnya.

Keterlibatan Yoon Soo Wan di masa lalu dengan dunia prostitusi, menyisakan rekaman rahasia yang hilang selama 20 tahun. Rekaman itulah yang dicari-cari sepanjang drama ini. Karena rekaman itu jadi bukti kunci atas pembunuhan berantai.

Kisah masa lalau Ha Ram dengan kakak kelas favoritnya, Joon-i Oppa juga turut mewarnai drama ini.  Ha Ram yakin kalau Moo Gang adalah Joon-i Oppa yang selama ini ia cari. Tapi masuknya 444 si malaikat maut ke tubuh Moo Gang, bikin cerita makin kompleks dan susah ditebak.

444 yang awalnya hanya ingin memanfaatkan kemampuan HaRam melihat bayangan untuk mencari partnernya yang hilang, malah jadi terlibat langsung di pencarian rekaman bukti kasus prostitusi remaja yang berujung pembunuhan berantai. Siap-siap aja banyak plot twist ga terduga dan kebingungan pas nonton drama ini.

Soalnya pelakunya ga cuma 1 dan punya motif sendiri-sendiri. Korbannya pun buanyak banget dan keterkaitan kasus 1 dan lainnya super ribet dan kalo ga konsen akan makin bingung. Kuncinya, sabar-sabar aja pas nonton drama ini. Di awal alurnya memang agak lambat dan membosankan. Saya aja baru menemukan keseruan dan rasa penasaran banget di episode 8 alias pertengahan. Tapi drama Black ini tetap worth to watch kok. Apalagi buat yang kangen Song Seung Heon, gilsss ahjussi ini mukanya masi sama gantengnya kayak dulu liat dia di drama Endless Love! My first ever korean drama 😍😍😍

Anw thanks for reading, such a long post ya ahahhaa. Kalau ada rekomendasi drama korea kriminal lainnya yang oke, sila dishare 😉

1 comment:

Powered by Blogger.