Menyimak Fanwar


Buat fans kpop, pasti udah akrab banget sama kata "fanwar". Perang antar fandom ini bisa terjadi langsung di dunia nyata, tapi seringnya sih di sosial media, kayak twitter, facebook, komentar di youtube, instagram, dll. Ada 1 grup lagi hits kemudian muncul grup lain yang juga hits, fanwar.. Ada konsep album, konser, foto, dsb yang mirip, fanwar. Bahkan kalo udah kepalang benci sama 1 grup, entah apa masalahnya, ada aja yang dijadiin bahan fanwar.

Sebagai fans kpop pertengahan (belum lama-lama amat suka kpop, tapi ga bisa dibilang baru juga), beberapa kali denger ada fanwar dahsyat di sosmed. Dan sedihnya kadang fandom sendiri yang terlibat di fanwar itu, ahaha aku miris sekaligus kagum fandomku galak banget :")

Tapi belakangan, kalau ada oknum penyulut fanwar pun, semuanya tetap stay cool. Mungkin karena rata-rata fansnya udah pada tuir juga kali yah. Tapi emang beneran deh kalo udah suka sama satu grup kemudian ada yang menyulut fanwar atau istilahnya salty, emang gemash sendiri. Pengen cubit manja pipinya. Pake gunting... 

Teringat pas SJ mau comeback November 2017 kemarin, tetiba nemu akun salty bertajuk sujuf**p yang dikit-dikit bilang udah saatnya SJ udahan, udah tuir, viewers mvnya paling segitu aja karena yang nonton fans tuir yang udah tinggal dikit. Wew! Saya yang biasanya sebodo amat sama akun beginian, agak gondok juga liatnya.

Tapi nyatanya fandomku ga segalak dulu yah kayaknya, anteng-anteng aja, meski ada beberapa yang berusaha balesin twit akun tsb. Entahlah siapa yg ada di balik akun itu, tapi ada rumor sih katanya itu orang sini dan bapak-bapak? WHAT?? AHAHAHHA Kacau sih kalau itu bener. Rajin amat itu bapak nelusurin jumlah penjualan album, viewers mv, digital selling dan bikin aku khusus buat bashing fandom. Lawaq

Trus yang paling anget ya fanwar dua fandom gede yang grupnya sama-sama lagi berjaya. Trus fandom aku yang satu lagi juga kebawa-bawa, nasib multifandom :")

Tapi lucu juga sih, pas kejadian fanwar dua kubu yang anget ini, para fans tuir cuma duduk manis, nyimak, dan beberapa ngasi petuah..

"Nak, ga selamanya itu demenan kamu hits. Entar juga muncul yang lebih hits lagi. Liat aja grup kami dulu juga hits bingit tapi kemudian sekarang muncul grup kalian yang juga hits kan?"

Begitulah para fandom grup-grup kpop 2nd generation kira-kira berpetuah. Kayaknya udah lelah gitu terlibat atau liat fanwar di sosmed gegara soal mana yang lebih hits. 

In my opinion, tiap fans pasti pengen ngelakuin segala cara biar grupnya jadi yang terbaik, menang music show, award, dll. Tiap fans juga pasti kesel kalo ada yang komen negatif, jelek-jelekin, ke grupnya. Tapi yaudalhaa jangan ganas-ganas amat nyerang di sosmed. Apalagi zaman sekarang jempol ngeri-ngeri banget kalo di sosmed.

Toh itu member grup kesayangan adem ayem aja sama grup saingannya. Yha emang ga ada yang tau sih mereka di belakang caci maki juga, "Kampret, grup sebelah menang mulu" "Ah sialan fandom gue dijelek-jelekin fansnya si ono" kemudian mereka ikutan menyulut fanwar pake akun fake? Ahahaha who knows...

Pokoknya kalian para dedek gemes yang baru terjun ke "nistanya" dunia kpop, jangan gampang kesulut esmosi ya kalo lagi scrolling di dunia fangirling. Capek-capekin doang, asli dah. Dari pada kuota abis buat bales-balesin twit salty, mending akun saltynya agausah diliat-liat atau blok sekalian kalo emang udah pake bahasa yang parah atau mengancam, trus kuotanya buat ngevote atau streaming oppa ganteng kesayangan. Iye kan?

Demikianlah blogpost curhatan mendadak dikala recovery dari sakit beberapa hari ini. Sedikit unfaedah (like always sih), tapi setidaknya uneg-uneg soal fanwar sedikit tersalurkan. 

Btw, postan ini sama sekali enggak menyinggung atau mau menyulut fanwar di fandom manapun ya. Ampun dah, saya tau semua fandom itu pasti jadi galak kalo ada yang menebar garam ke grupnya.  Kalo kata Meggy Z, Sudah tahu luka...di dalam dadaku...sengaja kau siram...dengan air garam~

Uh pedih.

Tertanda, fans kpop pertengahan dengan usia yang pun pertengahan.............(belum tua, tapi bikin kesel juga kalo minta disebut sbg dedek gemes wkwk)

So, what do you think about fanwar?

No comments

Powered by Blogger.