NCT Limitless MV Review


 Sebagai grup paling baru dari SM jadi wajar aja kalo NCT ini jadi grup yang paling asing buat gue. Kenal nama-nama membernya doang tapi ga tau yang mana mukanya dan dia masuk ke sub unit mana. Sistem sub unit ini juga sih yang bikin bingung. Soalnya di grup bikinan SM lainnya beberapa tahun setelah debut, punya lagu yang hits, baru deh dibikin sub unit. Kalo dari awal dibikinin sub unit kan aing bingung....apalagi orangnya buanyak mukanya "sama" semua.




 

Okay about Limitless dari NCT 127, suka lagu ini juga karena ga sengaja dan kayaknya telat setahun baru ngeh sama lagu ini. Awal Januari kemarin MV dan lagu Limitless versi Jepang baru rilis dan gue ga ngeh sama sekali soal rilisnya lagu ini. Trus yang bikin akhirnya ngeh sama lagu ini gegara sering shuffle playlist Kpop Daebak di Spotify dan keputer lagu addicting ini, Limitless by NCT 127, yang versi korea btw.


Beatnya yang asyik alias ga terlalu berisik dan bagian refrainnya menurut gue agak-agak lagu Mirror nya Justin Timberlake gitu, rasanya cukup bagus dan layak buat jadi hits. Tapi nyatanya, lagu ini belum berhasil bikin NCT booming kayak sunbae sunbaenya yg lain di SM. Why?? Lagu dan MVnya kece lho...

Januari 2017 lalu MV versi koreanya rilis dan ada 2 versi. Pertama rough version dan kedua yang performance version. Hmmm kayaknya baru ini nih nemu MV pake embel-embel rough. Tadinya ngira kalo rough ini maksudnya MV one take shot yang ga diedit sama sekali. Kayak punya EXO sunbaenim gitu deh. Eh ternyata ini MV sebagaimana mestinya MV kpop bikinan SM. Yah emang gambarnya ada yang rough alias burem. Tapi kayaknya emang itu sengaja diburemin biar artsy gimana gitu kayak kids zaman now, halah.



Selain potongan-potongan video burem ala acara America's Funniest Home Video, ada juga potongan dance scene dengan resolusi HD kok. Setidaknya NCTizen atau sekadar fans kpop yang kepo macam saya bisa dengan jelas liat muka-muka dedek NCT ini. Tapi tetep aja, belum keliatan yang menarik perhatian banget nih di NCT, bingung ngebias yang mana ye. Kayaknya semuanya sama rata, dance skillnya sama, vocal skillnya sama.

Ngomong-ngomong soal vocal, baru-baru ini NCT U rilis MV Timeless Live Video. Genrenya ballad, yang nyanyi bertiga doang. Katanya sih ini beberapa vocal linenya NCT. Tapi denger sepintas kok ya suaranya mirip semua tiga tiganya. Huh entah gue yang ga paham, sok tau atau belom korek kuping, tapi kenapa suaranya mirip semua T.T

Biar suaranya mirip tapi tetep merdu lah didenger. Sedihnya di kolom komen mereka dibanding-bandingin sama vocal unit SM macam K.R.Y dan C.B.X.......yah.


Masalah dibanding-bandingin ini juga sih kayaknya yang bikin NCT belum populer dan sebooming itu. Kalo dirunut dari tahun mereka debut, 2016, tahun itu EXO masih booming-boomingnya. Ya jelas banyak orang yang bilang NCT masih dibawah bayang-bayangnya EXO. Tapi biarpun debut di waktu seniornya masih booming, harusnya konsep yang unik bisa ngegaet SMstan yang udah ada dan fans baru buat bikin fandom kuat buat NCT. Halah sok tau banget dah w..
Bukan berarti juga konsep si NCT ini gagal dan jelek sih. Neo Culture Technology, wih kepanjangannya aja udah kece. Apalagi katanya bakal didebut di beberapa negara lain di luar korea, termasuk (katanya) Indonesia. Waaah yang lolos SM Audition bisa nongol di NCT dong ya. Harusnya kalo debut di negara lain ini udah jalan, fandomnya bakal lebih keliatan dong, mari kita tunggu debutnya di mari...NCT-I from Indonesia maybe?

Tapi balik lagi ke awal, kayaknya karena member sub unit yang ngebingungin, makanya fans juga ikutan bingung.

Trus kemarin sempat bingung juga pas teaser NCT U Timeless keluar. Kirain mereka mau keluarin versi balladnya Limitless, eh eh ternyata beda lagu tapi judul inggrisnya mirip. Salah baca Timeless...jadi Limitless.....halah aing makin lieur sama grup ini. Ngajak berantem emang ­čśĄ



Member unit satu dan lainnya ada yang saling silang, trus di Limitless ini tau tau NCT127 nambah 2 orang jadi bersembilan. Baek-baek NCT ga jadi konsep rotasi member gitu dan jadi boygroup dengan member yang fixed. Macem Super Junior 05 zaman dulu...
Balik soal Limitless MV, baik versi Korea maupun Jepangnya kayaknya enggak ada konsep atau tema sendiri yang mau ditonjolin NCT di lagu ini. Cuma sekumpulan mas-mas tampan berjoget ria di banyak tempat, mulai dari parkiran basement carrefour andalan, gudang kosong, sampe lapangan RT.

Kemudian biar agak artsy yang versi korea atau versi rough diselipin video burem, sementara versi jepang diselipin aerial shot artsy macam ini.


Enggak ketinggalan, neon sign yang lagi kekinian juga ikut nongol di Limitless versi Jepang.

Tuh padahal MVnya enggak yang gembel atau ga modal macam MV di dalem box demenan SM dulu, tapi tampaknya emang NCT masih perlu waktu buat booming banget. Mungkin di comeback berikutnya atau mungkin nunggu sunbaenya yang lagi hits mulai pada masuk wamil. Yha lama ugha ya. Sing penting sabar~

Ohya, belum afdol kalo enggak menghina scene di MV. Scene paling lawaq ya jongkok di pinggir kubangan air, buang batu penahan mules ini sih.......udah cebok belom mz?


No comments

Powered by Blogger.