[Album Review] BTS Japanese Album Face Yourself


Menyambut BTS comeback Love Yourself: Tear, mari kita ngulik album Jepang ke-3 dari BTS yang rilis awal April lalu, Face Yourself. Enggak banyak lagu baru yang muncul di album Face Yourself ini. Sebagian besar lagu udah pernah rilis sebagai single maupun EP. Music video atau MV baru pun enggak ada padahal udah ngarep bakal ada MV baru dari BTS. Yah setidaknya enggak lama dari rilisnya Face Yourself, twitworld gempar sama kemunculan Euphoria: Theme of Love Yourself Wonder. Kemudian tadi malam twitworld gempar lagi karena akhirnya tanggal comeback udah dipastikan bulan Mei nanti dan preorder udah dimulai BESOK! Kacooo budget hura-hura ku bulan ini sudah abis masnyaaa~


Mari kita pikirkan lagi soal preorder-preorder Love Yourself Tear ini nanti. Balik ke Face Yourself, ada empat lagu baru di album ini. Satu lagu yakni Don't Leave Me udah digembar-gembor duluan dan udah muncul snippetnya dimana-mana jauh sebelum album rilis. 

Soalnya lagu ini jadi salah satu soundtrack drama Signal, remake versi Jepang. Pas dengar snippetnya, Jin stans (termasuk saya) udah heboh karena lagi-lagi nada tinggi dihajar abis sama Seokjin, kayak pas di Crystal Snow. Love banget lah!

Kalau lagu lainnya, ini reviewnya!



Intro: Ringwanderung




Ringwanderung menurut hasil ngulik saya di Google, katanya berasal dari bahasa Jerman. Istilah Ringwanderung atau Ring Wandering juga dikenal di dunia pendakian, yang mana adalah fenomena ketika seseorang merasa berjalan lurus, padahal ia berjalan berputar dari satu titik dan kemudian kembali ke titik awal. Singkatnya, nyasar di gunung!

Intro ini jadi pembuka yang agak misterius. Sebenarnya Ringwanderung ini semacam remix dari Best of Me, durasi lebih singkat, dan muter-muter di lirik Best of Me~ Don't Leave Me~ Yaah namanya juga Ringwanderung alias muter-muter kesasar. Tapi intro ini lumayan asyik buat membuka album Face Yourself! 

Score 7/10

Don't Leave Me




Ini dia nih yang menurut saya jadi inti dari album Face Yourself. Lagu ini udah bikin heboh sebelum perilisan, apalagi musiknya juga seru campuran antara rap di bagian interlude dan musik elektronik/ EDM, pastinya ada sentuhan rasa J-Pop nya juga. Belum lengkap kayaknya kalo album Jepang tanpa ada sentuhan J-Pop yang bikin ngebayangin kalo lagu ini jadi opening anime.

Di lagu ini juga seperti yang saya sebutin tadi di awal, Seokjin lagi-lagi bikin heboh dengan nada tinggi dan falsettonya. Sebelumnya, Seokjin udah bikin heboh nada 3 oktaf di Crystal Snow, sekarang bikin heboh lagi di bagian reff.Tapi biarpun reffnya segitu serunya, liriknya agak mengganggu. Karena di bagian reff ini semacam ada lirik yang agak maksa penyebutannya akhirnya dicepetin biar pas beatnya.. 


Tatoe donna ame ni utarete mo
Tatoe donna yami ni kesarete mo

Yhaa gatau juga ya emang sengaja atau karena emang ga tau lagi mau diganti dengan lirik apa lagi yang lebih pas. Setidaknya tiap kali denger reff Don't Leave Me ini, selalu bikin pengen ikutan teriak bareng Seokjin dan Jimin.

Don't leave me
I believe Hashiridasu!

Score 8/10

Let Go



Di awal album hampir semua lagu udah jedag-jedug, entah itu lagu-lagu remake versi Jepang (Best of Me, Chi Ase Namida, DNA, Not Today, Mic Drop, Go Go) juga di lagu barunya. Kali ini menjelang penutupan ada tiga lagu yang vibenya lebih adem. Dibuka dengan Spring Day versi Jepang, trus Crystal Snow yang fenomenal dan durasinya yang panjang itu (5 menit lebih boook~), terakhir sebelum outro adalah Let Go yang dibuka dengan suara empuknya Jungkook.

Emang bener-bener ya golden maknae ini suaranya emang asyik dan adem banget. Genre Let Go ini agak ballad rasa R&B. 4 vocal line suaranya lebih mendominasi, sementara rap line cuma kebagian part yang sedikit dan rapnya lebih mendayu-dayu. Sesuai isi lagunya yang tentang perpisahan alias letting go. Sedih mah kalo dijabarin arti lagunya.

Score 8.5/10

Outro: Crack



Total 12 lagu di album ini ditutup lewat Outro:Crack. Kalau pas Intro:Ringwanderung temponya lebih cepat dengan lagu Best of Me yang dominan, di Outro:Crack ini lagu Let Go yang mendominasi, yah semacam versi remix. Kalau dilihat kayaknya pemilihan lagu Best of Me dan Let Go buat di intro dan outro ada alasannya sendiri. Best of Me sebagai pembuka buat menggambarkan tentang album itu sendiri yang bicara soal diri sendiri (yourself), yang mana pendengar diajak buat selalu melakukan yang terbaik (best of me). Kemudian di akhir, kata-kata "I'm ready to let go" dinyanyiin berulang-ulang, jadi pesan buat melepas (let go) segala masalah, halangan, ketakutan, atau apapun itu yang menghalangi diri buat jadi yang terbaik. Hmm..begitu kali ya?

Score 6/10


Okey, sekarang mari kita tunggu full album korea dari BTS Love Yourself: Tear. Dari judul dan rumor yang beredar kayaknya sih album ini vibenya bakal lebih "gelap" dibanding Love Yourself: Her. Di album Her covernya lebih ceria dengan dominasi warna putih. Vibe dan lirik lagunya juga manis banget kayak dimple, Outro: Her dll. Sementara bocoran Love Yourself: Tear covernya bakal hitam pekat! Wew!! Belum lagi MV nya....teori apalagi nih yang muncul di Tear era ini?

Ohya, di next album harusnya ada Cypher lagi dong yaa. Kali ini Cypher ke-5 alias Cypher part V....Army kayaknya udah rusuh aja nih nyuruh Big Hit atau siapapun itu yang bikin Cypher buat ajak Taehyung alias V buat ikutan di Cypher ini. Abis V pengin banget nge-Cypher dari zaman Cypher 4. Mudah-mudahan aja kesampean ya Taehyung-aah!

Jadi.....pre-order album BTS Love Yourself: Tear versi yang mana nih yaa?
*masih galau*
*duit mana duit*
*mau semuanya*
*tapi ntar alamat ga makan*
*yailah jadi curhat*


2 comments:

  1. dari cmua lagu na BTS sih kebanyakan konsepnya dark... dan salah gak sih kalau aku berharap BTS comeback dengan lagu musim panas dengan dance pamer roti sobek dipinggir pantai dan kolam renang... terus menunjukkan seluruh otot-otot #plakk dijamin bakal hamil online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kayaknya pasti ada aja sih saatnya mereka pamer-pameran roti sobek, mungkin nanti pas musimnya lagu summer rilis di bulan-bulan agustus 😅🌴🍹

      Anw, makasi udah mampir yaa..

      Delete

Powered by Blogger.