[Album Review] BTS Love Yourself: Tear, 1 Album Banyak Genre


Love Yourself: Tear dari BTS kayaknya jadi album paling ditunggu dan fenomenal tahun ini. Gimana enggak, setelah popularitasnya makin meroket tahun 2017 lalu, makin banyak orang yang kepo sama BTS dan berujung jadi nge-fans ( yaa itulah saya yang terjerumus ke dunia perbitiesan setelah mereka kolaborasi sama Steve Aoki oppa). Nah pas tetiba rilis info kalau BTS comeback dengan seri ke-2 Love Yourself, gemparlah jagat timeline twitter. Buat saya sendiri yang belom lama banget ngefans kekoreaan tapi gabisa dibilang anak baru dunia kipop juga, konsep albumnya BTS ini unik. Mulai dari segi tema dan isu yang diangkat di lagu, MV dan segala teorinya, sampai tampilan fisik albumnya, keren! 

Tapi yang paling bikin mind blowing sih judul album di era Love Yourself ini. Setelah Love Yourself: Her yang rilis sebagai seri pertama, fans ternyata udah bisa nebak-nebak kalo seri berikutnya judul album bakal Love Yourself: Tear, dan berikutnya bakal Love Yourself: Answer...(yang ini entah bener atau enggak, wallahualam, tapi teorinya Army memang daebak!). Tebak-tebakan ini bukan tanpa sebab. Di beberapa performance BTS di music awards tahun lalu, ternyata udah munculin beberapa hint soal judul album bahkan judul intro. Gilak sih emang, berarti mereka udah nyiapin lagu dan konsep album jauh sebelum tanggal rilisnya kan?? Yaiyalah, kalo ngerjain konsep H-1 deadline mah itu elu Mil pas nulis artikel (kyaa jadi curhat~)

Nah soal lagu, kali ini mari kita bahas satu per satu lagu yang ada di album Love Yourself: Tear ini. Jujurly pertama kali denger intro album ini, alias Singularity dari Taehyung, rasanya bukan tipe gue banget. Tapi pas teaser MV rilis dan ada sepotong part lagu Fake Love yang dinyanyiin Jimin, part itu langsung terngiang-ngiang terus! So, here's my review...


1. Intro: Singularity
   



Seperti yang udah gue bilang di awal, pertama kali denger lagu ini sama sekali ga tertarik. Maafkeun saya Tae Tae, genre neo soul rupanya enggak masuk ke saya. Di V Live terbaru RM tanggal 28 Mei lalu dia juga bilang kalo lagu ini perlu beberapa kali denger baru deh berasa enaknya. Makin didengerin, makin bagus, gitu kata mas Namjoon. 

Ya bener juga sih. Tadinya ga suka lagu ini, tapi karena sering keputer pas ngelooping sealbum sambil perjalanan Citayem-Bonjer, akhirnya Singularity asyik juga didengerin. Pokoknya lagu ini emang lagunya V banget, cocok sama suara baritonnya yang serak-serak bindeng. Tapi gue sendiri lebih suka V pas nyanyi Stigma di album Wings sih. Kayaknya bikin voting Stigma vs Singularity asyik nih...hayo pilih manaa?

Score 5.5/10

2. Fake Love



Fake Love sang title track! Dari awal teaser pertama rilis, lagu ini udah jadi earworm. Dark vibenya berasa banget, awalnya dikira ini lagu bakal mirip-mirip House of Cards dari HYYH era. Ternyata eh ternyata pas rilis, lagunya diluar dugaan. Dibuka sama suara serak-serak sexynya V, trus enggak lama langsung killing part..

I'M SO SICK OF THIS FAKEU LOV FAKEU LOV FAKEU LOV!

Harus banget di capslock karena teriakannya Jimin dan Seokjin memang mantap pas bagian ini...

Genrenya dance, vibe dark and misterious conceptnya dapet banget, dan yang jelas bikin earworm! Part lain juga ada yang berulang kayak: Love you so bad, love you so bad....bikin terngiang-ngiang...

Pokoknya Fake Love ini jadi title track yang cocok banget buat Love Yourself: Tear yang konsepnya gelap, sedih, sengsara, pokoknya meranaaa banget.


Score 8.5/10

3. The Truth Untold



Pas list lagu rilis dan liat ada nama Aoki oppa sebagai featuring, udah ngebayangin kalo lagu ini bakal jadi Mic Drop part 2. Lagi-lagi tebakan gue meleset...

Lagu featuring Steve Aoki justru lagu ballad nangis guling-guling dengan chorus meringis minta dikasih sayangi (hah apa?)

Ya itu...Jimin kan bilang: 


And I still want you~~~

Yea yeaa Jimin-aah I still want you too deh, kesian amat sedih banget kayaknya pas nyanyiin lagu ini. Selain Jimin dengan suara lembut nan manjanya, Seokjin-lah yang paling kece di lagu ini. Akhirnya dia dapet banyak part dan rasanya kualitas vokalnya Seokjinnie makin oke. Dulu pas pertama kali denger lagu solonya Jin yang Awake, jujurly ku sangat kecewa karena masih agak maksa di nada-nada tingginya..Hahaha komen ini purely sebuah komentar dari netyjen banyak mau nan sok tau dunia musik wkwk. Tapi di Love Yourself: Tear ini Seokjin tampaknya bener-bener udah upgrade banget dari segi vokal maupun dance.

Ku terharu biasku makin bersinar...Pertahankan!

Balik ke soal lagu. Lagu ini vibenya menenangkan banget sih, Aoki oppa emang udah ga perlu diragukan lagi kalo bikin lagu. Tapi sayangnya setelah berkali-kali dengerin lagu ini rasanya jadi kurang greget karena lempeng banget. Vibe menenangkannya berasa banget sepanjang lagu, tapi yaudah gitu aja. Ga ada punching part yang bikin merinding disko entah di part chorus ataupun di akhir lagu. Yaaah tapi lagu ini tetep masuk list favorit dari album ini kok. Love it!

Score 8/10

4. 134340



Yakin banget ada banyak ARMY yang ganti password handphone, email, atau bakan pin ATMnya jadi 134340...wkwkwk Judul yang aneh buat sebuah lagu, sebagai fans yang selalu penasaran sama segala teori kampretnya bangtan, gue pun langsung searching maksud dari angka-angka ini. Oh, ternyata ini kode dari Pluto yang sekarang udah engga dianggap planet lagi. Hmm..kenapa harus Pluto? Teori apa lagi ini?

Yang jelas dari genre ballad nangis guling-guling, di track ke-4 ini kita diajak ngejazz. Vibe lagunya cocok banget buat disetel di coffee shop, toko buku, atau mall. Pas denger ini ga tau kenapa ngebayangin kalo ini disetel pas belanja di GI gitu loh, yaampun ini lagu buat mall banget sih ahaha.

Suara flute di 134340 ini jadi poin penting banget. Kalau soal vokal, ini masih termasuk ranahnya Taehyung banget sih. Lumayan asyik, tapi lagi-lagi kurang suka sih sama genre-genre jazzy begini. Maafkeun aku, lagi-lagi Taehyung yang kena. #Taehyungcelalucalah

Score 6/10

5. Paradise



Setelah berjazzy classy di 134340, kini di Paradise vibenya lebih R&B. Ohya, mulai dari track ke-4 tadi rasa K-pop di album Love Yourself: Tear mulai luntur sih. Genre lagu udah berasa macem-macemnya dan poin pentingya, ini lagu-lagunya internesyenel banget sih. Mungkin buat beberapa fans k-pop yang denger album ini, agak susah buat suka karena ya itu tadi, rasa K-popnya cuma sentuhan seciprat-ciprat aja. Alhamdulillah liriknya masih pake bahasa Korea sebagian besar. Kalau tetiba BTS rilis album full bahasa Inggris, ya sudah kelarlah mereka statusnya sebagai boyben Koriya. Tapi RM di salah satu interview yang gue lupa di mana, kayaknya pernah bilang kalo mereka enggak (atau belum ya?) rilis lagu full bahasa Inggris karena mereka pengen ngenalin Korea ke dunia internasional. Yaa begitulah kira-kira, soalnya gue juga lupa isi interview persisnya gimana wkwk

Balik ke lagu Paradise, awalnya agak kurang suka sama lagu ini. Tapi emang yaa kalo lagu keputer berulang-ulang lama-lama jadi demen sendiri. Pas denger sih rasanya vibenya biasa aja, enggak merana banget tapi enggak happy juga. Tapi ternyata makna lagunya cukup sedih. Lagi-lagi kata RM di Vlive soal cerita proses pembuatan tiap lagu di album ini, lagu Paradise ini bercerita soal mimpi tiap orang, soal perlu punya mimpi apa ngga, lanjutin mimpinya atau enggak dll.

Hmm..terlepas dari makna liriknya, gue malah membayangkan kalo lagu ini ada performancenya bakal dance sexy concept gitu yang pake mic stand atau bangku-bangku. Hmm bakal ada performnya kah di konser?

Score 7.5/10

6. Love Maze



Nah kalo ini katanya lagu favoritnya RM. Hmm emang enak sih lagunya. Openingnya dibuka sama instrumen akustik ala-ala negeri tirai bambu (?) haha entah suara apalah itu tapi bawa suasananya jadi agak tradisional. Tapi kemudian vibenya berubah lagi-lagi lebih ke R&B. 

Beatnya asyik sih, ga yang cepet banget, ga lambat banget. Chorusnya catchy!


Take my ay ay ay ay~!

Kalau boleh pilih salah satu aja member yang cocok nyanyiin lagu ini, gue pilih Jimin! Ini lagunya cocok banget sama suaranya dia sih. Lembut-lembut manjaah~

Tapi saking asyiknya denger lagu ini, kadang ga ngeh kalau tetiba lagu ini abis. Hmm kayaknya sih karena endingnya agak ga ada bedanya sama part reffrain, jadi ngirainnya bakal ada lanjutannya lagi, eh ternyata udah abis gitu aja. Ahahaha lagi-lagi komentar netyjen demanding :"D

Score 7.5/10

7. Magic Shop



Kalo tadi favoritnya RM, kalo Magic Shop favoritnya aku~
Lagu buat fans dari BTS ini sebagian besar dibikin oleh Jungkook. Emang bener-bener ya si golden maknae ini bisa apaan aja, heran saya...

Beatnya masih berasa R&B kayak track-track sebelumnya. Tapi masuk ke reff tetiba vibenya berubah jadi berasa Chainsmoker banget!! Yah ini tak lain tak bukan karena di lagu ini ada DJ Swivel yang ikut memroduseri. Dia ini pernah beberapa kali kerja bareng Chainsmoker, jadi hasilnya tetep ada rasa Chainsmoker nyiprat-nyiprat dikit. Sentuhan ala Chainsmoker ini emang bikin lagu Magic Shop ini makin asyik sih. Apalagi that high notes from Seokjin!!

Whoah, lagi-lagi ku bangga biasku makin bersinar!

Asyik banget sih kalo pas di perform bakal sahut-sahutan sama penonton pas part:


So show me!

I'll show You!

Score 9/10

8. Airplane pt.2




Kita tinggalkan genre R&B, saatnya ngedangdut sikit! Openingnya aja berasa lagu padang pasir banget. Tapi ternyata ini ngambil vibe latin mexican gitu. Wuih bisa banget deh ini bangtun masukin segala genre dan enggak lupa sama basis fans di Amerika Latin yang cukup besar dan loyal, apalagi di sosmed. I mean, liat aja kalo di twtter ataupun instagram pasti ada aja terselip twit- twit berbahasa spanyol dan mereka itu antusias banget kalo di konser. Hasil observasi di dokumenter konser kipop dari zaman SS5 Super Junior sama Burn the Stage doang sih haha~

Airplane pt.2 ini jadi lanjutan Airplane dari mixtapenya j-hope yang rilis awal tahun ini. Ada satu part dari Airplane pt.1 yang muncul lagi di Airplane pt.2 jadi part rapnya j-hope kalo ga salah. Overall, lagu airplane pt.2 ini asyiklah. Performancenya juga beda sama performance BTS yang lain. Good!

Score 7.5/10

9. Anpanman



Dari judulnya aja udah kebayang kalo ini bakal lagu gemes, karena Anpanman tampangnya super gemes hahaha. And yess! Anpanman ini semacam Go Go pt.2 dengan performance unyu-unyu nan gemes. Anpanman ini katanya buat ngegambarin BTS sebagai sosok yang spesial karena dia punya kelemahan (Anpanman yang kehilangan kekuatan supernya kalo kepalanya dicopot), tapi tetap berusaha buat nolong orang dengan kekuatan yang dia punya. 

Opening lagu ini juga super catchy dan bikin terngiang-ngiang. Suara serak bindengnya Taehyung bikin openingnya makin unik deh..


Waiting for you Anpanmaaaan!

Tapi kalo boleh milih satu member buat nyanyiin lagu ini, gue pilih j-hope! Asli deh ini lagunya dia banget. Vibenya mirip-mirip Daydream dari mixtape Hope World, jadi curiga ini harusnya rilis di Hope World hahaha!

Score 8.5/10

10. So What



Masuk ke track akhir-akhir, genrenya enggak makin selow. Justru vibe makin rame dengan lagu So What ini. Menurut gue ini lagu cucok banget buat menemani jogging atau treadmill manja. Beatnya cepat jadi cocok buat lelarian, tapi disisi lain tetep berasa unyunya karena suara manjanya Jungkook sama Jimin ituloh!


Gyeong gyeseon wieseo~ Witaeobda haedo~ 
Part rapnya juga asyik banget, pokoknya vibenya happy banget. Bikin lupa kalo album ini pengen ngasi dark concept dengan tema yang sedih-sedih. Eh tapi jangan seneng dulu, abis So What, masuklah outro yang bikin kita keinget lagi, oh iya ini album temanya kesedihan ya...

Score 7/10

11. Outro: Tear



Akhirnya masuklah kita di penutup album Love Yourself: Tear ini. Seperti yang gue bilang tadi, lagu ini semacam pengingat tema utama dari keseluruhan album. Vibe happy di lagu So What berubah seketika jadi vibe misterius. 

Agaknya Outro: Tear ini jadi semacam cypher (yang bukan cypher) di album ini. Banyak Army yang udah nebak kalo bakal ada Cypher pt.5 di album ini. Tapi katanya juga, BTS ga ngeluarin cypher lagi karena merasa udah ga perlu meluapkan protes atau kemarahan lagi lewat cypher. 

Ada juga yang bilang kalo "cypher" terakhir mereka adalah Mic Drop yang isinya super ngeselin buat haters. Yaaah gue pas belom ngefans denger Mic Drop versi Aoki oppa aja rada kesel sama liriknya, ini boyben kok songong bener! Ahahaha, tapi akhirnya malah kuterjerumus masuk ke fendem yang fana ini...uhuhuy~

Di Outro: Tear ini ada satu part kecil yang jadi favorit gue banget. Di awal RM ngerap super cepet trus ada satu bagian dia bilang "I don't wanna listen to that!" trus ada efek echo gitu...ahahaha entah kenapa part sekecil itu jadi favorit banget :")

Trus di outro ini kita bisa denger Suga nyanyi! Yes, bukan ngerap tapi nyanyi. Yah biarpun pake auto tune tapi akhirnya kedengeran juga suara Suga kalo nyanyi. Bagus juga lho ternyata, padahal sempet underestimate karena denger dia nyanyi Awake tahun lalu di Festa wkwk.

Pokoknya Outro:Tear ini jadi penutup yang mantap dan swaaag! Uri rapline daeeebaaak!

Score 8.5/10


Nah...kalo balik lagi bandingin ke Love Yourself: Her, yang hampir semua vibenya riang gembira dan masih cukup berasa kalo ini album K-pop. Sementara di Love Yourself: Tear, BTS tampaknya emang nyuguhin album yang lebih internasional, enggak K-pop banget tapi tetep berasa K-popnya (lah gimana). Pokoknya di LY;Tear macem-macem genre masuk di satu album, bikin album ini jadi paket lengkap nan ambisius...

Haha agaknya jahat banget ya kata-kata gue bilang ini album super ambisius. Yaa abisan semua genre dibabat, mulai dari genre dance khas kpop, ballad nangis guling-guling, EDM yang western banget, sampe latin ngedangdut nyerempet lagu padang pasir. Ambisius buat ngegaet fans dari segala penjuru dunia. Masih kurang satu genre sih, KOPLO! Ayolah Bangtan coba dengerin our nation's little daughter, Via Vallen, mungkin bisa jadi sample buat lagu di album berikutnya? hahaha padahal lagu Baepsae alias Silver Spoon, openingnya udah nyerempet Koplo ke campur sari-campur sarian banget.

Tapi Love Yourself: Tear nice job, buktinya album ini berhasil jadi peringkat 1 di chart Billboard 200 dan Fake Love debut di peringkat 10 chart lagu Billboard. Wuii...so what's next, Grammy? 

No comments

Powered by Blogger.