[Review & Theory] BTS Singularity Love Yourself: Tear Comeback Trailer

Tentang kesedihan, kesakitan, dan penyesalan. Oh well, welcome Love Yourself: Tear era! Konsep gelap yang sedih, aneh (singularity), tapi tetap dibalut dengan estetik. Cucok!



Udah H-belasan hari dari tanggal comeback, tapi Big Hit masih belom juga munculin teaser apa-apa soal Love Yourself: Tear. Boro-boro tracklist, concept photo aja enggak nongol-nongol, padahal fans qismin macam saya butuh pencerahan concept photo di versi mana yang paling cucok buat dibeli. Alhasil cap cip cup pilih yang Y version....

Tapi kemarin malam akhirnya ada secercah hilal comeback dengan rilisnya Singularity Comeback Trailer. Begitu liat thumbnail video, bukannya langsung ngeplay malah sibuk muterin layar handphone karena bingung itu siapa yang di thumbnail. Jungkook?

Ternyata itu Taehyung alias V sodara-sodara! Kenapa kalian jadi mirip kalo fotonya kebalik sih? Enggak cuma di thumbnail, di salah satu scene di Singularity MV ini juga ada scene gambar terbalik kayak gini dan yang terlihat....hampir semua anak BTS.

Heran kenapa anak-anak bangtan mukenye jadi mirip semua kalo dishoot terbalik kayak gini.....


Seokjin? Jungkook? V? ...Hoseok?
Setelah nonton dan tau kalau Singularity full dinyanyiin sama Taehyung, bikin teringat sama teori atau rumor yang sempat saya tulis di review BTS Euphoria beberapa waktu lalu. V jadi pembuka dan dengan rilisnya Singularity ini,  "Tear" era resmi dimulai. Singularity juga jadi tracklist pertama alias intro dari album Love Yourself: Tear. 

Konsepnya? Super gelap, sendu, sedih, dan penuh misteri alias teori. Tapi beda sama pas Euphoria rilis yang langsung bikin segala macam teori bermunculan di twitworld, amino, tumblr, dsb. Tapi pas Singularity rilis, teori enggak banyak bermunculan. Entah karena emang susah buat disambungin sama rilisan sebelumnya atau emang karena......

ANJR TAEHYUNG KECE ABIS!

Semua orang masih sibuk kedistract sama kecenya Kim Taehyung ini ckckck




MV dibuka dengan koreo V dengan gantungan baju. Pertama kali liat scene ini beberapa netizen komen kalo mereka mikirnya V nge-dance sama dancer cewek. Pada ngiri dong langsung. Eh taunya itu gantungan baju sist!

Ngiri sama gantungan baju dah lo pada hahaha. Tapi kalo saya sendiri pertama kali liat scene ini udah ngeh kalo itu bukan manusia yang ngedance sama V. 

Awalnya ngirain itu cuma baju yang dipegang trus diajak dance ala ala. Yaaah semacam dancenya Kai di era EXO awal-awal itu lhoo. Tapi pas liat itu baju ada tangannya...

ANJR NGERI AMAT ITU BAJU ATAU BONEKA?


Tapi ternyata itu tangan V sendiri yang pura-pura ngedance sama dia. Yhailah sendirian aja mas adeknya~

Tapi biarpun bukan dance sama cewek cantik, scene demi scene koreografi di MV Singularity ini tetap bikin ketar-ketir yang nonton.


Tapi itu baju dalemannya duh :")
Dalemannya buat ciwi..

Vibe lagu yang agak R&B dan jazzy, jujurly enggak terlalu suka sama genre musik kayak gini tapi tapi suara bariton V yang misterius, ditambah koreo yang estetis bikin betah nonton MVnya. 


Sepertinya title track Love Yourself: Tear bakal konsep mature atau bahkan sexy? Hmmm trus Singularity juga makin kece karena terselip senyum misterius alias smirk dari V.....wagelaseh!



Visual yang nyanyi aja udah kece, ditambah lagi latar MV ini juga enak dilihat karena sederhana tapi super estetik. Trus yang paling penting, konsep darknya dapet banget! 

Di MV Singularity ini juga V cukup berhasil memukau lewat gerakan dancenya, apalagi ada scene topeng-topeng misterius ini. Bikin dance di MV ini enggak cuma jejogetan jazzy (?) tapi juga pertunjukan yang artsy #halah





Sepintas scene dance topeng-topeng ini juga mirip pertunjukan sulap alias magic show. Jadi inget rumor buku Into the Magic Shop yang katanya jadi inspirasi konsep comeback tahun ini. Hmmm...

Emang agak susah buat nebak atau nyambung-nyambungin teori yang tersirat dari MV Singularity ini. Baca beberapa postingan soal teori Singularity di amino, banyak yang bilang ini nyambung sama teori di Blood, Sweat, & Tears era yang terinspirasi dari cerita Demian.




Ada juga yang nyebut ini terinspirasi dari kisah dewa Yunani Hades yang menunggu musim semi berakhir, supaya kekasihnya Persephone kembali pas musim dingin. Hmm agak masuk akal sih soalnya di lirik lagu Singularity ada musim dingin dan musm semi yang disebut.


But in the end, spring will come someday
The ice will melt and flow away
Hmm..oke liriknya agak kurang pas sih sebenernya sama cerita Hades tadi. Dan jujurly saya paling enggak paham deh kalo sama cerita dewa dewi yunani, mitologi, atau cerita klasik. Jadi yhaa aing ora paham soal teori yang beginian ahaha! ngapain ditulis neng :"D

Kalo kata Seokjin di iklannya LG, I like to keep things simple. Iya mas Seokjin ini emang sama banget kayak aku yang ga suka ribet. Mungkin kami jodoh #lho


Btw dibayar berapa nih masukin LG dipostingan ini wkwk

Enggak ambil pusing soal cerita atau mitologi mana yang jadi konsep di MV ini. Saya sendiri malah lebih tertarik sama lirik lagu Singularity ini. Kalau diliat-liat isinya semacam flashback ke kesakitan dan rasa penyesalan.


Kalau dikaitin sama Hwayang Yeonhwa series yaa soal V yang bunuh ayahnya, trus terjun ke laut. Di lirik Singularity juga ada lirik soal lumpat-lumpat ke air kan, tapi bedanya dia lumpat ke danau. Yaaah yang penting sama-sama aer~


If i shouldn't have thrown myself away Tell me if even this pain isn't real What I was supposed to do back then





Naaah kalo mau disambungin ke #ํ™”์–‘์—ฐํ™”TheNotes yang rilis sebelum Singularity ini, notes dari Jungkook isinya juga seputar kesakitan dan situasi hampir mati. Tapi tetiba muncul suara yang bilang: "Even though living must be more painful than death, do you still want to live?" 


Cr. @btscontentindex

Hmm..Jungkook semacam dikasih pilihan gitu, mau mati aja dalam kesakitan atau hidup trus perbaikin apa yang terjadi tapi kesakitannya lebih parah dibanding mati. Huah pilihan berat.




Begitu juga sama V di lirik Singularity, dia bertanya-tanya kesakitan yang dia rasa bener atau ngga dan apa yang harusnya dia lakukan sebelum kesakitan itu terjadi dan gimana ngilanginnya. Hmmm...gela gela jago banget gue ngarangnya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚



Dari nyambung-nyambungin lirik dan #ํ™”์–‘์—ฐํ™”TheNotes Jungkook ini, sepertinya cerita keseluruhan Love Yourself: Tear era ini selalu berputar di flashback kesakitan yang dirasain member di Hwayang Yeonhwa era. 

Mereka mengingat kembali apa aja kejadian dulu, trus nyesel kenapa itu terjadi. Eh muncullah secercah hilal pengharapan buat hapus kesakitan tadi lewat Seokjin. Menurut teori Seokjin adalah time traveler dan yang punya kunci alias kuncen dari semua cerita Bangtan Universe ini.

Rumor-rumornya kan Seokjin bakal nyanyi entah intro atau theme song Love Yourself: Answer yang katanya bakal dibuka dengan judul lagu, Epiphany (pencerahan). Nah mungkin di era Answer ini barulah ketauan apa jawaban semua teori ribet nan simpang siur yang dipancing Big Hit. Kampret banget emang. Lah tapi gue tetep aja nyari teorinya, dasar kacung kipop!


Anting "LOVED" juga katanya jadi salah satu kode kalo judul title track bakal Fake Love
Ohya, di Singularity bunga Smeraldo muncul lagi. Bunga ini sempat rampe diomongin pas comeback tahun 2017 lalu. Buat yang mau baca-baca soal teori bunga Smeraldo ini bisa diliat di sini

Black tears..

Mari kita tunggu rilisan-rilisan berikutnya dari Big Hit di jelang kambek Love Yourself: Tear ini. Tadinya sih sok cool aja gitu di momen "first BTS' comeback for me" ini, eh lama-lama tiap jam 10 malem deg-degan refresh twitter Big Hit, menantikan teaser. 

Yahahah hidupku~ yaampun #miris

No comments

Powered by Blogger.