[Review & Theory] BTS Epiphany Love Yourself: Answer Comeback Trailer

Tentang mencintai diri sendiri sebagai jawaban semua masalah. Jintro menjadi pembuka sekaligus penutup seri Love Yourself yang penuh teori.



BTS dengan segala teori Bangtan Universe-nya sukses bikin saya makin "dibego-begoin" sama Bang PD-nim. Sejak Euphoria rilis April lalu, ARMY udah nebak-nebak kalau rangkaian Love Yourself bakal diisi dengan intro dari masing-masing vocal line. Habis Jimin dengan Serendipity, Jungkook ber Euphoria, kemudian Tae yang Singularity, maka sudah seharusnya Bang PDnim merilis Jintro alias intro oleh uri Kim Seokjin yang ditebak berjudul Epiphany. 

Terpujilah VCR di Melon Music Awards 2017 yang udah bocorin judul-judul intro tersebut. Kalau belum nonton, ini videonya..



Udah sabar nungguin Jintro rilis, kan mayan yah bakal liat worldwide handsome kesayangan di satu MV sendiri plus satu lagu full dinyanyiin sama Seokjin. Akhir Juli...lewat, awal Agustus...masi belom keliatan tanda-tandanya. Lama-lama mulai capek juga nungguin. Belom lagi kena php sama akun instagram dan facebook Smeraldo Flower Shop itu yang kayaknya ngasih kode mulu kalau Jintro bakal rilis tanggal 9 Agustus. Ternyata nihil!! Tapi setidaknya ada benernya juga sih, Epiphany rilis 10 Agustus 00.00 KST, yang mana masih 9 Agustus 22.00 WIB. Ooh oke, mungkin Smeraldo Flowershop ga pake jam KST atau emang dasar akun itu sebenernya ngasih hint yang benar tapi big hit sok-sokan telat ngerilis karena Army udah pada tau duluan kalo bakal rilis tanggal 9 Agustus. Bhaique....ku tak pernah seperhatian ini soal tanggal rilis MV. Semua karena si bangsul Kim Seokjin ckck.

Setnya cuma satu tapi penataannya super kece. Jiwa interior ku terpuaskan(?)

Epiphany dibuka dengan scene overlay video yang bikin Kim Seokjin jadi ada dua. Kurang apa lagi coba, udah lagu solo, eh di MV Seokjinnya ada dua! Fans mure gampang seneng..

Soal alur cerita, Epiphany ngegambarin soal perputaran waktu yang berulang. Di scene awal, ada dua Seokjin yakni yang duduk dan yang pake jas lagi siap-siap mau keluar. Kemudian adegan ini berulang terus, Jin ke lemari ambil jas, ngaca tampan, mati/nyalain lampu, buka/tutup pintu.

Adegan-adegan inilah yang kayaknya menjawab teori terdahulu di Euphoria MV Review maupun Fake Love MV Review soal Jin yang seorang time traveler alias bisa bolak balik ke masa lalu dan masa depan. But it's not the complete Answer..

Side profile bertebaran. Tapi Kim Seokjin agak double chin yaa dikit

Epiphany juga menyisipkan sedikit flashback ke scene di Highlight Reel. Pertama si bunga di dalam vas, kemudian buku catatan warna merah yang dijatuhin sama cewek yang akhirnya ditabrak mobil di Highlight Reel. 

Bahkan furnitur di Highlighy Reel juga hampir sama dengan di Epiphany *pengamat furnitur*

Bunga dan notes merah yang sama dengan Highlight Reel


 Orang ganteng mah bebash ngaca selama apapun
Iya-iya mas Seokjin mah emang so beautiful

Flashback-flashback ini ngegambarin apa aja yang udah dilakuin Seokjin buat mencari jawaban buat cari cara menyelamatkan teman-temannya yang bernasib buruk karena dia. Loh kenapa temennya bernasib buruk gegara si mas ganteng? Jawabannya ada di Hwayang Yeonhwa the Notes yang ujug-ujug nongol sebelum Jintro.

Notes dari Seokjin itu bisa Anda-Anda sekalian lihat sendiri di akun twitter Big Hit yah. Notes super panjang dengan tulisan hangeul yang pitik-pitik sukses membuat mata ini jereng. Tapi ngga lama setelah rilis, translate dari akun-akun translator-nim sudah bertebaran dan tetap bikin pusing karena ANJR MAKSUD NOTESNYA APAAN?

Kira-kira translatean notesnya begini
Di HYYH Notes disebutin kalo Jin mengaku punya kesalahan yang ga bisa dia akuin. Akhirnya dia pergi bolak-balik ke masa lalu buat benerin masalah itu, tapi malah berujung bikin timeline  jadi berantakan dan nasib temen-temennya jadi ga karuan.

Karena time traveling ini kayaknya Seokjin sendiri pun jadi semacam hilang ingatan dan di Notes diceritakan kalo Taehyung ngajak Jin buat inget-inget apa yang sebenernya udah terjadi. Soal hilang ingatan ini, ada teori juga yang bilang Jin selalu bawa handycam buat ngerekam apa aja yang terjadi supaya dia ngga lupa. Jadi ternyata mas Seokjinku ini ganteng-ganteng, pikun hiks :(

Ohya di HYYH Notes tsb juga disebutin soal ayah Seokjin yang ternyata melakukan kesalahan yang sama. Hmmm...sepertinya cerita soal ayah Seokjin ini bakal jadi bumbu-bumbu menarik di series selanjutnya. Kalo adaa...

Ayah Seokjin yg disebut di Notes bukan yang ini loh yaa. Ini mah Bapake beneran, bukan yg di Bangtan Universe wkwk

Balik ke teori di Epiphany Comeback Trailer, Answer alias jawaban yang dicari Seokjin akhirnya terungkap (yailah bahasa gue kayak judul clickbait) di Epiphany. Setelah berulang kali time traveling dia sadar kalo dia harus menyayangi dirinya (love my self) sendiri dahulu baru bisa mencari jawaban buat memperbaiki kesalahan. Jawaban ini tergambar dari lirik lagu Epiphany.

I'm the one I should love, in this world

Setelah bolak-balik time traveling dan menghadapi banyak kejadian tragis yang di Epiphany digambarkan oleh scene hujan-hujanan. Akhirnya Seokjin pulang, merenung, dan menyudahi pencarian jawaban yang selama ini dia lakukan.

Baek-baek masuk angin mznya

Hey STOB IT


Dari adegan yang penuh makna ini, ada sesuatu kejanggalan yang agak lawak. Kan Seokjin masuk rumah dalam keadaan basah trus jalan ke arah jendela. Trus di scene berikutnya, bukannya nunjukin Seokjin yang kuyup tadi lagi duduk di lantai, tapi malah di bawah jendela ngga ada siapa-siapa. Lah itu Seokjin lumpat ke jendela kah? LOL



Setelah scene janggal tadi, Seokjin nutup gorden yang ngegambarin dia menyudahi perjalanan pencarian jawabannya. FYI dari dulu di tiap MV Seokjin selalu adegannya berhubungan dengan jendela yang kayaknya ngegambarin cara dia melihat akibat yang terjadi setelah dia time traveling. Nah karena sekarang jendelanya ditutup, harusnya kelar dong ya ceritanya. 

Apalagi sebelum Jintro rilis, akun @bts_twt yang entah siapa adminnya ngetweet kalau Love Yourself: Answer jadi ending dari series yang dimulai dari tahun 2016 alias dari era Hwayang Yeonhwa dengan MVnya Run dan I Need U. 


Epiphany juga diakhiri dengan foto BTS di pinggir laut lagi naik pick-up 4x4 andalan yang selalu muncul dari zaman Run. Tapi kali ini Seokjin ga menghilang dari foto, melainkan semua member ada lengkap di dalam foto. Pake efek glitch pula pas muncul. Hmm heboh-heboh glitch party sebelum LY:Tear kemarin ada benernya dong ya.




Tapi fans skeptis kayak saya malah ga percaya kalo cerita Bangtan Universe ini kelar gitu aja di Epiphany. Karena toh di akhir MV Epiphany, sebelum scene foto di atas mobil pick up itu, muncul teks yang ngasi kode-kode kalo ini belum berakhir sepenuhnya.


Kira-kira begini translate nya
Seokjin balik ke titik awal, berhenti melakukan yang sebelumnya dia lakukan. Tapi kemudian memulai sesuatu yang baru, yakni mencari titik awal sebenarnya di mana semuanya bermula, sesuatu yang semua orang punya tapi ga semuanya bisa menemukannya. Hmmm apakah itu? Tebak-tebakan lagi deh. Pasti jawabannya jadi tema album BTS tahun depan. Unch~

Lagian di MV run juga ada tulisan ini kan....

The Most Beautiful Moment in Life 2015.04.29 sampai SELAMANYA...
Mamam dah tuh teorinya ga kelar-kelar sampai selamanya..selamanya..selamanyaa (insert squidward scream)

Di samping semua kebingungan misteri dan teori di Epiphany ini, yang jelas Jin stans terpuaskan banget sama visual bling bling pancak pancak byeolli bitnaneun bam dari seorang Kim Seokjin. Apalagi suara Seokjin makin hari makin mateng aja. Sepertinya genre soft rock kayak gini pas banget buat karakter suaranya Seokjin. Trus aktingnya! Wah jangan ditanya lagi, anak Konkuk gitu looh. Tinggal nunggu tawaran main film aja nih. Taun depan main film yaa, plis.

Nah sekarang saatnya kita tunggu title track dan MV utama dari Love Yourself: Answer~

Thanks for reading 😘 


No comments

Powered by Blogger.