[Album Review] Super Junior Mini Album One More Time, Otra Vez!


Super Junior akhirnya balik lagi dengan special mini album One More Time atau Otra Vez! Ternyata setelah sekian lama ngeluarin album dan single, One More Time ini jadi mini album pertamanya SJ. 

Setelah mulai mendangdutkan melatinkan diri sejak Mamacita rilis 2014 lalu, Super Junior tampaknya makin mantap buat masuk lebih jauh ke pasar Amerika Latin. Awal tahun ini ada Lo Siento yang berkolaborasi dengan Leslie Grace dan produser Play N Skillz. Tapi ternyata mungkin dirasa album Replay dengan title track Lo Siento kurang berasa album latinnya, jadilah mini album kali ini bener-bener full latin!

Kali ini dengan title track berjudul sama dengan mini albumnya, One More Time atau judul bahasa Spanyolnya: Otra Vez lagi-lagi hasil kolaborasi dengan artis latin yang hits di Amerika Latin sana, Reik. 

Sebelumnya saya sendiri agak asing sih sama penyanyi-penyanyi latin. Paling tau cuma Shakira sama J.Lo aja. Tapi berkat SJ sekarang ku kenal asoynya lagu-lagu Reik....HAHAHAH makasi lho.

Total ada 5 lagu di mini album ini dan semuanya bikin pengen joget! Baiklah, sebelum mereview MVnya, mari kita review lagu-lagu di mini album One More Time ini dulu. Cuss~



One More Time



Sang title track, kolaborasi dengan grup penyanyi latin Reik. Impresi awal denger lagu ini, ah standar lagu latin lah. Eeh masuk ke bagian reff-nya Reik. Wadaw kok asyik sih!

Looping beberapa kali, kemudian mendapati diri udah humming part reffrain yang pakai bahasa Spanyol itu. Nyari liriknya dan ternyata susah euy ngelafalin lirik benernya. Apakah ku harus mendalami Spanish biar makin asoy ngelatin bareng ahjussi suju? ckckck

Tapi One More Time ini menurut saya lebih asyik dibanding Lo Siento. Beatnya lebih seru dan klimaksnya lebih berasa pas reffrain. Yah mungkin karena saya udah kepincut om-om Reik yang suaranya dahsyat ini kali ya. 

Como le hacemos para poderte enamorar~
Otra Vez!
Dejame entrar... Otra Vez!
Te quiero ya
Tus ojos me dicen que tu tambien quieres intentar..Otra Vez!

Selain versi featuring dengan Reik ini, ada juga One More Time-SJ vers yang mana bagaian reffnya pakai bahasa Korea. Versi ini semacam Lo Siento versi featuring KARD yang mana bakal ditampilin buat music show dan juga konser nantinya. Hmm, berarti nanti pas SS7 Encore ada performance One More Time dong ya.

Tapi yang masih jadi pertanyaan adalah....di part manakah Heechul nyanyi? Cuma nongol doang di MV tanpa nyanyi kah? Hm

Score 8.5/10

Animals



Nah kalo yang ini lagu pra-rilis yang rilisnya agak bikin gaduh. Bukan lagunya yang bikin gaduh, tapi MVnya yang tau-tau ga jadi rilis karena alasan masalah pos produksi. Pada akhirnya ada video visual pack alias animasi-animasi demenannya SM. 

Masih jadi misteri sih, sebenernya MV Animals itu ada versi lainnya dengan SJ yang nampil atau emang cuma si visual pack itu MVnya? hmmm penasaran..

Soal lagu, ga nyangka kalau Animals ini juga ikut-ikutan pake latin vibes. Kali ini ga begitu jejogetan rame melainkan latin-latin syahdu. Kalau biasanya di tiap album SJ pasti ada lagu ballad, kali ini Animals ini mungkin yang jadi pengganti ballad.

Kualitas vokal ga usah ditanyain lagi sih. Super Junior yang orang awam biasanya kenal cuma lagu jejogetannya aja, tapi sesungguhnya lagu-lagu ballad mereka super banyak dan enak-enak. Yaa contohnya saya yang sok-sokan mau bikin playlist lagu SJ yang asyik buat naikin mood. Tapi pada akhirnya isinya lagu ballad nangis guling-guling semua. Yha~

Score 8/10

Ahora Te Puedes Marchar



Nah yang ini juga bikin ku terkejoet. Wew SJ ga main-main nih bilang mau rilis lagu latin dan muncul dengan lagu full bahasa latin. Tadinya kirain ini lagu baru yang diciptain khusus buat album ini, tapi salah...

Ternyata eh ternyata, ini adalah lagu cover dari penyanyi latin Luis Miguel yang rilis tahun 1987. Ahora Te Puedes Marchar versi SJ diaransemen ulang dengan musik yang lebih ceria. Btw suara Shindong di lagu ini cocok banget deh dan banyak baca komen-komen orang Amerika Latin asli yang bilang kalo pelafalan bahasa Spanyolnya SJ di lagu ini udah sempurna, pas sama penyanyi aslinya. Ahjussiku memang keceee!

Tapi lucunya, sebelum tau ini ternyata lagu cover, kuping saya udah gatel dan gregetan banget karena ngerasa familiar sama lagu ini. Rasanya kayak pernah denger lagu ini versi lagu jadul ala playlist favoritnya almarhum bokap.

Segemes itu pengen tau ini beneran ada lagu yang mirip atau gimana tapi bingung mau nanya ke siapa 😂

Searching-searching akhirnya nemu kalo Ahora Te Puedes Marchar pun ternyata cover versi latin lagu I Only Want To Be With You dari Dusty Springfield. Pas denger versi Dusty Springfield ini akhirnya ku bisa tenang. Enggak tau juga sih, bokap dulu bener sering nyetel versi Dusty ini atau bukan. Tapi kupingku langsung berasa familiar banget pas denger lagu ini. Ah ingatanku cukup kuat juga berarti ya HAHAHA out of nowhere memuji diri sendiri. 

Score 7/10

Lo Siento Play N Skillz Remix Version



Waktu diumumin kalau mini album One More Time bakal rilis Lo Siento versi remix lagi, fans-fans udah ngarep kalo yang dirilis ulang adalah versi baru dengan suara Ryeowook di dalamnya. Yah tapi ternyata Ryeongg tidalah ikutan di Lo Siento versi ini. Justru kayaknya ini versi asli Lo Siento dari si produser Play N Skillz sebelum diaransemen ulang sama produsernya SM. Hmmm..ga jauh beda sih cuma jedak jeduk gendangnya lebih berasa. Tapi emang kurang rame dibanding yang versi album. Tetep enakan One More Time....HAHAHAHA #teamOtraVez

Score 6/10

Mini album One More Time dari Super Junior jadi titik awal seriusnya mereka buat garap pasar Amerika Latin. Tapi gatau kenapa, ga cuma SJ doang yang ngelatin karena tau-tau SNSD Oh GG! pun ada Lil' Touch of latinnya, lagu debutnya Yuri yang Into You juga berasa latin. Trus NCT127 juga melatin di lagu Regular. Next, jangan bilang EXO juga ikutan ngelatin. Kalo bener kayak gitu, yah ga asyik sih karena rasanya kok jadi seragam gini musiknya SM.

Trus sebenernya agak bingung juga menerawang arah musiknya SJ setelah One More Time ini. Apakah bakal terus-terusan melatin atau gimana? 

Karena kayaknya sejak Lo Siento, atau bahkan sejak mereka pertama kali konser di Amerika Selatan pas Super Show 5 dulu, fans latinnya SJ rame bangett. Pas Lo Siento rilis, responnya juga  cukup bombastis di tanah Amerika Selatan sana karena sampai masuk chart Billboard latin dsb.

Paling gampang liat efeknya adalah liat aja komen-komen di video Youtubenya SJ, mayoritas pake spanish. Reply twitternya SJ juga begitu. Bahkan tiap update tentang perilisan album, ada versi bahasa Spanishnya. Wah wah daebak sih.

Tapi yaa...kalo bakal ngelatin terus ntar lama-lama bosen ga sih? Trus randomly ku penasaran juga sama reaksinya Kyuhyun yang lagi wamil pas tau kalo groupnya udah ngelatin mulu wkwkwk. Biarpun suaranya Kyuhyun kayaknya asyik juga kalo buat lagu latin. Mirip-mirip suara main vocalnya Reik gitu keknya tipenya....Hahahahahah ku kepincut Reik 🙈

Okay next kita review MV nya? Karena banyak pertanyaan-pertanyaan yang muncul di otak saya pas nonton MV One More Time ini. Adegan ala almost paradisenya BBF, dance 18+nya Eunhyuk, basah-basahan di kolem.... Hwadu....


No comments

Powered by Blogger.