[Album Review] EXO Don't Mess Up My Tempo


Comeback EXO yang paling ditunggu-tunggu dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Biarpun udah excited pas teaser-teaser rilis, sampe segala leaked video (yang selalu) nongol pas deket hari H comeback, tapi pas MV rilis, reaksi saya langsung yah begini aja nih? 

Salah sendiri sih ya ekspektasi terlalu tinggi buat MV tapi akhirnya kuciwa karena yaa gitu doang. Dibilang jelek enggak, tapi mau dibilang keren juga ya biasa aja. Enggak ada yang spesial gitu. Tapi ya mau gimana, EXO bukan lagi grup yang jor-joran dipromosiin sama SM..ehem udah ganti generasi ehem...

Biarpun udah ga perlu-perlu amat sih jor-joran banget promosi karena toh EXO udah punya fandom yang gede, tapi bok ya MV comeback yang ditunggu hampir setahun gini coba lebih spesial dikit gituh...malu sama MV solonya Lay NAMANANA yang keren bangett! (fans banyak mau kkk)

Yaa paling ngga Yixing ikutan nongol lagi lah ya bareng EXO di Tempo, biarpun sekejap dua kejap. Trus karena saking keselnya, comeback EXO kali ini ga bikin MV reviewnya. Heuheu padahal siapa juga yang nungguin review saya wkwk 😂

Tapi kekecewaan sama MV sedikit terobati pas dengerin lagu-lagu di album ini. Yah enggak semua lagu langsung nyantol banget di telinga sih. Ada beberapa yang langsung asik didengerin dan nagih pengen ngulang terus, tapi ada juga yang setelah keputer beberapa kali baru berasa, eh enak juga ya.

Di album ke-5 ini EXO main banyak genre, tapi tetep berasa EXO banget sih. Tapi herannya di album ini buat saya lagu balladnya kurang mantul alias kurang mantap deh. Sebagai tipikal orang yang lebih nyaman dengerin ballad, kayaknya kangen banget sama ballad-balladnya EXO yang dulu-dulu. Lagu Don't Go, Baby Don't Cry, Moonlight....wah yang bertiga ini masih setia nyelip di playlist tiap hari.

Nah buat review albumnya, kayaknya saya agak mager lelah kalo ngereview lagu per lagu. Jadi saya pilih beberapa yang jadi favorit saya di album Don't Mess Up My Tempo, here we go~

Tempo



Si title track dari Don't Mess Up My Tempo! Lagunya sebenernya enak, vocalnya ga usah ditanya lagi...dibuka sama Jongdae yag suaranya bikin meleleh, rajanya soundtrack drama baik yang ada member eksonya maupun yang enggak. Tapi belom mendekati reff, udah dibikin agak llfeel sama mixingnya...

Apa-apaan itu suaranya Xiumin dibikin ala-ala robotic gitu? Buat saya auto tune robotic itu agak gengges alias ganggu sih. Padahal part yang lain udah enak dan asik banget. Apalagi pas bagian akapela di akhir-akhir sebelum lagu habis. Dibuka dengan dum dum dum dum dum dum~ trus lead vocal sama main vocal sahut-sahutan nyanyi...aih vokalnya EXO memang mantulll!

Score 8/10

Sign



Kayaknya dibanding title track, lagu Sign ini jadi lagu favorit  dan cocok buat jadi title track buat saya di album Don't Mess Up My Tempo. Beatnya seru dan bassnya mantap! Pas buat morning-jam buat naikin mood. Kalo arti lagunya sendiri sih cerita tentang pasangan yang hampi rmau putus dan salah satunya ngasih kode-kode alias sign kalo dia udah enggak cinta lagi...uuu sedih.

Sayangnya EXO enggak perform lagu ini di acara musik kayak Music Bank, Inkigayo dsb. Padahal udah bayangin dance lagu ini pasti bakal seru banget, mungkin bisa jadi ada part dance sinkron ala-ala militer gitu kali ya, wkwkwk ngayalnya.

Score 8.5/10

Ooh La La La




Selain tampil bawain lagu Tempo, EXO juga perform lagu ini dibeberapa music show. Vibe lagunya mirip-mirip Kokobop yang agak-agak reggae ala anak pantai. Mungkin EXO rilis lagu agak reggae gini biar orang-orang ga lupa sama Kokobop kali ya (GIMANA MAU LUPA ITU KOKOBOP DITAMPILIN MULU DIMANA-MANA SETELAH COMEBACK SETAHUN LALU DAN GA PUNYA LAGU BARU YA TUHAN JADI NGEGAS KAN)

Ohya selain ngingetin Kokobop, lagu Oh Laa Laa juga bikin keingit sama Wolf. Karena di part terakhir ada aaawoo~
Bikin keinget geurae ULF! naega ULF! AWOOOO~ SARANGHAEYO!

Score 8/10

Oasis


Bagai Oasis di padang pasir, sama kayak lagu Oasis ini di track list album Don't Mess Up My Tempo yang buat saya jadi penyegar sebelum track penutup: Tempo versi ada Yixing. Hmm sebenernya Oasis ini masuk genre agak ballad juga sih ya, cuma enggak yang ballad nangis guling-guling gitu.

Kehadiran lagu Oasis ini mungkin juga buat ngingetin lagi kalo EXO sebentar lagi akan semakin mempadang pasirkan (?) diri setelah lagu Power dimainin di air mancur Burj Khalifa. Soal mempadang pasirkan diri, curiga ntar repackage lagunya model beginian juga nih hahah mari kita tunggu.

Dari semua part di Oasis, part paling favorit partnya Baekhyun sih yang dia harmonisasi sendiri pas member lain nyanyi Ruuuuuun~ Ruuun~  Yaampun akhi Baekhyun ini kalo adzan pasti kece banget deh, calon imam :"D

Ohya di channel Youtube nya Soumaya jp panutanku udah ada versi 8D-nya! Cobain deh, makin mantep aja itu bagian ruuuun ruuuun~ LUV!

Score 9/10

Itu dia empat lagu favorit di album Don't Mess Up My Tempo. Lagu-lagu lainnya emang kurang nyantol aja tapi overall lagunya lumayan enak lah dan ngobatin kangen setelah lama tak mendengar suaranya Do Kyungsoo. Hadu Wondeuk ini emang yaa.

Jadi nanti ripekej Yixing nempel doang di versi China apa gimana nih? :P

1 comment:

  1. Maaf tapi Yixing ada kok di MV tempo coba di perhatiin dan coba hitung member nya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.