Burn The Stage The Movie Review

Tentang kilas balik perjalanan konser BTS Wings Tour 2017 dengan cerita di balik panggung, keluh kesah para member, dan gemesnya Kim Yeontan, anaknya Kim Taehyung.



Beberapa bulan lalu timeline Twitter saya gempar karena twitan seseorang yang nemu poster film berjudul Burn The Stage di salah satu bioskop kecil di daerahnya. Di Australia kalo ga salah. Jelas semua langsung panik dong, enggak ada pengumuman apapun dari Big Hit tiba-tiba kesebar poster yang disebut-sebut versi film dari seri Burn The Stage yang sebelumnya udah rilis di Youtube Red. 

Enggak lama setelah gempar ga jelas dengan segala spekulasi sampai dikira poster hoaks, akhirnya keluar pengumuman kalo BTS emang mau rilis Burn The Stage The Movie tanggal 15 November 2018, serentak di banyak negara termasuk di Indonesia. Penjualan tiketnya sendiri udah dimulai 1 bulan sebelum penayangan. Dengan segala drama tiket war, bahkan ada yang rela antre di bioskop, pake jasa titip di olshop yang harganya kurang ajar, pokoknya berasa mau nonton konser! Padahal baru film dokumenternya yang mampir, gimana cerita kalo si mas bangtannya yang mampir shshshsh~



Seperti biasa, maklum lah karena saya anaknya skeptis jadi ga mau ngarep tinggi-tinggi buat isi cerita Burn the Stage the Movie ini. Soalnya di awal tahun seri Burn The Stage udah tayang berepisode-episode dan menurut saya semua drama, scene lawak, sampe sedih dan harunya cerita di balik layarnya Wings Tour kayaknya udah keluar semua di series. Jadi kayaknya nanti di versi movie mau cerita apa lagi? 

[Spoiler alert]
Buat yang belum nonton dan ga mau kena spoiler (ya ga semuanya bakal diceritain juga sih, karena sayanya juga ga inget sampe mendetail), sebaiknya kelarin aja baca postingannya di sini. Intinya Burn The Stage The Movie footagenya 95% beda kok sama yang di Youtube Red dan scene "Did You see my bag~?"-nya Yeontan featuring Jhope memang paling uwu.



Burn The Stage the Movie dibuka dengan video a.k.a iklan BT21 dan Army Bomb dengan segala kecanggihan ganti-ganti warnanya pas di konser. Kemudian muncullah bumper logo Big Hit dengan bulet-bulet warna putih kesayangan kita semua. Pas bumper ini, seisi studio bioskop langsung nyinyir sambil ketawa-ketawa karena berasa mau nonton MV.

Tapi abis ketawa-ketawa, semuanya langsung senyap karena scene demi scene di balik panggung Wings Tour ditunjukkin. Beberapa mungkin berasa dejavu karena pernah muncul di Burn the Stage versi serial. Salah satunya scene Jungkook kecapean hampir pingsan di belakang panggung pas Wings Tour di Chile. 



Biarpun ada yang sama tapi rasanya Burn the Stage the Movie penyajiannya lebih indah, menenangkan, trus alurnya lambat tapi ga ngebosenin. Semua berkat narasi puitis yang dibacain sepanjang film. 

Kalau di film dokumenter biasa, narasi yang bagus aja udah cukup buat bikin film dokumenter enak ditonton. Tapi Burn The Stage the Movie ini kan dokumenter perjalanan konser dari grup musik, makanya BGM atau background music juga jadi elemen yang menurut saya bikin dokumenter ini makin dramatis.


Kalo diperhatiin, urutan munculnya background music semacam jadi kilas balik dari mulai lagu debut BTS sampai lagu terbaru mereka. Saya inget salah satu scene awal di film ini adalah potongan performance No More Dream di Wings Tour. Kemudian makin berjalannya durasi, lagu-lagu dari album O!RUL82?, The Most Beautiful Moment in Life sampe Wings muncul. Biarpun enggak berurutan banget dan enggak semuanya muncul sebagai BGM. Tapi ada juga yang jadi bagian dari cuplikan performance pas di Wings tour. 

Ada juga beberapa lagu yang diaransemen ulang jadi versi orkestra, yang saya inget lagu Sea alias si hidden song dari album Love Yourself: Her. Wah suatu saat soundcloud BTS harusnya ngerilis lagu Sea versi orkestra ini sih.Bikin merinding!

Satu lagi yang juga bikin paling merinding adalah pas lagu You Never Walk Alone diputer jadi BGM salah satu scene. HUUUH ASLI merindingnya banget-banget pas bagian ini. Soalnya YNWA ini salah satu lagu favorit dan yang bikin penasaran sama BTS pas dulu sebelum suka dan terjerumus ke fananya dunia perbitiesan ini. Di trailer Burn The Stage the movie, lagu ini juga udah muncul sih. Tapi pas tiba-tiba scene dengan BGM YNWA muncul lagi, merindingnya pun balik lagi. Bener-bener ga tau kenapa kok lagu ini kayaknya jadi spesial banget :")


Nonton segala macem kontennya Bangtan belom lengkap kalo enggak liat bias kan? Nah karena saya kepincutnya sama si worldwide handsome nan kampret Kim Seokjin, hampir semua scene yang ada dianya kayaknya masih nyantol di otak. Beneran deh itu manusia satu tiap muncul pengen saya lempar sendal, karena lawaknya masyaallah. Kesel tapi sayang tapi kesel HAHAHAH.



Segala macem dad jokes bermunculan, bahkan dia enggak ngelawak di depan member doang tapi juga di depan physical trainer pas dia lagi "disiksa" biar badannya enggak kaku. Buat yang udah nonton pasti inget scene ini kann? Belom lagi scene-scene obrolan mereka di sela-sela waktu istirahat setelah ataupun sebelum konser. Dari scene inilah akhirnya ku tahu IQ Kim Seokjin berapa :"D


Sedikit gambar spoiler yg tersebar seantero timeline Twitter ckck
Di Burn The Stage the Movie ini juga ada beberapa kegiatan mereka yang mungkin sebelumnya kita enggak tau. Saya sendiri sih mikirnya kalo selama mereka lagi tour pasti kerjaannya enggak jauh dari bandara trus ke hotel, ke venue buat rehearsal, balik hotel, konser, kelar. Tapi ternyata ada waktu-waktu kosong yang mereka manfaatin buat jalan-jalan atau refreshing bentar lah. Tapi mungkin ini berlaku buat tour konser di Amerika doang kali ya.

Refreshingnya ga jauh dari kegiatan mereka kayak pas Bon Voyage sih. Barbeque-an di villa dan pergi shopping. Adegan BBQ ini ga jauh berbeda sama yang di trailer yang nunjukin mereka main basah-basahan di kolem. 

Sementara yang lain pada nyebur, ya Anda-Anda sekalian tentu tau lah kalau "Kucing" pasti enggak suka nyebur ke air. Si kucing ini nyantai aja di pinggir kolem minum wine. Hadu mznya, entah berapa scene nunjukkin betapa chill-nya hidup Min Yoongi LOL.



Saking chillnya hidupnya, Yoongi juga ikut bacain narasi di Burn The Stage the Movie dengan suaranya yang bikin "chill" penonton. Ini juga sih yang bikin bingung, kenapa enggak seluruh narasi dibacain aja sama dia. Kenapa banget harus pake narator orang lain yang bukan member. Padahal menurut saya dokumenter ini makin berasa lagi dramatisnya kalo narasinya juga dibacain sama member.

Tapi apalah saya cuma fans banyak mau yang nda bisa ngatur-ngatur karena semua terserah Bang PD-nim. Ngomong-ngomong Bang PD-nim, dia juga sempat muncul di salah satu scene pas mereka berembuk (yailah berasa di kelurahan) setelah menang Billboard Music Awards. Yang bikin menyentuh dari pak bos ini adalah omongannya soal kebahagiaan para member. Enggak inget omongan rincinya tapi pokoknya dia bilang kalo grup bikinannya ini udah bawa kebahagiaan buat semua orang, tapi sekarang yang ga kalah penting, mereka (member BTS) juga perlu nyari kebahagiaan buat mereka sendiri... 

Pas scene ini, satu studio bioskop langsung UWUUUU~



Scene-scene rapat internal (?) kayak gini nih yang sebenernya saya tunggu-tunggu pas Burn The Stage the series dulu. Pengin tau aja gimana sih suasana member pas dikasi tau planning buat penampilan, briefing sebelum konser dsb. Salah satu reaksi mereka yang paling saya inget sih pas dikasi tau Bang PD kalo mereka bisa jadi bakal tampil di America Music Awards. Jeon Jungkook langsung bilang....wah berarti mesti belajar bahasa Inggris dong 😅

Tapi kemudian Bang PD bilang kalo sisi naturalnya mereka (misalnya enggak lancar bahasa Inggris, jadi diri sendiri di depan publik dll) justru jadi faktor tersendiri yang bikin publik western khususnya Amerika, suka BTS. 

Yess bener banget sih ini! (padahal saya bukan publik Amerika wkwk)

Soal sisi natural, di Burn The Stage the Movie kita juga dapet banyak banget scene-scene yang nunjukkin member tanpa make up alias bare face. Ada kebahagiaan sendiri kalo ngeliat artis kipop yang biasanya keliatan mulus bener kayak porselen, entah itu hasil editan fansite atau emang make up artistnya yang super dahsyat, jadi terlihat lebih manusiawi dengan pori-pori layaknya kita semua. Tapi sepori-porinya tampilan mereka teteplah mulus...hiks



Burn The Stage the Movie pun ditutup dengan salah satu lagu terbaru dari album seri Love Yourself, Paradise. Cocok banget sih pakai lagu ini buat credit title dan cuplikan scene tambahan sepanjang credit title. Paradise ini kan bercerita soal mengejar impian, tapi tau kapan buat berhenti atau jeda dulu karena yang paling penting adalah kebahagiaan.

Lagu Paradise jadi semacam rangkuman dari keseluruhan cerita yang dipaparin di Burn The Stage The Movie. Tentang BTS yang ngejar karirnya dari bawah, sampai bisa masuk panggung internasional, menang penghargaan dsb. Tapi di sisi lain para member lewat interview individual di akhir film nunjukkin kalau mereka ini sebenernya juga semacam enggak sadar kalau udah sejauh itu perjalanan karirnya. 

Apalagi BTS ini termasuk yang melejit cukup cepat kan ya, baru tahun ke-5 udah segitu terkenalnya. Nama melejit dengan cepat ini juga yang bikin mereka siap buat sewaktu-waktu meredup karirnya. Seperti kata mas Yoongi, mereka sekarang karirnya terus nanjak ke atas tapi harus siap juga kalau tau-tau harus turun dan enggak tau turunnya bakal perlahan atau bahkan jatuh tiba-tiba. 

Mungkin sama kayak yang di lirik lagu Paradise, suatu saat mereka bakal tau kapan buat berhenti ngejar impian, karena kebahagiaan yang lebih penting. 

It's alright to stop 
There's no need to run without even knowing the reason 
It's alright to not have a dream 
If you have moments where you feel happiness for a while

BTS, Paradise (2018)

Tapi yah kita juga ga tau, kebahagian versi member BTS yang kayak gimana sih? Karir yang menanjak terus juga termasuk kebahagiaan kan? uwuwuwuw, biarlah member Bangtan sendiri yang menjawab nanti pada waktunya. 

Sekarang kita si kacung kipop ya nikmati aja semua limpahan konten Bangtan yang enggak ada abisnya. So, Next Burn The Stage The Movie 2 for Love Yourself Tour?


Anggur mera~ yang selalu memabukkan diriku ku anggap belum seberapa...Dahsyatnya~(Yoongi.Z)


No comments

Powered by Blogger.