Fansite Masternim, the Love-Hate Relationship


Dunia fangirling belum lengkap tanpa kehadiran fansite. Para pemilik fansite atau biasa disebut fansite masternim ini yang selalu kasih update segala kegiatan oppa, mulai dari foto di airport, sebelum music show, hingga foto dari konser dan fansign/fanmeeting.

Dulu pas awal masuk ke dunia kpop, masih belum ngerti apa itu fansite. Follow beberapa akun yang sering posting foto bias tanpa tahu kalau itu yang namanya fansite. Tadinya saya kira yaa mereka fans biasa aja yang kebetulan nonton konser dan bisa ambil foto bagus. Tapi ternyata fansite-fansite masternim ini hampir selalu ada di tiap acara para oppa dan jadi "sumber kebahagiaan" para bucin oppa.

Yang bikin heran, para fansite masternim ini kayaknya tajir gila alias banyak duit buat ngikutin kemanapun idolnya pergi. Mau acara di Korea maupun tur konser keliling dunia juga diikutin. Bahkan banyak fansite masternim yang bukan orang Korea, melainkan dari Tiongkok bahkan beberapa ada yang dari AS bahkan Turki, tapi tetap bisa-bisa aja buat ikutin kemanapun oppa berkegiatan.

Bukan cuma tiket konser atau tiket pesawat buat ngikutin oppa, tapi juga duit buat beli album beratus-ratus copy buat bisa ikutan fansign. Apalah saya yang kebeli album sebiji aja udah syukur alhamdulillah dan sedang berniat buat tobat beli-beli album kecuali desainnya cakep (YATAPI DESAIN ALBUM SEKARANG MAKIN CAKEP-CAKEP HIH)

Balik ke soal fansite masternim, terlepas darimana mereka punya duit sebanyak itu. Entah mereka memang setajir itu atau mereka memang "segila" itu sampe rela ngutang buat ikutin idolnya, tapi yang menarik adalah fansite ini juga menghasilkan uang dari segala macem merchandise yang mereka bikin dari foto-foto koleksi mereka. Tapi kalo diliat-liat kayaknya hasil penjualan merchandise juga enggak sebanyak itu sih. Trus ga jarang juga si fansite ini nipu pas jualan. Buka PO merchandise harga ratusan ribu, habis dibayar trus merchandisenya ga dikirim hahahah gilak emang dunia fangirling ini.

Tapi selaku-lakunya itu merch, enggak mungkin impas sama biaya perjalanan mereka ikutin oppa keliling dunia dan bayar tiket konser. Apalagi si fansite masternim ini selalu ambil section yag paling oke dan ga jarang rela beli dari calo dengan harga yang berkali-kali lipat lebih mahal. Pada punya pohon duit apa begimana sih masternim ini huhh fangirl modal kuota can't relate...

Identitas para Fansite Masternim

Uniknya para fansite masternim ini adalah identitas mereka yang terkesan rahasia. Jarang banget ada fansite masternim yang pernah nunjukin identitas aslinya. Paling cuma beberapa fans aja yang pernah liat wajah masternim ini, itupun kalau mereka buka penjualan merchandise pas konser dan yang jualan si masternim-nya langsung atau pas ada exhibition yang dibikin para fansite masternim ini.

Tapi pas mulai ngulik BTS, saya baru nemu ada satu fansite yang rutin update tentang kehidupan sehari-harinya. Para Jin stan pasti udah kenal banget sama Hachi alias masternim dari fansite Jinkissletsgo. Si Hachi ini udah ngikutin BTS di hampir semua acaranya. Mau yang konser biasa, music show akhir tahun, sampe acara "privat" kayak Grammy Awards baru-baru ini. (nah ininih yang bikin kepikiran buat bikin blogpost ini)

Karena sering update, si Hachi ini menurut saya jadi fansite yang paling deket sama fans jelata di luar sana yang hanya bermodalkan kuota untuk liat dan download foto dan video yang direkam si Hachi. Dia juga ga jarang bales-balesin komen, mention, dan DM fans-fans tadi. Saya sendiri pernah dibales komennya sama si Hachi waktu reupload foto jepretannya, uwu juga sih si masternim ini biarpun kadang caption-caption panjangnya "agak lebay" karena kayaknya menderitaaa banget idupnya. 

Yahh gatau sih ya gimana sebenernya kondisi dan pribadi asli si Hachi ini, tapi setidaknya dia satu-satuya fansite yang berani terbuka banget soal identitasnya. Ohya, si Hachi ini juga cosplayer profesional jadi ga diragukan lagi sih cantiknya. Hahaha gimana ya itu si Jin pas ketemu dia di fansign, secara nama fansitenya aja Jin sendiri yang bikin karena si Hachi yang minta langsung pas fansign. Envy banget ga sih lo? Dia dinotis oppa lho, oppa kenal dia lho!....ulululu again fangirl modal kuota can't relate~

Fansite Sasaeng?

Kayak yang saya bilang tadi, isu fansite sasaeng ini yang bikin saya kepikiran buat bikin blogpost ini. Karena sepanjang perjalanan menjadi bucin oppa, baru tahun ini kayaknya saya ngerasain fandom rame bener ngewar internal karena fansite. Hahah seru lah pokoknya karena jadi pada bingung mesti dukung siapa. Kenyamanan oppa? Foto kinclong dari fansite? Siapa fansite yang sasaeng? Siapa fansite yang bukan sasaeng? 

Isu ini berawal dari BTS yang diundang ke Grammy buat jadi salah satu presenter award. Seperti biasa, para fansite ini langsung ngetwit nyari tiket buat nonton Grammy dong. Sementara di waktu yang hampir bersamaan, akun resmi Grammy ngetwit kalau Grammy adalah acara privat yang mana cuma undangan yang bisa masuk. 

Dimulailah benih-benih fanwar internal antara fans ke fansite yang nyari tiket tadi. Nada komen-komenan mereka ya nyinyir, eh fansite ngapain lu nyari tiket? Percuma soalnya Grammy acara eksklusif, kita gabole ada yang ikutan kecuali undangan...
begitu kira-kira...

Tapi pas hari H.....mulai bersliweran postingan para fansite masternim ini yang pegang tiket Grammy dan bilang terima kasih ke orang entah siapa yang kasih/jual tiketnya ke dia. Kemudian puncaknya adalah beberapa fansite yang posting foto preview di dalam venue acara Grammy. LOL apa sih yang ga mungkin buat para fansite masternim ini. Masukin kamera segede bazooka ke konser aja mereka bisa, maka apalah susahnya nyari tiket masuk ke acara "privat nan eksklusif" ini.

Para fansite ini mulai dituding sebagai sasaeng yang ganggu privasi idol sampe ke acara privat. Masuk ke acara secara ilegal karena beli tiket secara ilegal, dan ambil foto secara ilegal karena no cameras on Grammys. Wait....di tiap konser dan acara TV juga sebenarnya no camera allowed kan? Jadi sebenernya apa bedanya sama Grammy ini?

Dalih "semua acara konser juga no camera allowed" ini yang jadi alasan fansite membela diri. Yaa, kalo soal ini saya agaknya setuju sih, toh selama ini kita para bucin modal kuota juga nikmatin dan nungguin foto-foto konser dari fansite kan? Dan soal tiket ilegal, belakangan kedengeran info kalo Grammy emang jual-jualin tiket buat seat filler. 

Nah masalahnya tetep aja fans-fans ini kepalang sebel sama fansite yang ngaku-ngaku diundang sama temennya, sodaranya, atau ngaku udah apply buat tiket seat filler ini dari kapan tau. (lah kan BTS baru diumumin ikutan Grammy baru-baru aja wkwkwk, emang dasar fansitenya ngibul juga sih ini). 

Trus lucunya, tau-tau "semua" fansite yang kepergok ada di Grammy ini ngaku kalau mereka tinggal di US dan lagi on vacation mengunjungi para keluarganya di sana. Jadi heyy! kalian rakyat jelata jangan bilang kami para fansite ngintilin BTS ke US yaa..masa kita ga boleh ngumpul sama keluarga dan temen di US, begitu kira-kira ucap para fansite itu. HAHAHAH entah siapa yang ngibul entah siapa yang dikibulin. Lucu sih liat komen-komen tuduh menuduh ini.

Drama
Nah setelah "kerusuhan" makin memuncak, beberapa fansite yang udah posting foto preview ada yang hapus fotonya, beberapa ada yang tetep berkeyakinan teguh buat posting dan biarin yang udah terposting. Yahhh sebenarnya buat apa juga dihapus sih, toh udah ketauan kalo mereka ada di sana dan ambil foto.

Ohya balik ke Hachi alias jinkissletsgo. Sebelum ribut-ribut foto preview Grammy, si Hachi ini udah update di IGnya kalo dia udah sampe di LA. Kaget sih kirain dia kali ini ga ngintilin ke LA karena pas BTS masih di airport, dia sama sekali ga update foto departure. HOO ternyata tidak ferguso, mbak Hachi tetaplah setia ngikutin bangtan. Trus ya jelas, si Hachi ini juga dihajar netizen karena ikut nonton Grammys, biarpun ga posting satupun foto BTS pas Grammys. 

Lagi enggak dihajar netizen aja captionnya udah panjang berisi misuh-misuh melulu, makin dihajar karena ikut masuk nonton Grammys, jadilah caption super panjang berpart-part di IG jinkissletsgo yang kemudian berujung dia mengunci akun IGnya. Untungnya saya suda follow heheheh, karena sesungguhnya ngikutin perdramaan para fansite ini ternyata seru juga. Dasar idup lu juga penuh drama emang mil hahah.

Fanwar sama fansite ini enggak berakhir gitu aja setelah Grammys. Fanwar jelas masih terus berlanjut sampe konser di Fukuoka 16-17 Februari ini. Masih berseliweran aja tuh komen netizen ke fansite yang bilang HEH SASAENG ngapain lu ngikutin bangtan gue. Hadu bingung dah kalo begini. Perasaan dulu arti sasaeng yang di otak saya mah "fans gila" yang ngintilin ke dorm, kirim paket atau surat yang dibikin pake darah, telpon atau chat ke nomor pribadinya idol dll. 

Tapi kayaknya emang ulah fansite ini juga ada beberapa yang kelewat parah sampai ngusik privasi sih ya. Kayak ikutan di pesawat yang sama dengan idol dan nerobos masuk ke kelas bisnis. Bahkan beberapa nama udah ada yang diblack list sama agensi. Tinggal nungguin aja, apakah Big Hit bakal rilis list nama-nama  terbaru yang ganggu privasi BTS karena kerusuhan Grammys kemarin?

Saya sendiri sih sebenernya agak bodo amat sama ada atau ngga adanya si fansite-fansite ini. Karena kalo lagi konser pun ga jarang atau bisa dibilang seringnya fansite ini yang gengges karena ngerasa penonton lain hanyalah tripod gratis buat naro kamera segede bazooka mereka demi dapet shot oppa terbaik.

Tapi jujurly kebutuhan jiwa bucin oppa ini juga terpenuhi lewat foto-foto keren para fansite ini pas di konser. Update si oppa ngapain aja pas konser atau lagi mau pergi ke mana dari airport juga seringnya diupdate sama fansite ini (biarpun sekarang katanya no airport photos, tapi yaagitu deh wkwk siapa yg tahan ga ngambil foto artesss)

Bisa ketebak sih drama fansite sasaeng atau bukan sasaeng nantinya juga bakal mereda dengan sendirinya. Karena klean para bucin oppa juga ga bisa boong kan kalo pernah jadi penikmat foto dan video mantulnya fansite juga merchandise lucu-lucunya fansite. 

Sementara keberadaan fansite sendiri juga ga bakal selamanya ada sih. Yaaah liat aja fansite idol-idol veteran macem Super Junior. Sekarang udah dikit banget yang rutin update dan ngeluarin merch gemes-gemes buat oppa ahjussi. Karena gabisa dimungkiri kalau fansite ada juga yang cuma ngikutin mana idol yang lagi hits dan berpotensi ngehasilin duit. Kecuali si fansitenya emang bener-bener pure fotoin oppa karena ngefans. 

Tapi ada saatnya juga fansite bakal bosen ga sih? WKWKWK entahlah yaa..









No comments

Powered by Blogger.