[Album Review] BTS Map of The Soul: Persona


Mungkin ini jadi nama album grup kesayangan yang paling panjang sepanjang perjalanan jadi fangirl di dunia kpop yang fana ini. Map of The Soul dengan Persona sebagai seri pertamanya, terinspirasi dari buku Murray Stein, Jung's Map of The Soul. Masih enggak jauh-jauh dari tema mencintai diri sendiri (Love Yourself), tema seri baru album perbangtanan ini juga masih seputar diri (self), dengan seri pertama tentang persona atau istilah gampangnya imej/image yang dibangun oleh seseorang.

Hmm..kalau mau bahas soal tema albumnya BTS pasti bakal panjang banget, cerita berdasarkan karya sastra terkenal yang kemudian dikait-kaitin jadi teori yang berkaitan satu sama lain. Teori tadi ngumpul jadi satu narasi yang udah dibangun bahkan dari mereka baru debut. Sejujurnya masih penasaran sih, narasi atau teori Bangtan Universe itu emang udah disiapin sejak mereka debut atau baru pas ditengah jalan karir dibikin dari akhirnya dikait-kaitin jadi teori panjang yang super belibet dan muter-muter. Apapun itu, Bangtan Universe ini sih yang bikin saya pertama kali ngulik BTS dan akhirnya kecemplung makin dalam...haha

Nah di mini album BTS yang ke-6 ini mereka nyajiin 7 lagu yang benang merahnya tentang Persona. Dari mulai intro sampai track terakhir, lirik-liriknya berkaitan dengan narasi tentang image diri seseorang (dalam sudut pandang bangtan dan army tentunya). Kalau mau baca arti lirik lengkap dengan konteksnya bisa klik ke blog punya translator doolsetbangtan.

Kalau soal genre, MOTS:Persona lebih banyak genre pop sedikit punk dengan rasa-rasa tahun 80 atau 90an. Bisa dibilang musik BTS di album ini udah makin barat banget sih, ya namanya juga udah masuk musik mainstream kan yah heuheu~


1. Intro: Persona



Bukan album BTS namanya kalau enggak pake intro dari salah satu member. Di mini album ini giliran RM yang nyanyi intro. Genrenya ya tentu hip hop dengan rap di sepanjang lagu. Tapi di post-post sebelumnya setiap kali ngmongin lagu solo atau part ngerap-nya RM pasti saya bilang rada kurang cocok karena kuping ini emang enggak terlalu suka dengan genre hip hop. 

Eh tapi keknya gegara udah bucin sama RM, pas Intro Persona rilis kok ya lagunya asik dan langsung nempel aja gitu hahaha kayaknya karena beatnya yang juga asik dan rasanya agak familiar sama beat kayak gini. Mungkin karena hip hopnya agak old school gitu kali ya jadi cucok sama sayanya yang emang suka lagu jadul-jadul tahun 90an wk!

Score 7.5/10

2. Boy with Luv 



Our title track! Mungkin mulai akhir tahun lalu sampai seterusnya bakal jadi semacam kewajiban buat BTS kolaborasi sama artis western di title track. Enggak salah sih, namanya juga mereka lagi gencar banget kan buat masuk ke US dan UK buat jadi mainstream music. Tapi drama-drama akibat collab itu lho yang kadang bikin males. Ih kenapa collab sama si ini sih, kenapa ga sama si ini, si ini kan gini, kok mau-maunya mereka sama si ini, wah si ini numpang tenar doang, wah BTS mau numpang tenar doang....yah kalau soal mau numpang tenar, dua-duanya juga pasti mau numpang tenar ye gak...winwin (bukan nct) solution!

Balik ke soal lagu, Boy with Luv pastinya bikin inget sama lagu zaman baru debut dulu, Boy in Luv. Semacam refresh memori ke masa lalu tapi dengan tampilan yang lebih fresh! 

Vibe musiknya ala-ala musikal broadway gitu, mvnya pun banyak ngambil adegan-adegan dari film Singin in The Rain. Trus soal Halsey, pas sebelum rilis udah banyak berseliweran kabar kalo Halsey nyanyi di seluruh chorus sampe Seokjin jadi kebagian part dikit doang. WHOAH marahlah para Jin-stan. Tapi pas MV rilis, Halsey nyanyi part "oh my my my" doang yang paling ketara...dan emang part Halsey yang akhirnya bikin earworm dari lagu ini.

Tapi di versi lagu rilisan di platform digitalnya, ternyata emang benar Halsey nyanyi hampir sebagian besar chorus, bahkan dia ikutan nyanyi part bahasa koreanya. Yah terlepas dari drama banyak-banyakan part ini, suara Halsey bikin lagu ini makin manis sih. 

Soalnya member BTS juga udah nyanyi dengan nada yang manja-manja gitu kan, trus tema wardrobe yang ngepink sama kayak albumnya bikin makin gemes lagi. Mungkin kalo rajin mau bikin review MVnya, gemes banget soalnya scene-scenenya kayak musikal gitu. Luv!

Score 8.5/10

3. Mikrokosmos



My favorite so far...PLS TOLONG KENAPA LAGUNYA ENAK BANGET T.T
Sepertinya aku cocok sama DJ Swivel #lah
Soalnya si mas Swivel ini yang ikutan dalam tim produksi lagu ini dan Euphoria, lagu yang jadi nomer satu di playlist Spotify saya sepanjang 2018 kemarin. Sesuka itu sama Euphoria hiks..

Suasana lagu ini tuh adem banget. Pas pertama denger, komen pertama adalah ih ini cocok banget jadi soundtrack film nih. Trus kebayang kalo dibikin MV scene-scenenya dishoot di padang rumput New Zealand gitu wkwkwkwk imajinasinya 😂

Trus partnya Seokjin juga lumayan banyak, endingnya mantul karena musiknya dari pertamanya adem lama-lama makin klimaks...whoah indah banget pokoknya T.T

Saya nebaknya ini jadi lagu penutup di konser Speak Yourself nanti :")

Score 9/10

4. Make It Right


Setelah emosi naik turun karena lagu super "cantik" Mikrokosmos, di track ke-4 vibenya agak lebih flirty. Ed Sheeran atau kalau kata mas Hoseok, Sheeran-hyung, ikutan nge-compose lagu ini. Makanya rasanya agak-agak rasa Shape of You gitulah. 

Arti liriknya juga manis banget, bahkan dari sebelum baca translatean liriknya kayak udah berasa gitu..wah uwu sekali lagu ini! Music is universal language kalo kata orang-orang.

..dan part yang paling favorit di lagu ini buat saya sih partnya J-Hope! Di lagu ini J-hope nyanyi lagi gengsss! Suaranya bagus huhuhu seneng akutuh sama suaranya J-Hope pas nyanyi 💜

Score 8/10


5. HOME


Fan song dari BTS yang anggap army sebagai rumah untuk pulang....uwuuuu~

Suasananya masih flirty flirty kayak Make It Right bahkan cenderung sexy, rasa Bruno Mars That's What I Like gitu deh! Cocok buat dengerin di jalan pas di mobil dan tipikal lagu-lagu yang sering direquest di radio.

HOME juga agaknya cocok buat naikin mood karena ini lagu genre agak ngedance tapi yang enggak berisik.

Score 7.5/10


6. Jamais Vu


Sebelum album rilis, Big Hit pasti ngeluarin press release soal genre tiap lagu yang ada di album. Sebenarnya di comeback Persona ini saya enggak yang penasaran banget lagunya kayak apa. Beda sama pas album Tear dan Answer tahun lalu yang seheboh itu ngikutinnya.

Tapi kemudian pas press release itu keluar dan dikasih tau kalau salah satu lagunya dinyanyiin sub-unit baru Jin-Jhope-Jungkook...whoah namanya juga bucin, ku jadi langsung deg-degan penasaran genre lagunya bakal kayak gimana nih? Secara Jhope Jungkook kan main dancer, sementara Jin vocal line yang kayaknya lagi digodok banget buat jadi rockstar wkwk

Kebingungan ini juga ternyata dirasain sama si Seokjin yang waktu VLIVE comeback bilang dia juga panik dimasukin sub unit bareng JK Jhope wkwkwk takut disuruh ngedance 😂

Tapi ternyata Jamais Vu genrenya pop ballad, dengan sentuhan rap dari Jhope tentunya~
Seokjin jadi pembuka di lagu ini dan Jin-stan langsung bahagya karena akhirnya nambah satu lagi lagu yang dibuka sama Jin setelah Autumn Leaves tahun 2016 lalu.

Masih heran kok Big Hit kalo bikin unit ga didebutin secara resmi atau paling enggak kasih nama unitnya gitu. Akhirnya si member yang bikin sendiri dan unit ini dibilangnya unit Jung Ho Seok. Karena ada JUNG kook, HOpe, dan SEOKjin...hmmmm oke oke 

Score 8.5/10


7. Dionysus


Selain Jamais Vu, yang bikin penasaran sama album ini di detik-detik terakhir sebelum perilisan adalah press realese Big Hit yang bilang track ke-7 genrenya rock dengan adlibs dari Seokjin...whoaaah beneran deh Kim Seokjin lama-lama debut solo jadi rockstar! Aku sih YES!!

Pas pertama denger, anjir berisik amat lagunya wkwk
Entah apa yang direncanain Big Hit tapi kalau saya perhatiin dari sebelum Festa tahun lalu mereka lagi fokus banget "main-main" sama genre rock. Sebelum Festa 2018, Jin rilis cover lagu di soundcloud dengan genre rock ballad, 

Spring Day pun punya yang versi aransemen brit rock, begitu juga Fake Love yang punya versi rock vibe.

Nah di Dionysus ini rocknya udah ga main-main lagi, BTS beneran cadas banget! Trus adlibsnya Seokjin....wahahahah! rockstar emang! ckckck ga paham lagi padahal dia dulu dibilangnya cocok ballad doang lho, lha gimana tho Big Hit wkwk

Ntar Speak Yourself Tour kebayang pas perform ini pas pakai api-api di panggung dan pada jejingkrakan headbanging semua. OMG seru banget :")

Score 8/10

Yaa begitulah review saya tentang 7 lagu dari album terbaru BTS Map of The Soul: Persona. Secara keseluruhan album ini makin membuktikan kualitas musiknya BTS dan karakter dan kualitas suara masing-masing member. 

Bener kata Namjoon waktu Vlive di studio barunya yang disusupin Jimin sama V. Dia bilang kalau di album baru karakter suara Jimin udah makin keliatan dan bikin dia kaget ternyata suara Jimim bisa kayak gitu. Perhatiin deh di album Persona ini emang karakternya Jimin makin berasa bedanya, unik! Manja-manja gemes gitu tapi enak aja didengernya.

Tapi kalau dipart-part nada yang tinggi, saya masih ga bisa bedain tuh mana suara Jimin dan mana suara Jin. Karena karakter suara nada tinggi mereka kadang kedengeran sama persis!

Tinggal nungguin live performancenya di konser nih, bakal sekeren apa ya...hiks dipostingan ini udah entah berapa kali nyebut-nyebut konser mulu. Maklum masih terhempas sama kenyataan Love Yourself enggak mampir ke mari hiks...😿

Ohya, jujurly harusnya mau ngeblog soal perjalanan ke Korea kemarin (yeaay finally Emil ke koreyaaa!) Perjalanan dengan tema do it like Namjoon, lebih tepatnya wkwkwkwk. 10 hari dengan itinerary ga jauh-jauh dari tentang BTS dan SMTOWN 😹

Tapi karena kok rasanya lagi pengen ngebacot soal album dulu akhirnya cerita soal halan-halan kita simpan dulu....whoah banyak bahan buat ngeblog tapi kenapa waktunya tak ada uhuhuhuhuh. Antara sok sibuk dan diri ini yang mager sih ;p

Thanks for reading! 

2 comments:

  1. Malah karena lagu Boy With Luv ft. Halsey.. aku nyari2 part Halsey. apa mungkin sebanyak mpok Niki minaj sampe bilang Whats good koreyya? dst........... tapi Halsey aku cuma ngeh part omaamamamai sama My life! but soal lagu kurasa ini lebih enak dan asyik ketimbang lagu IDOL... but still lagu the best BTS bagikuh ya yang Spring Day... so touching.

    ReplyDelete
  2. Baru paham kalo Persona itu seri pertamanya �� thanks kak udh bedah album ini

    ReplyDelete

Powered by Blogger.