[Traveling Story] Spring in Korea Part I, Drama Persiapan

Tentang Emilia yang akhirnya sampai juga di tanah para oppa. Jalan-jalan yang sok ga mau ke tempat-tempat mainstream para turis yang ke Korea. Tapi pada akhirnya, saya emang turis....dan bucin oppa...


Bendera-bendera di Freedom Bridge, Imjingak
Traveling ke Korea ini sebenarnya enggak bisa dibilang dadakan tapi enggak bisa juga dibilang udah terencana dengan baik. Berawal dari Gita, temen sejak kuliah dan sekarang jadi temen sekantor yang berencana ngunjungin kakaknya dan tentunya keponakan-keponakan gemesnya yang udah lumayan lama menetap di Korea. 

Waktu itu saya cuma bisa bilang...ihhh pengen ikuttt..tapi cuma berisik-berisik bilang pengen doang karena mau ikutan beli tiket pesawat pun masih nahan-nahan. Super galau karena sejak awal tahun lalu niatnya mau nonton Super Show dan konser lainnya karena seumur hidup belum pernah tuh namanya nonton konser kpop hiks..


SMTOWN @coex artium
Tapi yah, Anda sekalian tahu sendiri kan, tahun 2017-2018 artis SM maupun si bangtansonyeondan sama sekali enggak mampir ke Indonesia buat konser. setelah mikiiiiiir lumayan panjanggg...ikut beli tiket tapi kalo tau-tau ada konser berarti ga nonton, atau kalo ikut berarti mesti nabung lebih ekstra lagi buat memenuhi dunia perbucinan selama di Korea nanti..pengen nonton oppa..tapi pengen juga ke "rumahnya" oppa...

Pencerahan pun datang setelah tiba-tiba terbersit, yaudahlah ikut aja ke Korea. Kapan lagi bisa pergi bareng temen, ada keluarganya pula yang tinggal di sana (sekali lagi bener-bener makasih banget buat keluarga kakaknya Gita yang sudah membolehkanku menumpang selama di Korea uhuhu semoga bahagia selalu ❤) plus bisa langsung ke tempat-tempat yang selama ini cuma bisa liat lewat drama korea atau variety-variety show si oppa-oppa itu.


With mba Dafta, 1 dari 4 keponakan gemesnya Gita

Beli tiket H- sebulan dari keberangkatan. Loh kok mepet banget...ya begitulah emang saya anaknya suka yang mepet-mepet alias deadliner. Kelamaan galau, bingung mau ikut ke Korea atau nekat nonton Love Yourself di Bangkok (pas banget penjualan tiket LYT BKK waktu itu) sendirian sementara belom pernah solo traveling sebelumnya, ke luar negeri pula HA! Ternyata aku masi cemen wkwk

Tapi akhirnya alhamdulillah kebeli juga tiket pesawatnya, biarpun harga tiketnya sebenarnya enggak worth it, tapi ya mau gimana lagi, salah sendiri jadi deadliner haha. Ohya, bukan Emil namanya kalo ga bikin gempar ngerepotin orang.. Jam 5 pagi subuh-subuh buka website Air Asia buat book tiket, pas masuk bagian payment kemudian panik ternyata ga ada pilihan mobile banking. Dibantuin Gita pake debit card punya dia, tapi kena charge lumayan gede sekitar Rp200.000an. Namanya juga traveler bujet tipis, ya mending itu Rp200.000 buat beli makan di sana kan hahah!

Akhirnya pending pembayaran karena udah ga bisa balik ke menu pilihan pembayaran via ATM. Dilepaslah itu tiket idaman. Beruntungnya, pas hari udah terang, booking ulang lagi, masih dapat tiket yang sama dan voila.....masalah baru muncul lagi...

ATM udah kena limit transfer karena tadi subuh udah dipake transfer gede ke rekening debit cardnya Gita HAHAHAH ya Allah ada-ada aja emang.

Mau pending pembayaran lagi tapi takut karena udah mau siang khawatirnya tiketnya habis dan malah jadi dapet flight malam denga transit yang super lama. Kalau mau transfer pun bingung, ini duit buat tiket yang segitu-gitunya di satu bank yang ga bisa dikeluarin. Akhirnya bikin heboh Selfa yang saya rusuhin suruh cepet-cepet ke ATM di kantornya buat talangin transfer dulu. Alhamdulillah untung ada yang mau nalangin dulu uwuwuwuw luv u!

Akhirnya tiket sudah ditangan. Bahagianya bukan main karena satu langkah udah dilewati buat sampai ke rumahnya oppa~


Nami Island dari Petite France

Tapi jangan senang dulu...masih banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum beneran sampe di Korea dan ngebucin sepuas-puasnya. Ada visa yang mesti diurus, hitung-hitung bujet buat jalan-jalan, nyusun itinerary, dan yang terpenting adalah berhemat sebulan ke depan supaya pengeluaran enggak bobol sebelum berangkat hiks.


Ditengah ribet-ribet urus visa (mungkin nanti kalau rajin saya bikinin satu artikel sendiri tentang urus visa Korea hehe), tiba-tiba teringat bookingan tiket pesawat dan nama yang tertera di tiket. Biasanya kan kalau pesan tiket pesawat, masukin nama sesuai dengan eKTP. Nah kalau ke luar negeri, nama bookingan harus sesuai dengan paspor karena paspor inilah yang jadi identitas kalian selama di luar negeri.

Trus belakangan saya baru sadar kalau nama saya yang tercantum di eKTP dan di paspor ternyata beda! Heran juga sih kenapa petugas imigrasi ngilangin marga saya waktu bikin identitas paspor. Alhasil di eKTP pake marga, di paspor nama saya jadi dua kata aja, tanpa marga. Trus kemarin booking tiket pesawat, pakai nama yang di eKTP.....

Istana Gyeongbokgung

whoa..waktu itu langsung panik dan nanya sama Gita. Dia nyaranin buat langsung kontak ke Air Asia biar diganti karena khawatirnya bakal jadi masalah pas di bandara. Akhirnya nyari info tentang penggantian nama booking di web Air Asia dan menemukan info katanya ga boleh ganti nama bookingan tiket, kecuali koreksi perubahan huruf. Eh wadaw!! apa kabar nih saya yang salah masukin nama jadi "kelebihan" satu kata?


Cari-cari nomor CS Air Asia juga belum ketemu yang cabang Indonesia, kemudian nemu postingan blog ini yang bercerita kalau dia pernah ngalami hal yang hampir sama kayak yang saya alami. Terima kasih banget buat penulis blognya!

Setelah kontak CS Air Asia, saya disuruh kirim halaman identitas paspor buat berkas penggantian nama bookingan tiket dan disuruh tunggu 2x24 jam. Mbak CS bilang nanti akan ada email notifikasi kalau nama bookingan sudah berubah. 

Tapi setelah ditungguin ternyata email ga dateng-dateng... udah panik lagi dan cek website Air Asia lagi. Ternyata emailnya enggak dateng, tapi di halaman bookingan di website, nama bookingan tiket saya udah berubah. HUH! akhirnya lega juga....lagi-lagi emang belum sah Emil pergi kalo ga bikin heboh orang...

Tiket udah bener dan visa udah jadi, akhirnya jadi juga saya berangkat ke Korea 29 Maret 2019 pukul 5.15 pagi! (ke KL dulu deng buat transit..)

Cerita selanjutnya di part II!

No comments

Powered by Blogger.