[Traveling Story] Spring in Korea Part II, Seharian di SMTOWN @COEX artium

Tentang itinerary jalan-jalan di Korea yang super ngacak karena semua bergantung pada jadwal teater SMTOWN. Dasar kau pengabdi oppa!

Di cerita part pertama saya udah cerita betapa random dan hebohnya (lebih tepatnya ngehebohin orang) saya pas memantapkan hati buat ikut ke Korea, beli tiket, dan urus visa. Begitu juga soal urusan itinerary. Lucunya, di awal pas belum fix bakal ikut, Gita pernah bilang: yah kalo lo ikut ntar kita jalan-jalannya beda deh, dalam artian saya yang fangirl ini pasti jalan-jalannya ke tempat-tempat ngebucin kayak SMTOWN, sementara Gita (yang waktu itu belom terjerumus ke fananya dunia perbucinan oppa) pasti ga ngerti kalo ikutan ke tempat fangirling di Korea.


Semua akan Kpop pada waktunya

Eh...pepatah dunia kipop ini ternyata kejadian juga sama Gita yang tau-tau ngebucin EXO wkwkwkwkwk. Selamat datang di dunia kpop, mari masuk ke kubangan lumpur yang paling dalam bersama saya mueheheheh! Alhasil urusan itinerary selama di Korea pun jadi seiring sejalan dengan pemenuhan kebutuhan perbucinan oppa alias semua tergantung oppa....


Foto sama Brown dan mba Dafta di Line Store!

Kalo saya sendiri yang sekarang lagi halu-halunya sama BTS, udah pasti masukin Line Friends Store di Itaewon sebagai list nomor satu yang mesti banget didatengin. Harus banget yang di Itaewon karena katanya di situ ada sketch asli gambar-gambar karakter BT21 yang digambar member BTS. Tapi ya pada akhirnya pas di sana saya ga liat dan lupa nyari sketch itu. Entah emang ga liat atau emang sketch itu enggak ada di store yang Itaewon sih hmm..mesti balik lagi nih kayaknya haha 


Tapi pokoknya line store jadi spot fangirling pertama yang saya tulis di list. Tujuannya mau beli boneka RJ biar samaan sama bebeb Kim Seokjin uwu~ dan pastinya buat belanja belinji barang jastipan. Huhuhu seneng banget akutu biarpun belanjain punya orang.

Spot fangirling selanjutnya dan yang menjadi highlight tentunya SMTOWN @COEX artium. Wah kalo ini sih sebagai SMstan uzur, sudah jadi cita-cita sejak lama buat dateng ke agensi kpop yang satu ini. Tapi SMTOWN coex ini beda ya sama SM headquarter atau kantor tempat artisnya biasa latihan. Tadinya mau datang ke SM HQ ini juga, sekalian ke K Star Road buat foto-foto boneka panda ikonik itu. Tapi alhasil beneran seharian di coex doang karena buaian oppa. Lagian kami juga mesti nunggu sampai pukul 7 malam buat nonton Elyxion di teater.


tiket Elyxion Concert Movie!

Nah si Elyxion ini nih yang jadi tumpuan perencanaan itinerary. Tiap minggu mantengin website smtown buat liat jadwal teaternya. Karena tiap harinya jadwal film yang ditayangin bisa beda-beda dan jadwal baru keluar dua minggu sekali. Dramanya lagi, pas kita udah beli tiket tur buat ke DMZ, jadwal si Elyxion untuk minggu pertama April jatuhnya di tanggal yang sama dengan jadwal ke DMZ itu. HAHAHAHAH emang dasar!

Waktu itu sebenarnya beli DMZ duluan karena tiket tur DMZ ini hitungannya harganya paling mahal dibandingkan destinasi yang lain. Berhubung anaknya takut duit kepake, jadi beli tiket DMZ duluan biar tenang udah punya tiket. Eh tapi malah jadi ga tenang karena ternyata jadwalnya bentrok sama Elyxion. Wah akhirnya galau menggalau mau tetep nonton di penayangan tengah malam dan di weekend yang besoknya udah flight pulang, atau ga nonton sama sekali. WAH GA BISA DIBIARKAN INI, POKOKNYA HARUS NONTON PERFORMANCE DON'T GO DI ELYXION! ya begitula, karena satu lagu favorit ini saya sama Gita bela-belain cari cara buat reschedule jadwal DMZ dan akhirnya jadi juga nonton Elyxion di hari Selasa tanggal 5 April wkwkwk.


Piala-piala idol SM dari avara awarding tahunan
Dari sebelum berangkat biasanya saya udah rajin nonton-nonton vlog orang yang udah jalan-jalan ke tempat yang bakal saya kunjungin. Tapi ngga buat SMTOWN coex ini. Saya cukup searching tentang harga tiket, lokasi, dan menu di kafenya. Selebihnya atau pas vlog pas mereka keliling-keliling, saya ga mau nonton karena takut spoiler! hahahah yaelah kayak nonton film aja...

Tapi beneran deh, udah ngebayangin dari vlog orang kalo SMTOWN Coex itu ukurannya ga gede banget. Kalau si vloggernya keliling pasti udah sebagian besar keliatan di video dan ga jadi terkesima lagi pas dateng ke sana. I need that terkejoet experience you know hahahah!

Ya namanya juga bucin ye kan, udah nonton "spoiler" pun tetep segirang itu pas liat penampakan neon sign SMTOWN @COEX dari seberang jalan. Baru neon signnya doang lho...belom pas liat rak-rak diskografinya Super Junior dan sketch MV mereka...omaigat ini sih yang bikin aku terharu hiks..pengen bawa pulang semuanya!


Rak kebahagyaan uwuwuwuw

Desain outfit MV Devil

Desain outfit MV Mamacita

Mock up MV Mamacita

Waktu ke SMTOWN pas banget lagi ada promosi tiket bundle atau one day package untuk SMTOWN museum dan SMTOWN teater. Ini juga sih yang bikin kami keukeuh buat nonton teater karena kapan lagi bisa ke sini dan lagi diskon pula! 

Kalau beli terpisah, harga tiket masuk SMTOWN museum sekitar Rp200.000-an kalau beli di website Klook. Sedangkan SMTOWN teater, tiketnya harus beli langsung di loket dengan harga 19.000 won atau sekitar Rp250.000-an. 


Loket tiket SMTOWN museum
Nah pas promosi kemarin, tiket one day package harganya 28.000 won atau sekitar Rp360.000-an. Lumayan kan selisihnya kalo dibandingin dengan beli tiket terpisah. Promo tiket one day package ini berlangsung dari 1 Maret 2019 sampai 30 April 2019 aja dan pembelian cuma bisa langsung di loket.


Pilihan ID card 

Let's go!

Setelah beli tiket, kita bakal ditawarin buat pilih foto buat ID card. Ada semua idol SM dan tentunya saya pilih gambar ahjussi-ahjussi kesayangan, Super Junior!

SMTOWN Museum

Namanya museum, biasanya identik sama sejarah. Begitu juga di SMTOWN museum ini. Timeline perjalanan karirnya Lee Sooman si pendiri SM sampai dia bikin agensi ini di ceritain. Semua diskografi alias album dari idol besutannya SM Entertainment di pajang di museum ini. 

Masing-masing grup ada raknya sendiri-sendiri dan di bagian tengah ruangan ada rak album yang bebas di buka-buka, di setel, atau hanya dipandangi sepuasnya dengan sepenuh hati. Ohya di SMTOWN museum ga boleh foto pake kamera, jadi mesti foto pakai hp dan ada area tertentu (biasanya yang pakai layar buat nampilin video konser atau MV) yang ga boleh direkam/difoto. Di dalam museum ada penjaga yang siap negur kalau kita foto-foto di tempat yang sebenarnya ga boleh.

Kumpulan photocard dari album-album artis SM. Chanyeol cupu banget ya ampun.


Selain album, ada juga photobook setebel-tebel ensiklopedia yang bebas diratapi ketampanannya (?) Asli sih baru tau photobook Super Junior Boys in City itu tebel mampus dan kontennya sangat menyegarkan. Mon maap dulu pas photobook ini rilis saya cuma bisa liat scan-an dan copyan ilegalnya di twitter wkwk


Foto di ruang AR NCT Dream. Ga ada membernya krn foto sendiri pake hp haha

Geser ke ruang berikutnya ada area AR Photo, tempat pengunjung bisa foto-foto halu dengan teknologi AR yang seolah-olah bikin kita foto bareng sama member groupnya. Awalnya saya kirain satu tiket SMTOWN museum cuma bisa buat sekali foto AR aja. Makanya saya sayang-sayang ga nyoba AR di ruangan NCT Dream yang settingnya sekolah itu karena pengin foto di area SJ aja. Tapi ternyata QR code yang ada di tiket bisa discan berkali-kali buat foto dan nanti di pintu keluar museum ada tempat buat pilih-pilih foto mana yang mau kalian cetak.


Namanya juga anak random, awalnya niat foto sama SJ atau EXO, eh yang dicetak yang sama SNSD. Semua karena hasil foto yang jele, ayolah SM benerin itu kamera photoboothnya. Burem amat kualitasnya kayak kamera VGA. 


Request pas minta fotoin ini adalah nutupin kolor ijonya Siwon ๐Ÿ˜‚

Di area SJ hasil fotonya burem banget. Udah buzuk makin buzuk ni muka. Sedangkan yang di SNSD lumayan bagus dan jadi nyaru dikitlah ceritanya jadi member SNSD gitu hahah.


Sticker SJ dan EXO plus foto SNSD Oh GG! dan member barunya๐Ÿ˜…

Di SMTOWN museum ini juga ditampilin beberapa outfit yang dipakai member di MV dan konser. Untuk konser, ada satu bagian sendiri yang nampilin cuplikan SMTOWN stage yang saya juga lupa itu SMTOWN pas kapan. Ada juga mock-up ruang make-up artist, lengkap dengan perlengkapan make up yang biasa mereka pakai dan juga cue sheet buat panduan mereka di panggung. Seneng banget sih SMTOWN museum nampilin hal-hal kayak gini yang enggak semua orang tau gimana ribetnya mereka di belakang panggung sebelum tampil dahsyat di depan fans.



Cue sheet Super Junior untuk SMTOWN

Buat yang mau karaokean, di SMTOWN museum juga ada satu ruang rekaman yang bisa dipakai pengunjung buat nyanyi-nyanyi. Sudah pasti, lagu Don't Go jadi andalan buat nyanyi di ruang karaoke rekaman ini, hahahah yaampun sesuka itu sama lagu ini.


Ruang rekaman/karaokenya

Kelar nyanyi-nyanyi, foto-foto, dan menghayati tiap album dan photobook, sebelum keluar menuju area kafe kita bisa belanja souvenir dan nyetak foto AR tadi. Pilihan souvenirnya enggak banyak, karena ada SMTOWN Gift shop tersendiri di lantai bawahnya SMTOWN Museum.

SMTOWN Cafe

Waktu liat-liat vlog orang-orang yang ke SMTOWN udah memantapkan hati buat jajan cupcake gemes di SMTOWN Cafe. Cupcake biasa yang jadi luar biasa karena ada standee oppa yang disematkan di atasnya...ya namanya juga bucin.



Satu rak khusus album Kyuhyun di SMTOWN Cafe

Tapi akhirnya ga jadi beli karena berhubung saya udah jajan stiker dan nyetak foto dan masih mikir karena perjalanan di Korea masih panjang. Ga jadi beli cup cake bucin, tapi tetap beli teh bucin alias teh biasa yang jadi luar biasa karena namanya Super Junior Tea.....hmm oke bhaique.


Menu Teh Super Junior di botol Jus Exo




Cup cake SM Idol 


Teh tawar dengan agak sedikit rasa herbal yang lupa namanya apa, dicampur es, ditaro di botol EXO....hahahah ini super random sih. Karena saya belinya menu yang minum ditempat, bukan menu minuman botol yang bisa dibawa pulang. Makanya saya jadi dapat botol random kayak gini. Sedangkan Gita yang beli minuman botol jadi botolnya bisa dibawa pulang dan boleh milih mau botolnya siapa. Dia pilih EXO mango juice yang rasanya gatel di tenggorokan. Hahaha tapi ya namanya juga bucin, yang penting bisa bawa pulang botolnya ๐Ÿ˜‚

Soal harga, kalau minum di tempat harganya 5.500 won, kalau bawa pulang harganya 9.000 won.


Solo album Chen baru rilis!

SM juga jualan DVD film dan album artis agensi lain

Solo albumnya Key Shinee juga masih baru keluar waktu itu

Di seberangnya cafe, ada satu spot tempat jualan album. Di sini enggak cuma album artis SM yang dijual, tapi ada juga album artis lainnya dari Wanna One hingga BTS. Heuheu..jadi inget waktu itu pernah ada keributan di twitter soal ini wkwk.

SMTOWN Theatre

Habis keliling SMTOWN museum dan nongkrong di SMTOWN Cafe, sempat mampir dulu ke Starfield Library sembari nunggu jam 7 malam buat nonton di teater. Abis dari Starfield, karena masih ada waktu, balik lagi ke SMTOWN Gift shop buat liat-liat lagi sekaligus menjaga iman buat enggak kalap belanja-belinji. Tapi waktu itu kayaknya merchandise SJ pas banget lagi ga banyak karena seinget saya cuma ada koleksi kolaborasi sama Pantone doang yang warnanya kayak color card cat Dulux, sayang ga ada fotonya karena ga boleh foto di dalam gift shop.


Salah satu rak palinh depan di pintu masuk SMTOWN gift shop
Sudah hampir jam 7, akhirnya saya sama Gita ke lantai 5 buat nonton Elyxion di SMTOWN Theatre. Penampakan teaternya agak mirip sama bioskop tapi bedanya layarnya ada 3 karena film di SMTOWN teater ini ditayangin dengan teknologi Surround Viewing jadi tampilannya lebih lebar dengan layar tengah yang kebanyakan nampilin shot-shot jauh atau scene group dance, sedangkan yang pinggir kiri dan kanan untuk shot close up ke member per member. Ada beberapa scene yang 3 layar sekaligus nampilin shot secara keseluruhan jadi penonton berasa kayak nonton konser secara langsung sih! Mantul!


Layar SMTOWN theater yang bentuknya agak aneh tapi pas nonton ga berasa sih anehnya
Yang paling saya inget adalah sebelum film mulai, diputerin lagu-lagu EXO dan ada pengumuman berbagai bahasa tentang peraturan di dalam teater kayak ga boleh berisik dan ga boleh rekam film. Lucunya peraturan itu dibacain sama oppa-oppa tercinta kita. Jadi kayak biar fansnya nurut gitu sama peraturannya. Kan udah dibilangin sama oppa~

Pengumuman bahasa Korea dibacain sama D.O, yang bahasa inggris pakai suara Mark NCT, kalau Jepang tak lain tak bukan tentulah Yuta NCT satu-satunya idol SM yang orang jepun. Ohya kalau yang bahasa mandarin kalau ga salah yang bacain Winwin NCT deh.

175 menit film konser Elyxion di Gocheok Sky Dome yang sesungguhnya udah pernah saya tonton tapi lewat laptop. Tetep aja pas bagian lagu-lagu favorit merindingnya tetep berasa dan pas lagu upbeat makin asik hebohnya sampe pengin leloncatan. Tapi ga bisa karena takut diambak eonnie-eonnie heboh yang duduk di bangku belakang. 

Dari opening dengan lagu The Eve pas bagian high pitch-nya Suho, performance Don't Go yang udah dinanti-nantikan, sampai puncaknya pas medley lagu Power sih. Wah beneran ikutan teriak nyanyi WE GOT THAT POWER! POWER! Langsung lepas semua beban kerjaan yang sesungguhnya masih menghantui dari berangkat dan selama perjalanan di Korea. Yah sedih kalo diceritain mah. Mungkin ntar pas cerita tentang explore Nami Island bakal ada bagian misuh-misuh soal ini wkwk.

Tapi setidaknya abis nyanyi-nyanyi di teater, reda sedikit pusing-pusing di kepala.

Film pun kelar sekitar pukul 10 malam dan udah waktunya SMTOWN tutup. Pas keluar, lampu-lampu ruangan udah mulai dimatiin bahkan sempet diusir sama ahjumma penjaga toilet SMTOWN karena doi keknya udah buru-buru mau pulang.

Keluar area SMTOWN, perbucinan masih lanjut karena di halte subway nemu sederet birthday ads idol-idol. Ada Sehun, Xiumin, sampai ads anniversary EXO yang udah berseliweran di twitter pas masih di Jakarta. Huhu akhirnya bertemu juga dengan ads ini.








Sekian post super panjang tentang seharian ngebucin di SMTOWN, cerita jalan-jalan di korea lainnya bersambung di part selanjutnya...

PS: Soal ngebucin masih ada cerita gimana bucinnya saya sama RM BTS sampe ngikutin itinerary yang dia saranin di twitter wkwkwk yawla iduplu Mil...


Anw, thanks for reading!


No comments

Powered by Blogger.