[Album Review] BTS Map of The Soul: 7


Comeback yang dinantikan akhirnya muncul juga. Seperti biasanya, kehidupan fangirling perbitiesan penuh teori. Termasuk teori atau lebih tepatnya rumor judul album lanjutan Map Of The Soul: Persona. Ada macam-macam teori, tapi yang paling sering diomongin adalah Map Of The Soul: Ego dan Map Of The Soul: Shadow. Tapi pas rilis...HAHAHAH rupanya bukan keduanya tapi Map Of The Soul: 7.

Tumbenan banget juga Big Hit ngasih jadwal perilisan konten di awal. Jadi no more deg-degan tiap 12AM KST atau jam 10 malam WIB. Kontennya juga makin beragam, ga cuma concept photo dan MV. Ada CONNECT BTS yang mana BTS ngajak seniman dari beberapa negara buat bikin pameran. 

Ada juga Art Film alias performance dance buat lagu Black Swan dan Kinetic Manifesto Film buat MV lagu On. Menurut saya di MOTS:7 ini BTS pol-polan mencurahkan jiwa seninya, menceritakan isi hatinya, dan cerita perjalanan karier mereka sampai ke titik saat ini. 

Mungkin lama-lama kayaknya basi hampir tiap album belakangan ini selalu dengan "konsep" yang hampir sama. Tapi mereka selalu jago sih buat ngemasnya. Banyak kejutan-kejutan lewat lirik, konsep foto, dan MV yang bikin penikmatnya tetap betah ngikutin dan yang pasti menjaring penikmat baru.



Soal tracklist, MOTS: 7 komposisinya kurang lebih sama kayak album-album sebelumnya yang mana member punya lagu solo masing-masing. Tapi yang bikin spesial, kali ini ada unit songs! Beberapa lagu dari seri pertama MOTS yaitu MOTS:Persona juga ikut muncul lagi. Ini sih yang bikin mikir kayaknya MOTS: 7 ini termasuk repackage dan seri Map Of The Soul berakhir di MOTS: 7...hmmmm.

Waktu album ini rilis, sempat kedistrak banyak hal jadi ga bisa dengerin album ini dengan khusyuk dan belum bisa menikmati lagu demi lagunya. Tapi pas udah dengerin, baca liriknya......EMANG BENERAN BTS INI YA!!!! GA PERNAH BIASA AJA, SELALU LUAR BIASA!!! *CRY*

Beberapa lagu MOTS: Persona udah pernah direview di sini dan mari kita bahas 14 track baru MOTS: 7, prepare for the super long long blogpost!

Interlude: Shadow


  

“i’m afraid of the fall, but I’m not afraid of landing.”

Di interview Dispatch tahun 2018 lalu Yoongi pernah nyinggung soal memuncaknya karier mereka saat ini dan gimana nanti ketika karier mereka "turun". Interlude Shadow ini semacam curahan lil meow meow soal hal ini. Ketakutan-ketakutan ketika di puncak karier, pencapaian yang udah dia dapat sekarang dan pertanyaan dalam diri apakah semua itu memuaskan atau malah jadi bikin dirinya ketakutan.

저 빛과 비례하는 내 그림자
my shadow that gets darker as that light gets brighter

Liriknya memang super deep dan bikin merinding. Gak cuma kehidupan idol, lirik Shadow ini juga relate dengan kehidupan umur quarter life kayak saya yang dipusingin antara cita-cita, karier, dan kenyataan yang banyak cobaannya *loh hahah jadi curhat. 

Shadow mungkin bukan track yang cocok buat masuk ke playlist on repeat saya karena genrenya yang "berisik" tapi meaningnya sangat menohok di hati. huhuhu Min Yoongi sini peluk dulu 😢

Score 8/10

Black Swan



Lagu pre-release yang jadi pembuka era MOTS:7. Pas lagu dan Art Film Black Swan rilis, saya agak sebel sama lagu ini. Terlalu banyak auto tune yang bikin suara member jadi kayak sama semua, susah dibedain. Black Swan versi art filmnya pun tetap kurang cucok sama kuping saya, biarpun pada heboh karena aransemennya dibikin ala orchestra gitu.

Tapi yha namanya juga bucin, sekali dua kali denger masih misuh-misuh sama auto tune. Lama-lama tau-tau Black Swan udah masuk playlist on repeat...ㅋㅋㅋ

Apalagi pas mereka perform pertama kali di late late show James Corden. Akhirnya auto tunenya ilang karena mereka nyanyi live! Huh makin suka sama lagu ini. Trus tau-tau tanpa ketulis di jadwal, ternyata Black Swan ada official MVnya! Mungkin kalo rajin pengin bikin reviewnya, MVnya simpel tapi lokasinya keren dan dancenya mantap sih, trus Seokjinnya ganteng pisan huhu ㅠㅠ

Score 8/10


Filter

Jimin jadi pembuka lagu solo di MOTS: 7. Karakter suaranya yang mendesah seksi gitu bikin Jimin pas banget nyanyiin lagu-lagu dengan vibe latin. Kebayang nanti performance lagu ini bakal sexy dance pake bangku-bangku gitu atau couple dance seru kali ya.

Sepanjang lagu pokoknya kita digombalin sama Jimin. Siapa yang ga klepek-klepek digodain Libra gemes ini huahahaha. Jimin-ssi..ayo kapan kita ketemu? *lah

Score 8/10


My Time

Sejauh ini My Time jadi On Repeat no.1 di playlist Spotify saya. Solo songnya Jungkook ini enak dan easy listening banget. Suaranya JK emang ga usah diragukan lagi sih. Empuk kali lah suara bocah Busan ini ckckck!

Suka banget lagu ini mungkin karena genrenya sama dengan Paradise yang sampe sekarang masih jadi top track BTS buat saya.

My Time yang bergenre RnB ini bercerita tentang waktu yang dilalui JK selama ini. Judul versi hangeulnya 시차, kalau diterjemahin secara langsung: Time Difference atau perbedaan waktu. 

Di lagu ini JK bandingin dan bertanya-tanya soal waktu yang dia alami apakah sama dengan waktu yang dijalani orang lain yang seumuran sama dia.


24 누구보다 더 빨리 어른이 된 것만 같아
24, It feels as if I became an adult quicker than anyone

Lewat lagu ini JK curhat sebagai idol yang debut dan sukses di usia yang masih muda banget. Pasti banyak hal-hal yang ga sempet dia lakuin sebagai anak remaja karena sibuk latihan dan berkarier. Huhu pokoknya pas baca lirik My Time langsung kepikir: JK, kamu jadi anak baik-baik terus ya, jangan sampe terjerumus jadi telat bandel *berasa emaknya

Score 9/10


Louder Than Bombs

Track yang juga diproduseri Troye Sivan ini vibenya agak-agak misterius. Pas di akhir lagu, Yoongi ngerap dengan deep voicenya yang bikin merinding bulu kuduk. Pas baca liriknya pun...makin merinding lagi.

Emang kurang ajar bangtan ini kalo bikin lagu. Meaningnya selalu dalemmm bikin pusing sendiri. Louder Than Bombs ini seolah bangtan ngomong ke army soal tekad mereka buat terus bernyanyi apapun halangan dan tantangannya, supaya sama-sama saling menguatkan.



Don’t you give up your life
Here I stay, pray
Just for better days

Lirik lengkapnya bisa dibaca di website translator panutanku, doolset-nim. Lagu yang menyiratkan keambian mereka buat terus berkarya sekaligus comforting their fans. HUHU MANIS BANGET GAK SIHH? Harusnya bangtan yang ambi ini bisa mendorongku biar ga mageran terus :")

Score 8.5/10


ON

Si title track super catchy dengan suasana marching band yang seru. Seperti biasa, album bangtan kayaknya ga lengkap kalo ga punya lagu dengan rombongan dancer sekampung buat dijadiin opening konser.

ON didominasi suara gebukan perkusi khas marching band tapi diblend dengan genre hip hop yang seru. Saya sebagai fansnya Super Junior juga, ga tau kenapa pas pertama kali denger ON rada keinget sama 2YA2YAO..hahah mungkin karena sama-sama hiphop jadi ada nada-nada tertentu yang familiar. Padahal mah kalo didengerin dua lagu ini beda banget 😅

ON versi featuring Sia tampaknya ga terlalu ngehits, beda sama BWL feat Halsey yang rame karena Halsey ikutan di MV dan ikutan perform bareng juga. Kalo ON versi ft.Sia ini semacam IDOL ft. Niki Minaj dulu deh. Si artis featuringnya cuma secuil dan ditempel aja. Saya seneng sih, biar si artis featuringnya ga mendominasi. Big Hit masih terus nempelin western artis kayaknya demi meraup perhatian warga lokal non kepop agar supaya lirik-lirik bangtan dan lama-lama kecebur jadi ARMY.

Overall lagunya seru tapi seperti biasanya, saya entah kenapa jarang suka title track (kecuali Fake Love sih, yaampon my first ever comeback ㅋ) jadi ON ga termasuk lagu yang betah buat diulang-ulang kecuali sambil liat dance/MVnya. Btw MVnya PARAHHH! KEREN BANGET!!!

Score 8/10

UGH!

Saatnya mendengarkan rapline "ngamuk" di unit song. Lagu super rame dan berisik tapi anehnya saya langsung kepincut! UGH seru banget dengan gaya rapnya yang semacam sahut-sahutan.

Soal lirik, kali ini rapline mengekspresikan kesalnya mereka sama dunia yang rasanya udah penuh dengan kebencian. 


진실도 거짓이 돼
Even truth becomes lies
거짓도 진실이 돼
Even lie becomes truth

Yhaa tau sendiri lah bangtan dari zaman debut banyak nerima hate comments dan komen-komen itu datangnya dari orang-orang yang "sembunyi di balik topeng" alias ga mau nunjukin identitas aslinya. Rapline mengkritik para anonim penuh kebencian ini yang ga berani nunjukin diri mereka tapi terus-terusan nebarin kebencian sampe bikin mereka (rapline/bangtan) mau muntah yang tercermin dari kata UGH yang mirip suara orang muntah.


아 대체 욕 좀 먹는 게 왜
What’s wrong with you getting some hate
잘 벌잖아 또 징징대 왜
You make bank, why are you whining again
그 정돈 감수해야지 에헴
You should be willing to put up with that bit, ahem

Bukan rapline namanya kalo ga masukin "balasan" ke orang yang nyentil mereka. Di part akhir lagu mereka declare kalo mereka sekarang bodo amat sama segala kebencian tadi karena toh mereka dapet duit banyak meski kebencian tadi terus-terusan membombardir. YOO SO SWAG! Pokoknya rapline terMANTAP! 💪

Score 9/10



00:00 (Zero O'clock)

Abis marah-marah sama rapline, diademin sama vocal line. Satu lagi comforting song yang siap menemani hari-hari ambyar sobat ARMY.



숨을 쉬자 처음처럼
let’s breathe as if this is the beginning
And you gonna be happy
And you gonna be happy
Turn this all around
모든 게 새로운
A time when everything is new,
Zero O’Clock

Suara mendayu-dayu dari vocal line dijamin bikin betah dengerin lagu ini. Liriknya pun indah banget serasa dipuk-puk sama Jin, Jimin, JK, Taehyung 😭

Score 8.5/10


Inner Child

Solo track uri Taehyung-ie! Agaknya Taehyung beranjak dari genre neo-soul dan nge-jazz ala Taetae. Di Inner Child suasananya lebih bersemangat, stadium anthem kalo kata orang-orang. 

Agak-agak berasa Coldplay-ish, kebayang sih live performancenya bakal seru karena lagu ini gampang diikuti dan enak banget buat fanchant. Isi lagunya pun menguatkan ARMY ambyar seperti saya. Terima kasih Taehyung ✊


이제 우리 많이 웃었음 해
Now, I hope that we laugh a lot
괜찮을 거야 오늘의 내가
It’s going to be okay because the me of today 
괜찮으니까
is okay

Tapi sayangnya lagu ini rasanya ada yang kurang nendang gitu. Karena dari awal hingga akhir langsung rame, nungguin punch di tengah dan akhir tapi nyatanya ngga berasa. Karena dari awal udah ada punch part We gon' Change~ jadi maafkeun aku Taetae, Inner Child belum masuk ke on repeat aku *lah terus kenapa 😅

Score 7.5/10

Friends

Track tergemes dari semua track di MOTS: 7. Lagu unit 95 line ini bercerita tentang persahabatan mereka dari sebelum debut sampai sekarang. Kalo baca liriknya, berasa jadi outsider yang dengerin ke-uwuan dua sahabat yang super adorable.

Reffnya asik banget dan dibagian ending makin rame lagi dengan backing vocal dari tim choir yang bikin lagu ini berasa gospel. Kebayang nanti di ending performancenya bakal nongol tim padus buat nyanyi bareng-bareng kayak performance Mama, solo songnya J-Hope di Wings Tour.

Score 8.5/10


Moon

Sampai juga ke solo song abang kesayangan saya. Dikirain bakal ballad mendayu-dayu sedih lagi kayak Awake dan Epiphany. Tapi ternyata mz Seokjin muncul dengan riang gembira dengan track berlirik manis tentang sayangnya dia ke ARMY. HUHUHU NANGIS!

Pokoknya mz Seokjin mesti nyanyi lagu ini pake choreo gitu ya biar makin gemes *lah ngatur* 

Tapi ga ngedance pun, apa yang dia sampein lewat lirik lagu ini pun udah manis banget.


너는 나의 지구
You are my earth
And all I see is you
이렇게 그저 널 바라볼 뿐인 걸
The only thing I do is to gaze at you like this

Moon cocok buat naikin mood di pagi hari dan pastinya enak buat jejogetan. Huhu mz Seokjin kapan kita ketemuan 😭😭😭😭

Score 8.5/10


Respect

Masuk lagi ke lagu swag bersama duo rap, Namjoon dan Yoongi. Di unit song ini mereka nunjukin perbedaan gaya ngerap mereka yang unik. Isi lagunya katanya berasal dari obrolan random mereka beberapa tahun lalu. 

Respect bercerita tentang kata "Respect" yang sesering itu disebutin di kalangan anak muda Korea buat menggambarkan kekaguman, rasa hormat dsb. tapi karena terlalu sering akhirnya kata "respect" jadi semacam hilang maknanya dan mereka berdua jadi bertanya-tanya tentang makna Respect yang sebenarnya.



뒤에선 호박씨 까는 거
That, behind your back, they talk bad about you


Kalo mau ngaitin sama karir mereka sekarang, kayaknya secara tersirat Respect ini ngegambarin keheranan mereka sama orang-orang yang mengagumi mereka padahal mereka masih merasa dirinya orang biasa. Mereka nyinyir juga dengan situasi banyak dikagumi/mendapat Respect tapi banyak juga yang talk bad about them. Huahahah haters disentil lagi di sini!


Score 7.5/10


We Are Bulletproof: the Eternal

Saya yakin lagu ini bakal jadi penutup konser Map Of the Soul Tour. Lagunya pilu banget, ditambah lirik yang bikin mewek. Lagi-lagi mereka cerita tentang hubungan tulusnya dengan para fans yang udah bawa mereka ke kesuksesan. Genre stadium anthem juga kayak Mikrokosmos dan Love Yourself: Answer tapi agaknya belum terlalu menohok hati karena belum liat live perf.nya kayak apa dan efek panggungnya bakal secantik apa.

Tapi namanya lagu ending konser pasti bakal bikin hati keiris-iris sih. Terutama pas partnya Taehyung sama Jin di bagian akhir..



다신 멈추지 않을래
I will never stop again
여기 우리가 함께이기에
because we’re together here
Tell me your every story
Tell me why you don’t stop this
Tell me why you still walkin’
Walkin’ with us

NANGIS! 😭

Score 8.5/10

Outro: Ego

Outro tapi termasuk track yang rilis duluan sebelum album rilis. Pas judul album masih simpang siur dan Ego adalah salah satu nama album/lagu yang dirumorkan, semua ngebayangin Ego lagu yang serem dan misterius. Tapi nyatanya Ego lagu riang gembira khas uri sunshine Jung Hoseok 🌞

Lagu riang gembira bukan berarti isinya juga becandaan. Ego bercerita tentang menghadapi diri sendiri (Ego) untuk ke jalan hidup yang sesuai dengan apa yang kita mau. Kak jehop ngajak kita supaya percaya aja sama apa kata hati agar supaya mencapai impian. Di liriknya dia juga gambarin Jung Hoseok yang suka ngedance dari kecil, sempat ga yakin sama impiannya, tapi dia lanjut terus dan akhirnya sesukses sekarang.

Outro: Ego asik buat jejogetan dan saya penasaran bakal kayak apa nanyi live performancenya di konser. Pengennya pake dancer banyak kayak festival gitu ya biar petjah! Ah tapi banyak yang bilang kalo j-hope sendirian di panggung aja udah berasa penuh karena penguasaan panggungnya keren 👌

Score 8.5/10

Kelar juga bedah album ngalor-ngidul ini. Map Of The Soul: 7 keliatan banget bener-bener disiapin buat stadium tour. Karena lagu-lagunya yang enak banget buat fanchant sahut-sahutan. Kebayang bakal "hidup" banget ini tournya, plus dance mereka yang ga usah ditanya lagi gimana energiknya huhhh!!

Sayang banget gara-gara Corona, kick-off concert di Seoul batal semuanya. Konser di negara lain pun terancam batal, tapi jiwa skeptisku berkata mereka ga mungkin ngebatalin yang di US juga sih. Duit cooong~ ㅋㅋ

Akhir kata, terima kasih Bangtan karena sekali lagi udah memberikan comeback maha dahsyat dengan deretan lagu yang keren, lirik dengan pesan yang mendalam, dan genre lagu yang luas banget. Sampe bingung mau nyebut genre album mereka karena semua genre dibabat! Mengutip dari wawancara mereka dengan Grammy, the genre is BTS!

Thanks for reading! Jadi, track mana yang paling kalian suka?

No comments

Powered by Blogger.