[Album Review] BTS BE

 

Saya gak kebayang kalo gak kepincut BTS, bakal kayak gimana ngejalanin 2020. Karena dari beberapa idol yang saya stan, bener-bener BTS yang rutin ngeluarin konten dan bikin betah mantenginnya...dan membuat saya rela keluar uang buat beli konten/merch ahahaha. Gapapalah ya, yang penting bisa tetep waras di dunia yang makin gila ini...

Pokoknya well fed banget karena "konten pandemi"nya BTS. Dari mulai postingan selca-selca random dari member di twitter, vlive ulang tahun, siaran kkul FM nya Yoongi, sampe live (yang sebenernya ngga live) di Youtube yang nunjukin sekilas proses pembuatan album BE. Semua konten tadi dan konten rutin lainnya kayak dalyeora bangtan, menemani misuh-misuh saya ngerjain segala kerjaan di rumah.

Album BE juga sangat spesial karena baru kali ini semua member terlibat aktif di pembuatan album. Mulai dari nentuin title track, side track apa aja yang masuk, nulis lirik dan melodi, sampe ke soal desain album, dan foto-foto di dalamnya. 

Ajaibnya, proses bikin album sekeren ini menurut saya terbilang cukup cepat, kayaknya kurang dari 6 bulan ya. Apalagi menurut kabar yang beredar, BTS tadinya gak berencana ngeluarin album lain di 2020 setelah MOTS:7. 

Masuk akal sih, karena kalo gak ada pandemi, harusnya mereka lagi tur keliling dunia, jadi agak gak mungkin buat ngerilis album di tengah tur. Setlist konsernya bakal bingung dong kalo di tengah tur tiba-tiba ada lagu baru tapi gak ditampilin di konser, kalo ditampilin, kasian negara yang udah dimampirin karena gak liat stage lagu baru. Apalagi negara yang gak dimampirin~ *lol julid

Tapi pandemi mengubah rencana. Di vlive akhir Juli, tiba-tiba mereka ngumumin mau rilis single sambil nyiapin album baru. Dynamite rilis di Agustus, lalu ujug-ujug diumumin kalau 20 November, album BE bakal rilis. 

Rilisnya BE rasanya jadi penutup persembahan "konten pandemi" dari BTS. Konten penutup yang penuh pengharapan, untuk 2021 yang lebih menyenangkan. 

Udah lebih dari sebulan sejak album BE rilis, akhirnya kelar juga nulis review albumnya. Mari-mari kita bahas ada apa aja di album BE BTS?

1. Life Goes On



Seperti biasa, kisi-kisi tema album atau lagu baru biasanya udah muncul sebelum albumnya rilis. Life Goes On sendiri udah disebut-sebut pas BTS ngasih pidato 75th General Assembly PBB yang isi pidatonya kurang lebih ngasih semangat buat warga dunia supaya tetep semangat menjalani hidup, biarpun pandemi menghambat aktivitas. Nah, bener aja di album BE rupanya title tracknya berjudul sama yakni Life Goes On.

Vibes Life Goes On rasanya agak beda sama sebagian besar title track BTS lainnya. Title track biasanya rame, nadanya catchy yang bikin earworm, dan semacam sengaja dibikin buat hebohin konser biar petjah. 

Tapi Life Goes On lebih kalem. Vibesnya mirip-mirip sama Spring Day, pokoknya sopaaan banget masuk ke kuping. Dari awal liriknya mulai dinyanyiin Jungkook, rasanya udah nyesss..karena berasa relate banget sama keadaan 2020.

어느 날 세상이 멈췄어
One day, the world stopped

아무런 예고도 하나 없이
without any forewarning

봄은 기다림을 몰라서
Spring, not knowing how to wait

눈치 없이 와버렸어
or how to read the room, showed up anyway

Kayaknya Life Goes On satu-satunya title track yang cukup satu kali dengerin, langsung klop di kuping saya. Selain liriknya yang dari awal udah langsung bikin nyess, MVnya pun bagus banget! Scene Taehyung nyetir trus ngelewatin Olympic Stadium, langsung bikin mata berkaca-kaca. Saya aja yang baru ngerencanain dengan menggebu-gebu buat nabung demi nonton konser MOTS era, udah pengen nangis pas liat scene ini. Apalagi yang udah beli tiket, tinggal dateng dan ketemu sama mas bangtan kesayangan..dan apalagi para membernya yang pasti udah persiapan mateng banget buat tur dunia :(

Siapa yang nyangka tur MOTS yang udah tinggal jalan, udah ada tanggal manggungnya di tiap negara, dan si Emil udah ngedumel mulu di timeline dan weverse karena Indonesia dan Asia Tenggara gak masuk list...akhirnya batal blass! 

Dari awal pandemi sampe sekarang BTS gak bosen-bosennya bahas mereka kangen manggung, kangen ketemu ARMY, pokoknya misuh-misuh karena pandemi. Tapi mas-mas bangtan ini kemudian bersabda: lu pada kudu tetep idup biar ntar kita ketemuan lagi ye!~

Like an echo in the forest

하루가 돌아오겠지
Another day will come

아무 일도 없단 듯이
as if nothing happened

Yeah life goes on

Baiklah mas-mas kesayanganku, aku akan tetap hidup untuk menyongsong konser BTS pertamaku yang entah bakal kejadian di tahun berapa. Semoga kita bisa bertemu sesegera mungkin, dalam keadaan yang baik ya :")

Score 9/10


2. Fly To My Room


Lagu unit yang dinyanyiin Jimin, Taehyung, suga dan j-hope ini ngajak pendengar buat mencari kebahagiaan kecil, meski cuma muter di kamar aja. Isi lagu ini juga bisa dibilang curhatan keresahan mas-mas bangtan yang tadinya punya jadwal super padat, terbang dari satu negara ke negara lain di waktu yang berdekatan, tapi tiba-tiba tahun ini mesti ngendep aja di Korea.

Istilahnya kalo pegawai kantoran kayak saya jadi disuruh WFH karena pandemi, nah si bangtan juga gitu. Karena pandemi, mereka gak bisa tur dan disuruh WFH juga sama keadaan...pusing gak tuh, artis disuruh WFH.

Everyday

답답해 미치겠어
It’s so suffocating that I’m going crazy

Feel like it’s still day one

누가 저 시계를 좀 돌려줘
Somebody, please turn the clock back

올해 다 뺏겼어
The whole year got stolen

아직 난 침대 속
I’m still in bed,

거북해 속이 
feeling bloated in the stomach

It’s killin’ me slowly nah

Part-nya Taehyung ini ngegambarin banget anehnya 2020. Waktu kadang berasa stuck karena kegiatan yang gitu-gitu aja, muter di kamar dan di rumah, tapi di sisi lain waktu juga berasa cepet banget berlalu. 

Kalo saya sendiri selama WFH selalu keder hari dan tanggal. Inget hari pas hari Selasa doang, karena ada Run! BTS..nah pas Run! BTS ganti jadi In The Soop dan jadwal tayangnya In The Soop beda sama run BTS..dahlah,balik keder lagi lololol.

Menjalani hari-hari dipenuhi lupa hari dan tanggal, ehh tau-tau udah Desember, udah tahun baru, udah 2021. Bener-bener aneh banget tahun ini. Keanehan ini pasti juga dialamin banyak orang termasuk mas-mas BTS. Mereka yang biasanya dikelilingin fans, traveling ke sana ke mari buat manggung, tau-tau mesti batal semuanya dan akhirnya "mati gaya" bingung mesti gimana.

사람들 같은 내방 toy들 [toideul]
The toys in my room that feel like people

마치 시내를 나온 듯이 북적여 TV 소리는 [sorineun]
The TV sound makes it feel busy and crowded as if I’m out in the downtown

생각은 생각이 바꾸면 돼
Your mind can be changed by your mind

여긴 나만 즐길 수 있는 travel
Here, this is a travel that only I can enjoy

배달음식은 ⭐⭐⭐
Delivery food is ⭐⭐⭐ 

낙관적으로 채워봐, I’m full
Fill it optimistically, I’m full

Balik lagi ke pesan utama lagu ini, mencari little happiness penting banget buat menjaga kewarasan di tengah keanehan 2020. Dari kata-kata di lirik part-nya j-hope itu, dia ngegambarin gimana suara tv dia anggap ngegantiin ramainya suara orang-orang biar seolah dia lagi di tempat ramai, Your mind can be changed by your mind. Part ini menyiratkan kalau kita menghargai hal-hal kecil di sekitar kita, berpikir positif, maka akan muncul kebahagiaan tersendiri. Kalau rasa bahagia udah muncul, dikit-dikit rasa optimis juga bakal muncul buat ngejalanin hidup. Kayak yang saya tulis di opening post-an ini, buat saya, BTS adalah salah satu little happiness yang bikin tetep waras ngejalanin 2020.

Buat BTS, salah satu happiness mereka yang pasti tetep berkarya dan bikin ami-deul seneng. Merekapun mencurahkannya dengan bikin lagu yang comforting dan enak didenger. Kalo saya bilangnya Fly To My Room ini genrenya Taehyung! Ketukannya lambat, tapi gak bikin ngantuk. Oke bangetlah buat menemani WFH di kamar~

Score 8/10


3. Blue & Grey


Saatnya kita menghaturkan puja dan puji untuk yang mulia Kim Taehyung. Zuzur pas era BE ini saya agak oleng dari Seokjin ke Taehyung. Ini mas-mas kok makin ganteng dan kharismanya makin keluar gitu lho. 

Trus gak tau kenapa kuping saya yang biasanya gak cocok sama genre lagu solonya dia kayak Singularity, Stigma, Winter Bear dan lagu lainnya. Tapi tau-tau jadi suka dengerinnya. 
Nah pas album BE rilis dan ternyata dia nyumbang satu lagu yakni Blue & Grey,  wah makin kepincut...

Blue & Grey buat saya adalah masterpiecenya Kim Taehyung! Lagu ini pernah dia stel waktu naik sampan di danau pas shooting In The Soop. Waktu itu lagu ini rencananya bakal rilis di mixtape. Tapi ternyata Blue & Grey masuk ke tracklist album BE dan dinyanyiin bareng-bareng sama member lain.

Nah di sini juga nih kerennya, biarpun Blue & Grey seyogyanya adalah lagu Taehyung yang  punya tipe vokal baritone dan nada lagunya rendah-rendah gitu, tapi ternyata cucok juga dinyanyiin ramean sama member lain yang suaranya lebih tinggi kayak Jin sama Jimin. 

Soal lirik, huhu sedih banget baca liriknya. Berasa baca curcolnya Taehyung yang lagi ngalamin masa-masa berat, tapi akhirnya dia nulis lagu ini buat curhat dan berangsur bangkit lagi. 

Bisa dibilang genre Blue & Grey sebenernya agak beda sih sama stylenya Taehyung selama ini yang ngejazz gitu, hmm kayaknya semenjak Scenery rilis, stylenya dia lebih ke ballad mengharu-biru (?) gitu ya. Tapi kayaknya nanti di mixtape gak mungkin cuma satu genre aja sih. Taehyung-ah~ nuna tunggu mixtapemu yaa~

Score 8.5/10


4. Skit


Berkat bangtan akhirnya aku tau apa itu skit. Karena dari semua idol yang saya stan, cuma mereka doang yang rutin masukin skit di tracklist albumnya. Tapi semenjak skit Billboard Awards 2017 di Love Yourself: Her, BTS gak pernah masukin skit lagi.

Yah Skit buat saya sebenernya gak penting-penting amat sih. Toh gak ngerti juga mereka ngobrol apa, kecuali cek-cek translator yang berbaik hati ngetranskrip obrolan mereka di Skit. Kalo looping album pun pas bagian Skit langsung diskip hahah!

Tapi Skit di album BE rasanya sayang kalo gak dimasukin ke tracklist. Skitnya berisi kehebohan mereka pas tau Dynamite peringkat satu di chart Hot 100 Billboard 1 September lalu. Wahhh makin spesial lagi buat Jungkook dan saya yang ulang tahunnya sama-sama 1 September ㅋㅋㅋㅋ

Chart bergengsi yang selalu bikin heboh ini akhirnya ditaklukkan juga. Next Skit mudah-mudahan isinya kehebohan Bangtan menang Grammy ya 🥲

Skit ini juga jadi semacam pembagi di album ini. Vibes lagu-lagu setelah Skit kerasa lebih naik moodnya, setelah mengharu biru di Life Goes On, Fly To My Room, dan Blue & Grey.

Score 7/10


5. Telepathy



2020 kayaknya jadi tahunnya retro style di dunia kpop. BTS sendiri udah ngerilis Dynamite yang genrenya retro. Sebelumnya, Boy With Luv juga agak-agak ngeretro dikit di MVnya. Nah di album BE, genre retro muncul lagi di lagu bikinannya Yoongi, Telepathy. 

Lagu ini ternyata yang dia utak-atik pas shooting In The Soop waktu itu. Bener-bener salut banget karena genre musiknya dia tuh luas banget, dari hip hop, pop, retro, semua dijabanin. Jadi inget di interview Break The Silence Movie dia juga bilang kalo dia gak ngebatasin style musiknya, bahkan trot aja dia pernah nyanyiin ㅋ (#Nowplaying otsukare~ samadeshita~)

Di liriknya BTS kayak nanya ke ARMY, kabarnya pada baik-baik aja kan? BTS paling bahagia kalo ketemuan sama ARMY, jadi tunggu dulu ya sampe kita bisa ketemuan lagi. Biarpun kita gak bisa ketemuan dulu, tapi kita tetep bareng-bareng kan. 

HUHU MANIS BANGET GAK SIHH?

Abis baca lirik lagu ini, Emil be lyke: baiklah abang, janji ya ntar ketemuan :"""")

너무 빠르지도 않게
So that it’s not too fast,

또는 느리지도 않게
or too slow,

우리의 속도에 맞춰 가보자고
let’s go at our own pace

이건 꽤나 긴 즐거운 롤러코스터
This is a rollercoaster that is quite long and fun


Telepathy jadi salah satu lagu yang on repeat karena vibesnya enak banget! Potongan lirik part-nya Taehyung itu jadi favorit saya. (tuhkan Taehyung lagi..hahahhaa maafkan aku kak Seokjin!) Suka banget sama kata-kata: let's go at our own pace, kayaknya kalimat ini jadi semacam motto saya beberapa tahun belakangan ini. Udah lelah buat ambi-ambi kak...*jadi curcol.

Ohya part ini juga terasa familiar. Menurut saya nadanya agak mirip sama bagian depan Outro: Ego-nya j-hope biarpun keseluruhan lagunya beda banget sih sama Ego yang lebih pop dance. Telepathy juga vibesnya ngedance banget tapi lebih vintage(?) gitu. Trus biasanya saya gak suka lagu yang banyak auto tunenya, tapi di Telepathy, autotunenya cucok lah sama suasana retronya. 

Score 9/10


6. Dis-ease


Nah ini lagu favorit saya di album BE! Selain Life Goes On, Dis-ease udah meluncur di playlist On Repeat karena seasik itu lagunya! Vibesnya lagi-lagi agak mirip sama Ego-nya j-hope.Kali ini gak heran sih, karena j-hope yang kontribusinya besar pas bikin lagu ini. Ohya, lagu ini sebenernya udah bocor sebelum albumnya rilis. Pas j-hope ngelive di Youtube, Dis-ease gak sengaja kedengeran sayup-sayup dari headphonenyaㅋㅋ

Lagunya seru dan bikin pengen jejogetan! Tapi pas baca liriknya, nyessss....kok relate banget.

Maybe

내가 아파서 그래
It’s because I’m sick,


I hate that

단순하지 못한 치기 어린 나
My childish self who is unable to keep things simple

나도 참 어려  몸만 어른
I’m actually so young, only my body has grown

절뚝거려인생 걸음 
I limp through the walk of life

One for the laugh, two for the show

Just like I’m so fine

Kalo saya bilang Dis-ease ini lagu sobat overthinking, jadi cocok buat saya yang juga overthinking. Pandemi juga pastinya bikin sobat overthinking makin overthinking, maka dari itu terima kasih paduka j-hope udah membuat lagu ini.


커피 한 모금으로 불안함을 해소
With a sip of coffee, I swallow down my uneasiness

An endless rest

내게 갑자기 다가온 불편한 행복
The uncomfortable happiness that has come to me suddenly

24 hours 시간 참 많아
24 hours, I have so much time

하루 종일 잠자도 지금은 no problem
Even if I sleep all day long, there’s no problem now

몸 부서져라 뭘 해야 할 거 같은데
It feels like I should be doing something to the point my body shatters,

마냥 삼시 세끼 다 먹는 나란 새끼
but I’m just a bastard who eats all three meals a day

Di lagu ini j-hope juga nyinggung soal produktivitas pas lagi pandemi. Orang-orang kayak berlomba-lomba pengen produktif selama pandemi meski di rumah aja, tapi bagi sebagian (bahkan mungkin banyak) orang, maksain diri buat tetep produktif di tahun yang aneh ini bukanlah hal yang gampang. Malah bisa bikin stress sendiri.j-hope juga menyiratkan kebingungan yang aneh soal rasa pengen produktif ini. 

Dia sebagai artis yang biasanya sibuk, tiba-tiba banyak waktu luang. Pengen tetep produktif tapi pas kerja tetep ngerasa gusar. Tapi kalo gak kerja, rasanya gak nyaman juga dan baru reda kalo udah selesai melakukan sesuatu. Perasaan inilah yang kemudian dia "plesetin" jadi Dis-ease. Perasaan pengen kerja/produktif melulu sebagai disease (penyakit), tapi di sisi lain kalau udah ngerjain sesuatu, jadi berasa "This Ease" (ease: lega). 

Everyday 나를 위로해
Everyday, I comfort myself

다 똑같은 사람이야 ain’t so special
We’re all just same humans, ain’t so special

Ay man keep one, two step    

차분하게 모두 치료해보자고
Let’s all keep calm and treat the diseases

Makin relate dan suka sama lagu Dis-ease atau yang dalam bahasa Korea berjudul 병 (byeong), karena potongan lirik di atas. Trus di salah satu part juga ada lirik yang jadi pengingat kalo gak ada salahnya buat istirahat, buat gak produktif.

마음에도 방학이 필요해
Even your mind needs a vacation

아 그냥 일은 일로 해
Hey, just do work as work

Huhu pokoknya byeong-byeong song adalah side-track terfavorit di BE! Liriknya comforting dan vibes lagunya seru banget, bikin semangat! Plis banget tampilin byeong byeong song ini pas konser. Saya udah capek tiap punya side track favorit, gak pernah dinyanyiin di live stage. ahem...I'm talking about our queen, Paradise 🗿

Score 9.5/10


7. Stay



Track ke-7 adalah track yang dibawakan unit Jin, Jungkook, dan RM. Mirip kayak kasusnya (?) Blue & Grey, yang tadinya mau dirilis di mixtape Taehyung, kalau Stay tadinya bakal dirilis di mixtape-nya Jungkook. Akhirnya masuk tracklist BE karena vibesnya yang seru, buat ngelengkapin album BE. Genre EDM bau-bau Zedd zaman Clarity gitu. 

Soal lirik, Stay gak cuma jedag-jedug party vibes tanpa makna. Liriknya tetep menyentuh dan super uwu yakni tentang BTS yang seolah nanya ke ARMY: di manapun kalian, kalian bakal tetap Stay buat Bangtan kan?

*Emil be lyke: IYA BAAANG~Aku gak kemana-mana dah, tetep kepincut bangtan terus~

Karena kuping saya yang masih agak cocok sama genre EDM, jadi Stay masih oke buat didengerin. Tapi nggak masuk On Repeat nih, huhu lagi-lagi maafkan aku mas Seokjin. Bener-bener di era BE aku berpaling darimu :")

Biarpun gak on repeat di playlist saya, lagu Stay ini sebenernya catchy banget! Entah kenapa tiap dengerin lagu ini, yang kebayang adalah iklan mobil. Musiknya cucok banget buat dijadiin jingle iklan. 

11-12 sama Dynamite lah yang bener-bener oke buat iklan. Testimoni zuzur, karena saya terkesima liat iklan Samsung S20 yang warna-warni, yang backsoundnya lagu Dynamite. Nah semoga Stay juga kebagian ngisi jingle iklan ya, ngisi iklannya Hyundai mungkin? 

Score 7.5/10


Album BE pun ditutup sama Dynamite. Kalau diperhatiin, di album-album sebelumnya biasanya BTS naro track-track yang udah rilis di album sebelumnya sebagai track pembuka di album re-package atau album yang rilis setelahnya. Kayak Intro: Persona, Boy with Luv, dan Black Swan yang posisi tracknya lebih duluan dibanding title track, ON. 

Penempatan Dynamite jadi penutup ini semacam penanda kalau Dynamite sesungguhnya adalah main course di album ini. Ibarat konser gabungan, bintang utamanya pasti muncul belakangan kan? 

Nah gitu juga Dynamite, si lagu spesial yang berhasil peringkat 1 di chart HOT 100 Billboard dan masuk dalam sejarah sebagai lagu dari penyanyi non US yang berhasil memuncaki chart bergengsi ini. Trus Dynamite juga yang membawa BTS dapet nominasi Best Performance di Grammy. Doa terbaik buat mas-mas kesayanganku di Grammy~

Dynamite juga jadi penutup manis buat album BE yang penuh pesan-pesan indah dari bangtan untuk menguatkan ARMY. Di situasi yang gak jelas dan super aneh ini, setidaknya ada sedikit kebahagiaan dari bangtan. Lirik lagu yang manis di lagu yang mendayu-dayu, ballad yang bikin nangis, sampe jedag-jedug lagu retro dan EDM, bikin album BE adalah paket lengkap dari our emotional support kepop bois kesayangan, bangtan seonyondan! Kira-kira abis BE bakal bikin apa lagi ya mereka~



Thanks for reading my blog 💜




2 comments:

  1. Wuaaa... aku mnunggu nunggu review album BE ini! Emang mantab yaaa akang2 bangtannihh.. telah mengisi dan mnyemangati hari2ku jg selama pandemi dengan konten2nya yg menarik. yg bkin menarik ya krna mereka itu sbnernya cocok jd pelawak banget :'D

    Aduh mo komen apaya. Banyak bangetsihh. Pokoknya daku slalu mnunggu isi konten tulisanmu tntang BTS yaaah! Krna jujur saia adalah newbie kpopers jalur corona skligus dinamit wkwkw. Bias kita gak beda jauh, ngelingker di Taehyung dan kakang Sokjin. Krna awal demen Taehyung dari drama dia di hwarang yg perannya super cutee abisss. Taehyung dan Jin jg yg ngisi sontrek utamanya itu jadi.. ya mereka org prtma di BTS yang kukenal lah! Haha.

    Syemangat Emiilyaaah nulis2 konten BTS nyaa. Aku udh baca dri teori euphoria, album mots7, sm abyssnya sokjin. Tapi yauda komen di sini aja. Semoga keliatan. Hihi. Smga kita bsa kompak sbgai ami-deul dan bisa curcolan soal BTS kedepannya. Yeaayy! Salam kenaalll

    ReplyDelete
  2. Hii!! Salam kenal jugaa! Iyanih Jin sama Taehyung meresahkan yaa hihi. Makasih banyak udah mampir ke blog aku 💜💜

    ReplyDelete

Powered by Blogger.