[MV & Album Review] BTS Butter & Permission to Dance

 




Kayaknya emang gak boleh meragukan rilisan lagu BTS karena mau seragu apapun sama lagu barunya, ujungnya saya bakal bucin juga dan lagunya jadi nempel banget dan langsung masuk playlist on repeat. 

Jujurly pas diumumin mereka bakal rilis english song baru, saya gak segitu excitednya. Oh comebacknya fokus ke US market dulu nih, mereka masih greget sama Grammy, pasti genrenya ngikutin apa yang tren di sana, pasti modelannya macem BWL atau Dynamite lagi dan sebagainya. Kayak udah kebaca jadwal rilisan mereka pasti pertama english song, trus rilis lagu jepang, trus baru deh comeback full album Korea. 

Gak tau juga sih kenapa gak se-excited itu, mungkin karena sayanya aja yang lagi di fase males ngapa-ngapain, karena cape. Sampe fangirling pun sedikit menurun kegilaannya. (note: menurun kegilaannya, dalam artian gak segitu getolnya streaming live segala macem konten baru atau nungguin teaser dll, kalo ngetwit halu sih teteup wk).

Sebelum Butter rilis, sempet ngetwit ngarep Seokjin menujukkan kesaktian jidatnya di comeback. Trus ngarep juga ntar comeback Korea pake konsep dark vibes macem Fake Love atau Black Swan karena pengen liat Bangtan dark hair dan pake baju gelap-gelap, sebab sesungguhnya gantengnya makin memuncak pas konsep begini. Kenapa gak ngarep di comeback english song? Karena dari teasernya aja dibilang kalo Butter itu lagu summer vibes. Yakali pake konsep gelap, pas summer. Gerah kak~

Tapi ternyata Butter berhasil ngegabungin ngarepnya si Emil dengan konsep summer vibes yang ceria. Siapa yang nyangka di Butter dapet jidat Seokjin, dapet konsep style agak dark, tapi di waktu yang sama ada outfit warna warni dan Jimin dengan rambut rainbow gemes juga!

Mari kita ucapkan puja dan puji untuk kesaktian jidat tuan muda Kim Seokjin


MASHAALLAH


Ohya, sebelum lagu ini rilis, sempet ngetwit juga semoga comeback kali ini gak ada drama soal line distribution dan screen time. Karena cape banget akutu mas Seokjin screentimenya kurang banyakk. Lalu JEDERRR!! di Butter part Seokjinnya banyak! 

HAHAHAHA OEMJI BIGHIT LO KEMANE AJE??

Kenapa gitu mas ganteng disimpen bae kemaren-maren?

Sungguh bahagia line-nya Seokjin banyak, screentimenya pun banyak, Seokjinnya juga keliatan enjoy banget pas ngedance, HUHU AQ BAHAGIA!

Di MV Butter juga ada part tiap member ngedance freestyle sendiri-sendiri di dalam lift. Suka banget sama part ini karena jadi puas, bisa liat tiap member bersinar dengan stylenya masing-masing.

MV Butter juga simpel. Gak ada teori-teorian yang bikin pusing. Biarpun sebenernya kangen juga sama konten Bangtan Universe dengan segala time loop dan teori time travelnya. ah mungkin kapan-kapan Bighit ngerilis konten Bangtan Universe lagi kalo mereka inget.

Buat sekarang, dunia lagi kacau balau bikin pusing, jadi ada benernya juga Bighit gak ngerilis konten teori-teorian yang bikin pusing. Mending konten yang happy-happy, lucu dan gemes. Kayak scene para member ngebentuk tulisan ARMY ini. Huhu sini peluk dulu satu-satu!




Buat lagunya, sebenernya Dynamite lebih catchy dibanding Butter. Part repetisi Dynanananana~ di Dynamite tuh racun banget, bikin gampang nempel. Tapi part yang repetitive kayak gitu gak ada di Butter. Buat saya sendiri sih perlu beberapa kali dengerin Butter, baru akhirnya nagih sama lagu ini. Gegara seneng Seokjin dapet lines dan screentime banyak juga, akhirnya ngulang-ngulang mulu, dan jadilah lagu ini di nomor satu on repeat song.

Tapi kayaknya minggu ini Butter bakal tergeser dari puncak on repeat. Karena 9 Juli kemarin, pas di hari ulang tahun ARMY, BTS ngerilis lagu baru lagi berjudul Permission to Dance.




Masih dengan konsep summer, MVnya pake konsep campuran konsep cowboy wild west dengan konsep funky retro disco (?) atau apalah itu namanya. Tapi MV ini justru bikin saya cirambay alias nangis. bener-bener nangis ngeluarin air mata, bukan karena bucinin BTS tapi karena campur aduk antara capek, terharu, dan agak sedih.

Semua itu karena scene terakhir di MV ini, pas line-nya Seokjin: We don't need to worry~ cause when we fall we know how to land~ 



..lalu para model di MVnya satu-satu buka masker...



HUHU KAPAN BISA KAYAK GITU DAN HIDUP NORMAL LAGI? :(

Seketika langsung cirambay nangis mbleber-bleber. Kayaknya pertama kalinya dalam hidup nangis beneran karena MV K-pop. Sedikit curcol, sejak pandemi saya bisa dibilang cukup kuat, di saat temen-temen lain banyak yang curhat ngerasa berat banget ngejalanin hari karena gak bisa kemana-mana, saya masih bisa enjoy ngelakuin ini itu di rumah. Tapi mungkin lama-lama energinya habis juga ya. Belakangan ini mulai ngerasa bosen banget, males ngapa-ngapain, sampe gak mau buka akun sosmed yang isinya berita-berita karena tiap scroll ada aja berita sedih yang muncul. Bikin ikutan sedih huhu.

Trus kesedihan yang udah numpuk itu kayak tetiba pecah pas liat MV Permission to Dance. Sebenernya isi lagu dan Mvnya penuh pengharapan pandemi akan segera usai, bisa beraktivitas normal lagi, dan sebagainya. Tapi tetep aja, liat sikon di Indonesia yang saat ini lagi parah-parahnya, ditambah saya yang overthinking, jadi kepikiran apa iya pandeminya bakal kelar cepet?

Bahkan di Korea sendiri, waktu Permission to Dance rilis, pas banget paginya pemerintah setempat berlakuin status darurat lagi, karena angka covid di sana naik lagi. Capek banget gak sih, gak udah-udah huhu

Tapi bukan Bangtan namanya kalo bikin sedih doang. Tetep bahagia kok gara-gara Permission to Dance. Apalagi kalau bukan karena mz Seokjin tersayang :")

Setelah bersinar di Butter, rupanya dia makin bersinar di Permission to Dance. Banyak dapet posisi center, linesnya banyak, pokoknya berlimpah seokjin seokjinan di MV Permission to Dance!

Ada yang bikin shock juga, karena Seokjin yang selama ini anak sholeh, selalu berpakaian tertutup, no aurat aurat club, tetiba buka kancing sampe ke bawah ahahahahaha dunia perseokjinan gonjang-ganjing!

liat senyumnya manis bener ya.... liat senyumnya heyy jangan liat yang lain!


Saking bersinarnya di MV ini, sampe-sampe susah mau fokus ngeliatin member lain. Udah diniatin nonton ulang buat liat member yang lain, eh tapi tetep aja pada akhirnya mata ini udah kayak cam focusnya mcountdown, yang ngikutin Seokjin kemana pun dia bergerak wkwk.





Sejauh ini, Permission to Dance jadi english song terfavorit saya. Urutannya, pertama PTD, trus Butter, lalu Dynamite. Dari 3 english song itu pun menurut saya di PTD pelafalan liriknya paling jelas dari 2 english song yang lain, liriknya juga simpel jadi cepet hafal. Zuzur sampe sekarang ga hafal lirik Dynamite. Apalagi ada twit viral yang lirik Dynamite jadi Kesa-a-al ini udah Senin~  Ahahaha sebel banget dengernya, how to unhear?? Tiap dengerin Dynamite jadi inget editan itu 😭

Dance PTD juga (terlihat) gampang. Ga tau juga siii, karena sebenernya saya badannya kaku, gak bisa ngedance. Tapi paling ngga, gerakannya lebih sederhana dibanding dance BTS lainnya. Kayaknya dance PTD ini sengaja dibikin gampang, jadi bisa diikutin banyak orang. Cocok banget buat flashmob dan dance challenge.

Kerennya lagi, di PTD ada koreo yang pake bahasa isyarat. Kali ini BTS mau ngerangkul penonton lebih luas lagi. Biar temen-temen disabilitas bisa nikmatin juga apa yang disajiin BTS. 

Gerakan dua jari di atas telapak tangan ini ternyata bahasa isyarat yang artinya menari.

Karen gif 2seok itu jadi inget mau bahas soal mural. Sedikit trivia, mural yang ada di MV Permission to Dance adalah karya artist asal Mexico, Abel Macias. Di muralnya ada tulisan lirik-lirik PTD dan konsepnya cocok banget sama setting MV yang ceritanya lagi di gurun ala-ala film cowboy. Temen-temen bisa kepoin IG artist-nya di @abelmac yaa.

Soal lagu, jujur agak kaget pas baca twit di bagian Topic twitter karena banyak yang menyangkal kalau PTD ini tetep gak kalah bagus daripada 2 english song BTS yang lain. Twit twit sangkalan ini rupanya muncul karena katanya banyak ARMY yang bilang BTS makin kehilangan identitasnya dan pada sebel karena di PTD gak ada part yang rap sama sekali. 

Hmm bener sih di PTD, rap line kebagian vokal dan lagunya gak ada bridging rap. Banyak yang bilang PTD standar banget, kayak lagu Disney atau High School Musical. Tapi buat saya malah PTD ini bagus bangett! Favoritlah pokoknya. Siapa itu yang bilang PTD flop? 😠

Dulu pas Dynamite pertama rilis saya juga termasuk golongan yang misuh-misuh karena merasa "kan namjoon waktu itu bilang BTS bukan BTS kalo nyanyi lagu english? kok sekarang bikin lagu english??" 

Ah tapi yasudahlah, ini mungkin bagian dari strateginya mereka. Kayaknya emang susah buat nembus pasar Amerika terutama mencapai Grammy kalo gak ngikutin tren di sana, paling ngga bikin "click bait" pake lagu dalam bahasa Inggris tapi di full album tetep ada title track dan side track korea, genrenya pun genre yang easy listening aja. Lagu-lagu yang "standar" gini kan yang biasanya jadi rame karena yang non fans pun bisa suka. 

Cuma emang agak disayangkan di english song, rata-rata liriknya gak terlalu dalam bahkan kalimat-kalimatnya kadang menurut saya aneh (?), gak semantap dan seindah di lirik korea.

Soal ribut-ribut english song juga gak bakal ada habisnya karena toh kalo BTS ngeluarin lagu korea terus, ada aja okum yang pada bilang males baca terjemahan lirik. Kalo genrenya hip hop kayak masa-masa baru debut 2013-2014, dibilang genrenya gak berkembang. Emang BTS clalu calah hiks.

Yang saya capein kalo promo english song cuma di bagian interview sama media US-nya aja sih. Ya Allah pertanyaannya suka ngadi-ngadi dan ga penting. Tapi untungnya belakangan ini interviewnya mulai bagus-bagus, biarpun kalang kabut sendiri karena di masa promo banyak banget jadwal interview dan perform, akhirnya cuma nonton potongan-potongannya di twitter atau bahkan gak sempet liat sama sekali. Agak rindu juga sama promo di music show korea. Nungguin slot performnya yang selalu paling terakhir, nungguin pada pake outfit apa,  nungguin siapa yang jadi ending fairy, dan nungguin pada ngelakui challenge apa kalau menang di music show. Huhu kangen yah.


Kira-kira begitulah review-reviewan saya buat Butter dan Permission to Dance. Maafkan karena fokusnya di Seokjin aja karena dia beneran sebersinar itu di comeback ini, dan terlalu bahagia jadi pengen ngehype terus. Member lain juga pada cakep-cakep banget, yang paling on point sih rambutnya jhope di album Butter, yaampun cakepnyaa! 

Sekarang sepertinya mereka jeda dulu untuk beberapa bulan, sebelum comeback full album dengan title track Korea. Mungkin di September/Oktober/November kali ya?

Ohya, berhubung album saya belum nyampe, mungkin post ini bakal diupdate lagi pas album udah nyampe buat bahas isi album dan peruntungan saya dapet PC siapa wkwk doakan mz Seokjin nongol lagi ya kayak pas BE Ess. 

Ada dua versi album, Cream dan Peaches. Awalnya naksir sama warna kuning outbox versi Cream. Tapi akhirnya pilih yang Peaches karena konsep photonya seger banget. Kenapa gak beli dua-duanya? Hmm ga tau juga sih ntar bakal tergoda unboxing barang dagangan atau ngga, karena cobaan saya selama berdagang adalah jajan jualan sendiri. Bukannya customer yang jajan, tapi ownernya yang jajan wkwk

Sekalian promo juga, toko kecil-kecilan saya, SEOULCRAVEID bakal ada ready stock CD Butter, jumlahnya dikit banget sih wkwk karena emang sisaan CO aja. Boleh dicek cek di IG @seoulcrave.id atau twitter @seoulcraveid yaa. Aku suka open order merch fansite dan open sharing merch BTS juga hehe, nyari temen jajan bareng 😬

Terima kasih sudah mampir ke sini!


bonus, part tergemes di MV PTD

















No comments

Powered by Blogger.