[REVIEW] Pengalaman Cancel Pesanan di Weverse Shop, Proses Refund, dan Deg-degannya






Pengalaman batalin pesanan di weverse shop yang bikin saya berpikir dua kali buat laper mata dan asal co...

Belanja merch kekoreaan pasti diiringi banyak dilema dan momen implusif alias laper mata. Berdasarkan pengalaman pribadi, tiap BTS ngumumin merch baru pasti dibuka dengan dilema beli atau enggak, lalu pas hari-H open pre order dan preview merchnya nongol, langsung laper mata dan main check out-check out aja. 

Beberapa hari kemudian nyadar, yaampun abis CO apa kemarin? Trus galau lagi cancel pesenannya atau enggak ya....

Apalagi kalau belanjanya di Weverse Shop, galau mau cancel pesenan atau ngga bertambah berkali-kali lipat karena keinget duit ratusan ribu pernah nyangkut berbulan-bulan setelah cancel orderan. Jadinya agak kapok mau cancel karena deg-degannya itu lho...

Mau cerita sedikit soal pengalaman cancel pesanan di Weverse Shop yang bikin deg-degan. Waktu itu lagi masa pre order album BE Deluxe, karena excited dengan album baru akhirnya impulsif langsung CO 1 album di Weverse Shop. Lalu setelah CO 1 album itu, seperti biasa saya nyambi dagang ngajakin orang-orang buat ikut PO album eh ternyata alhamdulillah ada beberapa orang yang mau ikutan.

Kemudian saya kepikir sama pesenan 1 album yang saya CO pas laper mata di awal. Enaknya kan album itu dikirim bareng-bareng sama album pesenan lainnya, biar nyampenya bareng dan gak bayar ongkir double-double juga. Setelah baca ketentuan refund di Weverse Shop, di situ dijelasin kalau uang refund bakal balik sekitar 2-3 hari kerja hingga sebulanan dari tanggal cancel pesanan. Oh, aman sih ini, pikir saya...

Akhirnya saya pencet cancel dan dengan sabar nunggu 3 hari buat ngecek apakah uang refundnya udah masuk atau belum. FYI waktu itu saya transaksi pakai kartu Jenius yaa dan sesuai ketentuan Weverse Shop, uang refund dari pesanan yang dicancel akan masuk ke kartu atau sistem pembayaran yang kita pake saat check out. Jadi kita gak bisa milih uangnya mau dikirim ke rekening mana, pokoknya bakal masuk ke kartu/sistem pembayaran yang kita pake saat belanja barang yang kita cancel itu.

Misalnya saya yang belanja pake kartu Jenius, maka refundnya bakal masuk ke rekening Jenius yang sama. Kalau belanjanya pakai paypal, maka uangnya bakal masuk ke rekening paypal yang sama.

3 hari berlalu dan belum ada notifikasi dan tanda-tanda ada uang masuk ke rekening. Si paling sabar emang dah haha, saya belum kontak CS atau siapapun karena mau nunggu sampe 7 hari dulu. Kali aja langsung masuk gitu kan.

Eh ternyata, 7 hari udah lewat dan masih juga belum ada uang refund yang masuk. Mulai lah greget dan deg-degan, anjir duit gue lo kemanain heyyy??

Pertama saya kirim pertanyaan ke Customer Services Weverse Shop lewat aplikasinya. Hubungin CS-nya via pesan lewat form gitu yaa, bukan yang chatbot karena chatbot cuma menjawab Frequently Asked Questions alias pertanyaan yang umum aja.

Caranya: Pilih menu More -> Customer Service -> klik salah satu contoh pertanyaan yang ada nomor-nomornya -> scroll sampe bawah -> klik bagian Contact Us




Di menu Contact Us ini kita disuruh pilih Artist, Shop, Category, dan Order Number sesuai dengan belanjaan dan pertanyaan kita. Untuk nanya soal refund ini, saya klik BTS, Global, Cancel/Refund.

Kemudian tinggal isi Title dan Details sesuai dengan apa yang mau kita tanyain. Pertanyaan yang dikirim pakai Bahasa Inggris atau Korea ya. Bisa pakai bantuan google translate kalau sekiranya bingung gimana nulis atau nyusun kata-katanya.

Pengalaman saya, CS Weverse Shop cukup cepat membalas pertanyaan saya waktu itu. Mereka kirim balasannya di hari yang sama. Tapi baru-baru ini saya ada kirim pertanyaan ke CS Weverse Shop, dan mereka baru balas keesokan harinya. Jadi, kalau belum dibalas, tunggu aja karena pasti mereka akan balas.



Pertanyaan saya yang pertama mereka jawab dengan info kalau pesanan berhasil dicancel dan refund udah dikirim. Mereka nyuruh tunggu maksimal 30 hari untuk transaksi yang memakai kartu luar negeri/non korean bank.. 

Wah, mulai ketar-ketir deh waktu itu. Tapi setidaknya masih sesuai dengan ketentuan pertama yang saya baca waktu sebelum cancel orderan. Jadi belum terlalu panik karena masih dalam kurun waktu sesuai estimasi.

Setelah 30 hari...

BELUM JUGA ADA UANG REFUND YANG MASUK!

Mulai mencak-mencak kayak reog....

Mana uang gue, gila nih masa ditilep Weverse Shop?

Duh nyesel, mending kemarin gak usah cancel...

Akhirnya kirim inquiry lagi ke CS Weverse, plus nge-chat CS Jenius via aplikasinya..

..dan jawaban dari CS Weverse masih sama, proses cancel berhasil dan uang udah direfund lalu saya disuruh tunggu dan disuruh buat hubungi bank penerbit kartu, untuk tau kejelasan kapan uangnya masuk...

Sementara jawaban CS Jenius bikin saya mencak-mencak kayak reog lagi, mereka bilang gak ada uang yang masuk jadi disuruh kontak CS website tempat belanja buat minta bukti refund udah dikirim dan kode ARNnya.

Balik lagi ke CS Weverse dong, minta kelengkapan sesuai yang disuruh sama CS bank. Lalu jawaban CS Weverse, mereka gak bisa kasih ARN karena itu wewenang dari Bank...

HAHAHHAA duh kebayang gak tuh mencak-mencak kayak reognya gimana.

Saya bener-bener dioper sana-sini, CS Weverse selalu meyakinkan kalau mereka udah refund dan tinggal urusan bank buat nyalurin dananya ke rekening saya, tapi CS bank bilang kalau gak ada dana yang harus mereka salurin/refund ke saya. Lah itu duit jadinya ada di mana dong?

Kemudian saya cari-cari informasi lalu ketemu salah satu postingan yang sayangnya saya gak nyimpen/bookmark sumber aslinya. Jadi di situ dia jelasin kalau ketika refund itu, uang yang dikembalikan oleh penjual (website/Weverse Shop) bakal masuk ke perusahaan penerbit kartu misalnya Visa/Mastercard (CMIIW ya, itu sebutannya perusahaan penerbit kartu atau apa, hehe). Lalu dalam hal ini kartu Jenius saya logonya Visa, jadi uang saya tuh saat itu udah diterima Visa, tapi belum disalurin ke Jenius jadi akhirnya saya pun belum terima refund apa-apa.

Sebulan berlalu...dua bulan berlalu...hampir tiap minggu kirim inquiry ke Weverse Shop nanya gimana kelanjutan refund saya. Begitu juga tanya-tanya ke CS Jenius, mulai dari CS di aplikasinya yang super ngadet waktu itu, sampe kirim inquiry ke CS via email. Semua jawabannya enggak membantu. Bener-bener capek banget dioper-oper dan kepikiran uang yang gak sedikit masa melayang gitu aja.

Sampe dua bulanan, uang refund itu belum nyampe juga di rekening saya. Entah jalan-jalan dulu ke mana si uang refund itu...

Lalu di bulan ke-3...

Di saat udah mulai mengikhlaskan, tetiba masuklah notif di aplikasi Jenius saya. Keterangannya: Reversal Visa, lalu ada nominal seharga 1 biji BE Deluxe yang saya beli, lalu saya cancel waktu itu...

Karena gak percaya, sampe ngecek saldo, ini beneran ada transferan masuk atau gimana? Rupanya benar, itu uang refund dari Weverse Shop yang udah saya tunggu dari 3 bulan lalu...

YA ALLAH AKHIRNYA!

Semenjak saat itu jadi rada kapok buat cancel pesanan di Weverse Shop. Apalagi setelah baca-baca twit orang yang cerita kalau uangnya masih belum balik setelah lebih dari 3 bulan..wow gak lagi-lagi deh. 

Tapi sepanjang perjuangan mencari kejelasan refund Weverse ini saya juga nemu orang-orang yang refundnya cepet. Uang mereka balik cuma sehari setelah cancel, seminggu setelah cancel dll. Sampe heran, kok uang saya ketahan gini? Dendam apa nih Weverse Shop sama saya? haha

Dari hasil tanya-tanya ke sesama orang yang cancel pesanan di Weverse Shop, sepertinya kalau kita cancel beberapa menit/jam dari waktu pemesanan, maka refundnya bakal cepat balik juga. Karena dalam kasus saya, waktu itu saya cancel pesanan setelah beberapa hari dari tanggal order. 

Nyoba Cancel Pesanan dari Weverse Shop (lagi)

2 tahun berlalu, rasa kapoknya mulai hilang dan butuh cancel pesanan dari Weverse Shop lagi hahahaha

Tapi kali ini saya berani cancel karena waktu cancel belum terlalu jauh dari waktu order. Kali ini pesanan saya transaksinya pakai Paypal yang disambungin ke kartu Jenius. 

Alhamdulillah, uangnya langsung masuk beberapa menit setelah pencet tombol cancel. Gak pake deg-degan, gak pake berubah jadi reog mencak-mencak hubungi semua customer services...

Jadi sepertinya teorinya bener, kalo cancel pesanan di Weverse Shop tapi waktu ordernya udah terlalu lama atau udah beda hari dari waktu pemesanan, mending ga usah deh. Uangnya bakal lama banget masuknya. 

Entah salah di mananya kok bisa proses refund selama itu. Mungkin karena saat itu lagi mau comeback BTS, jadi Weverse Shop lagi banjir pesanan dan mereka kewalahan handlenya, mungkin juga emang proses transaksi bolak balik antar negara gini memang perlu tahap yang panjang dan lama...

Pokoknya kalau udah telanjur cancel pesanan di Weverse dan uangnya belum juga balik, sabar-sabarin aja. Ditunggu aja sampai uangnya masuk. Karena mau tanya CS pun sepertinya mereka gak bisa ngapa-ngapain LOL

Buat kalian yang baca postingan ini dan sedang mencari kejelasan refund dari Weverse, semoga cepat ada kabar dan uangnya cepat masuk ya. Biarpun gak begitu membantu, kontakin aja terus Customer Servicenya Weverse Shop maupun bank kalian. 

Terima kasih sudah mampir di blog ini!

2 comments:

  1. Suka banget gaya tulisannya kaka.. berasa lagi ngobrol gitu.. asikk XD .. sering sering nulis blog lagi yaa kaa hehee.. sehat sehat kaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai haii! Makasih udah mampir ke blog akuu. Sehat-sehat juga ya kamu 😊🙏🏻

      Delete

Powered by Blogger.