[MV Review] BTS Yet To Come (The Most Beautiful Moment)

 


BTS Yet To Come, tentang kilas balik perjalanan karier BTS, kembalinya Bangtan Universe, dan optimisme BTS buat masa depan mereka sendiri, serta masa depan BTS bersama ARMY. 

Pokoknya Yet To Come adalah rilisan yang serba spesial di bulan yang spesial karena barengan dengan momen anniversary ke-9. 

MV Yet To Come dibuka dengan adegan di padang pasir yang menyalahi kodrat. Karena udah paling bener lagunya teh Rossa: desir pasir di padang tandus~

Eh di MV Yet To Come, gambarnya padang pasir, tapi suaranya desir ombak??


Tapi kalau dipikir-pikir sepertinya ini nyambung dengan lirik hidden track atau lagu tersembunyi yang hanya dirilis di album fisik Love Yourself: Her yang berjudul Sea. 

Mengutip dari translator lirik lagu BTS, doolsetbangtan, di lagu Sea ini ada lirik:

바다인 줄 알았던 여기는 되려 사막이었고
This place that I thought was the sea was actually a desert,

빽이 없는 중소아이돌이 두번째 이름이었어
and our second name was “idols from a small agency with no connections”

방송에 짤리기는 뭐 부지기수
We were cut from broadcast countless times

누구의 땜빵이 우리의 꿈
To fill in for someone was our dream

어떤 이들은 회사가 작아서 제대로 못 뜰 거래
Some said we won’t be able to make it big because we’re from a small company

Suara desir ombak di padang pasir ini cocok banget buat membuka MV Yet To Come yang ngajak ARMY melihat perjalanan karier BTS dari awal hingga sekarang. 

Perjalanan BTS dari nugu group yang dikelola oleh nugu company, yang susah payah di era debut. Hingga sekarang udah jadi global superstar yang high demand dan dikelola agensi yang udah jadi raksasa bisnis.

MV Yet To Come bener-bener maknanya cuma bakal dipahami sama ARMY. Buat orang yang bukan fans, atau bahkan casual fans yang cuma suka sesekali denger lagunya BTS aja, mungkin gak akan ngeh apa maksud dari semua benda-benda yang muncul di music video Yet To Come. 

Dari awal teaser-nya rilis aja ARMY pasti udah ngeh kalau Jungkook ngulangin adegan neropong dari era HYYH (Hwayangyeonhwa/The Most Beautiful Moment In Life) yang rilis tahun 2015-2016.




Kemudian scene demi scene muncul dan hampir semua-muanya re-create scene dari MV-MV lama BTS, terutama MV Spring Day dan MV di era HYYH.

Kebayang kalo yang nonton bukan ARMY, pasti mereka bingung apaan sih kok di padang pasir tau-tau ada patung gede banget, ada komidi puter, ada kereta anjlok, trus ada bus sekolah?

Sementara itu ARMY pas nonton bakal heboh, terharu, karena serasa balik ke masa lalu, ngikutin perjalanannya bangtan dari awal lagi, tapi dengan tampilan yang lebih fresh. 

Mulai dari mobil bak terbukanya Seokjin, trus komidi putar di belakangnya Jungkook yang pernah muncul dari MV Spring Day, piano-nya Yoongi, dan lain-lain.


re-create scene MV Spring Day


Recreate scene MV era HYYH dan Blood Sweat & Tears


re-create scene sepatu dari MV Spring Day


Yoongi dari era HYYH pokoknya sama piano terus dah



Kereta dari Spring Day ternyata akhirnya anjlok karena desir pasir di padang tandus


Akhirnya karena keretanya anjlok, mereka pindah naik bus sekolah.
Lumayan, bus sekolah kan gratis gak pake ongkos...


Tapi dari semua benda-benda tadi, yang paling legend tentulah kontainer Namjoon ini...




Hampir semua ARMY kayaknya kenyang banget liat kontainer ini tiap ada rumor comeback. Semua ramalan tanggal comeback diolah dari angka di 20219 yang ada di kontainer itu. Tapi tentulah kita semua ngebadut, alias enggak ada yang bener ramalannya 😂

Tapi kali ini cukup berhasil kok ramalannya, karena enggak cuma angkanya yang muncul, tapi sekontainer-kontainernya dimunculin di MV biar pada puas enggak nge-pusingin si kontainer biru ini lagi.

Puas kalian???

Mari Berteori...

Nostalgia di MV Yet To Come enggak cuma dari benda-benda, tapi juga dari gerakan-gerakan yang di tampilin di MV ini. Misalnya scene Taehyung nutup mata Seokjin di MV Blood, Sweat, & Tears diulang lagi, tapi anehnya di Yet To Come, peran Seokjin dan Taehyung ditukar satu sama lain. Yang tadinya Seokjin yang ditutup matanya, tapi sekarang jadi Taehyung yang ditutup matanya. 

Ciluuuuk


BAAAA! Selamat, Taehyung menang doorprize bikun UI 

Di scene berikutnya pun, terlihat Taehyung berganti peran sama Seokjin.

MasyaAllah cakepnya

MasyaAllah cakepnya (2)

Ganti peran Taehyung dan Seokjin ini mengandung teori yang seru. Di cerita Bangtan Universe, Seokjin digambarkan sebagai seorang time traveler yang pergi ke masa lampau buat nyelamatin teman-temannya dari kematian. Nah, kita kilas balik sedikit ke salah satu scene MV Euphoria. Di Euphoria ada adegan Seokjin naik ke platform di pinggir laut yang sebelumnya jadi tempat Taehyung lompat di video HYYH onstage: prologue


HYYH prologue


Euphoria


Sepertinya karena Seokjin gantiin Taehyung yang nekat lompat ke laut inilah yang bikin peran mereka bertukar. Jadi, peran time traveler yang tadinya dilakonin Seokjin, udah berpindah ke Taehyung. 

Ada juga teori yang bilang kalau teori tukar peran ini nyambung sama ending MV Film Out. Hahaha nahlooh, ribet kan sampe ke MV rilisan Jepang juga masih nyambung.

Nah, dari MV Yet To Come ini sepertinya jadi pertanda kalau kisah Bangtan Universe bakal lanjut lagi atau akan ada chapter baru dengan Taehyung sebagai tokoh utamanya. 

Tapiii ini hanya teori. Kita belum tau kisah Bangtan Universe bakal lanjut lagi atau malah berhenti di sini. Tapi pokoknya saya seneng banget akhirnya BTS ngerilis konten Bangtan Universe lagi. Berasa banget nostalgianya ke masa-masa baru kenal BTS tahun 2017 akhir lalu.

Soalnya teori-teorian inilah salah satu yang bikin pengalaman ngulik perbitiesan makin seru buat saya. Teori-teorinya mind blowing karena bisa muncul dan berkaitan di berbagai konten yang udah rilis dan yang baru rilis. 

BTS kayaknya sengaja munculin konsep ini lagi karena selain buat nostalgia, tapi juga buat ngenalin ke ARMY-ARMY yang kecebur ke dunia perbitiesan yang fana ini pas masa pandemi, supaya mereka jadi tau kalau BTS punya yang namanya Bangtan Universe!

Tapi kalau dipikir-pikir, ini jadi win-win solution juga buat tim produksi. Soalnya MV Yet To Come ini bisa dibilang terlihat jauh lebih low budget dari MV-MV sebelumnya, misalnya MV ON yang sinematografinya udah macem film. 

Yaa kita orang awam enggak tau rincian biaya munculin kontainer, kereta anjlok, patung raksasa, dan sebagainya di gurun pasir di MV Yet To Come sih ya. Tapi isu ini jadi salah satu isu yang digoreng sama beberapa oknum. Mereka bilang kecewa karena MVnya B aja, duduk doang, dan di satu tempat doang yang bosenin.

Tapi justru ini yang bikin saya salut tim produksinya BTS. Karena mereka tuh pinter dan jago banget. Karena mereka bisa me-recycle konsep yang sebenernya sama aja, tapi jadi selalu menarik buat diikutin. Kalau makin dicermati, banyak teori-teori yang mind blowing di tiap MV-nya.

Lanjut soal teori...

MV dan lagu Yet To Come juga menurut saya adalah lanjutan atau jawaban dari Spring Day. Maka enggak heran kalau banyak scene yang mengulang dari MV Spring Day. 

Soal keterkaitan lagu Yet To Come dan Spring Day kayaknya bakal saya bahas di postingan Album Review Proof, tapi belum tahu kapan nulisnya ahahaha!

Pokoknya dari liriknya Yet To Come ini seakan menjawab kegalauan di Spring Day. BTS akhirnya telah mencapai "Spring Day" mereka dengan segala pencapaiannya di tahun ke-9 ini. 

Tapi BTS enggak berhenti di situ aja, karena bagi mereka "best moment"-nya belum tiba (Yet To Come). Mereka pun janji bakal terus balik lagi ke ARMY buat kasih karya terbaiknya.

Di penghujung MV Yet To Come, terlihat semua member berada di dalam bus sekolah yang pernah muncul di MV debut BTS, No More Dream. 

Jimin dibangunin jhope di kereta di MV Spring Day

Jimin lagi-lagi dibangunin jhope di bus di MV Yet To Come.
Kayaknya Jimin nih tiap naik kendaraan minum anti*mo dulu ya, makanya langsung molor...

Scene sepertinya buat menggambarkan ketujuh member yang melanjutkan perjalanan kariernya di masa yang akan datang. Scene ini ditaro sebagai penutup buat gambarin mereka lagi on the way ke new chapter.


A New Chapter

Di hari perilisan album Proof, Namjoon bilang kalau album Proof adalah penutup dari chapter pertama perjalanan BTS. 

Jujur pas baru nonton MV Yet To Come ini berasa super terharu karena kok bisa super bahagia ngikutin dan nonton konten-konten 7 orang ini. Langsung ngebatin di dalam hati, semoga mereka kariernya panjang dan happy terus karena udah bikin banyak orang happy!




Terima kasih udah mampir di blog ini yaa!

Mumpung masih 6.13, 
Happy 9th anniversary 💜


UPDATE 15 JUNI 2022

Habis nonton Festa 2022 Dinner Party dan BTS resmi ngumumin di chapter ke-2 ini mereka adalah mulai kembangin diri masing-masing lewat solo activities dan untuk sementara waktu off dulu dari rilisan sebagai group..

Seketika timeline huru-hara karena pengumuman hiatus ini. Tapi beberapa jam kemudian HYBE klarifikasi kalau BTS tetap ada konten as group, tapi bakal lebih banyak konten per member. Konten as group di sini mungkin maksudnya variety show Dalyeora Bangtan atau Run! BTS yang bakal tayang lagi dan mungkin project-project iklan/brand ambassador yang selama ini udah jalan. 

Tetep intinya, buat sementara waktu mereka rest dulu sebagai group, rest dulu rilis album OT7-nya, dan mungkin rest dari konser/tour OT7 dulu. 

Huhu campur aduk rasanya, sedih karena gak tau kapan bisa denger rilisan baru mereka as group dan liat mereka sepanggung perform bareng lagi dalam waktu dekat, tapi juga happy dan penasaran bakal ngapain aja sih ini para member dengan solo activitiesnya.

Seperti kata saya di beberapa paragraf sebelumnya, saya pengen mereka selalu happy. Selama para member happy,yaudahlah terserah mereka. Meski mata udah berkaca-kaca pas liat Namjoon nangis di Festa Dinner Party dan sempat merenung beberapa jam masih gak habis pikir dan berusaha mencerna apa yang barusan mereka bilang.

Festa Dinner Party jadi cara mereka ngabarin ARMY, semacam minta restu buat mulai aktivitas sendiri-sendiri dan meyakinkan ARMY kalo mereka tuh gak kemana-mana. Next time bakal balik promosi lagi as group.

Sesuai sama salah satu lirik di Yet To Come, mereka udah janji bakal terus balik lagi dengan karya terbaiknya. Entah lewat aktivitas solo, maupun sebagai grup 💜



No comments

Powered by Blogger.