[Album Review] Super Junior The Road: Keep On Going, Si Paling Last Man Standing


Cinta lama bersemi kembali. Kalimat itu yang mungkin paling menggambarkan suasana saya di comeback Super Junior kali ini. Habis menggalau karena "ditinggal" idol yang lagi hot-hotnya dibucinin, lalu datanglah kesayangan lama dengan berbagai konten dan album barunya. 

Baru-baru ini saya ketemuan sama Nia, sobat seperfangirlingan suju saya dan kami ngobrolin soal suju yang masih aja ngerilis album bahkan ngadain world tour. Jujur kami berdua pernah ngomongin perkiraan Super Junior kayaknya bakal disband alias bubaran setelah Super Show 7S. Ya begitulah, di twitter pasti kenyang banget baca komenan haters yang doain suju disband tiap ada berita tentang suju lewat di akun berita kpop. Tapi sesungguhnya fansnya (kami berdua aja sih, gak tau yang lain haha) juga sebenernya bertanya-tanya ini mereka beneran lanjut terus, gak disband? Mungkin kalimat: antara haters dan fans bedanya tipis, benar adanya πŸ€£

Inget banget waktu itu kami gak yakin bakal ada SS8 dalam waktu dekat. Ah paling ini (SS7S) konser terakhir, member udah pada sibuk sendiri-sendiri, dan kayaknya gak memungkinkan buat tour kayak dulu, faktor kesehatan juga..

Lalu JENG JEENG..ada SS8. Waktu itu kami langsung excited karena mikirnya ah ternyata mereka genapin ke SS8! Pasti nih konser terakhir, jadi ayo kita kudu nonton! Section depan! Harus lihat bias dari deket sebelum mereka hiatus atau mungkin disband as suju!

Jadilah saya dan temen saya itu nonton SS8 yang ternyata habis konser dunia langsung riweuh sama coronces...

Singkat cerita, ternyata pasca SS8 suju tetap terus rilis lagu-lagu baru. Menariknya, keliatan ada perubahan "konsep" di rilisan suju yang dimulai dari project solonya Kyuhyun. Waktu itu lagu solonya Kyuhyun dirilis bertahap sesuai dengan musim dan pada akhirnya dikompilasi jadi 1 mini album bernama Love Story (4 Season Project). 

Album grupnya suju pun keliatannya mengikuti konsep ini, yang mana mereka rilis lagunya sedikit-sedikit dan mungkin bakal dikompilasikan di akhir jadi 1 album full.

Album ke-11 ini judulnya The Road: Keep On Going. Judulnya aja udah mematahkan ke-sotoy-an saya dan temen saya soal disband tadi. Rupanya mereka on going teruss, macam sinetron beratus-ratus episode. Fansnya pun makin ngos-ngosan karena albumnya berturut-turut rilis dan konsernya ada terus. 

Tapi gapapa, kalo kata mba Raisa:


Sekarang, mari kita review lagunya satu-satu...

1. Mango

Title track yang lagi-lagi buat saya rasanya kureeeng dibanding pre-release track, Don't Wait. Jadi macem pas House Party vs Burn The Floor waktu itu.

Padahal beat-nya seru juga tapi rasanya kurang aja gitu. Kayaknya pas milih title track mereka bingung juga lagu mana yang jadi title track antara Mango dan Don't Wait. Kayak waktu di album Play dulu, di acara SJ Returns mereka bingung mau pilih Black Suit atau Scene Stealer yang mau dijadiin title track karena vibes-nya sama-sama vibes lagu utama.

Tapi mungkin hikmahnya karena Mango jadi title track, mereka bisa nampilin 2 image sekaligus di comeback kali ini. Mango yang cool dan Don't Wait yang bobrok.


2. Don't Wait


Track jagoan saya di album ke-11 ini. Lagunya seru banget, bikin nagih. Kalau dari liriknya nyeritain tentang cowok yang mau nembak cewek incerannya sambil berbagi tips & trick supaya cintanya diterima.

Lagunya bikin nagih, MVnya juga bikin pengen nonton berulang kali karena bobrok lucunya minta ampun! Apalagi plot twist di akhir itu lho. Trus suka banget sama konsep MV-nya yang pake konsep retro, styling-nya juga cakep-cakep banget, apalagi yang baju kuning πŸ˜‚πŸ˜‚

Genre lagunya mirip-mirip Devil, curiga ini bakal jadi Devil 2.0 sekaligus Sorry-sorry 3.0 alias lagu yang bakal dibawain tiap manggung dimanapun. 


3. My Wish

Habis seru-seruan di Don't Wait, di track ke-3 masuklah lagu ballad. Vibes-nya hangat banget tapi musiknya gak terlalu ballad dramatis yang bikin nangis guling-guling. Jadi lagu ini cocoknya buat didengerin sambil nyantai, pas udara adem sambil ngeteh atau ngopi. 

My Wish jadi salah satu lagu genre ballad di album ini. Biasanya ballad selalu jadi lagu andalan saya di tiap album idol kesukaan, tapi kali ini My Wish gak termasuk. Kayaknya gara-gara masih belum move on dari lagu Callin' yang rilis di comeback sebelumnya.


4. Everyday

Di track ke-4 kita diajak jejingkrakan lagi sama lagu Everyday. Lagunya seru dan catchy banget terutama di bagian "I need you everyday e e e e e yeaah!"

Di SS9 pas lagu ini penonton diajak berdiri dan joget bareng-bareng. Dancenya lucu, harusnya dibikin challenge juga nih di tiktok atau reels.


5. Always

Komen pertama pas pertama kali dengerin lagu ini: intronya kayak ringtone hp polyphonic! Mana durasinya lumayan panjang sebelum masuk suara Kyuhyun, makin pas jadi ringtone.

Sebelum SS9 start di Seoul, udah yakin banget lagu ini pasti dibawain jadi closing atau bagian dari encore. Karena pas dengerin ini langsung kebayang mereka nyanyiin sambil dadah-dadah dan confetti berterbangan. Sesungguhnya pas confetti penutup turun adalah momen paling sedih dari konser tapi sekaligus penuh harapan, semoga bisa ketemu lagi di lain waktu.

Ngomong-ngomong ketemu lagi di lain waktu, akhirnya Super Show lanjut lagi dan mereka mampir ke Indonesia! Insyaallah bisa ketemuan lagi sama ahjussi kesayangan tanggal 17 September nanti. Kalau ada yang dateng juga ke SS9 Jakarta entah karena emang nonton atau sekadar dateng ke venue buat berburu freebies, boleh lho kita ketemuan karena insyaallah mau bawa sedikit freebies buat bagi-bagi hehe. Cek-cek akun twitter @seoulcraveID yaa buat info lokasi bagi-bagi freebiesnya!


The Last Man Standing

SS9 lagi-lagi mematahkan perkiran sotoy saya sama temen saya soal suju yang kayaknya bakal stop as a group dalam waktu dekat. Makin dibilang bakal disband, malah makin jadi cuyy!

Makin sering rilis lagu baru, makin sering comeback unit, solo, dan full group. Biar track listnya dikit tapi malah jadi memudahkan juga dari sisi idol dan fansnya. Track list dikit berarti waktu produksi lagu lebih singkat, lebih cepet kelar, dan bisa cepet-cepet dipasarin. Albumnya pun jadi lebih ringkas bentuknya gak berat-berat, jadi EMS & taxnya jadi lebih murah! Karena kerap kali soal perbucinan korea, cintaku kandas di EMS & tax πŸ˜…

Bahkan di comeback album The Road: Keep On Going ini kontennya makin variatif. Sampe gak percaya SJ Label seniat itu ngepost konten hampir tiap malam dan tepat waktu! Maklum udah trauma pas comeback Renaissance waktu itu hahaha. 

Serunya lagi konten mereka udah ala-ala idol kekinian, jadinya lucu aja para bapak-bapak ini disuruh ini itu, kebingungan, bahkan protes. Misalnya di konten balance game ini. Lawak banget karena mereka gak percaya kalau sekarang konten idol tuh begituu


Suju ini makin disebut bakal hiatus atau bahkan disband, eh malah makin rajin banget nyamperin fansnya dimana-mana. Apalagi Indonesia kayaknya udah jadi negara wajib yang pasti didatengin, membernya aja udah berasa artis lokal. Tinggal nunggu pada punya KTP sini dan Siwon maju jadi caleg aja sih.


Coblos nomor 5 yang ada lesung pipinya!

Biarpun begitu, tetep aja sih suka kepikiran apa iya next time bakal ada Super Show lagi. Bakal ada SS10 gak ya? Balik lagi, mengingat member udah pada sibuk dengan solo karier dan faktor kesehatan juga hiks. Suka greget kalo mereka cerita kalo mereka udah gak kuat dance yang riweuh-riweuh kayak dulu, eeh tapi giliran comeback lagunya tetep ngedance dan formasinya tetep se-wah lagu-lagu yang lama. Salut banget sama ahjussi-ahjussi lawak iniπŸ‘

Bener-bener si paling LAST MAN STANDING!




No comments

Powered by Blogger.