Konser SUGA | Agust D, War Gak Berkesudahan, dan Kesabaran Bagai Tisu dibelah 7


Kali ini mau cerita gimana dramanya perjuangan mendapatkan tiket konser SUGA | Agust D Jakarta. Setelah sudah kehilangan harapan bisa nonton konser BTS sebelum relay wajib militer dimulai, tanpa disangka-sangka tau-tau Yoongi tour dan Indonesia masuk ke salah satu negara yang dimampiri.

Inget banget waktu itu 14 Februari 2023 pertama kalinya akun Twitter BTS_official ngetwit pengumuman tour ini. Saya yang biasanya udah kebiasaan selalu tidur di atas jam 10 malam, di hari itu lagi capek banget dan udah ketiduran dari jam sembilanan. 

Tau-tau jam 3 pagi kebangun dan karena gak bisa tidur lagi akhirnya buka Twitter..

Lalu lewat lah twit Agust D TOUR IN US blablabla...

Kaget tapi langsung yaudah oh oke ada konser Yoongi. Udah biasa, US terus pokoknya mah. 


Lalu scroll lagi tetiba nemu twit yang nyebut-nyebut Yoongi ICE BSD. Wow, kayak sebuah keajaiban kata Yoongi dan ICE BSD bergandengan. Scroll-scroll lagi dan akhirnya balik ke akun resmi ternyata ada twit lainnya yang ngumumin Asia leg dan Indonesia salah satu yang dimampirin!

Langsung kaget bener-bener kaget, paniknya ada banget. MIN YOONGI TERIMA KASIH! Bener-bener terharu akhirnya Indonesia dilirik lagi buat konser BTS. 

Temen-temen saya yang udah tau saya nungguin banget BTS dateng ke sini langsung pada doain semoga dapet tiket, gak lupa saya juga minta tolong ke mereka buat bantu pas war ticketing karena sejujurnya sungguh hopeless..



Udah entah berapa kali nulis di twitter dan di blog ini bilang kalo saya udah bener-bener hopeless dan udah males buat ngarepin BTS ke sini. 

Pertama, kecewa sama Hybe yang fokus banget nge-treat fans US sementara fans Asia terutama Asia Tenggara udah gak dapet jadwal konser sejak LY terakhir di Bangkok, sedangkan Indonesia udah gak pernah dimampirin sejak Wings Tour 2017 dulu. Kedua, hati kecil gak mau BTS ke sini karena tau bobroknya mentalitas (yaila bahasa gue hahaha) kebanyakan orang sini yang dikit-dikit mau cari cuan. Ikut-ikutan beli tiket, lalu dijual dengan harga gak masuk akal. Alasan kelebihan tiket bantu temen ngewar, eh dijual dengan harga berkali-kali lipat bahkan pakai sistem bidding.

Belom lagi jastip yang makin menjamur. Dulu era awal-awal ngikutin kpop sampe sekitar 2019an kayaknya jastip masih bisa diitung jari. Sekarang, maaf akun-akun gak dikenal tau-tau open jastip. Semua nawarin diri mau bantu ngewar dengan fee yang gila-gilaan.

Dulu sempat pakai jastip, dapat sih tiketnya. Tapi ada embel-embel fee naik karena warnya susah. Lucu sebenernya kok bisa-bisanya jualan jasa lalu harga naik karena dia merasa kesusahan? Harusnya udah risiko dong ya. 

Pakai jastip juga gak menjamin dapat section yang dipengenin, karena sering kali kita malah ditawari downgrade gegara section yang kita mau enggak dapat. Belom lagi kasus jastip scammer alias penipu yang makin sering kejadian belakangan ini.

Dulu sebelum jastip problematik bermunculan, sempat berencana nabung yang cukup supaya bisa ikut jastip dan war sendiri buat cadangan. Tapi setelah banyak jastip yang ngaco dan fee jastip makin gak wajar, akhirnya memutuskan enggak bakal pake jastip dan gak bakal mau beli tiket dari WTS/calo, kecuali yang jual tiket bener-bener kenal atau rekomendasi teman dekat sendiri. Sedikit-dikit menyiapkan diri kalau enggak dapat tiket, ya sudah berarti belum rezeki. Setidaknya tabungan utuh. Daripada beli wts lalu amit-amit ketipu, tabungan raib, tiket konser pun ghaib.

Prinsipnya, kalau memang rezeki gak akan kemana...

Apply Presales

Sebelum ticketing day, ada masa untuk pemegang ARMY Membership buat registrasi biar bisa ikutan presales. Jujur waktu BTS umumin hiatus as grup di bulan Juni dan membership saya expired di bulan Agustus, saya gak perpanjang membership.

Karena mikirnya yaampun udah bertahun-tahun pegang membership ngarep benefit presales konsernya bisa dipake tapi udah mau lima tahun enggak kepake juga karena merekanyagak ke sini-sini dan tabungan saya belum juga cukup untuk nyamper ke negara lain. Sebenernya membership ada gunanya juga buat war merch, tapi karena mulai hiatus dagang jadi yaa sama aja, membership jadi gak berguna saat itu.

Lalu setelah liat pengumuman konser Agust D ini gak pake pikir panjang langsung apply lagi membership demi menambah peluang dapet tiket karena ikutan war presales.

Dari awal apply presales aja udah lebay banget. Entahlah karena bawaan hormon yang waktu itu lagi PMS atau gimana, pas pencet apply presales air mata langsung berlinang. Kayak...ya Allah akhirnya membership kepake untuk pencet apply presales tiket konser...

Suatu hari baca blog ini pasti bakal ngakak-ngakak sih, yaampun kok segitunya lebaynya. Tapi beneran gaes, ku sungguh terharu hahaha.

Ohya setelah pencet apply presales itu, promotor masih belum keluarin seatplan. Tapi sejak awal pengumuman udah nulis di budgeting bulanan kalau di April bakal spend 4000k alias 4juta buat tiket konser Yoongi.

Waktu itu bener-bener nebak aja harganya sembari bandingin dengan harga tiket BP. Mikirnya ah lumayan masih kembalian 200k bisa buat ongkos dan jajan. Ternyata BOOOMMM!! Seatplan rilis dan tiket paling mahal + tax dsb jadi 4 juta lebih HAHAHA!

CUMA BISA TABAH.

War yang Melelahkan

Setelah tidur gak nyenyak sejak seatplan rilis, akhirnya war presales datang juga. Sempat galau mau war di kantor atau di rumah aja. Pertimbangannya, di rumah lebih kondusif tapi internet kurang memadai, sedangkan di kantor internet lebih oke tapi pasti kurang kondusif. Namanya juga lagi hari kerja ya.... Sungguh cobaan buat ARMY budak korporat macem saya.

Akhirnya memutuskan untuk tetap WFO dan ngewar dari kantor. Senin, 27 Maret 2023, bertepatan hari pertama WFO setelah bulan Ramadan. Dari habis sahur udah deg-degan takut ketiduran karena mau berangkat lebih cepat demi mengamankan kursi yang nyaman buat ngewar.

Maklum sejak mulai WFO lagi, kantor saya sistemnya hot seat alias masing-masing orang gak punya tempat duduk pribadi. Jadi semua orang bisa duduk di mana aja sesuka hati. Dengan berangkat pagi harapannya saya bisa duduk di tempat enak, deket router WiFi! Padahal enggak paham juga apa ngaruhnya, seenggaknya tempatnya enak gak banyak lalu-lalang orang.

Jam war dibagi menjadi 3 sesi. Sesi jam 10 untuk konser hari pertama, sesi jam 12 untuk konser hari kedua, dan sesi jam 2 untuk konser hari ketiga. Diriku yang budak korporat ini udah ragu banget untuk ikutan war sesi jam 10. Pertimbangannya konsernya pas hari kerja dan pas banget tanggal akhir bulan yang biasanya super ribet mesti ngurus ini itu sama klien. Udah kebayang gak enaknya lagi antre ditelponin, mesti stand by hp dsb karena bener-bener gak bisa cuti kalo lagi deadline itu. Akhirnya pas war presales sesi pertama itu saya cuma cek-cek sikon dari timeline, buka webnya sesekali dan memantau tiket mana yang duluan habis.

Tapi, boro-boro ngecek. Buka web aja susahnya minta ampun. Jiwa ambi sedikit muncul dan coba-coba ngeCO kategori apapun yang tersedia. Sempat tembus ke Cat 1, udah mau pencet lanjutkan ke payment tapi bayang-bayang klien menghantui.

Huhuhu bener-bener derita budak klien, akhirnya pagenya saya close. Tiketnya lepas lagi. Hal ini yang kemudian menjadi penyesalan keesokan harinya hahahaahhaa....

Tiket presales sesi jam 10 habis terjual. Jam udah hampir pukul 12 dan saya siap-siap menembus war sesi kedua. Di twitter udah banyak ARMY yang ngetwit dapet tiket, ada juga yang sharing tips buat dapetin tiketnya. Saya pun siap-siap ngewar, gak deg-degan, tapi bukannya karena pede bakal dapet, tapi lebih ke pasrah karena beneran sengeri itu war yang sesi 1.

Jam 12 kurang web udah mulai error. Saya tektokan sama Aninta, temen saya si bucin SUga yang juga mau nonton. Di dia web juga error dan gak kebuka sama sekali. Masih sabar ngeklik Coba Lagi Coba Lagi terus, sesuai tips yang tadi nemu di Twitter. Tapi hasilnya nihil. Tiket gak kebuka sama sekali. Giliran kebuka, pasti mental lagi dan lagi.

Kesel banget sama UI/UX webnya yang bikin kita harus berkali-kali menembus step-step yang berulang. Jadinya kesempatan untuk lanjut ke pembayaran kecil banget karena baru maju 2 step dari 5 step, bisa kepental lagi dan mesti ulang dari step awal. Keburu tiketnya habis...

Hopeless lagi...

Waktu salat zuhur udah masuk, temen kantor sempat ngajak, yuk Mil salat dulu. Tapi astagfirullah ku tolak...huhuhu maapin aku ya Allah.

Kayaknya gara-gara menomor duakan salat ya, makanya saya gak dapet-dapet tiketnya. Akhirnya karena liat gak ada harapan tiket muncul lagi, laptop saya tinggal dan solat zuhur.

Abis salat, liat HP teman saya nge-wa dia udah dapet tiket. OMG akhirnya Aninta si bucin Suga dan temannya udah dapet tiket!

Lalu balik panik lagi, karena saya masih belom dapet tiketnyaaa..

Refresh berkali-kali sampe pindah tempat berharap sinyal lebih kencang, tetep aja nihil. Tiketnya gak muncul sama sekali di device saya.

Akhirnya merelakan lagi gak dapet tiket di sesi ini. Mesti mengumpulkan tenaga, siap-siap war sesi terakhir di jam 2 nanti.

Udah semakin pasrah di war jam 2. Tangan kiri dan kanan yang kayaknya udah makin andal klik laptop dan hp bersamaan, sembari membelah diri ngejawabin Wa klien di group. Bener-bener super syekalih hari Senin kemarin tuh. Mau fokus ngewar tiket tapi kerjaan enggak bisa ditinggal. Mau nangis tapi gak bisa nangis.

War jam 2 itu pun hasilnya sama aja. Web dan appsnya error terus. Saya gak berhasil nyamber satu tiketpun di jam 2 itu. Ninta yang bantuin ngewar day 3 juga kepental pas mau payment. Gak lama tiket terjual habis, habis juga lah harapan saya ngamanin tiket di presales...

Meski keliatannya menyedihkan, bisa-bisanya malem abis ngewar tiket itu dateng ke undangan bukber dan ulang tahun temen kantor. Lumayan menghibur hati yang mulai mati rasa. Bingung banget, sedih iya tapi gak pengen nangis, ketawa-tawa pas acara ulang tahun itu, tapi gak happy...

Singkat cerita war general sales pun tiba...

Kali ini memutuskan untuk WFH alias di rumah aja. Pengalaman kemarin di kantor ternyata internetnya gak begitu membantu dan gak bisa fokus. Hahaha maap pak bos, rupanya harus meninggalkan urusan duniawi yang lain untuk urusan duniawi lainnya.

Mendekati jam 10, ngeshuffle lagu di spotify dan keputer lagu Let It Be- The Beatles. Langsung ketawa kok momennya pas ya, kayak seolah udah disuruh Let It Be, pasrah aja gimanapun hasilnya...



Pas denger Let It Be itu jadi mellow dan merenung, apa emang "gak dibolehin" nonton konser ini ya? Mengingat sesungguhnya dari awal saya ngebet banget nonton konser BTS as 7. Yoongi pun bukan ultimate bias, tapi bias wrecker kalo Seokjin lagi gak ada..

Sembari mikir ngalor ngidul gitu, lagu Let It Be habis dan tau-tau spotify saya keshuffle ke lagu So Far Away...

Seketika air mata berlinang dong...

Di situ baru ngeh, oke ternyata saya beneran sepengen itu sama konser ini. Dari kemarin kayak setengah denial apakah bener-bener mau konser ini atau impulsif gak sabaran nunggu konser ot7 yang entah kapan kesampeannya. Setelah denger intro So Far Away ini langsung kebayang, yaampun gue suka banget lagu ini, trus pas D2 rilis hampir semua lagunya masuk ke playlist On Repeat karena sesuka itu..

Pikiran ngalor-ngidul lagi, gak terasa jam udah hampir jam 10. Langsung lap-lap air mata, mengumpulkan kewarasan untuk war tiket untuk keempat kalinya.

Hahha bener-bener deh, bulan depan, tahun depan, atau bertahun-tahun lagi kalau blog ini masih ada dan saya baca ini lagi, harus diketawain betapa dramanya perjuangan dapet tiket ini 🥲👍

Di war gensales ini sebenarnya saya udah ngumpulin beberapa teman baik hati yang mau luangin waktunya untuk bantu ngewar. Tapi namanya lagi hari kerja, mereka baru bisa bantu di war sesi siang. 

..dan bener aja di sesi 1 ini hasilnya nihil lagi. Gak satupun tiket yang berhasil saya check out. Ninta satu-satunya back up saya di war sesi ini juga gak dapet.

Lalu tau-tau masuk notif DM Twitter dari Danur. Temen saya yang juga hobi ngonser ini ngabarin kalo temennya, si Tiffany mau lepas tiket cat 1 karena salah ngewar. Secepat kilat saya langsung DM Tiffany dan ternyata tiketnya belum dia bayar. 

Bener-bener rezeki gak terduga dan ternyata masih ada orang baik yang mau lepas tiket gitu aja tanpa fee sama sekali. Akhirnya saya langsung minta nomor virtual accountnya dan bayar tiket Cat 1 Day 1 itu.

AKHIRNYA PEGANG TIKET!!

Langsung nangis berlinang-linang lagi. Gemeteran ngeDM si Danur buat bilang makasih ke dia dan Tiffany yang mau lepas tiketnya ke saya. Jadi ceritanya si Tiffany ini dititipin ngewar tiket Agustd sama cicinya, tapi dia lupa nanya mau day berapa dan udah kepalang co day 1. Tiffany tangannya super ajaib sih, day 2 & 3 dia pun dapet lagi tiketnya....

Udah mewek-mewek gak dapet tiket. Akhirnya dapet tiket, mewek lagi ngabarin ke temen-temen. Lalu timbul lah dilema. Lagi-lagi urusan budak korporat yang takut diubek-ubek klien pas hari konser. Temen-temen saya yang udah saya mintain tolong buat war day 2 pada nanya, mau tetep ngewar day 2 atau gimana? Akhirnya saya mutusin buat tetep war demi bisa konseran dengan tenang.

Bukannya gak bersyukur. Udah syukur alhamdulillah banget dapet tiket Cat 1 Day 1. Tapi selagi masih ada kesempatan untuk war day selanjutnya, rasanya sayang kalo langsung nyerah gitu aja. Terlebih masih dilema sama konser yang bentrok hari kerja dan jujur masih sangat penasaran dengan tiket VIP Soundcheck, section incaran dari awal. Bahkan pas mulai nabung sekitar tahun 2018/19 dulu pun rekeningnya ditulis: buat tiket konser BTS VIP Soundcheck...

Tabungan yang sempat penuh, lalu kosong lagi, penuh lagi, ketarik lagi dan seterusnya karena berbagai problematika keuangan adult life ini, akhirnya bener-bener mau dipake untuk tujuan utama...

Singkat cerita mulai lah war day 2. Tim war saya udah mulai laporan webnya error gak bisa buka sama sekali. Saya juga gak bisa buka web dan appsnya sama sekali. Tapi kali ini saya pake tips dari ARMY di grup community twitter Pejuang VIP Suga. 

Niat banget gak tuh saking hopelessnya, saya cari-cari grup di twitter untuk cari teman seperjuangan dan nemu grup ini. Ada satu orang yang share link shortcut untuk motong alur/step ticketing yang super bertele-tele itu. Linknya works! Tapi tetep aja mesti Coba Lagi Coba Lagi sampe capek.


Sarannya kita harus klik Coba Lagi terus, jangan klik exit atau refresh sampai bisa tembus ke page pembayaran. Tapi pas war day 2 ini kesabaran saya udah setipis tisu dibelah 7 dan rada gak percaya sama tips yang dikasih itu. Alhasil mental lagi dan lagi.

Tim war saya juga sama. Gita yang bantu ngewar dari Kuala Lumpur nyaris bisa nge-Co tiket Cat 1 day 2. Tinggal 1 langkah lagi ke page pilih metode pembayaran, dia mental lagi....

Kembali hopeless karena gak lama muncul tanda Tiket Terjual Habis dan habis sudah harapan saya malem mingguan sama Yoongi. 

Day 2 itu paling cepat sold outnya karena waktunya enak banget. Malem mingguan nonton konser, lalu besoknya bisa istirahat sebelum balik cari cuan lagi. Tapi ternyata masih belum rezeki buat malem mingguan sama Yoongi.

Temen-temen tim war saya pada say sorry gak bisa dapetin tiket. Huhuhu Gita, Ninta, Sepuut, dan Kak Sara kalian baik banget pokoknya. Ku udah terima kasih banget kalian seniat itu mau bantuin ticketing. Semoga next time kalian war ticket bisa dapet tiketnya dengan lancar ya.

Last Chance..

Kesempatan terakhir adalah war jam 2 untuk day 3, sekaligus war ke-6 kalinya...

Sebelum jam war, sempat mantau lagi community Twitter Pejuang VIP tadi. Ada satu orang yang laporan kalo dia berhasil dapet tiket pake link dan tips yang dishare tadi. Dia wanti-wanti pokoknya sabar klik Coba Lagi dan jangan exit page dan refresh apapun yang terjadi. Bahkan pas payment dan tiket terjual habis, jangan keluar page. Harus tetap bertahan Coba Lagi terus.

Jiwa ambi saya muncul lagi. Kesabaran yang udah setipis tisu dibelah 7 tadi saya tahan-tahanin dan bersiap ngewar day 3 dan gak mau ngeyel kayak pas war di jam 12 tadi.


Saya bener-bener klik Coba Lagi sampai hampir 1 jam lamanya. Tetep bertahan karena ternyata keliatan progressnya. Lima war sebelumnya saya sama sekali gak pernah nembus ke page pengisian data, tapi pakai cara ini akhirnya bisa nembus.

PR selanjutnya adalah menembus page pilihan metode pembayaran. Karena kalau udah berhasil pilih metode pembayaran, tiket otomatis masuk ke order list meski belum dibayar.

Klik-klik Coba Lagi gak berkesudahan. Mouse berasa mau jebol. Pindah ke touchpad, sama juga, touch pad makin berasa turun tanda jebol...

Dari yang awalnya duduk manis di meja kerja, lama-lama makin pegel dan gak tahan untuk pindah ke kasur. Tangan masih gak lepas klik Coba Lagi Coba Lagi Coba Lagi...

Tab chrome lainnya sambil buka homepage tiket buat cek status tiket masih Habis Dipesan atau udah Habis Terjual. Gak lupa ngecek juga apakah section VIP yang saya pilih masih tertulis Habis Dipesan atau udah gak bisa diklik sama sekali.


Jam udah hampir jam 3. Pembayaran belum juga tembus. Tapi section yang saya pilih keterangannya masih Habis Terjual. Masih ada harapan biarpun cuma setitik.

Lalu tetiba, page saya ngeloading. Saya pikir aduh another Coba Lagi...eh tau-tau muncul pilihan metode pembayaran! Seketika saya gemeter, cepat cepat pilih VA BCA dan gercep cek di aplikasi dan alhamdulillah tiketnya udah masuk di menu order, tinggal dibayar.

Sambil panik, buka apps mbanking buat lanjutin pembayaran. Ketik-ketik, transfer, dan buru-buru balik buka web dan apps sembari nunggu tiket di email.

Pukul 15:06 e-voucher tiket VIP B masuk ke email. Masih gak percaya, buka apps liat di orderan, ada orderan tiket VIP B!!

AKHIRNYA PERJUANGAN INI!! ALHAMDULILLAH YA ALLAH


S
eketika air mata berlinang lagi. Tangan yang masih gemeteran dan kesemutan buru-buru ngabarin ke temen-temen yang masih stand by ngewar. Ninta bilang, rezeki dateng di waktu yang tepat.. Bener kata dia, di menit-menit terakhir akhirnya dapet section pilihan awal dan di pilihan hari yang gak bentrok sama jam kerja. 

Udah gak mikirin Queue Number yang udah 1600 sekian, mungkin saya beberapa orang terakhir di antrean. Soalnya beberapa menit setelah e-voucher masuk, VIP B day 3 sold out. Alhamduillah masih rezeki.

Sampai sekarang masih suka trust issue, beneran kan ya dapet tiket? Enggak halu kan kemarin? Bolak balik liat email, download e-vouchernya, liatin pdf e-vouchernya, bolak balik juga liatin aplikasi ngeliatin tiketnya. 

Alhamdulillah saya enggak halu, tiketnya ada 😭

Akhirnya tiket Cat 1 Day 1 tadi saya jual lagi tanpa pungut fee sepeserpun. Sempat agak susah jualnya karena rupanya gegara kasus scam dimana-mana orang malah trust issue sama yang jual tiket harga normal tanpa fee. Aduh bener-bener calo dan wts menyebalkan ini bikin susah orang ya. Tapi alhamdulillah akhirnya ada teman yang mau nampung tiketnya.

Sekarang mesti berdoa lagi semoga semua persiapan lancar, semua sehat-sehat, gak ada halangan apapun sampai konser selesai bulan Mei nanti. Ohya buat temen-temen yang nonton Day 3 ataupun sekadar mau mampir ke ICE, ketemuan yukk insyaallah mau bagi-bagi freebies kecil-kecilan hehe. Tungguin infonya di twitter @seoulcraveID ya.

Bismillahirahmaanirahim, Emilia is seeing Min Yoongi!


No comments

Powered by Blogger.